17 Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi yang Cocok untuk Ibu Hamil

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 23 Januari 2020 13:11
17  Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi yang Cocok untuk Ibu Hamil
Kalsium bisa kita temui dalam berbagai produk susu.

Kalsium adalah salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh yang berfungsi untuk menjaga kekuatan tulang. Biasanya makanan yang mengandung kalsium yang tinggi bisa kita temui dalam makanan sepeeti susu dan olahannya, berbagai jenis ikan, kacang-kacangan, daging hewan dan lain sebagainya.

1 dari 4 halaman

Makanan yang Banyak mengandung Kalsium

Kalsium sangat berperan penting untuk kesehatan manusia. Tanpa asupan Kalsium yang mencukupi, tubuh akan kehilangan zat yang berfungsi sebagai pembentuk protein baru. Itulah mengapa kita harus selalu mengonsumsi makanan yang mengandung Kalsium. Nah, makanana di sekitar kita juga banyak lho yang mengandung Kalsium. Apa saja itu? berikut makanan yang banyak mengandung Kalsium.

Makanan yang Mengandung Kalsium Legum

Ilustrasi Kacang-kacangan © Diadona

Makanan dari biji-bijian dan kacang-kacangan biasanya banyak dijadikan sebagai makanan yang mengandung Kalsium. Makanan legum ini contohnya. Contoh Legum yang ada di sekitar kita adalah kacang polong atau lentil. Ketika kamu mengonsumsi satu cangkir (198) kacang polong, kamu sudah bisa memngisi kebutuhan asam folt dalam tubuh sebesar 358 mikrogram

Makanan yang Mengandung Kalsium Asparagus

Ilustrasi Asparagus © Diadona

Makanan yang mengandung Kalsium lain adalah Asparagus. Menagapa? karena asparagus mengandung banyak mineral dan vitamnin. Asparagus juga bagus sebagai makanan asupan unutk ibu hamil. Setengah cangkir atau sekitar 90 gram asparagus mengandung 134 mikrogram Kalsium.

Makanan yang Mengandung Kalsium Telur

Ilustrasi Nasi Telur © Diadona

Telur merupakan makanan yang mempunyai seribu manfaat untuk kesehatan manusia. Tak heran, telur juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung Kalsium tinggi. Selain itu telur juga mempunyai kandungan protein, selenium, riboflavin, dan vitamiin B12. Mengonsumis satu butir telur berukuran besar mengandung 23,5 mikrogram Kalsium.

Makanan yang Mengandung Kalsium Susu

ilustrasi susu © Diadona

Susu sudah dikenal sebagai makanan yang mengandung kalsium tinggi. Tidak heran apabila banyak orang yang menjadikan susu sebagai menu yang wajib dikonsumsi setiap hari. Kandungan kalsium pada susu tidaklah sama rata tergantung pada sumbernya.

Susu sapi mengandung kalsium sebesar 143 mg per 100 gram sedangkan susu kambing mengandung kalsium sebanyak 98 mg. Kandungan kalsium susu kerbau memang cukup tinggi, yaitu sebesar 216 mg. Akan tetapi, jarang orang yang ingin mengonsumsi susu ini.

Selain dari asal hewan yang diperas susunya, kandungan kalsium juga berbeda pada karakteristik hasilnya. Susu full cream adalah susu yang memiliki kandungan kalsium sangat tinggi sebesar 800 mg per 100 gram.

Meskipun susu termasuk makanan mengandung protein tinggi tetapi ada juga susu yang memiliki kandungan kalsium yang sedikit. Susu kedelai yang merupakan susu nabati hanya mengandung kalsium sebesar 50 mg per 100 gram.

Makanan yang Mengandung Kalsium Ikan Sarden

Ilustrasi Sarden © Diadona

Ikan sarden kalengan adalah menu makanan yang mengandug kalsium tinggi, yang instan dan sangat mudah disajikan. Kamu tidak perlu repot dalam mempersiapkan bumbu-bumbu untuk bisa mengonsumsi resep ikan sarden yang enak.

