14 Makanan Pembentuk Otot Lengan, Dada, dan Perut dengan Cepat

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 2 Maret 2020 11:28
14 Makanan Pembentuk Otot Lengan, Dada, dan Perut dengan Cepat
Bantu tubuh kamu punya bentu six pack dengan makanan pembentuk otot berikut ini.

Otot merupakan salah satu hal yang diperhatikan oleh laki-laki pada umumnya. Mereka ingin terlihat gagah sehingga melakukan banyak olahraga yang dapat membentuk otot. Namun, tidak ketinggalan yang juga sangat penting diperhatikan dalam mendukung pembentukan otot adalah asupan zat gizi sebagai makanan sel pada otot.

Sel otot membutuhkan zat gizi sebagai energi untuk melakukan aktivitas. Tidak hanya protein yang sangat dibutuhkan otot, karbohidrat dan lemak juga dibutuhkan sebagai makanan pembentuk otot. Tiga zat gizi makro ini sangat diperlukan otot untuk pertumbuhannya.

1 dari 4 halaman

Makanan Pembentuk Otot Lengan

Salah satu bgain tubuh yang biasanya dibentuk agar otot bisa terbentuk dengan baik adalah lengan. Umumnya banyak dilakukan oleh kalangan pria. Nah buat kamu yang sedang berusaha untuk membentuk otot, kamu juga perlu makanan pembentuk otot untuk membantu mempercepat proses pembentukan otot. Yuk, simak beberapa contoh makanan pembentuk otot lengan yang baik dikonsumsi.

Telur

Ilustrasi Telur Mata Sapi © Diadona

Tahukah kamu kalau telur ayam adalah makanan yang disebut-sebut sebagai makanan paling sehat di seluruh dunia? Selain menjadi makanan pembentuk otot, telur juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh lho. Dilansir dari Healthline.com, telur ayam bahkan mengandung kolin yang menjaga kesehatan sistem saraf, hati, dan jantung kita lho dan lutein yang menjaga kesehatan mata.

Protein yang paling tinggi di telur ayam terdapat di bagian putih telur, tapi vitamin dan mineral lainnya justru paling banyak terdapat di kuningnya. Untuk kita yang mau menurunkan berat badan juga sebaiknya makan telur ayam bagi hari saat sarapan karena bisa bikin kita lebih kenyang seharian.

Kacang Almond

Selain menjadi makanan pembentuk otot, kacang almond juga kaya akan antioksidan yang tinggi dan bisa bikin kita awet muda, serta vitamin E yang mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker lho.

Kacang almond bisa kita konsumsi dalam bentuk susu almond yang lagi hits atau kita tambahkan pada oatmeal dan smoothie bowl kita lho. Selain itu, kacang almond yang dipanggang tanpa garam terlalu banyak juga cocok banget untuk kita makan lho.

Dada Ayam

Ilustrasi Dada Ayam © Diadona

kalau kamu sedang m,enjalani program diet sehat dan ingin memgonsumsi makanan tinggi proteiun untuk menuurunkan berat badan, kamu bisa banget nih cobain dada ayam sebagai menu maknaan pembentuk otot.Protein dalam 1 ons dada ayam rebus tanpa bumbu juga tinggi banget, yaitu 31 gram per ons lho. Selain itu, kadar garam yang rendah di dada ayam juga cocok untuk kita yang berisiko terkena hipertensi.

Dada ayam bisa kita makan bareng salad supaya kita juga mengkonsumsi serat yang tinggi juga. Dada ayam juga enak banget dimakan dan tetap sehat ketika ditumis bareng sayuran atau dipanggang menjadi steak tanpa bumbu berlebihan.

2 dari 4 halaman

Makanan Pembentuk Otot dengan Cepat

Ilustrasi Cumi-Cumi © Diadona

Bagi pria yang ingin membentuk otot, latihan mengangkat beban perlu ditunjang dengan konsumsi nutrisi yang tepat. Baik sebelum maupun sesudah berolahraga, makanan pembentuk otot yang sehat tetap perlu kamu konsumsi untuk mendukung kerja berbagai organ tubuh, termasuk otot. Berikut rekomendasi makanan pembentuk otot dengan cepat yang bisa kamu coba di rumah.

Cumi-Cumi

Makanan pembentuk ototyang pertama adalah cumi-cumi. Dalam satu porsi cumi-cumi yaitu 45 gram, hal itu setara dengan satu ekor cumi-cumi ukuran kecil, hanya terdapat 2 gram lemak.

Udang

Udang adalah makanan pembentuk ototlainnya yang bisa kamu konsumsi. Dalam satu porsi udang segar yang setara dengan 5 ekor sedang atau 35 gram, kandungannya lemaknya tergolong rendah.

