16 Makanan Diet Sehat yang Bergizi dan Mengeyangkan

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 19 Februari 2020 13:59
16 Makanan Diet Sehat yang Bergizi dan Mengeyangkan
Simak menu makanan diet sehat berikut ini agar proses dietmu lebih maksimal.

Menu makanan diet sehat merupakan daftar makanan bergizi seimbang dengan kadar yang disesuaikan oleh kebutuhan tubuh setiap harinya. Menu ini tidak hanya dikhususkan untuk kalangan yang ingin menguruskan badan saja, melainkan untuk semua orang yang ingin hidup sehat.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, menu makanan diet sehat harus mengandung beragam nutrisi esensial yang sangat diperlukan tubuh. Nutrisi esensial adalah nutrisi yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tersebut.

1 dari 4 halaman

Resep makanan diet sehat untuk Diet

Siapa sih yang tidak menginginkan tubuh yang ideal? Hampir semua orang menginginkannya, baik cowok maupun cewek. Banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan tubuh ideal. Salah satunya adalah dengan menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan diet sehat. Nah, untuk kamu yang sedang ingin membuat sendiri menu makanan diet sehat, kamu bisa menyimak beberapa pilihan resep makanan diet sehat untuk diet yang bisa kamu coba.

Resep Makanan Diet Sehat Telur Sayuran Goreng

Ilustrasi Telur Sayuran Goreng © Diadona

Bahan yang perlu disiapkan:

- Minyak Kelapa
- Sayuran (wortel, kembang kol, brokoli, kacang panjang, buncis, dsb) sesuai dengan selera.
- Telur ayam
- Rempah-rempah (merica, pala, kayu manis)
- Garam
- Bayam (opsional)

Cara membuat:

- Pertama, panaskan minyak kelapa di atas wajan dengan api keci.
- Cuci bersih semua sayuran, dan potong dengan ukuran sedang, sesuai dengan selera.
- Setelah itu, tumis sayuran ke dalam minyak kelapa yang sudah panas.
- Aduk sayuran sebentar, kemudian masukkan telur sesuai dengan selera, bisa 204 telur.
- Tambahkan sedikit garam, merica, bubuk pada, dan bubuk kayu manis.
- Aduk hingga merata, tambahkan bayam jika ingin tambahan sayur.
- Setelah itu, Telur Sayuran Goreng siap disajikan.

Resep Makanan Diet Sehat Telur Bacon

Ilustrasi Telur Bacon Daging Sapi © Diadona

Bahan-bahan:

- Bacon
- Minyak Zaitun
- Telur
- Rempah-rempah (merica, pala, kayu manis, atau bahan lain sesuai selera)

Cara membuat:

- Siapkan wajan panas dengan minyak zaitun, kemudian tambahkan Bacon.
- Goreng Bacon hingga matang.
- Kemudian goreng 2-3 telur ayam, sesuaikan kematangan dengan selera masing-masing.
- Untuk menambahkan rasa, ketika menggoreng telur, Sahabat Dream bisa menggunakan bubuk bawang putih, atau bawang Bombay.
- Letakkan telur dan bacon goreng pada piring, dan Telur Bacon siap disantap

Resep Makanan Diet Sehat Burger Keju

Ilustrasi Burger Keju © Diadona

Bahan-bahan:

- Mentega nabati
- Roti rendah lemak dan rendah karbohidrat
- Keju Cheddar
- Keju krim
- Bayam
- Rempah-rempah

Cara membuat:

- Pertama, panaskan wajan dan tambahkan mentega.
- Panaskan roti dan beri taburan rempah, seperti bubuk kayu manis dan merica.
- Balik roti sampai kematangan yang diinginkan.
- Setelah matang, tambahkan irisan keju cheddar dan beberapa sendok keju krim.
- Tutup wajan sampai keju meleleh.
- Setelah itu, tambahkan bayam yang sudah dicuci (bisa mentah atau direbus terlebih dahulu)
- Tambahkan salsa, saus khusus burger.
- Dan, burger keju sehat siap untuk disantap.

