14 Kuliner Lampung dengan Cita Rasa Unik dan Bikin Ketagihan

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 27 April 2020 15:01
14 Kuliner Lampung dengan Cita Rasa Unik dan Bikin Ketagihan
Tak hanya terkenal dengan keindahan pantai dan tempat konservasi hewan Gajah, Lampung juga punya sederet makanan khas yang wajib kamu coba.

 

Lampung adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan pulau Sumatera. Selain mempunyai daya tarik dengan wisata alamnya, daerah yang dijuluki dengan Kota Pisang ini juga memberikan berbagai sajian yang menggugah selera. Kuliner Lampung banyak didominasi oleh olahan buah pisang dan ikan. Sayang banget kalau kamu nggak mencicipi kuliner khasnya.

1 dari 3 halaman

Wisata Kuliner Lampung

Provinsi Lampung adalah salah satu daerah yang berada tak jauh dari ibu kota. Kalau kamu berniat untuk mengunjungi kota ini, kamu hanya perlu berkendara selama 2 jam dan menyebrang dengan kapal feri. Kalau sudah sampai sana, jangan lupa untuk mencicipi kuliner Lampung yang terkenal nikmat. Nah, berikut makanan ringan khas Lampung yang wajib banget kamu coba.

Kuliner Lampung Gegaduh

 

 

Ilustrasi Gegaduh © Diadona

Gegaduh adalah salah satu kuliner Lampung yang terbuat dari pisang. Orang Lampung biasa menyajikan makanan ini sebagai hidangan saat tamu datang ke rumah.

Proses pembuatannya pun hanya menggunakan bahan yang cukup sederhana, diantaranya ada pisang yang sudah dihaluskan, tepung terigu, serta selai susu. elanjutnya tepung terigu dan pisang dicampurkan dan diaduk hingga merata, pada tahap ini kamu juga harus memasukan susu dan selai yang sudah disediakan.

Setelahnya kamu bisa segera mengoreng geguduh hingga matang. Sajikan kuliner Lampung satu ini saat masih hangat.

Kuliner Lampung Kemplang

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by KEMPLANG MY EMAK (@kemplang_my_emak) on

 


Kalau ini adalah kuliner Lampung yang cocok banget dijadikan sebagai oleh-oleh atau camilan. Sebenarnya, kemplang dibuat dengan bahan dasar ikan. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih membuat kemplang banyak dijadikan sebagai buah tangan favorit bagi wisatawan.

Kuliner Lampung Engkak

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by KUMPULAN RESEP KUE (@cintakue) on

 


Selain cukup populer di kalangan masyarakat Lampung, kuliner Lampung satu ini juga cukup populer di Suamtera Selatan. Bagi kamu yang baru pertama kali melihatnya, mungkin kamu akan menyamakn makanan ini dengan kue lapis legit. Namun jelas beda, Engkak dibuat dengan bahan dasar beras ketan.

Dengan demikian rasa dan tekstur yang dihasilkan pu akan berbeda. Oleh karenanya, Engkak juga banyak dijadikan sebagai oleh-oleh khas Lampung.

Kuliner Lampung Kripik Pisang

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by OLEH-OLEH LAMPUNG KERIPIK (@tokokeripikshinta) on

 

 

Sebagai kota yang dikenal dengan Kota Pisang, wajar Lampung banyak melahirkan makanan yang dibuat dengan bahan dasar pisang. Salah satunya adalah kripik pisang. Beda dengan kripik pisang dengan daerah lain, kripik pisang khas Lampung ini punya tekstur yang lebih renyah dan rasa yang lebih legit. kuliner Lampung ini cocok banget dijadikan sebagai mekanan camilan atau buah tangan untuk orang-orang terkdekat.

Kuliner Lampung Pie Pisang

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by OLEH OLEH LAMPUNG PIE PISANG (@yussyakmal) on

 

 

Makanan Olahan pisang lain yang menjadi kuliner Lampung adalah Pie Pisang. Sajian ini biasanya selalu menjadi oleh-oleh yang diburu para wisatawan yang berkunjug ke Lampung. Kamu bisa memilih berbagai varian rasa yang tersedia sesuai selera kamu. Rasanya sangat legit dan gurih. Dijamin deh bikin kamu ketagihan.

2 dari 3 halaman

Kuliner Bandar Lampung

Lampung merupakan daerah di Pulau Sumatera yang menghasilkan makanan khas paling lezat. Oleh sebab itu, sayang banget kalau kamu melewatkan begitu saja kelezatan kuliner Lampung. Namun, apa saja kuliner Bandar Lampung yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja?

Kuliner Lampung Tempoyak

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Munawwar Kitchen (@syedmunawwar) on

 


Kalau kuliner Lampung satu ini cocok bagi kamu yang suka banget dengan makanan berbau durian. Tempoyak adalah makanan yang dibuat dengan bahan dasar buah druian yang suadh difermentasikan.

Proses pembuatannya terbilang cukup sederhana, yaitu dengan menyiapkan dagig durian tanpa biji, kemudian kamu tambahkan bahan-bahan seperti cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih. Setelah semia bahan tercampur, simpanlah ke tempat yang tertutup dan tunggu hingga 2-5 hari. Setelah jadi, kuliner Lampung ini bisa kamu nikmati dengan menamabahkan olahan ikan agar cita rasanya lebih mantap.