Ikan

Ilustrasi Ikan Salmon © Diadona

Ikan teri memiliki kandungan lemak yang rendah. Dalam satu porsinya yaitu sekitar 20 gram atau setara dengan 1/3 gelas, hanya mengandung 2 gram lemak. Pada dasarnya, ikan adalah makanan pembentuk otot yang baik untuk membantu proses pembentukan otot.

3 dari 4 halaman

Makanan Pembentuk Otot Perut

Bagi kamu yang mendambakan perut six pack atau otot bisep yang ideal, saatnya memperbaiki susunan menu berupa makanan pembentuk otot perut. Dengan ini, aktivitas olahraga akan semakin bertenaga, perbaikan jaringan otot semakin efektif, dan pembentukan fisik juga semakin maksimal. Simak ulasannya di bawah ini ya.

Hati Sapi

Ilustrasi Hati Sapi © Diadona

Selain ayam sapi juga bisa dijadikan sebagai makanan pembentuk otot yang baik untuk tubuh. Hati sapi memiliki kandungan lemak yang rendah jika dikonsumsi sesuai porsinya yaitu 1 potong sedang atau 50 gram. Kandungah protein yang tinggi dalam hati sapi mampu menjaga kestabilan pembentukan otot sehingfa tubuh semakin kuat.

Produk Olahan Susu

Ilustrasi Susu dan Produk Olahannya © Diadona

Keju, yoghurt dan susu adalah sumber makanan pembentuk otot terbaik. Ketiga produk olahan susu tersebut mengandung kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Pilihlah susu yang rendah lemak atau susu skim untuk menjaga gigi dan tulang agar tetap kuat.

Pisang

Pisang ternyata jug masuk dalam kelompok makanan pembentuk otot yang baik dikonsumsi. Pisang mengandung zat bernama bromelain yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kadar testosteron. Kandungan ini secara tidak langsung juga mempengaruhi pembentukan otot tubuh. Jadi jangan sungkan lagi ya, untuk mengonsumsi pisang ini.

4 dari 4 halaman

Makanan Pembentuk Otot Dada

Selain dengan melakukan fitnes secara tertaur agar bentuk dada terlihat lebih bidang, kamu juga bisa membantu memaksimalkannya dengan mengonsumsi makanan pembentuk otot. Yuk, simak rekomnedasi beberapa contoh makanan pembentuk otot dada yang bisa kamu coba.


Tempe

Ilustrasi Masakan Tempe © Diadona

Tidak diragukan lagi mengapa makanan olahan fermentasi kedelai ini merupakan salah satu makanan pembentuk otot. Per 100 gram tempe, terkandung 201 kkal energi, 20,8 g protein, 8,8 g lemak, 13,5 g karbohidrat, 1,4 g serat pangan, kalsium, vitamin B, dan zat besi.

Satu lagi poin plus dari tempe, selain harganya yang murah, tempe bisa kamu kreasikan menjadi bermacam-macam masakan mengenyangkan pengganti daging merah, mulai dari orek tempe, sambal tempe, hingga dibuat “ bakso”.

Tahu

Saru lagi oalahan ferementasi kacang kedelai ang bisa dijadikan sebagai makanan pembentuk otot adalah tahu. Tahu mempunyai kandungan sodium, zat besi, fosfor, selenium, tembaga, kalsium, dan mangan yang sangat baik unutk kesehatan tubuh. Kamu juga bisa mengolah tahu menjadi berbagai oalahan mulai dari prprs tahu sampai tumis tahu.

Edamame

Ilustrasi Edamame © Diadona

Edamame adalah makanan yang sebenarnya berasl dari negara Jepang. Namun karena manfaatnya sebagai makanan pembentuk otot, maka orang indonesia pun juga suka mengonsumsinya. Satu piring sajian edamame memliki kandungan 11,4 gr protein, 6,6 gr lipid, 7,4 gr karbohidrat, 1,9 gr serat, 70 mg kalsium, dan 140 mg fosfor.

Quinoa

Banyak ahli gzii menyarankan untuk mengonsumsi Quinoa sebagai makanan pembentuk otot. Banyak studi mengatakan bahwa quinoa diperkaya oleh 4 gram protein, serat (2,8 gr), zat besi (1,5 mg), magnesium (64 mcg), mangan (0,6 mcg), dan termasuk semua sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan perbaikan, tetapi tidak dapat dihasilkan sendiri. (Karena itulah, quinoa sering disebut sebagai “ protein sempurna" .

Minyak Ikan

Ilustrasi Minyak Ikan © Diadona

Tak hanya dapat membantuk mempercepat metabolisme, minyak ikan juga memiliki efek untuk memulihkan tubuh lebih cepat setelah selesai berolahraga. Minyak ikan juga dapat membantu mengurangi kelebihan lemak dan membangun otot. So, jangan ragu lagi ya, kalau minyak ikan juga bisa dijadikan sebagai makanan pembentuk otot.

Perlu idketahui juga, makanan pembentuk ototo yang telah disebutkan di atas bisa kamu konsumsi setaiap hari tergantung kebutuhanmu. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar