17 Makanan Jepang yang Paling Populer di Dunia

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 9 Januari 2020 16:52
17 Makanan Jepang yang Paling Populer di Dunia
Makanan khas Jepang memang menyajikan cita rasa yang sangat memuaskan. Kamu juga bisa membuatnya di rumah.

Salah satu negara di kawasan Asia yang jadi tujuan destinasi wisatawan adalah Jepang. Jepang memang memiliki banyak keragaman budaya yang kental. Tanpa kebudayaan yang mengakar kuat pada masyarakatnya, Jepang tak akan menjadi negara dengan kemajuan teknologi yang pesat seperti saat ini. Namun, dibalik kemauan pesatnya, masyarakat di sana tetap melestarikan makanan jepang. Mereka mempercayai bahwa makanan jepang adalah warisan budaya yang tak boleh hilang

1 dari 5 halaman

Makanan Khas Jepang

Dengan banyaknya kebudayaan yang ada di Jepang, makanan Jepang pun mejadi beragam. Tak heran banyak wisatawan dari negara lain yang jatuh terpikat dengan cita tasa makanan Jepang. Lalu apasaja makanan khas Jepang yang bisa kamu coba? Inilah beberapa pilihan makanan khas Jepang untuk kamu.

1.Makanan Khas Jepang Sushi

Ilustrasi SushiIlustrasi Sushi © https://www.brilio.net/

Sushi adalah nama makanan khas Jepang yang paling terkenal di Jepang. Bahkan sebagian masyarakat di Indonesia sepertinya sudah pernah mencoba makanan khas Jepang ini. Sushi sebenarnya adalah nasi yang digulung dengan isian seafood dan sayur. Seafood yang biasa dipakai adalah daging ikan atau cumi, sedangkan sayuran yang umumnya dipakai dalam bahan pembuatan Sushi adalah mentimun, wortel, dan lain-lain.

2.Makanan Khas Jepang Sup Miso

Ilustrasi Sup MisoIlustrasi Sup Miso © https://www.brilio.net/

Sup miso adalah salah satu nama makanan khas Jepang yang biasa disajikan untuk hidangan oembuka atau hidangan pendamping. Miso sendiri adalah produk bumbu khas Jepang yang dibuat dari kacang kedelai yang telah difermentasikan. Biasanya sup misho diolah dengan bumbu dashi (bumbu untuk membuat kaldu ikan), miso, dan tahu. Masyarakat Jepang biasanya menyajikan sup miso saat sarapan pada pagi haari untuk tambahan energi menjalani hari.

3.Nama Makanan Khas Jepang Tempura

Ilustrasi TempuraIlustrasi Tempura © https://www.brilio.net/

Tempura adalah nama makanan khas Jepang yang dibuat dari adonan daging ikan atau sayuran. Adonan kemudian dibalut dengan campuran tepung gandum, air, dan telur, lalu digorengn. Rasanya yang gurih dan nikmat, pas jika disajikan dengan saus sambal.

4.Nama Makanan Khas Jepang Edamame

Ilustrasi EdamameIlustrasi Edamame © https://www.brilio.net/

Edamame adalah nama makanan khas Jepang yang dikenal dengan kedelai dari jepang ynag dikukus atau direbus. Setelah direbus, edamame kemudian diberi sejumput garam akan menambah rasa. Masyarakat Jepang biasanya mengkonsumsi makanan ini untuk camilan kesehatan.

5.Nama Makanan Khas Jepang Ramen

Ilustrasi RamenIlustrasi Ramen © https://www.brilio.net/

Mie ramen jadi salah satu nama makanan khas Jepang yang sangat populer karena di film-film kartun jepang sangat sering memperlihatkan mie ramen. Nama lain dari mie ramen ini adalah chuka soba. Mie ramen ini biasanya di campur dengan kuah kaldu dan berisi didalamnya seperti daging, ikan, miso dan juga irisan daun bawang yang membuat rasa mie ramen lebih gurih. Terlepas dari harga mie ramen yang terjangkau, ada perbedaan besar dalam kualitas dari satu warung dengan warung lainnya. Sebuah warung yang sudah mendapatkan reputasi baik dari para penggemar ramen akan secara teratur memiliki garis antrean yang panjang.

