16 Makanan Khas Jawa yang Enak dan Paling Legendaris

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 31 Januari 2020 13:54
16 Makanan Khas Jawa yang Enak dan Paling Legendaris
Makanan khas Jawa mempunyai cita rasa yang bermacam-macam.

Pulau Jawa memliki sajian makanan khas Jawa yang unik karena dibuat dengan berbagai rempah-rempah. Saking enaknya, makanan khas Jawa banyak yang sudah tersebar ke seluruh pelosok nusantara. Disamping rasanya yang enak, makanan khas Jawa memang memiliki karakter rasa yang banyak diisi dengan rempah-rempah. Tak heran makanan khas Jawa sangat disukai oleh banyak orang bahkan dari antar suku. 

Yang lebih penting, makanan khas Jawa juga banyak bermanfaat bagi tubuh karena kandungan nutrisinya.

1 dari 4 halaman

Makanan Khas Jawa Tengah

Sebagai daerah yang mengapit dua bagian dari Pulau Jawa, pantaslah jika Jawa Tengah memiliki makanan khas Jawa yang unik dari dua daerah lain di Pulau Jawa. Perpaduan rasa makanan khas Jawa yang gurih, manis, dan sedikit pedas menjadi ciri khas tersendiri bagi daerah ini. Lalu apa saja makanna khas Jawa Tengah yang wajib kamu coba? Simak ifonya untukmu.

Nasi Grombyang

Ilustrasi nasi grombyang © Diadona

Nasi grombyang adalah makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari kota Pemalang. Di kota ini warung nasi grombyang yang paling terkeneal adalah warung Nasi Grombyang H.Warso. Nasi grombyang terbuat dari semangkuk nasi yang disajikan dengan kuah kental hitam dengan isisan daging sapi. Istilah grombyang berasal dari sajian nasi dengan kuah lebih banyak dari pada isinya. Nasi Grombyang cocok untuk teman menu makan siang atau malammu.

Jenang Kudus

Ilustrasi Jenang Kudus © Diadona

Jenang kudu biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh makanan khas Jawa Tengah dari kota Kudus. Umunya disajikan dengan bentuk memanjang dengan dibungkus mengggunakan plastik. Kamu bisa membelinya dalam kiloan atau dalam bentuk kemasan yang sudah disediakan.

Mie Ongklok

Ilustrasi Mie Ongklok © Diadona

Ketika kamu jalan-jalan ke Jawa tengah jangan lupa untuk mencicipi makana khas Jawa Tengah satu ini. Penamaan mie ongklok dari alat pembuatannya yang menggunakan ongklok. Ongklok adalah keranjang kecil yang terbuat dari anayaman bambu. Mie ongklok sendiri merupakan mie rebus yang diracik dengan berbagai bahan tambahan seperti potongan daun kucai dan kol.Uniknya, kuah mie ongklok juga ditambahkan kanji sehingga mengashilkan kuah mie yang kental dan gurih.

Garang Asem

Ilustrasi garang asem ayam © Diadona

Garang asem merupakan makanan khas Jawa Tengah yang dimasakn bersamaan dengan santan. Ayam yang dimasak ini terlebih dahulu dibungkung dengan menggunakan daun pisang.
Garang asem biasanya disajikan dengan lauk tambahan seperti perkedel, tempe, tahu dan lainnya. Cota rasanay yang pedas dan asam akan semakin membuat menggugah selera.

Tempe Mendoan

Ilustrasi Tempe Mendoan © Diadona

Makanan khas Jawa Tengah yang terakhir adalah tempe mendoan. Tempe mendoan sebenarnya hampir mirip dengan tempe goreng pada biasanya. Ynag membuat beda adalah cara memasaknya, karena tempe mendoan disajikan saat tempe belum terlalu matang. Karena kelezatannya tempe mendoan sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun asing.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Jawa Barat

Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki makanan unik dan rugi kalau nggak kamu cicipi adalah Jawa Barat. Di Jawa Barat atau Sunda itu banyak banget lho makanan khas Jawa yang enak. Kamu pernah nyobain belum? Kalau belum pernah, mending kita cari tau dulu aja makanan khas Jawa Barat itu apa aja.

Karedok

Ilustrasi karedok © Diadona

Daftar makanan khas Jawa Barat yang pertama adalah karedok. karedok sangat cocok buat kamu yang ingin nmengkonsumsi makanan sehat, karean Karedok berisikan sayuran yang banyak mengandung vitamin. Sekilas memang mirip dengan gado-gado namun perbedaannya adalah jika gado-gado menggunakan sayuran yang sudah direbus, namun jika karedok menggunakan bahan sayuran yang masih mentah. Karedok biasanya berisikan acang panjang, terong bulat, kol, taoge, mentimun dan juga daun kemangi,. Setelah sayuran siap, sayuran akan dibumbui dengan bumbu yang khas sehingga menghasilkan cita rasa yang pedas, asem, dan manis.

