18 Makanan Bergizi yang Sehat untuk Ibu Hamil dan Anak-Anak

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 16 Januari 2020 14:33
18 Makanan Bergizi yang Sehat untuk Ibu Hamil dan Anak-Anak
Tubuh harus selalu mendapat asupan makanan bergizi agar tubuh dapat berkembang secara maksimal.

Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin yang sangat penting untuk tubuh. Tujuan kita mengonusmi makanan bergizi adalah untuk agar tubuh kita dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Tanpa makanan bergizi, banyak fungsi tubuh yang tak akan berfungsi secara normal.

1 dari 4 halaman

Makanan Sehat dan Berrgizi

Menjaga pola hidup sehat tak bisa dilakukan dengan hanya berolahraga setiap hari saja, tetapi juga harus didukung dengan mengonusmsi makanan bergizi yang baik untuk tubuh. Nah, untuk itu simak info berikut agar kamu lebih tahu makanan sehat dan bergizi apa saja yang bisa kamu konsumsi setiap hari.

1.Makanan Bergizi Alpukat

alpukat © Diadona

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, bahwa buah alpukat mempunyai seribu manfaat yang baik untuk kesehatan manusia. Kandungan gizi yang baik dalam alpukat diantaranya adalah lemak sehat, serat dan kalium. Tak heran alpukat banyak direkomendasikan sebagai makanan bergizi.

Kamu bisa mengolahya menjadi jus, atau salad buah yang bisa kamu konsumsi setiap hari.

2.Makanan Bergizi Pisang

Ilustrasi pisang © Diadona

Dari semua buah yang ada Pisang adalah buah yang memiliki kandungan kalium terbaik. Satu buah pisang berukuran sedang menyediakan 0,43 miligram atau 33 persen dari vitamin B6 yang perlu kamu konsumsi dalam sehari. Kamu bisa mengolahnya menjadi jus, kolak, atau dikukus. Patut dikonsumsi nih sebagai salah satu asupan makanan bergizi.

3.Makanan Bergizi Stroberi

Ilustrasi petik stroberi © Diadona

Makanan bergizi berjenis buah-buahan yang lain adalah stroberi. Buah ini kaya akan nutrisi seperti vitamin C dan serat. Stroberi juga memiliki jumlah kalori dan karbohidrat yang terbilang rendah.

Sroberi bahkan juga bisa diandalkan untuk memutihkan gigi, menguatkan rambut, mencegah penuaan dini dan menurunkan risiko stroke. Jika sudah matang, buah stroberi akan terasa manis, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai camilan saat bersantai.

4.Makanan Bergizi Brokoli

jus brokoli © Diadona

Brokoli punya seribu satu manfaat yang baik untuk kesehatan manusia. Tak heran, brokoli menjadi sayuran yang paling sering dicari. Kandungan nutrisi yang tersedia dalam sebuah brokoli menjadikannya sebagai makanan bergizi. Terlebih lagi, brokoli punya kandungan serat tinggi, karotenoid, zeaxanthin, beta-karoten, dan antikoksidan yang dianggap mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cukup mengolahnya dengan direbus atau ditumis, suplai gizi yang ada dalam brokoli bisa kamu nikmati dengan lezat.

5.Makanan Bergizi Tomat

ilustrasi jus tomat © Diadona

Tomat adalah bahan makanan yang banyak digunakan dalam kebutuhan memasak. Makanan bergizi ini punya sekumpulan manfaat yang begitu penting bagi tubuh. Tomat bisa dijadikan makanan yang membantu meningkatkan kualitas penglihatan, mengurangi risiko terkena penyakt berbahaya, hingga dapat merawat kesehatan kulit wajah. Umumnya, tomat bisa diolah dengan dibuat jus, atau ditambahkan sebagai sayuran tambahan dalam menu makanan.

2 dari 4 halaman

Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Asupan makanan bergizi yang dikonsumsi ibu hamil sangat bermanfaat terhadap kesehatan ibu hamil. Tak hanya berpengaruh pada kesehatan ibu hamil, makanan bergizi juga berperan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan janin dalam perut ibu. Nah, untuk kamu yang sedang hamil, ada baiknya menyimak info berikut tentang makanan bergizi untuk ibu hamil.

1.Makanan Bergizi Bayam

Ilustrasi sayur bayam © Diadona

Jenis sayuran hijau satu ini sangat baik dikonsumsi saat masa kehamilan. Khususnya pada usia kehamilan trimester pertama. Bayam adalah sayuran yang memiliki kandungan asam folat dan zat besi yang tinggi sehingga cocok dijadikan sebagai makanan bergizi untuk ibu hamil. Konsumsi bayam pada ibu hamil dapat membantu mengurangi riisiko cacat pada bayi, dan proses persalinan prematur.

2.Makanan Bergizi Jeruk

Ilustrasi Jeruk Lemon © Diadona

Ibu hamil juga direkomendasikan untuk mengonsumsi buah jeruk. Mengapa? Makanan bergizi ini kaya akan vitamin C, asam folat, dan serat. Selain itu kandungan air pada buah jeruk juga dapat membantu ibu hamil untuk memenuhi cairan dalam tubuh. Semua kandungan yang ada dalam jeruk dapat berfungsi sebagai pembentuk jaringan otak dan tulang belakang pada janin, serta meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil.

3.Makanan Bergizi Mangga

Ilustrasi Mangga © Diadona

Mangga juga merupakan buah-buahan lain yang termasuk makanna bergizi untuk ibu hamil. Mangga mengandung kalium, vitamin C, serta vitamin A. mangga dapat membantu menjaga tekanan darah dan mempertahankan cairan dalam tubuh. Sementara, vitamin A berfungsi sebagai antioksidan, membantu sistem kekebalan tubuh, penglihatan dan sistem saraf bayi. Mangga juga mengandung serat yang tinggi sehingga dapat mencegah konstipasi atau sembelit pada ibu hamil

4.Makanan Bergizi Ubi

Ilustrasi ubi © Diadona

Makanan bergizi untuk ibu hamil lainnya adalah Ubi. Ubi kaya akan kandungan Vitamin A. Kandugan vitamin A dalam ubi dapat membantu pertumbuhan sel dan jaringan janin. Namun perlu juga diketahui, konsumsi vitamin A yang berlebihan saat hamil juga akan meningkatkan potensi kecacatan janin.

5.Makanan Bergizi Kacang-Kacangan

Ilustrasi Kacang-Kacangan © Diadona

Kacang tanah, kacang polong, dan kacang kedelai adalah beberapa jenis kacang-kacangan yang termasuk ke dalama makanan bergizi untuk ibu hamil. Kacang-Kacangan tersebut kaya akan kandungan sam folat, serat, protein, zat besi, dan kalsium yang diperlukan selama kehamilan.

3 dari 4 halaman

Resep Makanan Bayi 6 Bulan yang Bergizi

Makanan bergizi untuk bayi 6 bulan sangat penting diberikan demi perkembagan dan pertumbuhan yang maksimal. Makanan yang diberikan pad usia 6 bulan ditujukan untuk melatih adaptasi pencernaan bayi dan juga sebagai makanan pendamping ASI. Lalu makanan bergizi apa saja yang baik untuk bayi 6 bulan? berikut resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi.

1.Makanan Bergizi Bubur Susu

Ilustrasi Bubur Susu © Diadona

Bahan-bahan:
- Air matang 150 mili liter
- Susu formula 2 sendok takar atau 50 mili liter asi
- Tepung beras 1 sendok makan munjung (Saya menggunakan Merk Rose Brand)

Cara Membuat:
- Dalam mangkok campur tepung beras dengan 50 mili liter air, aduk rata jangan sampai menggumpal. Sisihkan.
- Selanjutnya panaskan 100 mili liter air dalam panci yang menggunakan api kecil. Tuang larutan tepung beras tadi ke dalam panci, aduk terus sampai meletup-letup.
- Kemudian saring dan tuang kedalam mangkuk lalu atur kekentalan dengan 2 sendok takar sufor atau 50 mili liter asi. Silahkan dikurangi atau tambah takaran apabila terlalu cair atau terlalu padat sesuai selera.

