13 Makanan untuk Maag yang Aman Dikonsumsi, Anak Kos Wajib Tahu!

Reporter : Anif Fathul Amin
Sabtu, 28 Maret 2020 10:07
13 Makanan untuk Maag yang Aman Dikonsumsi, Anak Kos Wajib Tahu!
Memilih makanan untuk penderita maag memang agak sedikit tricky, karena jika salah bisa berakibat fatal.

Maag merupakan gejala yang meliputi mulas, mual, kembung, dan munculnya sensasi panas di dada hingga tenggorokan. Tak hanya gejalanya yang beragam, penyebab maag punya demikian, paling umum disebabkan oleh pilihan makanan yang tidak tepat, seperti makanan pedas dan asam.

Jika pilihan makanan yang kamu konsumsi tidak tepat, gejala maag akan semakin bertambah parah. Itulah sebabnya, memilih makanan yang cocok untuk penderita sakit maag menjadi salah satu perawatan untuk mencegah komplikasi sekaligus kekambuhan gejala. Lalu apa sajakah makanan untuk maag yang aman dikonsumsi untuk penderitanya? Simak terus informasinya di bawah ini ya.

1 dari 4 halaman

Makanan untuk Penderita Maag

Siapa pun yang sedang mengalami maag, biasanya dianjurkan makan makanan tertentu guna mencegah dan kenaikan asam lambung. Memang, selain diredakan dengan bantuan obat-obatan, penderita maag juga disarankan untuk lebih memerhatikan asupan makanan dan minuman hariannya termasuk dengan mengonsumsi makanan untuk maag yang sehat. Supaya cepat sembuh dan pulih seperti sedia kala, apa saja pilihan makanan untuk penderita maag? Yuk, lihat rekomendasinya berikut ini.

Oatmeal

 

Ilustrasi Oatmeal © Diadona


Makanan untuk maag yang pertama adalah oatmeal. Oatmeal adalah makanan yang berasal dari gandum dengan tampilan mirip seperti bubur. Saat ini, oatmeal tengah “ dicap” sebagai makanan sehat. Pamor oatmel bahkan sedang naik daun sebagai menu sarapan yang ringkas dan mengenyangkan.

Ini karena oatmel hadir dengan kandungan karbohidrat dan serat yang tinggi. Selain itu, oatmeal juga dilengkapi dengan sejumlah kandungan zat gizi lain di dalamnya. Mulai dari magnesium, mangan, fosfor, seng, zat besi, tembaga, folat, serta vitamin B.

Bagi orang yang sakit maag, makanan yang satu ini diyakini baik untuk mengurangi gejala kenaikan asam lambung. Pasalnya, oatmeal yang masuk ke dalam sistem pencernaan ternyata mampu membantu menyerap asam di dalam lambung.

Makanan untuk maag ini juga bisa membantu melindungi lapisan perut dari kemungkinan iritasi karena produksi asam lambung yang meningkat. Menariknya, serat juga bermanfaat untuk melancarkan kerja usus, mengurangi risiko sembelit, dan membuat kenyang lebih lama.

Agar lebih nyaman untuk sistem pencernaan, sebaiknya hindari penggunaan krim kental ke dalam oatmeal. Sebagai gantinya, Anda bisa mencampurkan susu rendah lemak atau susu almond ke dalam semangkuk oatmeal.

Kandungan lemak sehat di dalam susu rendah lemak dan susu almond tersebut, dapat melemaskan sfringter atau katup kerongkongan bagian bawah. Dengan begitu, bisa mencegah naiknya kembali asam yang ada di dalam lambung.

Pisang

 

Makanan untuk maag yang kedua adalah pisang. Pisang memiliki segudang zat gizi penting yang baik untuk tubuh. Anda akan mendapatkan sekitar 109 kalori energi, 0,8 gr protein, 0,5 gr lemak, 26,3 gr karbohidrat, 5,7 gr serat, vitamin, serta berbagai mineral hanya dengan makan satu buah pisang saja.

Buah yang identik dengan tekstur lumat dan mudah dikunyah ini, merupakan salah satu pilihan makanan untuk maag yang aman dikonsumsi. Gerard E. Mullin, MD, seorang gastroenterologi sekaligus penulis buku “ The Gut Balance Revolution”, mengungkapkan hal yang sama.

Menurutnya, pisang memiliki kandungan asam yang rendah, sehingga baik untuk dimakan oleh para penderita asam lambung.

Bukan itu saja, tekstur pisang yang lumat juga mampu meredakan gejala maag dengan cara memberikan lapisan pelindung pada esofagus (kerongkongan) yang mengalami iritasi.