2 dari 5 halaman

Makanan Jepang dari Kotoran Manusia

Mayoritas kamu mungkin mengidolakan Jepang dalam hal inovasi. Baik inovasi dalam hal teknologi, kesehatan, kendaraan, maupun makanan. Tapi tahukah kamu ada beberapa inovasi makanan di Jepang yang menghebohkan dunia? Salah satunya pada tahun 2011 silam, seorang ilmuwan Laboratorium Okayama mengeluarkan inovasi berupa daging dari kotoran manusia. Sontak, masyarakat dunia dibuat heboh dengan berita in. Namun, sebenarnya apa saja makanan unik lain di Jepang? Simak infonya di bawah ini.

1.Daging Kotoran Manusia

Ilustrasi Daging dari Kotoran manusiaIlustrasi Daging dari Kotoran manusia © Rocketnews24

Beberpa tahun lalu, tepatnya tahun 2011 seorang ilmuwan Jepang Mitsuyuki mengehbohkan dunia maya dengan inovasnya membuat daging dari kotoran manusia. Tinja manusia yang banyak terdapat di Jepang disulapnya menjadi daging buatan agar bisa dimakan lagi.

Ikeda berpendapat bahwa kotoran manusia itu mengandung protein yang bisa dikembangkan lagi menjadi daging layak makan. Proses pembuatan daging dari kotoran manusia ini dimulai dengan pemisahan bakteri E.Coli dengan zat mikroba yang berbahaya. Setelah di[isahkan adonan kemudian ditambah dengan protein kacang kedelai dan pewarna merah hingga kemudian menjadi daging. Mau mencobanya?

2.Es Krim Daging Kuda

Ilustrasi Es Krim Daging KudaIlustrasi Es Krim Daging Kuda © toptenz.net

Umunya es krim di manapun dibuat dari campuran susu atau gelato. Namun di Jepang, ada es krim yang dibuat dengan bahan baku daging. Bukan dari daging sapi, ayam, ikan atau daging pada umunya, namun berasal dari daging kuda.

Daging kuda yang dikenal punya otot kuat, disulap menjadi hidangan es krim yag menyegarkan. Bahkan ada jenis es krim lain dari bahan dasar yang tak lazim, seperi es krim lidah sapi, sa,pai es krim sayap ayam. Tertarik mencobanya?

3.Biskuit Bangkai Tawon

Ilustrasi Biskuit TawonIlustrasi Biskuit Tawon © incrediblethings.com

Kalau mendengar nama " tawon" kamu pasti akan menyimpulkan makanan seperti madu. atau kalau kamu menjumpai tawon disuatu ruangan, kamu akan berusaha untuk menghindari tawon tersebut agar tak disengat. Namun, tawon di Jepang justru dijadikan sebagai bahan dasar biskuit.

Biskuti dari tawon ini diberi nama Warsp Crackers. Biskuit ini memang menyajikan bangkai tawon yang terdapat dalam adonan biskuit. Kebayang kan gimana bentuk biskuit ini?

3 dari 5 halaman

Harga Makanan di Jepang

Ketika kamu memutuskan unutk berkunjung ke negara sakura atau Jepang, kamu harus bisa mengatur biaya akomodasi, transportasi, detinasi dan makanan. Hal ini dilakukan karena selisih mata uang Yen lebih tinggi dari Rupiah. Kamu harus pintar-pintar mengatur bujet wisata ketika kamu ada disana. Namun, sebenarnya berapakah harga makanan di Jepang? Berikut infonya untuk kamu yang berniat berwisata ke Jepang.