2.Makanan Bergizi Bubur Jagung

Ilustrasi Bubur Jagung © Diadona

Bahan-bahan:

- Asi 50 mili liter
- Jagung manis 1 buah
- Brokoli 50 gram

Cara Membuat:
- Pertam-tama bersihkan brokoli per kuntum, cuci bersih lalu kukus. Sisihkan.
- Selanjutnya cuci bersih jagung manis, kemudian kukus bersama dengan brokoli.
- Setelah matang campur dengan air, kemudian haluskan biji jagungnya dan brokoli dengan menggunakan blender.
- Masak sebentar dengan menggunakan api kecil.
- Setelah sedikit dingin, campur dengan ASI.
- Lalu saring dengan menggunakan saringan kawat agar benar-benar halus dan tidak ada adonan yang menggumpal.
- Bubur siap disajikan untuk si kecil.

3.Makanan Bergizi Beras Merah Ati Ayam

Ilustrasi Bubur Beras Merah Ati Ayam © Diadona

Bahan-bahan:
- Nasi merah matang 3 sendok makan
- Ati ayam 2 potong, rebus
- Air matang 3 sendok makan

Cara Membuat:
- Pertama-tama masukkan seluruh bahan ke dalam blender.
- Kemudian nyalakan belendernya lalu tunggu sampai bubur bertektsur halus.
- Tuang adonan ke dalam mangkuk bayi, dan bubur pun siap untuk disajikan

 

4 dari 4 halaman

Makanan Bergizi Untuk Anak

Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, sangat membutuhkan berbagai asupan nutrisi yang harus selalu terpenuhi. Oleh karenanya, sebagai orang tua kita harus berupaya untuk memenuhi kebutuhan gizi yang baik untuk anak. Lalu apa saja makanan bergizi untuk anak yang perlu disiapkan setiap hari? berikut infonya untukmu.

1.Makanan Bergizi Telur

Ilustrasi telur rebus © Diadona

Mengap telur termasuk ke dalam makanan bergizi unutk anak? Karena telur mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan badan anak. Selain itu, telur juga mempunyai kandungan votamin D alami untuk yang berperan untuk membantu tubuh menyerap kalsium

2.Makanan Bergizi Oatmeal

Ilustrasi Oatmeal Bath © Diadona

Makanan bergizi untuk anak selanjutnya adalah oatmeal. Menurut penelitian yang dilakukan beberapa ahli, anak-anak yang mengonsumsi oatmeal lebih berkonsentrasi ketika menerima pelajran di sekolah. Selain itu, oatmeal juga kaya akan serat yang baik unutk pencernaan.

3.Makanan Bergizi Susu

Ilustrasi susu © Diadona

Susu sangat direkomendasikan sebagai makanan bergizi untuk anak. Karena kandungan kalsium yang ada pada susu dapat membantu anak dalam membentuk jaringan otak, dan meningkatkan kekuatan rulang dan gigi.

4.Makanan Bergizi Tahu

Ilustrasi Tahu © Diadona

Produk olahan dari kacang kedelai ini adalah sumber protein yang tak kalah penting. Makanan bergizi ini baik dikonsumsi oleh anak perepmpuan, karena dapat membantu mengembangkan jaringan payudara.

5.Makanan Bergizi Coklat

Ilustrasi Coklat Hitam © Diadona

Sebaiknya pilihlah coklat itam sebagai asupan makanan bergizi untuk anak. Semakin pekat dan hitam warna coklat, maka kualitas coklatnya akan semakin baik. Colat mengandung senyawa flavonoid yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, ,ulut, dan juga kulit.


Semoga informasi tentang makanan bergizi tadi bisa membantumu dalam menjaga pola hidup sehat ya. Yuk, biasakan diri dengan pola hidup sehat agar hidup kita lebih baik.

Beri Komentar