 

Kuliner Lampung Gulai Taboh

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Mrs Dian Anggara Setiawan (@dmarvina) on

 

 

Jika di daerah Riau ada Gulai Belacan, maka Lampung punya Gulai Taboh sebagai makanan khas nya. kuliner Lampung ini dibuat dengan menggunakan bahan ubi-ubian dan kacang-kacangan. Umumnya Gulai Taboh dibuat dengan mencampurkan santan dengan kacang hijau, atau bahan lain seperti rebung dan kentang. Setelah semuanya tercampur, kamu bisa menamabahkan terasi agar rasa yang dihasilkan terasalebih lezat.


Kuliner Lampung Umbu

 


Kalau kamu menyukai makanan dengan cita rasa sedikit pahit, kamu patut mencoba kuliner Lampung satu ini. Uniknya umbu dibuat dengan menggunakan bahan dasar rotan yang masih muda. Rotan kemudian direbus hingga menjadi lunak. Nah, biasanya orang Lampung banyak menyantap umbu ini sebagai lalapan. Apalagi kalau sudah disandingkan dengan Tempoyak, rasa nikmat yang dihasilkan tak ada lawan.

3 dari 3 halaman

Kuliner Khas Lampung

Selain terkenal dengan keindahan pantainya, Lampung juga menyediakan wisata kuliner dengan rasa yang unik dan khas. Rasa yang dihasilkan dari kuliner Lampung bakal sukses bikin kamu tergoda untuk mencicipinya. Berikut kuliner khas Lampung yang wajib kamu coba.

 

Kuliner Lampung Gabing

 

      View this post on Instagram      

A post shared by ???????????????????????????? ???????????????????? ???????????????????? ???????????????????????????????????? (@mausumonki.eat) on

 


Berbeda dengan kuliner Lampung lain, Gabing dibuat dengan menggunakan bahan dasar batang kelapa yang masih muda. Cara membuatnya adalah dengan mengiris batang kelapa menjadi beberapa bagian, kemudian direbus dengan bumbu-bumbu rempah khas Lampung.

Nah, agar lebih mantap kamu bisa juga menambahkan bahan lain seperti jamur, daging. Cobain deh, rasanya nggak akan bikin kmau kecewa.

Kuliner Lampung Bakso Sony

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Ariana Octavia (@ariana_arriana) on

 

 


Masyarakat Indonesia banyak yang menyukai bakso sebagi salah satu makanan favorit. Nah, di Lampung, juga ada bakso dengan cita rasa yang menggugah selera. Namanya, Bakso Sony. Yang membuat beda adalah, kuliner Lampung ini menambahkan lada hitam dalam kuah bakso. Lada hitam yang ditambahkan, bisa membuat cita rasa bakso menjadi lebih gurih dan lezat lho. Bakso Sony bisa dijadikan sebagai menu pilihan saat makan siang.

kuliner Lampung Pindang

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Galery Resep Masakan Rumahan (@numpangsaveresep.id) on

 


Sebagai daerah yang berdekatan dengan laut, maka wajar jika Lampung mempunyai banyak olahan makanan laut. Salah satu kuliner Lampung dengan olahan ikan adalah Pindang. Namun pindang di Lampung dibuat dengan tambahan daun kemangi. Tak heran, daun kemangi inilah yang menghasilkan aroma dan rasa yang begitu kuat, saat kamu menyantapya. Pokonya nikmat banget deh rasanya.

kuliner Lampung Panggang

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Junita Ing (@dapurjunitaing) on

 

 

kuliner Lampung lain yang menggunakan bahan dasar ikan adalah panggang. Panggang dibuat dengan menggunakan ikan yang kemudian diolah dengan cara diasap hingga matang. Jika sudahmatang, kamu bisa menambahkannya dengan sambakl terasi dan lalapan agar terasa lebih nikmat.

 

kuliner Lampung Kue Segumpal

 

 

Ilustrasi Bumbu Lumpia Basah © Diadona


Nah, kalau ini adalah kuliner Lampung yang hanya ada saat bulan puasa. Kue Segumpal banyak dijajakan di pinggir jalan sebagai menu takjil menjelang berbuka puasa. Kue Segumpal adalah makanan yang terbuat dari beras ketan dan santan.

 

kuliner Lampung Seruit

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Junita Ing (@dapurjunitaing) on

 

Seruit merupakan kuliner Lampung yang sering dijadikan sebagai hidangan utama saat ada acara adat, acara keagamaan, atau acara keluarga seperti pernkahan. Selain itu Serruit juga sering juga dijadikan sebagai menu makanan sehari-hari oleh masyarakat Lampung.

Ada bebrapa hal yang harus dilakukan untuk membuat seruit. Prosenya, ikan yang sudah disediakan terlebih dahulu dibumbui dengan bumbu yang sudah dihaluskan bumbunya berupa bawang putih, garam, kunyit, dan jahe,. Setelah itu ikan dibakr selam kurang lebih 10 menit atau bisa juga diolaj dengan dipindang. Saat sudah setengah matang, ikan kemudian diolesi dengan kecap manis dan campuran bumbu dari bawang putih, garam, dan ketumbar. Sementara sambal unutk campuran saeruit adalah cabai merah, cabai rawit, garam, ampai, dan jangan lupa terasi bakar. Semua bahan tersebut kemudian ditumbuk hingga halus.

Untuk menikmatinya, orang Lampung biasa menambahkan tempoyak, yakni durian yang sudah diermentasi. Bisa juga ditambahkan lalapan seperti daun kemangi, mentimun, dan terong bakar. Tak semua rumah makan di Lampung yang menyediakan menu Seruiut ini, Kamu bisa menikmati seruit ini di rumah makan yang bertuliskan Pindang. kuliner Lampung ini worth it banget unutk dicoba.

Bagaimana? Seegera tentukan tanggal agar bisa segera mencicipi kuliner Lampung diatas ya.

Beri Komentar