18 Makanan Bandung Khas Sunda yang Enak dan Wajib Kamu Coba

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 17 Februari 2020 11:23
18 Makanan Bandung Khas Sunda yang Enak dan Wajib Kamu Coba
Makanan Bandung terkenal dengan cita rasa khas sunda yang enak dan unik.

Dari semua kota di Jawa Barat yang diketahui, Bandung menjadi salah satu kota dengan makanan paling enak yang sering diburu para wistawan. Sebagai kota dengan suasana sunda yang kental, wajar jika makanan Bandung yang khas, enak dan unik sangat menjamur di seluruh pelosok kotanya. Sayang banget kalau kamu tak mencicipi makanan Bandung saat kamu mengunjungi kota kembang ini.

1 dari 4 halaman

Makanan Khas Bandung

Bandung merupakan kota dengan kunjungan wisatawan terbanyak di Jawa Barat. Hal ini disebabkan karena makanan Bandung punya cita rasa yang khas dan unik. Berikut kami rangkum, destinasi makanan khas Bandung yang bisa kamu coba.

Cie Rasa Loem Buah Batu

      View this post on Instagram      

A post shared by Poppy Gantini (@__rpoppy) on

 

Menu andalan di tempat makanan Bandung yang enak ini adalah mie aceh yang sudah populer di kalangan pengunjung. selain itu tersedia juga menu lain seperti roti canai susu, mie rebus spesial, dan martabak kari kambing. Resto ini berlokasi di Jalan Terusan Buah Batu No.154, Bandung. Kamu bisa kapan saja mengunjungi resto ini karena buka 24 jam.

Kampung Daun

ilustrasi kampung daun lembang © Diadona

Tempat wisata makanan Bandung selanjutnya yaitu Kampung Daun. Kampung daun memiliki suasana khas pedesaan yang khas, sehingga cocok bila di kunjungi bersamaa keluarga. Makanan yang bisa kamu cicip disini yaitu surabi, batagor, gurame bakar, nasi liwet, bebek bakar, dan masih banyak lagi.

Iga Bakar Si Jangkung

      View this post on Instagram      

A post shared by JKT????|| Vincent (@eatandcapture) on

 

Bagi kamu penikmat maskan iga bakar, kamu bisa berkunjung ke wisata makanan Bandung satu ini. Keunikan resto ini adalah tak menyajikan tulang dalam sajian iga bakarnya. Bisa dipesan dengan tiga pilihan taburan diatas nsi hangatnya, Yaitu bawang merah, cabe rawit, atau tomat. Resto ini beralamat dijalan Cipaganti, Bandung.

Yoghurt Cisangkuy

      View this post on Instagram      

A post shared by Kuliner Tasikmalaya (@duta.bakso.tasikmalaya) on

 

Salah satu wisata kuliner Bandung yang menyajkan olahan susu sebagai menu andalan adalah Yoghurt Cisangkuy ini. Yoghurt ini menawarkan berbagai pilihan rasa yang bisa kamu nikmati, serta tak memiliki rasa asam. Jika kamu ingin berkunjung kesana, silahkan datangi Jalan Cisangkuy No.8, Bandung.

Roemah Nenek Resto Cafe

Ilustrasi warung roemah nenk © Diadona

Satu lagitempat makanan Bandung yang enak dan khas, yaitu Rumah nenek resto cafe. Rumah nenek resto cafe menawarkan menu spesial berupa chicken taragon nasi lidah jamur, pizza bakar pasta. Sangat pas dinikmati dengan desain resto yang klasik dan udara Bandung yang dingin.

 

2 dari 4 halaman

Makanan Enak di Bandung

kota kembang, Bandung memang menyimpan banyak wisata. Selain wisata alam yang biasa kamu knjungi, Bandung menyimpan berbagai destinasi wisata kuliner yang patut kamu coba.

Sebagai ibukota Provinsi Jawa Barat, makanan Bandung menjadi salah jenis makanan yang nggak boleh dilewatkan untuk diicip. Buat kamu yang mau berkunjung atau berlibur di kota Bandung, ada baiknya kamu menyimak info makanan enak di Bandung berikut ini.

