15 Kuliner Padang Sumatera Barat yang Enaknya Bikin Kamu Ketagihan

Reporter : Anif Fathul Amin
Minggu, 11 Februari 2024 23:11
15 Kuliner Padang Sumatera Barat yang Enaknya Bikin Kamu Ketagihan
Mulai dari masakan Padang, es durian, hingga spot-spot cantik tempat menikmati masakan legendaris dari kota satu ini.

Setiap kali kamu menyantap masakan Padang, kamu pasti udah tahu banget bahwa kuliner di daerah ini identik dengan penggunaan bumbu rempah yang kuat dan lezat banget, bukan?

Masakan di Kota Padang merupakan bagian dari warisan kuliner Minangkabau yang memiliki ciri khas dari daerah lainnya. Masakan khas Padang biasanya memiliki rasa pedas yang kuat dari penggunaan rempah-rempah seperti cabai merah, cabai hijau dan cabai rawit, masakan dengan kuah kental yang melimpah dan diproses hingga berjam-jam.

Namun kalau kamu sedang berada di Padang, kamu nggak akan terbatasi pada masakan seperti itu saja. di kota ini, kamu akan menemukan banyak banget varian masakan dari tempat makan dan menu-menu legendaris yang sayang untuk dilewatkan.

1 dari 4 halaman

Kota Padang memang terkenal akan kekayaan kuliner-nya. Berbagai kuliner Padang memiliki cita rasa khas yang digemari dan mendunia. Tak lengkap tentu berkunjung ke Kota Padang tanpa melakukan wisata kuliner.

Yuk, mulai eksplorasi wisata kuliner di Padang dengan pilihan destinasi wisata kuliner Padang terbaik dan terfavorit berikut

Sate Danguang-Danguang

Kuliner Padang - Sate Danguang-Danguang

Ke Padang tanpa mencoba wisata kuliner sate padang tentu tak akan afdol. Salah satu tempat berburu sate padang paling terkenal di Padang adalah Sate Danguang-Danguang. Dengan kuah saus sate padang yang khas dan daging sapi yang gurih, sate padang daguang-daguang menjadi spot wisata kuliner Padang Paling favorit.

Walaupun secara penampilan sate danguang-danguang sama dengan sate padang lainnya, tetapi pemberian kelapa parut pada sate ini menjadikannya memiliki cita rasa jauh lebih gurih.

Selain itu, jenis sate padang lainnya ada yang memakai bagian jantung sapi, tetapi sate danguang-danguang hanya memakai daging dan lidah sapi. Hal ini tentu membuat sate danguang-danguang menjadi kuliner favorit di berbagai festival masakan Minang dan jadi kuliner Padang yang nggak boleh kamu lewatkan.

Alamat: Jalan Simpang Kinol, Padang
Jam operasional : 16.30 - 23.00
Harga mulai dari: Rp25.000

Rumah Makan Pauh Piaman

Kuliner Padang - Rumah Makan Pauh Piaman

Rumah makan Pauh Piaman adalah kuliner Padang yang pas untuk merasakan bagaimana rasanya menikmati nasi Padang di Kota Padang. Hidangan favorit dari tempat ini adalah gulai kepala ikan yang diolah dengan rempah-rempah khas masakan Padang.

Terdapat beberapa ukuran kepala ikan yang bisa dipesan, mulai dari ukuran kecil, sedang, hingga besar. Jadi tidak perlu khawatir kalau datang sendiri, karena kamu dapat memesan gulai kepala ikan dengan porsi yang sesuai.

Selain hidangan gulai, menu lainnya dari rumah makan ini yang patut dicoba adalah telur dadar crispy dan sambal lado hijau. Rasanya tentu tak lepas dari olahan Minang lainnya yang gurih dan pedas.

Alamat: Jl. Khatib Sulaiman No.63, Lolong Belanti, Padang
Jam Operasional: 08.00 - 21.00
Harga Mulai Dari: Rp 20.000 - Rp 115.000,00

Warung Kopi Nan Yo

Kuliner Padang - Warung Kopi Nan Yo

Buat yang gemar kopi, Kota Padang memiliki warung kopi legendaris dengan nuansa pecinan tempo dulu. Tujuan wisata kuliner Padang ini paling sering dikunjungi pada saat pagi hari untuk sarapan. Menu kamulan dari kedai kopi ini adalah Kopi Es dan juga mie goreng.

Cita rasa kopi hitam yang otentik, dapat dinikmati dengan aneka jajanan seperti kue srikaya, bakwan, keripik singkong, hingga kacang goreng. Ruang dapur yang sebagian terbuka, membuat pengunjung cukup leluasa menikmati pembuatan kopi yang dipesan.