1.Restoran Donburi

Donburi merupakan jenis makanan di Jepang yang berupa nasi dengan tambahan lauk yang diletakan di atas mangkuk. Contoh restora donburi yang ramai pengunjung adalah Yoshinoya, Sukiya, dan Matsuya. Harga paket makanan di restoran donburi adalah sekitar 290 Yen aatau setara dengan Rp.40.000.

2.Yatai

Ilustrasi YataiIlustrasi Yatai © TheJapanTimes.com

Yatai adalah gerobak makanan kaki lima di Jepang yang menyediakan hangat seperti ramen, oden, yakisoba, atau okonomiyaki. Bentuknya yang sederhana membuat pengunjung yang datang ke Yatai, harus rela makan dengan berdiri. Tips jika mendatangi Yatai dengan persediaan tempat duduk adalah kamu harus segera beranjak setelah menghabiskan makanan agar pengunjung lain tak lama-lama menunggu. Kamu bisa mendapatkan beberapa makanan diatsa dengan harga variatif mulai 20 - 50 ribu rupiah.

3.Kaitenzushi

Kaitenzushi ini adalah jenis restoran yang menyediakan sushi siap saji. Uniknya disini kamu akan disediakan sabuk belt yang bisa bergerak. Sushi di restoran kaitenzushi bisa kamu nikmati dengan harga per piring mulai 150 Yen atau setara Rp 20.000.

4 dari 5 halaman

Game Memasak Makanan Jepang

Makanan di Jepang terkenal dengan cita rasa dan bentuknya yang unik. Tk heran makanan jepang menjdai makanan favorti masyarakat dunia saat berkunjung ke Negeri Matahari Terbit ini. Bahkan saking terkenalnya, developer game di Android berinisiatid membuat dan merilis gaem maemasak makanan Jepang. Apasajakah game memasak makanan Jepang itu?

1.Ramen Sensei 2

Ilustrasi Game RamenSensei 2Ilustrasi Game RamenSensei 2 © apkpure.com

Game memasak makanan jepang yang pertama adalah Ramen Sensei 2. Dalam game besutan developer Kairsoft ini, memungkinkan kamu unutk bisa mempunyai bisnis ramen sendiri. Tak hanya itu, kamu juga bisa membuat berbagai masakan ramen dengan kuah yang berbeda. Kamu bisa mendownload game ini di Gooogle Playstore ya.

2.To-Fu Oh!Sushi

Ilustrasi TofuOhSushiIlustrasi TofuOhSushi © apkpure.com

Game memasak makanan jepang selanjutnya adalah To-Fu Oh!Sushi.Dalam game besutan developer Smart Education LTD ini, kamu bisa memasak suhsi dengan seleramu sendiri. Kamu diharuskna untuk menhidangkan sushi saat pengunjung datang ke restoranmu.

3.Shiggys Takoyaki

Ilustrasi Shiggy's TakoyakiIlustrasi Shiggy's Takoyaki © vimel.com

Takoyaki menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Jepang sekaligus menjadi makanan yang cukup terkenal beagi masyarakat dunia. Karena alasan itulah, kemudian developer On The Water berinisiatid unutk membuat game memasak makanan Jepang ini. Dalam game ini kamu diharuskna unutk membuat Takoyaki dengan jumlah sebanyak-banyaknya gar kau mendapatkan Skor tertingggi. Cukup menantang ya? Jika tertarik denan game ini silahkan download di Game Store hanphone kalian masing-masing ya.

5 dari 5 halaman

Resep Makanan Jepang

Makanan Jepang memang sudah terkenal cita rasanya sejak

Ilustrasi Chicken KarageIlustrasi Chicken Karage © dapurpcha.com

dahulu kala. Bahkan dari tahun 90 an. Tak lepas dari sejarah Jepang yang pernah menjajah Indonesia. Bagi kamu yang sangat menyukai makanan dari Jepang, dan ingin membuatnya sendiri rumah kamu bisa mencoba pilihan resep makanan Jepang berikut ini.