Perkedel Bondon

Ilustrasi perkedel bondon © Diadona

Bagi kamu yang sedang menghindari makanan berat, ada baiknya kamu mencoba makanan Bandung yang unik ini. Namanya, Perkedel Bondon. Bondon dalam bahasa sunda berarti wanita malam. Perkedel ini hanya hadir pada malam hari dan diibaratkan seperi kupu-kupu malam yang hanya tenggelam pada malam hari. Salah satu wisata kuliner malam Bandung ini berlokasi di Jalan Kebun Jati No.42, Kebun Jeruk, Bandung.

Perkedel ini memang mempunyai resep yang sudah turun-temurun. Keunikan lain dari perkedel ini adalah adonan perkedel yang masih dimasak dengan menggunakan tungku tradisional sehingga cita rasnya pun jadi khas. Satu buah perkedel ini dihargai seribu rupiah. Cocok disajikan hangat-hangat dengan cocolan sambel terasi yang menggugah selera.

Sate Hadori

      View this post on Instagram      

A post shared by Syafira Devani (@syafiradp) on

 

Makanan Bandung yang enak selanjutnya adalah Sate Hadori. Kamu bisa menjumpai sate ini di Jalan Soekarno-Hatta No.590 Sekajati, Bandung. Tak jauh dari Prkedel Bondon. Kuliner malam Bandung ini dimasak dengan bahan utama daging paha belakang kambing muda, dan bisa disajikan dengan pilihan bumbu kecap atau bumbu kacang yang gurih dan lezat. Selain menu tadi ada pula menu lain seperti sate sapi dan sate sinereut.

Resto ini sudah melegenda dari jaman dulu. Sate ini telah dirintis sejak tahun 1940. Seporsi Sate Hadori bisa kamu nikmati dengan harga Rp.50,000 ruipiah. Sate Hadori ini akan lebih nikmat dinikmati bersama keluarga atau teman yang sedang berlibur di kota Bandung.

Nasi Kalong

      View this post on Instagram    

Selamat pagi. yang di Bandung jangan lupa coba nasi Kalong ya. Untuk info kalian bisa cari di mbah google, tetapi untuk rasa kalian bisa tanya ke saya. Karena rasanya memang Luar biasa #nasikalong #bandung #instanusantarabandung

A post shared by Not Lost Just undiscovered (@bukanrastaman) on

 

Sesuai namanya, makanan Bandung yang khas ini hanya buka pada malam hari. Kuliner ini buka dari jam 19.00 hingga jam 03.00 dini hari. Nasi Kalong merupakan nasi berwarna hitam yang terbuat dari nasi merah biasa yang kemudai dicampur dengan kluwek. Nasi Kalong ini berlokasi di Jalan RE Martadinata No.102 Bandung.

Nasi Kalong bisa juga ditambahkan bumbu rempah khas pasundan yang bisa memperkaya cita rasa. Rasanya yang gurih bahkan tetap nikmat dinikmati walaupun disajikan tanpa lauk. Nasi kacang cocok dinikmati dengan lauk seperti Ayam Bakar Madu hingga aneka sambal menggoyang lidah.

Soto Bandung Pak Simon

      View this post on Instagram      

A post shared by Natanael (@koh_aming) on

 

Satu lagi makanan Bandung yang enak dan harus kamu coba. Berbeda dari soto kebanyakan yang kuahnya berwarna kekuningan karena menggunakan kunir, Soto Bandung Pak Simon justru memiliki kuah yang cenderung bening. Hal ini karena Soto Bandung Pak Simon menyajikan soto dengan kuah lobak. Satu porsinya berisi nasi putih, potongan daging, babat, lobak, kacang tanah, seledri, dan daun bawang.

Ukuran porsinya juga cukup besar sehingga akan membuatmu kenyang dan puas. Agar rasanya lebih mantap, kamu bisa menambahkan kecap, sambal, dan perasan jeruk nipis yang tersedia di atas meja. Asyiknya lagi, kamu tak perlu mengeluarkan bujet terlalu banyak karena satu porsi Soto Bandung Pak Simon dihargai sekitar Rp30.000. Jadi, jika datang berdua, siapkan uang kurang lebih Rp80.000.

