18 Kuliner Medan yang Enak dan Siap Menggoyang Lidahmu

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 14 Januari 2020 14:52
18 Kuliner Medan yang Enak dan Siap Menggoyang Lidahmu
Medan mempunyai kuliner khas dengan paduan cita rasa melayu dan batak sebagai ciir khasnya.

Apa yang ada di pikiran kamu kalau dengar kata Medan? Suku Batak yang terkenal galak dan suka teriak? Ini sih yang ada di pikiranku dulu. Tapi begitu sudah pernah menginjakan kaki di Medan dan makan kuliner khas Medan, aku jadi selalu kangen berat sama kota satu ini. Ternyata nggak seperti yang kutakutkan dulu.

Salah satu kota tersibuk di Indonesia ini punya aneka kuliner lokal yang enak. Campuran budaya batak dan melayu yang kental di kota ini membuat citarasa makanan di Medan cenderung kaya rempah yang menghasilkan rasa yang enak di lidah. Berikut beberapa kuliner Medan yang layak dicoba saat berkunjung ke sana. 

1 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Medan

Medan merupakan ibukota provinsi Sumatera Utara, sekaligus menjadi kota terbesar ketiga di Indonesia. Selain budaya orang Batakanya yang terkenal, kuliner Medan juga banyak dikenal oleh banyak orang. Kalau kamu kesana, kamu akan menemukan masakan lezat legendaris yang bikin kamu ketagihan. Penasaran apa saja wisata kuliner Medan yang wajib kamu coba? berikut daftarnya untukmu.

1.Kedai Ucok Durian

Ilustrasi Ucok Durian © Diadona

Barang kali kuliner medan satu ini adlah kuliner yang paling terkenal seantero jagat Medan. Menagapa? karena sudah banyak artis dan pejabat yang pernah mampir ke tempat kuliner Medan satu in. Sampai Presiden Joko Widodo pun pernah mencicipi lezatnya durian disini. Nah, kalau kamu ke Medan, tak lengkap rasanya kalau kamu tak mencoba durian di kedai Ucok. Selain durian kamu juga bisa mencicipi olahan durian lainnya seperti pancake durian, durian beku, ataupun es krim durian. Rasanya jangan ditanya, pastinya sangat nikmat dengan kualitas buah yang paling mantap.

2.Mie Sop Methodist

Ilustrasi Bakso Methodist © Diadona

Mie Sop Methodist ini juga dikenal dengan Bakso Methodist. Dinamakan Mie Sop Methodist karena dulunya kuliner medan satu ini berada di samping Universitas Methodist Indonesia. Seporsi bakso kuliner Medan ini berisi bola daging, mie kuning, biun, kwetiau, kecambah, jerona, serta irisan daging. Belum lagi kalau sudah ditambhakn kaludnya yang aduhai mantapnya. Biar nggak tambah penasaran, langsung saja datang ke alamatnya di Jalan T. Cik Ditiro.

3.Martabak Piring Murni

Ilustrasi Martabak Piring Murni © Diadona

Bosan dengan martabak yang itu-itu saja? cobain deh kuliner Medan satu ini. Martabak Piring Murni ini sudah jadai kuliner Medan yang legendarias di kalangan penikmat kuliner. Kamu bisa memesan martabak tipis atau tebal dengan topping keju, meses, serta cokelat. Bungkusnya pun unik dengan menggunakan daun pisang. Seperti namanya, rasanya murni nikmat dan sangat menggugah selera. Nah, alamat kuliner medan ini ada di Jalan Surabaya No. 39.

4.Soto Keswan

Ilustrasi Soto Keswan © Diadona

Kalau sudah puas main-main ke tempat wisata Tjong A Fie di Medan, luangakn waktumu untuk menciicpi lezatnya kuliner medan yang tak jauuh dari sini. Soto Keswan adalah Soto dengan kuah yang akan bikin kamu ketagihan. Cita rasanya? Isian topping berupa udang, paru kering, daging sapi serta ayam kampung akan sukses bikin kamu keringetan saking enaknya. Kebayang dong gimana lezatnya kuliner medan satu ini?

5. Lontong Kak Lin

Ilustrasi Lontong Kak Lina © Diadona

Nah, kalau kamu sudah mengunjungi Bakso Methodist yang ada di Jalan T.Cik Ditiro, sempatkan waktu buat mengunjungi kuliner Medan Lontong Kak Lin yang berada di jalan yang sama. Asal kamu tahu ya, kuliner medan ini sudah ada sejak tahun 1994 silam. Disini kamu bisa menciicipi berbagai varian lontong, ada lontong sayur, lontong pecal, lontong mie, hingga lontong tahu goreng. Soal kelezatannya tak diragukan lagi. Buktinya, pelanggan yang datang tak pernah berkurang.

2 dari 4 halaman

Kuliner di Medan

Medan memang kota yang unk dari banyak segi yang bisa kamu nimati. Medan dipenuhi dengan penduduk yang berasal dari bergam etnis dan menjadikan Medan kaya akan sejarah dan budaya. Hal ini juga berpengaruh pada cita rasa kulinernya yang khas. Makanya, sayng banget kalau kamu nggak nyicipin kuliner medan yang enak banget. Nih, kami rekomendasikan beberpa kuliner Medan yang wajib kmau coba.

1.Mie Aceh Titi Bobrok

Ilustrasi Mie Aceh Titi Bobrok © Diadona

Mie Aceh nggak hany terkenal di Kota Aceh saja, di Medan, kamu juga bisa menikmati lezatnya makanan olahan mie ini. Salah satunya adalah Mie Aceh Titi Bobrok yang berada di Jalan Setia Budi No.17. Kamu bakalan puas dengan olahan Mie Aceh satu ini dengan kuah dan rasa mie yang menyatu dengan bumbu dan tambahan kepitiingnya yang berukuran jumbo. Dijamin bakalan pua banget makan disini.

2.Sate Memeng

Ilustrasi Sate Memeng © Diadona

Nah, kalau ini kuliner medan yang cocok buat kau p[ecinta makanan sate. Namanya, Sate Memeng. Kuiner Medan satu ini sudah ad sejak tahun 1945 lho. Warung makan ini terletak di Jalan Irian Barat NO.2, Gang Buntu, Medan. Jangan kaget dengan ukuran daging satenya yang terbilang besar ya, walaupun besar kematangan dagingnya tetap merata sampai bagian terdalam. Apalagi kalau sudah ditmbahkan saosnya yang menggunakan paduan kuah sate padang dan bumbu kacang. Worth it banget buat dicoba!

3.Mie Balap Mail

Ilustrasi Mie Balap Mail © Diadona

Jika di Surabay terkanal denagn lontong balapnya, maka di Medan punya Mie Balap Mail yang cocok banget disantap saat sarapan pada pagi hari. Sajian kuliner Medan ini berisi bahan-bahan seperti bihun atau kwetiau, telur, dan seafood. Uniknya, sajian ini hanya disajikan di atas daun pisang. Pas banget sebagi menu untuk mengisi perutmu sebelum berkatifitas. Penasaran? langsung saja datang ke alamat di Jalan Krakatau.

4.Mie Pecel Pak Yus

Ilustrasi Mie Pecel © Diadona

Kalau di Jawa Timur terkenal dengan Nasi Pecel, maka orang-orang di Medan mengubahnya menjadi Mie Pecel. Nah, salah satu Mie Pecel terenak y6ang ada di Medan adalah Mie Pecel Pak Yus. Rasnya tak jauh beda dengan nasi pecel yang ada di Jaw Timur kok. Sebanrnya Mie Pecel adalah sajian kuliner Medan yang dibuat dari bahan mie kuning yang kemudian ditambahkan bakwan goreng lalu disiram dengan bumbu pecel.

5.Soto Sinar Pagi

Ilustrasi Soto Sinar Pagi © Diadona

Jika biasanya soto di Medan berkuah being, namun di warung makan ini kamu akan menemui sajian soto kuliner Medan yang punya kuah santan kental dengan warna kuning kehijauan. Paduan cita rasa gurih dan lezat yang nendang banget akan kamu rasakan begitu kuah dan isiannya mendarat di Mulut.

3 dari 4 halaman

Kuliner Khas Medan

Bagi pengunjung objek wisata di medan, setelah lelah jalan-jalan menjelajahi keindahan wisata di Medan dan sekitarnya ada baiknya meregangkan otot dengan mencoba wisata kuliner Medan. Tanpa mencoba kuliner medan, jalan-jalan kamu di Medan belum bisa disebut Paripurna. Nah ini dai berbagai kuliner khas Medan yang raanya nggak kalah enak dengan kuliner di kota lain.

1.Nasi Kentut

Ilustrasi Nasi Kentut © Diadona

Jangan salah dengan nama kuliner Medan satu ini, walaupun namanya aneh tapi rasanya nggak seaneh itu kok. Disebut nasi kentut karena dibungkus menggunakan daun kentut. Aromanya wangi dengan perpaduan rempah yang khas. Seporsi nasi ini disajikan bersama dengan ikan pepes, ayam goreng, tahu, serta tempe. Rasanya pun semakin nikmat dengan paduan sambal terasi, sambal hijau, atau sambal goreng.

2.Es Pokat

Ilkustrasi Es Pokat © Diadona

Sebanrnya Es Pokat adalah kuliner Medan yang dibuat dengan bahan buah alpukat. Buah alpukat tadi kemudian dihancrukan lalu ditambahkan dengan susu serta gula merah. Nah di Medan ada satu kedai es pokat yang begitu terkenal, namanya Es Pokat Bu Lia. Saking legitnya es pokat di sini, para pengunjung rela antre berjam-jam untuk bisa menikmati segalas es pokat ini. Mau ikut antre juga demi es pokat ini?

3.Ci Cong Fan

Ilustrasi Ci Cong Fan © Diadona

Makanan tradisional ini juga wajib masuk list kuliner Medan yang harus kamu coba. Dilihat sekilas, makanan ini hampir mirip dengan kwetiau. Namuun sebanrnya makaan ini dibuat dari tepung beras dan tang mien yang disajikan dengan siraman kecap serat taburan bawang goreng. Kamu bisa juga memilih lauk tambahan seperti daging sapi, babi, serta sayuran.

4.Bika Ambon Yenyen

Ilustrasi bika ambon © Diadona

Kalau kuliner Medan satu ini biasanya dijadikan makanan oleh-oleh khyas medan. Penjual bika ambon di Medan ini terbilang cukup banyak, namun Bika Ambon Yenyen dinilai sebagi bika ambon terbaik. Letaknya di Jalan Mojopahit No.26, Petisah Tengah, Medan Petisah. Teksturnya kembut dan rasanaya yang legit akan sukses bikin kamu ketaighan.

5.Ubi Tumbuk

Ilustraso Ubi Tumbuk © Diadona

Ubi tumbuk menjadi kuliner Medan berikutnya yang wajib kamu coba saat liburan ke ibukota Sumatera Utara. Sayuran ini terbuat dari daun singkong yang ditumbuk sederhana menggunakan lesung. Kemudian, tumbukan tersebut dioseng bersama rempah-rempah sehingga aromanya semerbak. Tidak susah mendapatkannya karena banyak rumah makan yang menyediakan.

4 dari 4 halaman

Kuliner Medan Non Halal

Medan merupakan kota besar yang berada di Pulau Sumatera. Sebagai kota dengan penduduk yang bermacam-macam, Medan menyedikan cita rasa yang beragam pula. Kamu bisa menemukan baanyak jenis makanan dengan cita rasa melayu, batak, tionghoa, arab, sampai India. Untuk kamu yang bukan muslim berikut ini adalah rekomendasi bebebrapa kuliner Medan yang bisa dicoba,

1.Babi Pangggang Karo

Ilustrasi Babi Panggang © Diadona

Kuliner Medan satu ini biasa dikenal dengan nama warung BPK. BPK dihidangkan dengan cara dipanggang menggunakan saus khas dari sumsum bumbu yang dicampur dengan darah babi.

Tumisan bumbu tersebut kemudain dicampur dengan cabe rawit yang digiling dengan rempah khas Batak, yaitu Andaliman. Kamu akan mendapati kenikmatan tiada tara sasat merasakan irisan dagiing babi dengan bumbu yang begitu meresap.

2.Mie Pangsit Tiong Sim

Ilustrasi Mie Pangsit Medan © Diadona

Mie Pangsit Tiong Sim sudah sangat terkenal sebagi salah satu kuliner Medan. Sajian ini memliki rasa yang khas dengan mi kuning di dalamnya, Kamu akan merasakn keunikan cita rasa yang berbeda dengan kuliner Medan dengan sajian mie yang lain. Keunikan lain dari kuline Medan satu ini adalah adanya tambahn crispy park fat atau lemak babai sebagai penambah cita rasa.

3.Popiah Yose Rizal

Ilustrasi Popiah Yose Rizal © Diadona

Popiah Yose Rizal ini merupakan kuliner Medan yang berbentuk seperti lumpia dengan resep turun temurun. Makanan satu ini terdiri dari adonan kulit lumpia yang dipadukan dengan daging chasio dan kepiting, selada, wortel, lobak putih serta bawang goreng. Kamu dapat menikmati sajian satu ini dengan pilihan goreng ataupun basah.

Bagaimana? Segera nikmati seluruh sajian kuliner Medan untuk memanjakan perutmu!

Beri Komentar