1.Resep Makanan Jepang Chicken Karage

 

Bahan Chicken Karage:
- 400 gram dada ayam fillet
- 100 gram kentang
- 50 gram buncis
- 50 gram wortel
- 100 gram tepung terigu serba guna
- 50 gram tepung maizena
- Minyak goreng secukupnya

Bumbu perendam:
- 30 g jahe, kupas, parut
- 3 sdm shoyu
- 2 siung bawang putih, kupas, parut
- ½ sdt garam
- ½ sdt merica hitam

Cara Membuat Chicken Karage:
- Pertama buncis dan wortel direbus hingga empuk, kemudian sisihkan, lalu minyak dipanaskan, setelah itu goreng kentang sampai berwarna kuning, angkat dan sisihkan.
- Lumuri ayam di dalam bumbu perendam, diamkan sekitar 30 menit, berikutnya masukkan ke dalam tepung terigu dan tepung maizena yang sudah diaduk lalu goreng hingga berwarna cokelat kekuningan atau hingga ayam matang.
- Sajikan Chicken Karage bersama kentang, wortel, dan buncis rebus, hidangkan di tengah keluarga selagi hangat, selamat mencoba.

2.Resep Makanan Jepang Tamagoyaki

ilustrasi Tamagoyakiilustrasi Tamagoyaki © dapurpcha.com

Bahan Tamagoyaki:
- 3 butir telur
- 1 siung bawang putih
- 1 siung bawang merah
- Wortel
- 1 batang daun bawang
- 1 batang seledri
- Garam dan merica secukupnya

Cara Membuat Tamagoyaki:
- Kocok telur dalam mangkuk.
- Wortel diiris-iris kemudian di rebus angkat dan tiriskan, masukkan ke dalam telur yang sudah di kocok.
Kemudian masukkan bawang merah, bawang putih, daun bawang yang telah diiris, seledri, garam, dan merica, - kocok sampai tercampur rata.
- Oleskan minyak goreng kedalam wajan anti lengket, kemudian panaskan di atas kompor dengan api kecil.
- Setelah itu tuangkan adonan ke atas wajan, tipis saja, kemudian setelah permukaan telur kering, gulung dan sisihkan di bagian sisi wajan.
- Masukkan kembali adonan telur, ulangi seperti langkah pertama sampai semua adonan habis.
- Potong telur dan tata di atas piring saji, sajikan Tamagoyaki bersama saos sambal ditengah keluarga tercinta, selamat mencoba.

3.Resep Makanan Jepang Beef Teriyaki

Ilustrasi Beef TeriyakiIlustrasi Beef Teriyaki © dapurocha.com

Bahan Beef Teriyaki:
- 1 kg daging sapi
- 1 wortel
- 2 buah bawang bombay

Bahan Toping:
- 8 siung bawang putih
- 4 ruas jahe
- 6 sendok makan kecap asin
- 6 sendok makan gula pasir
- 5 sendok makan saus tiram
- 4 sendok makan kecap manis
- 3 sendok teh merica
- 4 sendok teh lada hitam

Cara Membuat Beef Teriyaki:
- Silahkan tumbuk secara halus bawang putih dan jahe, kemudian rendam daging dengan semua bahan, lalu diamkan sekitar 30 menit.
- Kemudian bawang bombay dan wortel ditumis , masukkan daging yang sudah direndam.
- Aduk sampai matang dan Beef Teriyaki siap di sajikan untuk keluarga, selamat mencoba.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai makanan Jepang, mulai dari makanan khas Jepang, harga makanan Jepang, makanan unik di Jepang, sampai resep masakan Jepang yang bisa kamu coba di rumah. Mau mencoba mencicipi atau membuat makanan Jepang yang mana dulu? Tulis di kolom komentar ya.

Beri Komentar