Nah, tempat makan yang bisa kamu hubungi melalui nomor 08132277177 ini bisa kamu temukan di Jalan Cibadak No 149, Jamika, Bojongloa Kaler. Setiap harinya, Soto Bandung Pak Simon buka pukul 18:00 hingga tengah malam atau hingga soto habis. Karena itu, sebaiknya kamu datang lebih awal agar tidak kehabisan, ya!

Ronde Alkateri

      View this post on Instagram      

A post shared by lannysoechan (@lanny.soechan) on

 

Mencicipi makanan Bandung yang enak dan khas nggak akan afdhol kalau nggak mencicipi minuman hangat seperti Wedang Ronde. Di Bandung ada wedang ronde yang cukup legendaris, Namanya Wedang Ronde Alkateri. wisata kuliner malam Di Bandung ini bisa kamu jumpai di Jalan Alkateri. Lokasinya berada didekat alun-alun Bandung. Cocok bagi kamu yang ingin menikmati dinginnya malam kota Bandung.

Ronde Alkateri terdiri dari perpaduan hangat jahe dan manisnya gula jawa, ditambah dengan bulatan ronde hangat yang kenyal, dan juga isian kacang tanah yang gurihn dan renyah di mulut. Kuliner ini juga sangat pas dinikmati dengan sajian tahu atau tempe goreng.

3 dari 4 halaman

Makanan Sunda di Bandung

Liburan ke suatu daerah, tak afdal rasanya kalau tak mencicipi makanan khasnya, termasuk saat berkunjung ke Bandung. Kalau kesana, jangan sampai terlewat mencoba makanan Bandung denganc ita rasa khas sunda ya. Sangat mudah menemukan makanan sunda enak di Bandung, karena memang banyak restoran sunda yang bisa kamu kunjungi. Nah, berikut kami rekomendasikan berbagai tempat makanan sunda di Bandung yang enak dan nggak bikin kantong jebol.

Warung Nasi Ibu Imas Bandung

      View this post on Instagram      

A post shared by WARUNG NASI IBU IMAS (@warungnasi_ibuimas) on

 

Nah, jika kamu sedang ingin menikmati makanan khas sunda yang buka 24 jam Warung Nasi Ibu Imas jawabannya. Warung ini menyediakan berbagai macam makanan khas sunda seperti karedok leunca, nasi liwet, ayam bakar dan berbagai menu lainnya. Tempat makanan Bandung dengan cita rasa khas Sunda satu ini berada di JalanPungkur No.81, Bandung.

2.Rumah Makan Kampung Sawah

Tempat makann Bandung bercita rasa khas Sunda ini menyediakan suasan yang beda, disini kamu bisa menikmati suasana rumah tradisional dengan dilengkapi kolam renang. Seuasai puas bermain air, kamu bisa memesan menu makanan sunda andalan dengan harga sekitar lima sampai delapan puluh ribu rupiah. Rumah makan Kampung Sawah ini menyediakan berbagai makann makann sunda seperti Ikan mas cobek, bakakak ayam goreng, pencok leunca, ulukutek leunca, hingga oseng balakutak. Buat minumannya, kamu bisa memesan aneka jus, bandrek, dan kopi. Penasaran ingin mencobanya? silahkan datang ke alamt di Jalan Gandasari Nomor 152, Desa Cangkuang, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung, dari pukul 08.00-21.00.

Rumah Makan Cikawao

      View this post on Instagram      

A post shared by Lapar Mata Bikin Kenyang (@laparmatabikinkenyang) on

 

Rekomendasi tempat makanan Bandung bercita rasa Sunda yang khas selanjutnya adalahj Rumah Makan Cikawao yang berlamat di Jalan Cikawao Nomor 7, Kelurahan Paledang, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung.Rumah makan satu ini cukup sederhana, tapi rasanya tak perlu dipertanyakan lagi. Kamu bisa menikmati nasi merah, timbel, ayam kampung, asin jambal, ikan mas, oncom, tumis genjer, ulukuteuk leunca, hingga picung. Untuk minumannya, ada aneka jus, es teh, es jeruk, dan kopi.

 

4 dari 4 halaman

Makanan Korea di Bandung

Keberadaan restoran khas Korea di Indonesia belakangan ini bak jamur di musim hujan. Restoran Korea ada di hampir semua kota-kota besar di Indonesia, tak terkecuali di Bandung. Asyiknya lagi, bagi kamu yang beragama Islam, gak perlu takut lagi jika ingin mencicipi masakan khas Negeri Ginseng. Pasalnya, beberapa restoran Korea sudah menjamin kehalalan masakan yang mereka sajikan. Nah, berikut rekomendasi tempat makanan Korea di Bandung.

Donwoori Suki

      View this post on Instagram      

A post shared by DonWoori (@donwoorisuki) on

 

Rekomendasi tempat makanan Korea di Bandung yang pertama adalah Donwoori Suki. Sesuai namanya Donwoori Suki menyediakan berbagai menu suki. Suasanan restorannya pu terbilang cukup unik dengan paduan warna biru muda, hijau muda dan pitih. Kamu bisa mencicipi kelezatan suki yang ada disini dengan harga muali 50 ribuan saja. Kalau kamu ingin mencobanya, Donwoori Suki beralamat di Jalan Lombok Nomor 53, Citarum, Bandung Wetan.

Gogi Korean BBQ

      View this post on Instagram      

A post shared by GOGI Korean BBQ Indonesia (@gogikoreanbbq.id) on

 

Tempat makanan Korea di Bandung selanjurnya yaitu Gogi Korean BBQ. Walaupun harganya cukup murah, namun kelezatan makaannya nggak muraha kok. Kamu bisa mencicipi beragam menu seperti woosamgyup, bulgogi, dak bulgogi, hingga beef sausages. Kamu juga bisa memilih menu all you can eat alias makan sepuasnya dengan harga sekitar Rp120 ribuan.
Nah, kalau kamu penasaran dengan tempat makanan khas Korea satu ini kamu bisa mendatangi alamat di Jalan Burangrang Nomor 3, Burangrang, Lengkong, Bandung.

3.Cahngiya Korean Suki and BBQ

Keunikan tempat makanan Korea di Bandung satu ini adalah suasaan korea yang begitu kental. Sehingga orang-orang sering menyebut tempat ini sebagai little Korea. Hampir semua ornamen dan propertinya sengaja dibuat Korea banget, mulai dari bangku, meja lesehan, bantal duduk, hingga rumah tradisional Korea. Untuk urusan harga, menu makanan di sini dibanderol mulai dari Rp50 ribu hingga Rp100 ribu. kalau kamu berniat ingin mengunjungi tempat ini silahkan saja datang ke alamat di Jalan Sawunggaling Nomor 10, Bandung Wetan, Bandung.

Mujigae Resto

      View this post on Instagram      

A post shared by thrillist (@thrillist) on

 

Sebenarnya Mujigae juga bisa kamu temui di bergai kota lain seperti Jakarta, Bekasi, Depok dan kota-kota lain. Hal yang menarik dari tempat makanan Korea di Bandung satu ini adalah kamu bisa menikmati fasilitas K-Entertainment yang bisa memberikan pengalaman makan sambil menikmati musik K-Pop. Mujigae Resto beralamat di Jalan Cihampelas Nomor 160, Bandung. Tak hanya di Bandung.

Ngorea Resto

Ilustrasi Ngorea Resto © Diadona

Last but not least, ada Ngorea Bistro yang berlokasi di Jalan Progo Nomor 27, Citarum, Bandung Wetan, Bandung. Tempat makanan Korea di Bandung ini sudah cukup lama buka di Bandung dan jadi salah satu yang laris manis di sana. Beragam menu bisa kamu cicipi, seperti kimchi, kimbap, dan bulgogi. Untuk urusan harga gak perlu khawatir, karena kebanyakan menu dibanderol di bawah Rp50 ribu.

Wah, jadi makin variatif ya pilihan maknan Bandung yang bisa kmu coba. Selamat enikmati ya!

Beri Komentar