2 dari 4 halaman

Menu Makanan Diet Sehat

Beberapa hal yang dihindari para pelaku diet adalah, tidak mengonsumsi makanan berat, seperti nasi dan makanan berlemak. Mereka juga mengatur waktu makannya. Nah biasanya pada malam hari mereka tidak makan. Untuk kamu yang sedang diet dan masih bingun mau mengonsumsi makanan diet sehat apa, kamu bisa menyimak menu makanan diet sehat berikut ini.

Sup Bening

      View this post on Instagram      

A post shared by Doctor Daily Kitchen (@doctordailykitchen) on

 

Sup Bening adalah menu makanan diet sehat yang bisa kita olah sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan yang cukup mudah ditemukan, sup bening juga tak butuh waktu banyak untuk membuatnya. Sup Bening yang terdiri dari berbagai macam sayuran bisa memberi asupan gizi yang baik sehingga tubuh menjadi sehat. Sup yang banyak terdiri dari sayuran juga bisa berkhasiat untuk melancarkan pencernaan.

Pepes Ikan

      View this post on Instagram      

A post shared by Lina Gui (@linagui.kitchen) on

 

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa ikan memiliki kandungan gizi yang begitu baik. Inilah alasannya pepes ikan dijadikan sebagai salah satu menu makanan diet sehat.Ikan mempunyai kandungan protein, vitamin, dan mineral yang bisa menurunkan tekanan darah. Bahkan asam lemak omega 3 yang terdapat dalam ikan memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Pecel

      View this post on Instagram      

A post shared by Kuliner Malang (@lambengunyahmalang) on

 

Siapa sih yang tak mengenal menu makanan diet sehat satu ini? Pecel berisi berbagai jenis sayuran seperti bayam, kangkung, tauge, mentimun, dan lain sebagainya. Dengan banyak jenis sayuran yang ada, akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun hati-hati dengan bumbu kacangnya ya, karena bis berpotensi menumbuhkan jerawat di wajah.

Brokoli

Brokoli © Diadona

Di antara banyaknya sayuran, brokoli bnayak dicari sebagai menu makanan diet sehat. Rasanyta tak pahit dan mengandung kalori yang rendah. Selain itu brokoli juga mempunyai kandungan anti-oksidan yang mampu menajag tubuh dari penyakkit kardiovaskular. Brokoli bisa kamu olah dengan cara ditumis atau dicampurkan dengan sayuran lain aggar menjadi cap cay.

Selada

Ilustrasi selada © Diadona

Nah kalau kamu tak mau gemuk dan ingin mengonsumsi menu makan sehat, selada adalah jawabannya. Selada adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak serat sehingga sangat baik untuk organ pencernaanmu. Selain itu, selada juga termasuk dalam sayuran zero calories sehingga nggak akan bikin kamu gendut.

3 dari 4 halaman

Menu Makanan Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Perubahan pola makan secara mendadak untuk menurunkan berat badan secara mendadak, itu akan beresiko pada kesehatan kamu. Semua butuh bertahap dan pastinya tidak terlalu menyiksa dirimu. Jika kamu selama ini makan dengan porsi banyak, maka yang haus kamu lakukan adalah mengurangi porsi makanmu dengan mengonsumsi makanan diet sehat namun tetap bergizi. Yuk, simak beberapa pilihan menu makanan diet sehat menurunkan berat badan berikut ini.

Salad dan Alpukat

Ilustrasi Salad dan Alpukat © Diadona

Makanan diet sehat yang pertama adalah salad dan alpukat. Biasanya salad terbuat dari buah dan sayuran, maka cobalah untuk membuat salad alpukat. Kandungan phitochemical dari campuran salad hijau mampu diserap oleh tubuh 3x lebih efektif jika dikonsumsi dengan 1,5 sendok teh alpukat dibanding tanpa alpukat. Kamu dapat mencampur kedua makanan ini dalam salad sayur. Dengan begitu, konsumsi keduanya akan lebih efektif untuk melawan penyakit jantung, katarak dan kanker.

