13 Tempat Makanan Enak di Bandung, Jakarta, dan Jogja beserta Gambarnya

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 2 Januari 2020 16:06
13 Tempat Makanan Enak di Bandung, Jakarta, dan Jogja beserta Gambarnya
Kalau berkunjung ke salah kota Bandung, Jakarta, atau Jogja rasanya kurang afdol kalau nggak nyicipin kuliner khasnya. Nih, di bawah ini ada list tempat makanan paling enak yang ada di sana.

Setiap kamu berlibur atau mengunjungi satu kota pastilah terbersit keinginan mencicipi berbagai makanan enak yang terkenal. Rasanya belum puas kalau nggak mencicipinya makanan enak disana. Memang, makanan enak menjadi daya pikat yang tak terhindarkan. Apalagi jika dinikmati dengan orang-orang tersayang. Nah, berikut kami rekomendasikan berbagai tempat makanan enak di Bandung, Jakarta, dan Jogja.

1 dari 4 halaman

Makanan enak di Bandung

Bandung merupakan salah satu destinasi liburan favorit bagi kalangan warga Jakarta yang ingin refreshing dan melepaskan penat. Selain karena udaranya yang sejuk, Bandung ternyata menyimpan banyak tempat makanan enak di Bandung. Mulai dari surabi hingga iga bakar semuanya dapat kamu nikmati disini. Bagi yang berencana hendak mengisi liburan dengan berkunjung ke kota kembang Bandung, berikut ini daftar rekomendasi makanan enak yang bisa kamu cicipi.

1. Iga Bakar Si Jangkung

Ilustrasi iga bakar © Diadona

Tempat makanan enak di Bandung yang pertama adalah Iga bakar si jangkung. Bagi kamu penikmat masakan iga bakar, kamu bisa berkunjung ke tempat makanan enak di Bandung satu ini. Keunikan resto ini adalah tak menyajikan tulang dalam sajian iga bakarnya. Bisa dipesan dengan tiga pilihan taburan diatas nsi hangatnya, Yaitu bawang merah, cabe rawit, atau tomat. Resto ini beralamat dijalan Cipaganti, Bandung.

2. Sate Hadori

Ilustrasi sate hadori © Diadona

Tempat makanan enak di Bandung selanjutnya adalah Sate Hadori. Kamu bisa menjumpai sate ini di Jalan Soekarno-Hatta No.590 Sekajati, Bandung. Tak jauh dari stasiun Bandung Timur. Makanan enak di Bandung ini, dimasak dengan bahan utama daging paha belakang kambing muda, dan bisa disajikan dengan pilihan bumbu kecap atau bumbu kacang yang gurih dan lezat. Selain menu tadi ada pula menu lain seperti sate sapi dan sate sinereut.

Resto ini sudah melegenda dari jaman dulu. Sate ini telah dirintis sejak tahun 1940. Seporsi Sate Hadori bisa kamu nikmati dengan harga Rp.50,000 ruipiah. Sate Hadori ini akan lebih nikmat dinikmati bersama keluarga atau teman yang sedang berlibur di kota Bandung.

3. Soto Bandung Pak Simon

Ilustrasi soto bandung © Diadona

Satu lagi tempat makanan enak di Bandung yang wajib kamu kunjungi. Berbeda dari soto kebanyakan yang kuahnya berwarna kekuningan karena menggunakan kunir, Soto Bandung Pak Simon justru memiliki kuah yang cenderung bening. Hal ini karena Soto Bandung Pak Simon menyajikan soto dengan kuah lobak. Satu porsinya berisi nasi putih, potongan daging, babat, lobak, kacang tanah, seledri, dan daun bawang.

Ukuran porsinya juga cukup besar sehingga akan membuatmu kenyang dan puas. Agar rasanya lebih mantap, kamu bisa menambahkan kecap, sambal, dan perasan jeruk nipis yang tersedia di atas meja. Asyiknya lagi, kamu tak perlu mengeluarkan bujet terlalu banyak karena satu porsi Soto Bandung Pak Simon dihargai sekitar Rp30.000. Jadi, jika datang berdua, siapkan uang kurang lebih Rp80.000.

Nah, makanan enak di Bandung ini bisa kamu temukan di Jalan Cibadak No 149, Jamika, Bojongloa Kaler. Setiap harinya, Soto Bandung Pak Simon buka pukul 18:00 hingga tengah malam atau hingga soto habis. Karena itu, sebaiknya kamu datang lebih awal agar tidak kehabisan, ya!

