14 Kuliner Palembang Terenak Sekaligus Jadi Favorit Para Penikmat Kuliner

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 28 April 2020 13:11
14 Kuliner Palembang Terenak Sekaligus Jadi Favorit Para Penikmat Kuliner
Kuliner Palembang nggak cuman pempek doang lho

Apa yang menarik dari Palembang, kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan? Jika kamu memiliki cukup waktu untuk menjelajahi kota tertua di Indonesia ini, tidak sedikit keunikan dan hal istimewa yang bisa ditemukan.

Kuliner Palembang adalah salah satunya. Alkuturasi dari beragam budaya di kota yang dijuluki Venice of the East ini telah menghasilkan produk kuliner yang bermacam-macam. Meski Palembang dikenal dengan pempeknya, ada belasan, bahkan puluhan makanan khas Palembang lain yang bisa kamu coba saat berkunjung ke ibu kota Sumatera Selatan ini.

Jika kamu tertarik untuk menjelajahi kekayaan rasa kota Palembang, tidak ada salahnya menyediakan waktu khusus untuk berwisata kuliner. Dari makanan ringan hingga berat, dari restoran besar hingga kaki lima di pinggir jalan, beberapa hidangan & tempat di bawah ini wajib masuk dalam itinerary liburan kamu di Palembang, ya!

1 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Palembang

Selain populer sebagai kota Olahraga setelah menjadi tuan rumah SEA GAMES pada 2011, dan menjadi tuan rumah ASIAN GAMES pada 2018, wisata kuliner di Kota Palembang juga menjadi salah satu alasan mengapa pelancong memilih untuk traveling ke ibu kota Sumatera Selatan ini.

Untuk kamu yang juga pecinta wisata kuliner, intip pilihan tujuan wisata kuliner Palembang berikut untuk manjakan lidahmu saat berlibur ke Palembang!

Martabak HAR

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by makan jajan kuliner palembang (@makanlemakplg) on

 


Tak hanya terkenal karena pempek, salah satu kuliner Palembang yang kerap diburu saat berwisata kuliner di Bumi Sriwijaya ini adalah Martabak Har. Berdiri sejak 1947, ciri khas dari martabak satu ini adalah siraman saus kari dengan rempah yang gurih dan lezat.

Dengan harga yang cukup terjangkau, wisata kuliner Martabak HAR bisa ditemukan dengan mudah karena ada cukup banyak cabang restoran ini di kota Palembang.

Pempek SAGA Sudi Mampir

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Pusmasari (@pusmasari) on

 


Wisata kuliner Palembang satu ini tepat untuk kamu yang datang ke Palembang untuk berburu Pempek. Namun, di restoran Palembang yang berlokasi di Jalan Merdeka, 22 Ilir, Bukit Kecil, Palembang ini memiliki menu populer yang wajib kamu coba, yaitu Pempek Panggang.

Selain pempek panggang, tentu masih banyak pilihan menu pempek Palembang lainnya yang bisa dicicipi saat singgah ke restoran satu ini.

 

Es Kacang Merah Mamat (Lapangan Hatta) & Es Kacang Merah Cinde

 

      View this post on Instagram      

A post shared by #makanapaplg - Rangga & Nes (@makanapa.plg) on

 

 


Sudah puas memakan pempek, akan lebih lengkap menikmati dessert lokal kuliner Palembang. Es kacang merah menjadi salah satu pilihan hidangan penutup manis yang cukup digemari.

Beberapa tempat dimana kamu bisa menemukan es kacang merah Palembang favorit adalah “Es Mamat” yang berada di komplek Lapangan Hatta ataupun Es Kacang Merah Cinde yang berada di daerah pasar Cinde Palembang.

2 dari 4 halaman

Kuliner Khas Palembang

Sekalipun sudah dinobatkan sebagai kota pempek, namun ini tak berarti Anda hanya bisa makan pempek di Palembang.