Walaupun ramai di jam-jam sarapan, Warung Kopi Nan Yo buka hingga sore dan cocok untuk bersantai sambil ngopi di sore hari.

Alamat: Jl. Niaga No. 205,Padang (Nan Yo Baru: Jl. Pondok no. 88E Flamboyan, Padang)
Jam Operasional: 06.00 - 17.00
Harga Mulai Dari: Rp 2.000 (Minuman) & Rp 16.000 (Makanan)

2 dari 4 halaman

Kuliner Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya memang terkenal sebagai tujuan wisata, namun pada malam hari, tempat wisata kuliner Padang ini berubah menjadi tujuan wisata kuliner Padang kaki lima yang terkenal akan sajian jagung bakar dan juga pisang kapiak.

Suasana malam jembatan ditemani temaram lampu jalanan tentu akan membuat hidangan menjadi semakin lezat, bukan?

Akan tetapi pada awal 2023, Pemerintah Kota Padang berhasil melakukan relokasi terhadap para pedagang kaki lima yang berjualan di atas Jembatan SIti Nurbaya ke bagian bawah jembatan. Langkah ini diambil untuk mewujudkan ketertiban dan keindahan di objek wisata tersebut. 

Jadi, bagi kamu yang ingin mencoba aneka jajanan sambil menikmati pemandangan malam Kota Padang, masih tetap bisa berkunjung ke bagian bawah Jembatan Siti Nurbaya sambil ditemani pertunjukkan musik di sana. 

Alamat: Jembatan Siti Nurbaya, Padang
Jam Operasional: 16.00 - Tutup
Harga mulai dari: Rp 8.000

Restoran Lamun Ombak

Kuliner Padang - Restoran Lamun Ombak 

Pilihan tempat merasakan lezatnya nasi Padang adalah Restoran Lamun Ombak. Di tempat wisata kuliner Padang satu ini kamu bisa menemukan menu lengkap mulai dari rendang, asam padeh, gulai otak, dang balado, hingga ayam pop.

Dengan citarasa yang lezat, tujuan wisata kuliner Padang satu ini tak pernah sepi pengunjung.

Penyajian makanan yang khas masakan Padang dengan menyajikan seluruh menu di meja pengunjung, menjadi ciri khas restoran Minang ini. Pengunjung dapat mengambil lauk apapun yang disuka di atas meja dan dapat pula memesan lauk tambahan ke pramusaji.

Pastinya restoran ini wajib didatangi ketika kamu berkunjung ke Padang untuk merasakan aneka hidangan otentik Minang.

Alamat: Jalan Khatib Sulaiman No.99, Ulak Karang Utara, Padang Utara, Kota Padang
Jam Operasional: 07.30 - 21.00
Harga mulai dari: Rp 17.000 (olahan ayam) & Rp 35.000 (gulai kepala ikan)

Pondok Baselo Lubuk Idai

Kuliner Minang - Pondok Baselo Lubuk Idai

Untuk kamu penggemar seafood, Pondok Baselo Lubuk Idai adalah destinasi wisata kuliner Padang yang wajib dikunjungi. Menu kamulan dari restoran ini adalah sup kerang, gulai pakis, dan gulai jariang atau jengkol yang akan memberikanmu pengalaman berbeda dalam menikmati kuliner seafood.

Tak hanya itu, kerang laut dan ikan bakar juga menjadi menu favorit pengunjung yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Pondok Baselo Lubuk Idai ini. Mengusung konsep lesehan, restoran ini cocok untuk makan-makan bersama keluarga dan rombongan besar.

Tempat makan dan parkiran yang cukup luas tentu menjadi faktor lain restoran ini wajib kalian kunjungi bersama keluarga saat ingin wisata kuliner Padang.

Alamat: Jl. Khatib Sulaiman No. 81, Padang Utara
Harga mulai dari: Rp 15.000

3 dari 4 halaman

Kamu pasti sepakat kalau nasi padang adalah kuliner padang yang sangat lezat. Nah, ternyata masih banyak lho kuliner unik dan enak khas Padang lainnya yang wajib kamu coba. Dijamin bakal bikin kamu gagal diet! 

Es Durian Ganti Nan Lamo

Kuliner Legendaris Padang - Es Durian Ganti Nan Lamo

Sehabis menikmati santap kuliner Padang, saatnya menikmati hidangan pencuci mulut. Es Durian Ganti Nan Lamo adalah tujuan wisata kuliner Padang yang tepat untuk kamu penggemar buah durian.

