16 Makanan Khas Papua yang Unik dan Bikin Kamu Penasaran

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 15 Januari 2020 16:21
16 Makanan Khas Papua yang Unik dan Bikin Kamu Penasaran
Papua bukan hanya tentang Raja Ampat, namun juga ada makanan khas unik. Mulai dari sate ulat sagu sampai udang selingkuh.

Papua adalah sebuah pulau di bagian timut Indonesia yag memiliki daya tarik dari segi keindahan alamnya yang begitu memukau. Ada juga berbagai budaya unik dan khas yang melekat kental pada diri masyarakat Papua. Namun siapa sangka, di balik keindahan alamnya yang luar biasa, makanan khas Papua juga menjadi salah satu hal yang tak bisa dilepaskan begitu saja. Ada baiknya kamu menyempatkan waktu untuk mencicipi makanan khas Papua saat kebetulan kamu berkunjung kesana. 

1 dari 4 halaman

Makanan Khas Papua Barat

Sebagai daerah yang cukup eksotik dengan berbagai budaya dan keindahan alam yangd imiliki, Papua Barat hampir tak pernah mengecewakan. Apalagi Papua Barat uuga mempunyai beragam kuliner yang unik dan khas. Dari mulai Papeda sampai Udang Selingkuh. Penaaaran apa saaj kuliner khas Papua Barat yang bisa menggugah seleramu? simak infonya berikut ini.

1.Makanan Khas Papua Barat Kue Lontar

Ilustrasi Kue LobtarIlustrasi Kue Lobtar © travelingyuk.com

Kalau kamu baru pertama kali melihat makanan khas Papua Barat satu ini mungkin kamu akan menyamakannya dengan Pie Susu yang ada di Bali. Namun ada perbedaan rasa jika kamu mencoba untuk mencicipinya. Kue lontar terasa lebih gurih dan legit. Kamu bisa membeli makanan khas Papua Barat ini di Angel Bakery yang terletak di Jalan Basuki Rahmat, Kota Sorong, dari jam 9 pagi hingga setengah 10 malam. Siap-siap nagih sehabis mencoba kue lontar khas Papua ini!

2.Makanan Khas Papua Barat Ikan Bakar Manokwari

Ilustrasi Ikan Bakar ManokwariIlustrasi Ikan Bakar Manokwari © http://www.wisataku.id/

Ikan bakar Manokwari lain dari ikan bakar yang biasa kamu santap. Ikan bakar Manokwari terkenal dengan kesegaran ikan dan bumbunya yang meresap hingga bagian dalam daging ikan.

Akan lebih mantap kalau kamu menyantap makanan khas Papua Barat satu ini dengan bumbu ekstra pedas. Ketika bumbunya sudah mendarat di mulut, kamu akan merasakn sensasi pedas yang nendang banget. Kamu bisa mencoba kuliner khas Papua Barat, Ikan bakar Manokwari ini di Rumah Makan Pangkep di Jl. Trikora Wosi, Kabupaten Manokwari, Papua Barat dari pukul 12 siang hingga 10 malam.

3.Makanan Khas Papua Barat Sate Ulat Sagu

Ilustrasi Satre Ulat SaguIlustrasi Satre Ulat Sagu © https://marketeers.com/

Makanan khas Papua Barat satu ini mungkin menjadi makanan yang cukup ekstrim untuk kamu nikmati. Bahkan bikin shock sebagian orang yang baru pertama kali mendengara atau melihatnya. Tapi percayalah, dengan olahan bumbu dan racikan yang pas, ulat ini dapat berubah menjadi sebuah sajian makanan yang lezat untuk dinikmati. Berani mencobanya?

4.Makanan Khas Papua Barat Ikan Bungkus

Ilustrasi Ikan BungkusIlustrasi Ikan Bungkus © resepkoki.id

Jika masyarakat di daerah lain menyajikan sajian ikan bungkus dengan daun pisang, maka masyarakat di Papua mengolah ikan bungkus dengan daun talas. Makanan khas Papua Barat satu ini diolah dengan menggunakan bahan dasar ikan laut yang kemudian dilumuri bumbu. Setelah siap, ikan kemudian dibakar di atas api hingga bumbu meresap. Membayangkannya saja sudah bikin ngiler ya.

5.Makanan Khas Papua Barat Udang Selingkuh

Ilustrasi Udang SelkingkuhIlustrasi Udang Selkingkuh © https://phinemo.com/

Tak cuman manusia saja yang bisa selingkuh, udang pun ternyaa bisa selingkuh. Sesuai namanya, makanan khas Papua Barat juga punya paduan cita rasa yang unik sekaligus menggugah selera. Sayang banget kalau kamu tak mencicipi makanan khas Papua Barat satu ini.

Dinamakan Udang Selingkh karena bentuk capitnya yang menyerupai kepiting, sehingga disebut seakan selingkuh dari identitasnya. Menarik buat dicoba, nih!

2 dari 4 halaman

Makanan khas daerah Papua

Selain kaya akan wisata alam yang begitu memanjakan mata, Papua juga punya makanan khas yang bisa memanjakan lidahmu lho. Sekali mencoba makanan khas papua, dijamin akan bikin kamu ketagihan. Penasaran? coba intip makanan khas daerah Papua berikut ini.

1.Makanan Khas Papua Martabak Sagu

Ilustrasi Martabak SaguIlustrasi Martabak Sagu © https://ayojalanjalan.com/

Martabak pada biasanya menggunakan adonan tepung terigu untuk membuatnya, namun makanan khas Papua satu ini menggunakan bahan dasar sagu dan gula merah. Kamu bisa menikmatinya dengan selai topping yang bisa kamu pilih sesuai selera. Rasanya legit dan gurih, cocok sebagai camilan peneman saat santai.

2.Makanan Khas Papua Sagu Lempeng

Ilustrasi Sagu LempengIlustrasi Sagu Lempeng © https://www.idntimes.com/

Sebanrnya makanan khas Papua satu ini bisa kamu temukan di daerah lain di Indonesia, seperti daerah Maluku, Riau dan Kalimantan. Karena memang mennjadi makanan khas dari daerah tersebut. Namun kamu tak akan bisa semudah itu mennemukannya di toko roti yang ada di Papua, karena Makanan khas Papua satu ini hanya menjadi konsumsi pribadi orang Papua. Akan lebih mantap kalau kamu menikmatinya sagu lempeng ini saaat masih hangat. Harus dicoba nih!

3.Makanan Khas Papua Kue Bagea

Ilustrasi Kue BageaIlustrasi Kue Bagea © indonesiakaya.com

Makanan khas Papoua satu ini merupakan makanan yang berasal dari daerah Ternate. Rasanya yang gurih dan legit dihasilkan dari paduan tepung sagu dan kenari sebagai bahan pembuatnya. Ketika kamu mencobanya dijamin bakal bikin ketagihan deh.

4.Makanan Khas Papua Sambal Colo-Colo

Ilustrasi Sambel Colo-ColoIlustrasi Sambel Colo-Colo © http://hanyaresepku.blogspot.com/

Hampir semua daerah di Indonesia sepertinya mempunyai sambal khas dengan ciri khas masing-masing. Termasuk papua, yang punya sambal khas bernama Colo-Colo. Rasanya begitu khas karena punya cita rasa yang sedikit asam, Rasa asam dari kandungaan jeruk nipis yang ada di dalamnya. Cocok sebagai lauk tambahan kala menyantap ikan goreng, atau dicolet dengan sayuran.

5.Makanan Khas Papua Abon Gulung

Ilustrasi Abon GulungIlustrasi Abon Gulung © indonesiakaya.com

Abon gulung termasuk dalam salah satu makanan khas Papua yang cukup terkenal karena kenikmatannya. Tak seperti roti gulung pada biasanya, roti gulung satu ini memiliki ukuran yang terbilang cukup besar dengan isian abon yang sangat banyak. Namun, karena proses pembuatannya menggunakan bahan yang alami, maka ketahanan makanan ini cukup singkat. Akan lebih baik jika langsung disantap atau bisa diawetkan di lemari es.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Papua Papeda

Ilustrasi PapedaIlustrasi Papeda © https://www.adira.co.id/

Sagu barangkali menjadi makanan utama sebagai pengganti nasi bagi kebnayakan masyarakat Papua. Bahkan bis diolah menjadi makanan khas Paoua yang punya cita rasa khas. Misalnya, sagu bakar, sagu lempeng, papeda, hingga sagu bola. Selain memiliki nilai ekonomis tinggi, sagu juga cocok dihidangkan dengan berbaga makanan lauk tambahan yang berkuah. Nah, biasanya orang Papua sering menyantap Papeda dengan ikan kuah kuning yang bercita rasa gurih dan kaya akan rempah. Bukan hanya olahan ikan, papeda juga dimakan bersama sayur ganemo yang terbuat dari daun melinjo dan bunga pepaya tumis.

Sayangnya, makanan khas Papua satu ini sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat Papua sendiri. Papeda mulai susah ditemukan karena sudah jarang dihidangkan sebagai makanan sehari-hari.

Padahal Papeda termasuk dalam makanan khas Papua dengan nilai sejarah yang cukup dalam. Dalam sejarahnya, Papeda dikenal luas dalam tradisi masyarakat sentani dan Abrab. Papeda kerap muncul sebagai sajian khsus pada acara adat yang berlangsung di daerah-daerah tersebut. Akan sangat sayang akalau Papeda hilang sebagai salah satu warisan makanan tradisional Indonesia.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Papua Timur

Makanan khas Papua banyak dikenal sebagai makanan khas yang dibuat dengan bahan dasar sagu. Padahal, sebenarnya banyak makanan khas Papua yang tak hanya mengandalkan sagu sebgai bahan utamanya lho. Apa saja makanan khas Papua yang wajib kamu coba? Berikut infonya unutkmu.

1.Makanan Khas Papua Petatas

Ilustrasi ubiIlustrasi ubi © https://www.kompasiana.com/

Petatas banyak diguanakan masyarakat papua sebagai makanan pokok pengganti nasi. Kalau tak ada sagu, petatas juga bisa menjadi alternatif lain sebagai makanan pokok. Makanya, saking pentingnya petatas bagi masyarakat Papua, hampir semua warung makanan di Papua menyedikana makanan ini. Oh iya, bagi kamu yang belum tahu dengan makanan khas Papua ini, orang Jawa lebih mengenalnya sebagai Ubi Jalar. Selain enak, makanan khas Papua ini juga mempunyai kandugan gizi yang baik unutk tubuh.

2.Makanan Khas Papua Sarang Semut

Ilustrasi Sarang SemutIlustrasi Sarang Semut © heltasarangsemut.com

Sesuai namanya, makanan khas Papua ini memang diolah menggunakan bahan srang semut. Hanya saja sarang semut ini kemudian diolah menjadi kue yang biasa dijadikan sebagai obat bagi masyarakat Papua. Berani mencobanya?

3.Makanan Khas Papua Cacing Laut

Ilustrasi Cacing LautIlustrasi Cacing Laut © https://gambaridco.blogspot.com/

Banyak orang yang mungkin merasa aneh karena menjadikan cacing sebagai salah satu makanan. Orang Papua percaya bahwa cacaing laut ini banyak mengandung gizi yang baik bagi tubuh, itulah mengapa orang Papua sering mengonusmsi makann ini. Orang Papua percaya, cacing laut mampu meningkatkan ketahanan tubuh dan menambah vitalitas pada Pria dewasa.

4.Makanan Khas Papua Sambal Dabu-Dabu

Ilustrasi Sambal Dabu-Dabu © Diadona

Ada sambal lain yang juga terkenal sebagai makanan khas Papua, namanya sambal dabu-dabu. Sambal ini beda dengan sambal lain pada umumnya, karena diolah dengan hanya mengiris sedang cabai hijau tanpa menghancurkan atau menghaluskannya. Walaupun hanya diolah dengan cara sederhana, namun cita rasanya begitu nendang.

5.Makanan Khas Papua Bubur Sagu

Ilustrasi Bubur SaguIlustrasi Bubur Sagu © https://www.tatitujiani.com/

Karena orang Papua suka sekali dengan sagu, maka banyak bermunculan makanan olahan turunan sagu. Seperti bubur kebanyakan, bubur sagu disajikan dengan kuah santan yang memberikan rasa gurih saat menyantapnya. Tanpa tambahan menu lain, rasa bubur sagu sudah sangat menggugah selera.

Bagaimana? Semakin tertarik untuk mengunjungi Papua? Mau mencoba makanan khas Papua yang mana dulu? Tulis di kolom komentar ya.

Beri Komentar