4. Sekoteng Singapore

Ilustrasi sekoteng singapore © Diadona

Umumnya sekoteng adalah minuman tradisional khas daerah Jawa Tengah. Terdiri dari air jahe yang diberi isian kacang hijau, kacang tanah, kolang-kaling, serta potongan roti. Namun sekoteng juga bisa kamu temui sebagai salah satu pilihan menu makanan enak di Bandung.

Sekoteng Singapore sendiri sudah sangat melegenda dikalangan wisatawan. Sejak dibuka tahun 2002 tempat makanan enak di Bandung ini, tidak pernah sepi peminat. Untuk bisa mencobanya kamu bisa menemukannya di Jalan A. Yani No.293 dengan harga Rp.8000 rupiah.

Gambar makanan enak

Cita rasa makanan disejumlah daerah memang akan selalu menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi bila dapat melihat gambar makanan enak di sosial media. Berikut deretan gambar makanan enak yang dapat kamu temukan di berbagai penjuru nusantara.

2 dari 4 halaman

Makanan enak di Jakarta

Ibu kota Indonesia, Jakarta memang kerap dijadikan tempat singgah orang dari berbagai daerah. Tapi jangan salah, ada banyak tempat makanan enak di Jakarta yang bisa kamu singgahi. Nah, buat kamu yang kebetulan lagi di Jakarta, tak usah bingung untuk mencari makanan enak di Jakarta. Berikut daftar rekomendasi tempat makanan enak di Jakarta.

1. Nasi Ulam Ibu Yoyo

Ilustrasi warung nasi ulam bu yoyok © Diadona

Rekomendasi makanan enak di Jakarta pertama adalah Nasi Ibu Yoyo. Nasi Ibu Yoyo bisa kamu temui di Jalan Karet Pedurenan, Gang Dogol, Kuningan, Karet Kuningan, Jakarta Selatan. Tempat makanan enak di Jakarta ini merupakan salah satu kuliner yang banyak digemari masyarakat, tak hanya penduduk Jakarta saja, bahkan pendatang doyan dengan makanan satu ini. Nasi ulam sendiri adalah nasi dengan taburan serundeng dan kecambah, taburan bawang goreng dan berbagai macam lauk. Yang menarik dari salah satu tempat makanan enak di Jakarta satu ini adalah, harganya cukup terjangkau, yaitu hanya Rp 7.000-20.000 saja. Murah banget kan?

2. Nasi Kapau Pasar Senen Sabana Asli

Ilustrasi nasi kapau © Diadona

Nah kalau kamu ke kawasan Senen, kamu bisa menjumpai salah satu makanan enak di Jakarta khas minang di Jalan Kramat Raya No.15. Mendengarnya saja sudah ingin menyantapnya bukan? Yang paling banyak di incar orang saat berkunjung ke sini adalah ayam bakar bumbu minangnya. Rasanya mantap betul. Kalau soal harga jangan khawatir, makanan enak di Jakarta satu ini hanya dihargai Rp 20.000-an saja. Cita rasa lezat, harga nggak serat.

3. Nasi Bebek Ginyo

Ilustrasi nasi bebek © Diadona

Makanan enak di Jakarta selanjutnya adalah Nasi Bebek Ginyo. Jika kamu adalah seorang penikmat bebek, pastikan untuk tidak melewatkan rumah makanan enak di Jakarta satu ini. Kelezatan dari olahan nasi bebek Ginyo di kawasan Tebet ini buat kamu pengen nambah lagi dan lagi. Di sini, kamu bisa menjumpai berbagai macam menu olahan bebek. Tinggal pilih saja, kamu mau bebek kremes atau bebek sambal hijau? Tak hanya itu saja, beberapa menu lainnya juga ada. Untuk harganya kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 20.000-30.000 saja.

4. Kedai Mak Ubi

Ilustrasi nasi kedai mak ubi © Diadona

Destinasi tempat makanan enak di Jakarta yang terakhir adalah kedai Mak Ubi. Bagi kamu yang suka banget sama soto, wajib datang ke Kedai Mak Ubi yang terletak di Pecenongan. Di sini kalian bisa menjumpai berbagai olahan makanan khas Indonesia, sepeti soto daging medan, sop buntut, nasi goreng kari yang rasanya enak banget. Untuk harganya di bawah Rp 30.000-an.