Berdiri sejak 1960, cita rasa dari es durian di tempat ini masih terjaga dan tetap digemari.

Untuk menemani menikmati es durian, kamu juga bisa memesan makanan ringan seperti kentang goreng atau pancake durian. Selain itu, restoran ini juga menyediakan makanan berat seperti sate padang, gado-gado, hingga pempek loh.

Berbeda dengan tempat makan legendaris lain di Kota Padang yang memiliki nuansa jadul, Es Durian Ganti Nan Lamo ini menyajikan suasana aesthetic yang bersih dan nyaman bagi pengunjung.

Alamat: Jl. HOS Cokroaminoto, No. 31
Harga mulai dari: Rp 10.000

Es Durian Iko Gantinyo

Kuliner Legendaris Padang - Es Durian Iko Gantinyo

Pilihan kuliner Es Durian lainnya yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Padang adalah Es Durian Iko Gantinyo. Tempat ini juga populer sebagai tempat nongkrong para pecinta kuliner durian di Padang.

Selain Es Durian, tersedia juga menu sate padang dan juga pempek sebagai pendamping Es Durian yang kamu pesan. Wajib banget nih cobain kuliner Padang satu ini.

Menu yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke restoran ini adalah es krim durian, es pokat durian, dan pancake durian. Semua menu berbahan dasar durian memiliki rasa yang medok durian banget sehingga dapat memanjakan lidah para pecinta buah yang satu ini.

Jangan khawatir, walaupun datang bukan di musim durian, kamu tetap bisa datang dan menikmatinya di iko gantinyo. 

Alamat: Jl. Nipah, No. 34 B, Padang
Harga mulai dari: Rp 10.000

Es Cendol Pattimura

Kuliner Padang - Es Cendol Pattimura

Nggak cuma Es Durian, masih wisata kuliner Padang yang menyegarkan selanjutnya, yaitu es cendol Pattimura. Yang membuat Es Cendol Pattimura berbeda dari es cendol pada umumnya adalah campuran beras ketang yang ditumbuk halus, emping yang halus, dilengkapi gula merah dan parutan kelapa.

Buka dari tahun 1980-an, es cendol ini mampu mempertahankan cita rasa dan kekhasannya sehingga masih menjadi pilihan penyegar di kala siang hari yang terik di Kota Padang.

Hal lain yang membuat pengunjung kembali lagi ke tempat ini adalah karena pada musim durian, pemilik warung es akan membuat menu baru yakni es cendol durian. Wah, pastikan mampir ke cendol patimura saat musim durian ya!

Alamat: Simpang Tiga Jalan Ahmad Yani dan Jalan Pattimura, Padang
Harga mulai dari: Rp 8.000

4 dari 4 halaman

 Soto Garuda

Kuliner Padang - Soto Garuda

Soto Garuda merupakan objek wisata kuliner Padang yang sudah berdiri sejak 1976 dan sangat digemari baik masyarakat maupun wisatawan. Dengan variasi menu kamulan soto paru dan gado-gado, Soto Garuda kini sudah memiliki beberapa cabang di Kota Padang.

Untuk pilihan sotonya sendiri, pengunjung dapat memilih daging atau paru yang digoreng cukup garing sebagai isian. Tentunya kuah yang bening dengan rasa ringan di mulut sangat cocok jika dipadukan dengan nasi hangat serta potongan daging atau paru yang lembut.

Makanan yang segar seperti soto garuda, tentu cocok dilahap setelah berwisata kuliner menyantap makanan Padang yang berat dan sangat berbumbu.  

Alamat: Jl. S. Parman No. 110, Padang dan Jl. Pattimura, Padang
Harga mulai dari: Rp 25.000

Martabak Kubang Hayuda

Kuliner Padang- Martabak Kubang Hayuda

Tujuan wisata kuliner Padang selanjutnya adalah Martabak Kubang yang juga kerap disebut martabak Mesir. Sekilas Martabak ini terlihat seperti martabak telur, namun bumbu dan komposisi isian berupa cacahan daging yang membuatnya terasa jauh lebih spesial dan lezat.

Kuah martabak yang disajikan dengan potongan cabai dan tomat juga tak kalah enak, menjadi pelengkap yang menyempurnakan rasa martabak mesir ini.

Kalau tidak begitu menyukai martabak, pengunjung bisa mencoba menu roti cane dan kari ayam atau kambing yang tentunya tak kalah nikmat. Martabak yang dulunya bernama Martabak Mesir Kubang ini telah memiliki 4 cabang di Jakarta yang mungkin bisa mengobati rasa rindu pada martabak kubang hayuda asli Padang. 