Selain pempek, Palembang juga punya aneka makanan khas lain yang tak kalah lezat dan otentik.

Yuk, intip rekomendasi kuliner khas Palembang yang enaknya nggak ketulungan berikut ini.


Mie Celor 26 Ilir

 

      View this post on Instagram      

A post shared by tukang jalan jajan dot com (@dodon_jerry) on

 

 

Mie celor adalah salah satu kuliner Palembang yang juga bisa kamu coba saat melancong ke Ibu Kota Sumatera Selatan ini. Selain menemukannya dijajakan di pasar oleh pedagang kaki lima, kamu bisa mencoba Mie Celor 26 Ilir yang sudah lama digemari sebagai destinasi wisata kuliner Palembang.

Tujuan wisata kuliner Palembang yang berlokasi di Jalan Merdeka ini menawarkan Mie Celor dengan siraman kuah kaldu udang yang gurih dan lezat untuk sempurnakan perjalanan kuliner ke Palembang.

RM Pindang Sri Melayu

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by ???? ???? IW (@insanwjya) on

 

 

Pilihan wisata kuliner Palembang lainnya yang menawarkan cita rasa lokal selanjutnya adalah RM Pindang Sri Melayu. Restoran di Palembang, tepatnya di Jalan Demang Lebar Daun ini menyajikan hidangan khas seperti Pindang Patin dan berbagai Pindang lainnya, Brengkes Patin, dan berbagai kuliner Palembang lainnya yang sangat khas.

Dengan kawasan restaurant yang cukup luas dengan fasilitas taman serta ruang bermain, tempat makan di Palembang satu ini cocok sebagai tujuan wisata kuliner Palembang bersama keluarga.


Riverside Resraurant

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by ???? ???? IW (@insanwjya) on

 


Riverside restaurant merupakan kuliner Palembang yang menjadi tempat nongkrong di Palembang dengan pemandangan jembatan ampera. Pengunjung dapat memilih tempat duduk di rooftop agar bisa menikmati pemandangan kota. Menu yang ditawarkan berbagai olahan ikan seperti sup pindang, pepes patin dan aneka sambal.

Restaurant di Palembang satu ini berlokasi berada di Jalan Temon Ilir Barat II, 19 Ilir, Bukit Kecil dan layak masuk daftar wisata kuliner Palembang kamu karena disini selain hidangan yang lezat, kamu juga bisa menikmati pemandangan Jembatan Ampera yang indah dari tepian sungai Musi.

3 dari 4 halaman

Tempat Kuliner di Palembang

Sudah pernah ke Palembang dan merasakan kuliner Palembang? Ya, Indonesia terdiri dari banyak suku dan budaya, setiap daerah memiliki cita rasa berbeda, sehingga sangat menarik untuk di bahas, salah satunya adalah wisata kuliner Palembang.


Jika ada rencana untuk berkunjung ke Palembang, Kamu bisa mencoba beberapa pilihan tempa kuliner di Palembang yang bikin nagih dan rekomended banget dibawah ini:


Bakmi Aloi

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Edosasmita (@sasmitaedo) on

 

Berlokasi di Jalan Dempo Luar No.410 A, 15 Ilir, Bakmi Aloi adalah tujuan wisata kuliner Palembang paling pas untuk pecinta bakmi. Tak hanya bakmi yang kenyal dan kuah yang gurih, Bakmi Aloi juga menawarkan berbagai topping yang bisa kamu pilih untuk melengkapi sajian Bakmi favoritmu!


Bakmi Alun

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by makanmakanpalembang (@makanmakanpalembang) on

 


Pilihan wisata kuliner Bakmi Palembang lainnya yang bisa dikunjungi selanjutnya adalah Bakmi Alun yang berada di daerah pasar Sayangan. Bakmi yang buka pada saat sore menjelang malam ini juga menjajakan es kembang tahu atau yang dikenal dengan nama es tahua di Palembang untuk menemani santap bakmi-mu.