Susu dan Pisang

Ilustrasi Susu dan Pisang © Diadona

Makanan diet sehat selanjutnya adalah susu dan pisang. Gabungan susu dan pisang meningkatkan penyerapan mineral pada tubuh. Pisang dan susu bisa dibuat jus dan dikonsumsi pada pagi atau malam hari. Kamu dapat mengolah keduanya untuk dijadikan smoothies. Kandungan vitamin yang terdapat pada pisang dan susu akan membuat minuman semakin sehat. Jika dikonsumsi di pagi hari, akan membuat Kamu lebih kenyang.

Oatmeal dan Buah

Ilustrasi Oatmeal dan Buah © Diadona

Oatmeal dan buah juga bisa menjadi paduan yang cocok sebagai makanan diet sehat. Kamu dapat mencampurkan oatmeal dengan buah-buahan. Vitamin yang terkandung dalam buah akan menjadi pelengkap dalam olahan ini. Cobalah membuat oatmeal dengan buah blueberry. Oat mengandung serat larut yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan juga mampu mencegah penumpukan plak lemak pada pembuluh arteri. Jika Vitamin C yang dikandung blueberry bertemu dengan zat phitochemical dari oat, mampu menurunkan kolesterol dari pembuluh arteri. Konsumsi oat yang hangat dengan taburan blueberry bisa menjadi alternatif sarapan.

4 dari 4 halaman

Menu Makanan Diet Sehat Setiap Hari

Tak hanya melakukan olahraga seetiap hari agar berat badan tetap terjaga, dan tubuh senantiasa dalam keadaan fit, namun juga perlu mengonsumsi makanan diet sehat. Dengan tambahan nutrisi yang didapatkan dari makanan diet sehat, tubuh akan bekerja secara normal dan tetap sehat bugar. Yuk, simak beberapa menu makanan diet sehat yang aman dikonsumsi dan tetap menyehatkan berikut ini.

Pepaya

Ilustrasi Pepaya © Diadona

Buah yang satu ini termasuk buah yang mudah sekali kita temui. Bahkan, buah ini bisa tumbuh di manapun. Pepaya mempunyai peran yang sangat baik bagi pencernaan kita, karena pepaya memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu harganya pun tak terlalu mahal. Kamu bisa mengonsumsinya saat malam hari sebagai pengganti nasi.

Apel

Nah, buah berikutnya yang bis dijadikan sebagai menu makanan diet sehat adalah apel. Sama dengan pepaya, apel juga mempunyai kelebihan yang bisa membantumu menahan rasa lapar. Mengonsumsi 2 buah apel dalam sehari akan membantumu untuk mengurangi porsi makan. Cocok untuk kamu yang ingin mengoptimalkan proses diet.

Kacang Merah

Ilustrasi kacang merah © Diadona

Nah contoh menu makanan diet sehat lain yang bisa kamu coba adalah kacang merah. Kenapa? Karena kacang merah tak akan bikin kamu gendut. Selain itu, makanan kacang-kacangan seperti kacang merah sangat berguna untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Disarankan untuk mengolah kacang merah menjdi sup ya. Rasanya enak dan bisa bertahan cukup lama.

Yogurt

Contoh menu makanan diet sehat lain yang bisa kamu temui adalah yogurt. Yogurt mempunyai kandungan gula yang cukup rendah. Kandungan serat dan vitaminnya pun cukup tinggi, sehingga aman bagi tubuh dan tak akan bikin berat badan naik. Kamu juga bisa menambahkan berbagai buah untuk topingnya.

Kentang

Kentang © Diadona

Makanan satu ini banyak digemari bukan? Rasanya yang enak dan bikin kenyang, membuat sebagian orang menjadikan ini sebagai cemilan. Kentang sangat aman dikonsumsi sebagai makanan diet sehat dan nggak bikin gendut. Kentang mengandung karbohindrat, kaya vitamin serta tinggi nutrisi.

Kamu bisa mengolah kentang kedalam beberapa hal, bisa direbus, digoreng, dan dibakar. Kentang bisa menjadi sebagai penggan

Tetap jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secaar teratur, dan istirahat yang cukup ya. semoga bermanfaat!

Beri Komentar