Alamat: Jl. Moh. Yamin No.138, Belakang Olo, Padang
Harga mulai dari: Rp 18.000

Lontong Malam Turagi

Kuliner Padang - Lontong Malam Turagi

Berbeda dengan lontong yang umumnya disantap sebagai sarapan, Lontong malam Turagi justru baru mulain dijajakan pada jam 05.00 sore hingga 03.00 dini hari. Kuliner Padang satu ini bisa kamu santap dengan berbagai pilihan kuah gulai khas racikan bumbu Padang.

Turagari memang terkenal sebagai tempat kuliner sarapan yang buka sore hari. Tidak hanya lontong sayur, beberapa menu sarapan juga tersedia di warung makan ini seperti bubur ketan hitam, bubur kacang ijo, nasi sup, dan aneka gorengan.

Dengan harga yang terjangkau, tempat yang disediakan nyaman dan cukup luas untuk nongkrong menikmati kuliner khas Padang di malam hari.

Alamat: Jalan Veteran, Padang
Harga mulai dari: Rp 19.000

Simpang Kinol Padang

Kuliner Padang - Simpang Kinol Padang

Simpang Kinol Padang adalah kawasan wisata kuliner Padang yang suah dikenal sebagai tempatnya menemukan berbagai kuliner malam percampuran ernis Minang, India, dan juga Tionghoa. Mulai dari Sate Dangun-Dangun, Soto Padang Roda Tiga, dan berbagai kedai makan lezat lainnya bisa kamu temukan di kawasan ini.

Pusat kuliner malam yang terletak di persimpangan Jalan Imam Bonjol, Jalan Niaga, Jalan Pondok, dan Jalan Tepi Pasang ini mulai terbentuk sejak tahun 90-an.

Pada pagi hingga sore menjadi kawasan perkantoran, tetapi menjelang malam berbagai gerobak mulai mendirikan tenda di sepanjang trotoar. Kini, tidak hanya gerobak pedagang kaki lima saja, sudah terdapat banyak warung dan rumah makan di area kuliner malam Simpang Kinol. 

Alamat: Simpang Kinol, Padang
Harga mulai dari: Rp 10.000

Sate Ajo Laweh Padang

Kuliner Padang - Sate Ajo Laweh Padang

Pilihan tempat berburu kuliner sate padang favorit adalah Sate Ajo Laweh. Dengan cita rasa khas lebih pedas, tampilan dari saus sate padang inipun berwarna lebih kemerahan. Tujuan wisata kuliner Padang yang pas untuk pecinta santapan bercitarasa pedas.

Kuliner legendaris yang didirikan sejak tahun 1969 ini tentu menjadi salah satu pilihan turis dan warga lokal untuk menikmati olahan sate padang lidah yang lebih pedas daripada sate padang biasanya.

Selain cocok didatangi oleh pecinta pedas, untuk kamu yang baru pertama kali mencoba sate padang juga bisa berkunjung kesini bersama keluarga.

Alamat: Jalan Moh. Yamin, Padang Baru, Padang
Harga mulai dari: Rp 20.000

Sate Mak Syukur

Kuliner Padang - Sate Mak Syukur

Tujuan wisata kuliner Padang lainnya adalah Sate Mak Syukur yang sudah tersohor. Sate berbahan baku daging, lidah dan lemak sapi ini disajikan dengan siraman bumbu khas sate padang yang gurih dan menggoyang lidah.

Menyantap sate padang Mak Syukur ini akan terasa lebih nikmat dengan tambahan lontong dan kerupuk kulit atau jangek yang berukuran jumbo. Untuk turis, belum lengkap rasanya kalau ke Padang belum mencoba sate Mak

Syukur dan bagi perantau, rasa sate ini dapat mengobati rasa rindu pada kampung halaman di Padang. Nah, tidak usah khawatir untuk pengunjung yang membawa keluarga besar karena parkiran dan tempat makan di Warung Mak Syukur terbilang cukup luas. 

Alamat: Jl. Sutan Syahrir No.250, Silaing Bawah, Padang Panjang
Harga mulai dari: Rp 15.000

Kaya sekali bukan tujuan wisata kuliner yang ada di kota Padang? Tak hanya berkutat dengan nasi dan sate padang, ternyata ada banyak pilihan wisata kuliner Padang lainnya yang masih bisa kita eksplorasi. Jadi bruuan deh cicipin kelezatannya!

Penulis : Anif, Nisah Diyah

Beri Komentar