 

3 dari 4 halaman

Makanan enak di Jogja

Sesuai sebutannya, Jogja memanglah istimewa, istimewa orangnya mapunun kultur daerahnya. Tak heran Jogja selalu banyak dikunjungi para wisatawan. Jogja juga menyimpan sejuta keunikan yang terdapat dialamnya. Dari mulai tempat wisatanya, makanannya, budayanya, dan lain sebagainya. Khusus makanannya, hampir disetiap bagian kota, kamu akan mendapati berbagai tempat makanan enak di Jogja. Penasaran apa saja makanan enak di Jogja? Berikut kami rekomendasikan daftarnya!

1. Soto Batok Mbah Katro

Ilustrasi nasi batok mbah katro © Diadona

Selain Gudeg, soto juga menjadi salah satu makanan enak di Jogja yang diincar wisatawan bahkan warga lokal sendiri. Nah salah satu soto yang lezat di Jogja adalah Saoto Bathok Mbah Katro. Makanan enak di Jogja yang satu ini terbilang unik karena disajikan menggunakan batok kelapa. Kebanyakan yang mencoba Saoto Mbah Katro ini selalu nambah lho, pasalnya soto yang disajikan di batok, porsinya tak begitu banyak.

Kenapa namanya Saoto ya? Ternyata, sebutan tesebut berasal dari Solo. Orang Solo banyak menyebut Soto dengan istilah Saoto. Saoto Batok Mbah Katro,punya bentuk kuah yang jernih lho, serta ditambah kecambah dan irisan daging sapi.

Di sini kamu tak hanya menikmati soto saja, namun ada beberapa makanan lain yang bisa kamu makna bersama soto. Kalau udah gini, nikmatnya nggak ketolong deh.

2. Sego Koyor Bu Parman

Ilustrasi Sego Koyor Bu Parman © Diadona

Kalau kamu mau mencoba makanan enak di Jogja yang satu ini, kamu harus menunggu matahari turun dulu ya. Sego Koyor Bu Parman yang berlokasi dekat dengan perempatan Gondomanan ini hanya bisa kamu santap di malam hari. Warungnya persis dipinggi jalan, jadi kamu nggak akan kesulitan untuk menjumpai tempat ini.

Makanan enak di Jogja ini buka dari pukul 10 malam hingga menjelang subuh. Sego Koyor sendiri merupakan urat sapi yang dimasak dengan berbagai bumbu khas dan perasah santan. Untuk bisa menikmati sepiring Sego Koyor, kamu cukup membayar Rp 13.000 saja. Menikmati makanan enak di Jogja saat tengah malam, pasti rasanya syahdu banget ya.

3. Brongkos Warung Ijo Bu Padmo

Ilustrasi brongkos warung ijo bu padmo © Diadona

Makanan enak di Jogja selanjutnya adalah Brongkos Warung Ijo Bu Padmo. Ketika kamu sudah tiba di Jogja, sempatkan waktu untuk menikmati makanan enak di Jogja satu ini ya. Kuliner ini merupakan potongan daging sapi yang telah di rebus dengan campuran rempah yang punya cita rasa gurih, manis serta pedas. Makanan enak di Jogja ini berada di area Tempel, bawah jembatan Krasak. Sepiring nasi Brongkos dengan ditemani beberapa gorengan, dihargai Rp 20.000 saja, cukup murah bukan?

4. Nasi Kerabu Ayam Pecik

Ilustrasi nasi kerabu ayam bu pecik © Diadona

Makanan enak di Jogja satu ini bisa kamu jumpai di kafe My Kopi O. Jika biasanya kamu menjumpai nasi berwarna putih atau merah saja, kali ini kamu akan disuguhi nasi berwarna biru. Warna biru pada nasi ini didapat dari bunga telang. Rasanya enak dan gurih dari nasi biasanya. Mantap deh pokoknya.

5. Oseng Mercon Bu Narti

Ilustrasi oseng mercon bu narti © Diadona

Rekomendasi makanana enak di Jogja yang terakhir jatuh pada Oseng mercon Bu Narti. Kuliner ini bisa kamu dapati di daerah Kauman. Cocok bagi kamu pecinta makanan pedas. Isi dalam oseng mercon ini terbilang cukup sederhana, karena hanya terdiri dari kikil, gajih, serta tulang muda. Siap-siap saja ya, ketika kamu mencoba oseng mercon bu Narti ini lidah kalian terasa kebakar, pedasnya gila. Makanana enak di Jogja ini hanya dibandrol dengan hargaRp 15.000 saja.

Sudah siap mencicipi berbagai makanan enak yang sudah kami sebutkan di atas? Selamat menikmati ya!

4 dari 4 halaman

Beri Komentar