Empal Gentong

Ilustrasi empal gentong © Diadona

Daftar makanan khas Jawa Barat yang kedua berasl dari daerah Cirebon, namanya Empal Gentong. Asal nama makanan ini adalah adanya gentong yang digunakan untuk menampung kuah dari empal. Penggunaan gentong inilah yang menjadi awal penamaan menu empal gentong.Jika dilihat sekilas, empal gentong mirip dengan gulai namun memiliki kuah lebih bening dan rasa yang tidak terlalu pedas.

Selain itu, untuk bahan utama, makanan khas Jawa Barat ini dibuat dengan daging sapi, babat serta usus. Semua bahan tersebut dimasak sedemikian rupa dan disajikan dengan lontong serta tambahan sambal.

Batagor dan Siomay

Ilustrasi Batagor Bandung © Diadona

Siapa yang tidak kenal dengan kedua makanan ini? Batagor dan siomay adalah salah satu makanan khas daerah Jawa Barat yang sudah sangat terkenal hingga ke luar Jawa Barat. Jika kamu sering mencari jajanan pengganjal perut, pasti kamu pernah menemukan penjual batagor atau siomay dengan tagline khas Bandung atau Jawa Barat, bukan?

Nah, pada awalnya, makanan ini memang berasal dari Jawa Barat. Memiliki rasa yang nikmat, menu ini banyak dikenal di berbagai kalangan masyarakat hingga akhirnya menyebar ke lain provinsi. Kedua makanan khas Jawa Barat ini dibuat dengan bahan yang sebenarnya mirip. Hanya saja, perbedaan mendasar adalah batagor digoreng sedangkan siomay direbus dan memiliki variasi menu yang lebih banyak. Sajian ini disajikan dengan guyuran sambal kacang dan kecap yang membuatnya begitu nikmat.

Comro dan Misro

Ilustrasi Comro dan Misro © Diadona

Salah satu makanan khas Jawa Barat yang bisa dikatakan cukup unik adalah comro dan misro. Kedua makanan ini seolah seperti pasangan yang disajikan bersama-sama. Parutan singkong menjadi bahan utama dari panganan ini sehingga bisa dikatakan comro dan misro.

Yang membedakan makanan ini –yang tampak serasi, adalah isi dari makanan tersebut. Misro adalah makanan khas Jawa Barat yang diisi dengan sambal oncom, sedangkan misro diisi dengan gula merah sehingga rasanya cenderung manis. Nah, baik misro ataupun comro kemudian disajikan dengan cara digoreng.

Kedua jenis makanan ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Jawa Barat. Biasanya, comro dan misro dihidangkan untuk camilan di sore hari ditemani dengan secangkir kopi atau segelas teh hangat.

Surabi

Ilustrasi Surabi © Diadona

Jika Solo punya serabi, maka Jawa Barat punya Surabi. Ya, surabi adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang biasanya dijual di pusat keramaian. Menu makanan ini menjadi jajanan khas yang biasanya diburu masyarakat untuk dihidangkan untuk acara tertentu atau sekadar untuk menemani waktu minum teh.

Memiliki rasa yang khas dan nikmat, tak jarang jika makanan khas Jawa Barat ini begitu digemari masyarakat.
Nah, di pasaran, ada dua jenis surabi yang dijajakan, yakni surabi manis dan asin. Surabi manis disajikan dengan tambahan gula merah, di mana dibuat dengan campuran gula pasir, gula merah, santan dan pkamun.

Sedangkan surabi asin disajikan dengan tambahan sambal oncom yang khas di atasnya. Selain rasanya yang nikmat, kue surabi ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau sehingga diburu masyarakat. Dua jenis surabi ini bisa masuk dalam daftar makanan khas Jawa Barat.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Jawa Tiumur

Apa yang terbersit dipikiranmu ketika mendengar kata Jawa Timur? Wisata alam dengan berbagai gunung dan pantainya? Keramahan orangnya? keragaman budayanya?

Dari itu semua, tentu Jawa Timur juga menyimpan sejumlah makanan khas Jawa yang sayang unutk dilewatkan. Makanan khas Jawa Timur yang terkenal paduan rasa yang gurih, asam dan pedas, banyak digemari juga oleh orang-orang dari daerahnlain. Yuk intip rekomendasi makanan khas Jawa Timur yang bisa kamu coba.

