17 Makanan untuk Darah Tinggi yang Sehat dan Paling Ampuh

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 27 Februari 2020 10:40
17 Makanan untuk Darah Tinggi yang Sehat dan Paling Ampuh
Makanan untuk darah tinggi bisa kamu dapatkan dari makanan berserat tinggi.

Memiliki riwayat penyakit berbahaya seperri darah tinggi dalam hidup menjadi momok yang cukup menakutkan bagi setiap orang. Makanya, kta harus puya pola hidup yang baik, memakan makanan yang sehat, dan selalu mengusahakan istirahat cukup agar tubuh bisa terhindar dari penyakit. Termasuk dengan mengonsumsi makanan untuk darah tinggi. Dengan punya kebiasaan tersebut, setidaknya kita bisa punya langkah pencegahan sebelum penyaklit menyerang tubuh kita.

1 dari 4 halaman

Makanan untuk Penderita Darah Tinggi

Darahh tinggi atau hipertensi merupakan penayakit yang bisa membahayakan tubuh manusia. Jika kamu sudah memiliki darah tinggi, mengonsumsi makanan untuk darah tinggi dapat menjadi solusi terbaik dalam proses penyembuhan penyakit ini. Lalu apa saja makanan yang dapat menurunkan darah tinggi? Inilah 8 makanan untuk penderita darah tinggi.

Kacang-kacangan

Ilustrasi Kacang-Kacangan © Diadona

Salah satu pilihan makanan untuk darah tinggi yang bisa kamu temui di sekitar kamu adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi dan mengandung lemak yang aman bagi tubuh.

Kacang-kacangan juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko penyakit jantung. Mengonsumsi 2 ons kacang dalam sehai bisa menurunkan darah jahat atau sebesar 5%.

Ikan

Ikan juga bisa menjadi pilihan lain makanan untuk darah tinggi. Ikan mempunyai kandungan leamk Omega-3 yang sangat bagus untuk tubuh. Omega 3 dapat meningkatkan darah naik dan menjaga kesehatan jantung.

Cara paling aman memasak ikan adalah dengan mengukus atau merebusnya. Memngonsumsi ikan sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu dapat menurunkan darah jahat.

Olahan kedelai

Ilustrasi Kacang Kedelai © Diadona

Beberapa studi penelitiasn mengatakan bahwa mengonsumsi makanan olahan kedelai seperti tahu, tempe, oncom dan lain sebagainya bisa membantu untuk menutunkan darah jahat dalam tubuh. Selain itu makanan olahan kedelai juga bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Memngonsumsi 25 gram kedelai dalam sehari mampu untuk menurunkan darah jahat sebanyak 5-6%. Makanan olahan kedelai sangat direkomendasikan untuk menjadi makanan penur kadar darah tinggi.

Oatmeal

Oatmel juga bisa menjadi opsi lain makanan untuk kadar darah tinggi. Oatmeal mempunyai kandungan beta-klugan yang efektif untuk menurunkan kadar darah jahat.

Kamu bisa mengonsumsi oatmeal sebagai menu sarapan di rumah. Dengan mengonsumsi oatmeal dapat emembantumu untuk menurunkan darah jahat sebesar 5%.

Bawang Putih

Ilustrasi Bawang Putih © Diadona

Mengonsumi bawang putih juga bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar darah jahat dalam tubuh. Dengan kandungan senyawa kuat seperti allicin, nggak heran bawang putih banyak menjadi pilihan makanan untuk kadar darah tinggi.

 

Tomat

Sumber potasium lain yang bisa menurunkan kadar darah dan mudah kamu temui di rumah adalah tomat. Tomat mengandung banyak kandungan baik bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin C, dan lycopene.

Kentang

Kentang © Diadona

Kentang yang memiliki kandungan potasium sehat bisa juga menjadi opsi untuk menurunkan kadar darah tinggi. Selain itu, dengan kandungan yang dimilikinya, kentang mampu berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah mengurangi risiko stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Apel

Mengutip dari laman Good House Keeping mengonsumsi sebutir apel dalm sehari bisa membantu kamu untuk menurunkan kadar darah tinggi dalam tubuh. Banyak studi yang mengatakan bahwa kandungan phonelic yang ada di kulit apel secara aktif akan menurunkan kadar darah, sehingga angat baik jika dijadikan sebagai makanan untuk darah tinggi.

2 dari 4 halaman

Makanan untuk Menurunkan Darah Tinggi

Ilustrasi Buah Ceri © Diadona

Bagi kamu yang mengalami darah tinggi tentu tak bisa bebas dalam mengonsumsi makanan. Khususnya makanan yang mengandung lemak jahat. Kamu harus menghindari makanan seperti seafood, daging, unggas, agar bisa menurunkan kadar darah tinggi. Nah, berikut kami rekomendasikan beberapa jenis makanan untuk menurunkan darah tinggi.

Ceri

Ceri dianggap menjadi salah satu makanan untukdarah tinggi paling favorit. Kenapa? Karena rasanya yang menyegarkan begitu mendarat di lidah. Menurut studi yang sudah dilakukan oleh para ahli, ceri memiliki manfaat untuk menurunkan risiko gangguan darah tinggi dengan mekanisme anti-inflamasinya. Mengonsumsi 5 ons ceri dalam sehari bisa menurunkan potensi serangan darah tinggi sebanyak 10%.

Buah Berries

Ilustrasi Blueberry © Diadona

Buah-buahan yang termasuk dalam kelompok berries seperti strawberry, blackberry, dan cranberry memliki kandungan yang sangat bagus untuk tubuh. Khsusunya sebagai makanan untukasam urat. Buah berries bisa menjadi bahan makanan untukdarah tinggi lain. Cobalah untuk mulai sering mengonsumsinya. Kamu bisa mengolahnya dengan membuat jus, dikonsumsi langsung, atau dibuat topping unutk dessert

Lemon

Makanan untukdarah tinggi yang terakhir adalah lemon. Lemon memiliki rasa yang asam dan segar. Para ahli banyak menyarankan untuk mengonsumsi lemon karena lemon memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari buah lain. Vitamin C dalam buah lemon terbukti secara aktif dapat melarutkan kandungan darah tinggi dan mengeluarkannya lewat urin.

3 dari 4 halaman

Makanan Sehat untuk Darah Tinggi

Langkah awal ketika kamu sudah tervonis memiliki penyakit darah tinggi adalah dengan menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan alami di sekitar kamu bisa juga menjadi pilihan lain untuk mennjaga tubuh dari darh tinggi dan penyakit lain yang sewaktu-waktu bisa menyerang. Nah, apa saja makanan sehat untuk darah tinggi dengan cepat? berikut infonya untuk kamu.

Cokelat hitam

Ilustrasi Coklelat Hitam © Diadona

Opsi pertama makanan untuk darah tinggi adalah cokelat hitam. Penelitian memverifikasi klaim bahwa cokelat hitam dan cokelat menjadi makanan untuk kolesterol.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang minum minuman cokelat dua kali sehari selama sebulan, berpotensi lebih besar mengalami pengurangan darah tinggi sekitar 0,17 mmol / l (6,5 mg / dl).

Namun coklat hitam atau coklat juga memlili kandungan gula yang cukup tinggi. kandungan gula secara negatif dapat memengaruhi kesehatan jantung.Karena itu, pilihlah cokelat hitam rendah gula untuk dikonsumsi.

Delima

Menurut Amy Gorin, MS, RDN, seorang ahli diet di New Jersey dan pemilik Amy Gorin Nutrition, bahwa delima bisa menjadi pilihan makanan untuk kolesterol.Mengonsumsi buah delima utuh atau dalam bentuk jus delima tanpa tambahan gula sama bermanfaatnya dalam mengendalikan dan memperlancra proses perderan darah dalm tubuh.

Kelapa

Ilustrasi Air Kelapa © Diadona

Memakan buah kelapa beserta airnya tak hanya berkhasiat untuk membuar kulit glowing dan megganti cairan tubuh. Mengonsumi kelapa juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebuah studi mengatakan bahwa memakan buah tropis ini bagus untuk menurunkan kadar darah tinggi dalam tubuh.

4 dari 4 halaman

Menu Makanan untuk Penderita Darah Tinggi

Dengan mengonsumsi makanan berserat dan vitamin tinggi kamu sudah selangkah lebih awal dalam menjaga kesehatan tubuh dari penyakit. Apalagi bagi kamu yang memliki keluhan penyakit seperti darah tinggi atau penyakit lainnya. Lalu apa saja menu makanan untuk penderita darah tinggi? simak infonya di bawah ini.

Pisang

Ilustrasi Buah Pisang © Diadona

Sebagian besar kalian mungkin akan kaget ketika mengetahui info ini. Walaupun harganya yang murah, namun buah pisang juga bisa bermanfaat sebagai makanan untuk darah tinggi dan kolesterol. Mengapa?

Karena pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi, Kandungan kalium ini akan membantu tubuh dalam menetralkan dan menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi dalam tubuh, sehingg pisang dianggap efektif sebagai makanan untuk darah tinggi dan kolesterol.

Yogurt

Kekurangan kalsium dalam tubuh juga bisa dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Untuk itu kamu perlu mengonsumsi makanan dengan jumlah kalsium yang tinggi. Salah satunya adalah yogurt.

Sekitar 170 gram yogurt mengandung 300 mg kalsium, hampir 1/3 dari kebutuhan kalsiummu. Kandungan natrium dalam yogurt juga termasuk rendah, sehingga aman bagi kamu penderita hipertensi. Selain itu, probiotik dalam yogurt juga dapat menjadi makanan untuk darah tinggi dan kolesterol seperti yang ditemukan pada beberapa penelitian.

Gandum

Ilustrasi gandum © Diadona

Makanan lain yang dapat kamu pilih sebagai makanan untuk darah tinggi dan kolesterol adalah gandum. Pada tahun 2010, penelitian pada American Journal of Clinical Nutrition mengatakan bahwa gandum utuh bisa menjadi salah satu makanan untuk darah tinggi.

Mengapa? Alasannya adalah karena gandum memiliki kandungan serat yang tinggi. Dengan kandungan serat yang tinggi inilah gandum dapat mencegah penyempitan pembuluh darah dan berpotensi menjadi untuk darah tinggi yang baik bagi tubuh.

Nah, itulah tadi makanan untuk darah tinggi yang bisa dikonsumsi secara rutin. Bila sudah rutin mengonsumsi salah satu atau beberapa makanan di atas, namun kadar darah tinggi tidak segera turun, konsultasikan dengen dokter ya!

Beri Komentar