Selain bakmi Alun, di kawasan pasar Sayang pada malam hari juga diramaikan oleh berbagai wisata kuliner khas pecinan lainnya yang bisa kamu coba, lho!

Rumah Makan Pindang Musi Rawas

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Dian Pelangi (@dianpelangi) on

 


Daftar tujuan wisata kuliner Palembang milikmu tak akan lengkap tanpa memasukkan Rumah Makan Pindang Musi Rawas. Rumah Makan sederhana ini menawarkan cita rasa Pindang Patin dan Pindang lainnya dengan bumbu khas Palembang yang gurih sekaligus menyegarkan. Santap bersama nasi putih hangat dan tempoyak, Pindang Musi Rawas cocok untuk wisata kuliner Palembang di siang hari.

4 dari 4 halaman

Kuliner Enak di Palembang

Jika berbicara tentang kuliner kota Palembang, tentu saja yang terbayang adalah pempek palembang yang sudah terkenal di mana-mana. Padahal kota yang kaya akan masakan rempah ini memiliki banyak sekali kekayaan kuliner yang menunggu untuk dicipi. Dengan Sungai Musi mengalir di jantung kota, kebanyakan kuliner Palembang berbahan dasar ikan dan udang. Walaupun begitu, masing-masing masakan memiliki cita rasa dan keunikan tersendiri. Mau tahu apa saja kuliner enak di Palembang yang menarik di hati?

 


Warung Terapung

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Banjarmasin Banget (@banjarmasinbanget) on

 

 

Kota Palembang memang terkenal akan Sungai Musi-nya. Nggak cuma di Riverside Restaurant, kamu juga bisa menikmati kuliner tepian sungai Musi di berbagai warung Terapung yang ada di tepian sungai Musi (tepatnya di sebelah pasar 16 ilir Palembang).

Disini, kamu bisa merasakan sensasi wisata kuliner Palembang diatas perahu kecil yang menjajakan berbagai kuliner lokal seperti Pindang dan Pempek sembari menikmati pemandangan sungai Musi dengan Jembatan Amperanya.


Rumah Makan Padang Pagi Sore

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by @cinta_vintage on

 

 

Rumah makan Padang memang hampir ada diseluruh pelosok Nusantara. Namun, di Palembang terdapat satul rumah makan Padang yang populer dan layak jadi tujuan wisata kuliner Palembang yang khas.

Memiliki beberapa cabang, menemukan Rumah Makan Padang Pagi Sore di Palembang tidaklah sulit. Jika sempat mampir, jangan lupa cicipi Rendang Pagi Sore yang memang menjadi menu andalan disini.

 

Kuto Besak Theater Restaurant

 


Ingin berwisata kuliner Palembang sekaligus wisata sejarah? Di Kuto Besak Theater Restaurant kamu bisa mendapatkan keduanya! Destinasi wisata kuliner Palembang yang berada di Jalan Sekanak No.46, 22 Ilir, Bukit Kecil ini dibuka di sebuah bangunan bersejarah peninggalan zaman kolonialisasi.

Nggak cuma hidangan Indonesia, restoran di Palembang ini juga menjajakan hidangan western. Dengan arsitektur gaya klasik, Kuto Besak Theater Restaurant bisa jadi pilihan tempat makan cantik saat berkunjung ke Palembang.

Social Market / SOMA

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by ???? ???? ???? (@ayupujalestari) on

 


Untuk yang ingin wisata kuliner Palembang sembari nongkrong cantik, Social Market atau yang lebih populer dengan nama SOMA di Palembang bisa kamu singgahi. Berbagai restaurant di Palembang mulai dari yang menyajikan menu Asia, menu tradisional, hingga menu western bisa kamu temukan disini.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan bioskop, kedai kopi, hingga tempat refleksi di sini juga, lho!

Banyak bukan tujuan wisata kuliner di Palembang yang pastinya buat kamu merasa kelaparan saat ini. Jadi kapan mau menyambangi kota pempek satu ini?

Beri Komentar