Rujak Cingur

Ilustrasi rujak cingur © Diadona

Makanan Jawa Timur satu ini adalah masakan khas yang berasal dari Surabaya. Cingur dalam bahasa Jawa setempat berarti hidung. Makanya, rujak ini dinamakan rujak cingur. Dengan hanya uang sekitar 15-2o ribu rupiah saja kamu sudah bisa menikmatui kelezatan makanan khas Jawa Timur satu ini. Makanan ini cocok untuk kamu yang menyukai masakan bercita rasa pedas.

Soto Lamongan

Ilustrasi Soto Ayam Lamongan © Diadona

Soto Lamongan adalah makanan khas Jawa Timur yang punya kuah segar dan cocok dinikmati saat makan siang. Makanan khas kota Lamongan ini sangat mudah ditemui di Jawa Timur sendiri maupun di kota-kota lain. Hidangan kuah bening yang gurih,irisan daging ayam atau sapi yang lembut, membuat makanan khas Jawa Timur satu ini banyak disukai orang.

Bakso Malang

Ilustrasi Bakso Malang © Diadona

Tak hanya terkenal dengan panganan apelnya, kota Malang juga punya makanan khas Jawa Timur yang berkuah dan memliki cita rasa yang gurih dan menyegarkan. Sebagai salah satu sajian yang banyak disukai banyak orang, bakso Malang memiliki sajian bakso yang berbeda dengan sajian bakso di daerah lain. Bakso Mlaang menyajikan tambahan isian tahu, pangsit goreng, bihun dan mie kuning. Jadi selain nikmat. bakso Malang juga cukup mengenyangkan.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Daerah Jawa Timur

Salah satu daerah yang memiliki cukup banyak makanan khas Jawanya adalah Jawa Timur. Provinsi yang masuk di deretan padat Pulau Jawa ini menawarkan aneka makanan khas Jawa yang unik yang tidak hanya menjadi primadona wisatawan luar negeri, namun juga dalam negeri.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu sedang berada di daerah Jawa Timur, kamu mencoba mencicipi makanan khas Jawa Timur yang beraneka ragam tersebut. Lantas, apa saja makanan khas daerah Jawa Timur yang wajib menjadi pilihan untuk dicicipi?

Lontong Balap

Ilustrasi Lontong Balap Surabaya © Diadona

Lontong Balap bukan berarti lontongnya bisa balapan kayak MotoGP ya. Sebutan pada makanan khas Jawa Timur ini muncul karena pada zaman dahulu banyak pedagang lontong di Jawa yang sangat kencang dalam kalau mengayuh sepeda. Aljasil, masyarakat menyebut mereka dengan Lontong Balap.

Untuk kamu yang belum tau lotong balap itu terdiri apa saja? nah lotong balap itu terdiri dari lontong, touge, tahu goreng, lenthok, kecap, bawang goreng, sambal, dan siraman kuahnya yang khas rasanya, asin, manis, gurih, akan lebih nikmat jika dimakan saat hangat. Tertarik mencobanya?

Tahu Tek

Ilustrasi tahu tek © Diadona

Nama makanan khas Jawa Timur satu ini nggak kalah unik. Alasan dibalik penyebutan tahu tek adalah karena pedagang yang menjual makanan khas Jawa Timur satu ini memukulkan garpu ke penggorengan sehingga memncullkan bunyi " tek-tek-tek" . Dari situlah kemudian nama tahu tek disematkan.

Biasanya Makanan khas Jawa Timur ini bisa kamu temukan di malam hari. Tahu tek berisi bahan-bahan seperit tahugoreng, lontong atau nasi, tauge, kerupuk, timun, dan telur. Semua bahan-bahan itu kemudian di siram dengan kuah saus kacang. Penasaran ingin mencobanya?

Nasi Pecel

Ilustrasi nsi pecel mbok sador © Diadona

Makanan Khas Jawa Timur satu ini mungkin menjadi makanan tradisional yang sudah banyajk dikenal oleh masyarakat. Makanan tradisional ini adalah Makanan khas yang berasal dari Kota Blitar. Nasi Pecel ini terdiri dari sayuran seperti kangkung, bayam, tauge, kol, llau disiram bumbu kacang. Bisa juga ditambahkan aneka lauk seperti tempe, tahu, atau telur.

Jadi akan mencicipi makanna khas Jawa yang mana dulu? Selamat menikmati ya!

Beri Komentar