Kelezatan pada bumbu dan daging kan sarden kalengan semakin lengkap dengan kandungan kalsium yang ada di dalamnya. Ikan sarden kalengan mengandung 354 mg kalsium per 100 gram berat bersihnya.

Kandungan kalsium yang cukup tinggi ini dikarenakan ikan sarden kalengan adalah menu ikan yang bisa dimakan bersama tulangnya. Sebagaimana telah diketahui bahwa tulang ikan memiliki kandungan kalsium cukup banyak.

2 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi

Tubuh sangat membutuhkan banyak asupan gizi 4 sehat 5 sempurna. Tanpa gizi yang seimbang, tubuh tak bisa berkembang secara maksimal. Dan salah satu gizi yang harus dipenuhi adalah Kalsium. 

Nah, untuk itu kamu perlu memngonsumsi makanan yang mengandung Kalsium tinggi agar tubuh bisa berkembang secara optimal. Apa saja makanan yang mengandung Kalsium tinggi? simak infonya berikut ini.

Makanan yang Mengandung Kalsium Brokoli

23 Manfaat Jus Sayur Brokoli untuk Kesehatan dan Bayi © Diadona

Brokoli sudah lama diketahui sebagai makanan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. termasuk sebagai makanan yang mengandung Kalsium tinggi. Satu mangkok sajian brokoli yang sudah direbus mengandung 84 mikrogram Kalsium yang memenuhi seperlima dari kebutuhan harian.

Makanan yang Mengandung Kalsium Hati Ayam

Ilustrasi Hati Ayam © Diadona

Selain menjadi makanan yang mengandung Kalsium tinggi hati ayam juga sangat mudah kita dapatkan di supermarket atau pasar terdekat. Hati ayam juga termasuk daladm makanan yang mengandung Kalsium tinggi yang paling direkomendasikan. Saat kamu mengonsumsi 100 gram hati ayam, terdapat 1.000 mikrogram kandungan Kalsium sebagai asupan daam tubuh.

Makanan yang Mengandung Kalsium Hati Sapi

Ilustrasi Hati Sapi © Diadona

Selain hati ayam, hati sapi juga termasuk dalam makanan yang mengandung Kalsium tinggi. Walaupun harganya cukup mahal jika dibandingkan dengan hati ayam, namun makanan ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Dalam 85 gram hati sapi mengandung 212 mikrogram Kalsium atau sekitar 54% dari kebutuhan harian.

Makanan yang Mengandung Kalsium Daun Katuk

Ilustrasi Daun Katuk © Diadona

Makanan mengandung kalsium juga bisa berasal dari kelompok sayur-sayuran. Daun katuk adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung kalsium cukup banyak. Kandungan kalsium di dalam 100 gram daun katuk adalah 204 mg.

Inilah mengapa daun katuk sangat baik dan sering dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para ibu menyusui. Hal ini dikarenakan manfaat daun katuk tidak hanya bisa meningkatkan jumlah ASI tetapi juga bisa mencukupi kebutuhan kalsium ibu menyusui.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa ibu menyusui telah banyak menggunakan cadangan kalsium pada tulang selama hamil. Kebutuhan kalsium ini lebih meningkat lagi ketika masa menyusui. Namun, perlu diingat bahwa ibu hamil tidak boleh makan daun katuk.

Makanan yang Mengandung Kalsium Keju

Ilustrasi Keju © Diadona

Produk olahan susu ini juga merupakan makanan yang mengandung kalium tinggi. Keju parmesan memiliki paling banyak kalsium, dengan 331 mg atau 33% dari asupan harian yang direkomendasikan. Keju yang lebih lunak cenderung memiliki kalisum kurang - satu ons brie hanya menghasilkan 52 mg, atau 5% dari dari asupan harian yang direkomendasikan. Banyak varietas lain yang standar menyediakan sekitar 20% dari dari asupan harian yang direkomendasikan. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa hal itu dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Studi lain menemukan bahwa makan keju setiap hari dikaitkan dengan risiko lebih rendah sindrom metabolik, yang meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

Dari semua manfaat dan kandungan yang dimiliki, jadi jangan heran kalau keju menjadi salah satu rekomendasi makanan yang mengandung kalsium tinggi.

3 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Kalsium untuk Ibu Hamil

Setelah positif hamil, ibu hamil harus selalu menjaga makanan yang dikonsumsi. Menajaga pola makan yang sehat dimaksudhkan untuk menjaga kesehatan tubuhnya sendiri dan janin dalam kandungan. Termasuk dengan mengonusmi makanan yang mengandung kalsium tinggi. Lalu apa saja makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil? berikut infonya untukmu.

Makanan yang Mengandung Kalsium Alpukat

Ilustrasi Alpukat © Diadona

Buah alpukat selain termasuk dalam makanan yang mengandung Kalsium tinggi, juga mempunyai kandungan gizi yang begitu baik unutk tubuh. Alpukat memiliki kandungan Vitamin K dan kalium yang tinggi. Semua kandungan yang ada di dalamnya, dapat membantu proses perkembangan otak dan tulang belakang janin. Selain itu alpukat juga membantu janin unutk menyerap nutrisi lain secar aktif. sanga bermanfaat sekali bukan?

Makanan yang Mengandung Kalsium Ikan Salmon

Ilustrasi ikan salmon © Diadona

Selain memiliki kandungan minyak Omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, ikan salmon juga termasuk dalam makanan yang mengandung Kalsium tinggi. Dengan mengonsumsi ikan salmon atau jenis ikan lain, kesbuuran reproduksimu diyakini akan meningkat. Perlu dicoba nih!

Makanan yang Mengandung Kalsium Kerang-Kerangan

Makanan laut ini jua dipercaya mempu menyuburkan kandungan pada wanita. Mengapa? alasannya adalah karena kerangan-kerngan memiliki kandungan vitamin B12 ayng mampu menjaga kadar hormon estrogen agar tetap stabil dan subur.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Mengandung Kalsium

Makanan yang menganudng Kalsium sangat berperan penting dalam membantu beberapa fungsi tubuh. Selain itu, Kalsium juga bisa bermanfaat unutk mencegah risiko bayi cacat lahir pada bayi. Lalu apa saja jenis makanan yang mengandung Kalsium tinggi? intip jawabannya di bawah ini.

Makanan yang bersumber dari hewan

Jenis makanan ini banyak masuk ke dalam golongan makanan yang mengandung Kalsium tinggi. contohnya adalah daging atau hati sapi, daging atau hati ayam, atau bisa juga daging unggas. Walaupun harga makanan ini terbilang cukup mahal, namun sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Sayur-Sayuran Hijau

Ilustrasi Sayuran Hijau © Diadona

Tak lagi bisa dipungkiri kalau sayuran memang memliki banyak fungsi yang sangat berguna untuk kehidupan manusia. Salah satunya berperan juga sebagai makanan yang mengandung Kalsium tinggi. Kamu bisa mencoba sayuran seperti: asparagus, bayam, brokoli, seledri, lobak hijau, dan lain-lain.

Produk Olahan Susu

Ilustrasi Oatmeal dan Madu © Diadona

Makanan jenis ini juga memiliki peran yang baik sebagai penyempurna asupan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak heran jika susu dan berbagai produk olahannya juga termasuk dalam makanan yang mengandung Kalsium tinggi. Cobalah untuk mengonsumsi susu sapi atau kambing, susu kedelai, yogurt, keju dan produk olahan susu lainnya agar asupan Kalsium dalam tubuh bisa terpenuhi.

Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Ilustrasi Biji Labu © Diadona

Kedua jenis makanan ini punya sederet manfaat yang baik untuk tubuh. Selain bermanfaat sebagai makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko terkena stroke, jenis makanan ini juga termasuk dalam golongan makanan yang mengandung Kalsium tinggi. Cobalah untuk mengonsumsi biji bunga matahari, gandum, kacang poong, kacang kedelai, kacang merah, dan kacang hijau.

Kesemua makanan yag sudah disebutkan di atas bisa dijadikan referensi sebagai asupan penambah jumlah kalsium dalam tubuh ya. Apa kamu punya rekomenadasi maknan lain? Silahkan tulis di kolom komentar ya.

Beri Komentar