Bahkan, berkat kandungan seratnya yang tinggi, makanan pilihan untuk orang yang sakit maag ini juga bisa membantu menangkal gangguan pencernaan.

Melon

 

Ilustrasi Melon © Diadona

Tak kalah menarik dengan pisang, buah melon juga merupakan buah yang menjadi pilihan makanan untuk maag yang sehat. Melon menyumbang sejumlah zat gizi penting bagi tubuh. Mulai dari zat gizi makro, seperti 7,8 gr karbohidrat, 0,6 gr protein, 0,4 gr lemak, dan 1 gr serat, seperti dilansir dari laman Data Komposisi Pangan Indonesia.

Sementara untuk zat gizi mikro, ada 12 miligram (mg) kalsium, 14 mg fosfor, 0,4 mg besi, 27 mg natrium, 167 mg kalium, vitamin B, dan vitamin C. Sama seperti pisang, melon juga termasuk buah yang rendah kandungan asamnya.

Sebaliknya, buah ini memiliki kandungan basa yang cukup tinggi berkat sejumlah magnesium di dalamnya. Magnesium dalam makanan ini adalah salah satu bahan utama yang banyak ditemukan dalam obat untuk sakit maag.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk menghindari makan makanan yang satu ini meskipun Anda sakit maag.

2 dari 4 halaman

Makanan untuk sakit Maag

 

Ilustrasi Bayam © Diadona

Ketika mendadak diserang oleh berbagai gejala maag, obat-obatan yang umumnya diminum pertama kali untuk meredakan keluhannya. Namun selain itu, para penderita maag biasanya diminta untuk lebih selektif dalam memilih asupan makanan dan minuman hariannya.

Berikut ini ada beberapa pilihan makanan untuk sakit maag, di antaranya:

Yoghurt

 

Jika dimakan dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan, yoghurt ternyata bisa menjadi satu dari berbagai pilihan makanan untuk maag. Hal ini dikarenakan yoghurt punya efek menenangkan sekaligus membantu mengendalikan rasa tidak nyaman pada perut.

Alhasil, gejala maag yang kerap menimbulkan kenaikan asam lambung pun bisa lebih dikendalikan. Lebih dari itu, kandungan probiotik alias bakteri baik di dalam yoghurt dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Dikemas dengan sejumlah kandungan protein yang tinggi, membuat yoghurt semakin efektif dalam melancarkan kerja sistem pencernaan.

Sayuran berwarna hijau

 

Ada berbagai jenis sayuran hijau yang bisa dengan mudah Anda temukan di pasar tradisional maupun swalayan, mulai dari sawi, bayam, kangkung, dan lain sebagainya.

Selain rasanya yang enak setelah diolah, beragam sayuran berwarna hijau tersebut juga menjadi pilihan makanan untuk maag. Kandungan gula beserta lemaknya yang rendah bisa membantu mengurangi peningkatan kadar asam lambung.

Pasalnya, makanan dengan lemak yang rendah ini bisa mempercepat pengosongan lambung dan sistem pencernaan. Dengan begitu, dapat menurunkan kemungkinan asam lambung untuk kembali naik ke kerongkongan.

Tak perlu bingung bagaimana harus mengolah makanan yang sehat untuk orang yang sakit maag ini. Jika bosan dimasak dengan cara yang itu-itu saja, sesekali Anda bisa berkreasi lebih dengan membuat semangkuk salad sayuran hijau yang telah direbus sebelumnya.

Kombinasikan sayuran tersebut dengan minyak zaitun dan sayuran lainnya yang memiliki beragam warna menarik, sehingga memicu nafsu makan.

Pepaya

 

Ilustrasi Pepaya © Diadona

Buah pepaya memang populer sebagai makanan pelancar buang air besar. Tidak hanya itu saja, makanan ini juga menjadi pilihan tepat sebagai makanan untuk maag.

Tidak banyak orang yang tahu kalau pepaya memiliki kandungan enzim bernama papain di dalamnya. Papain tersebut merupakan enzim protease yang dihasilkan oleh getah buah pepaya.

Ternyata bukan sembarang enzim, papain pada buah yang baik untuk maag ini juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dengan cara mempermudah proses pemecahan protein. Alhasil, asam amino pun bisa lebih gampang dipecah oleh tubuh.

Biasanya, tubuh memang menggunakan enzim pepsin yang dihasilkan oleh lambung untuk mencerna protein. Akan tetapi, enzim pepsin ini ternyata hanya aktif dihasilkan pada kondisi lingkungan yang asam.

Padahal ketika gejala maag kambung, kadar asam yang tinggi di sistem pencernaan justru dapat merusak lapisan lambung, usus, dan kerongkongan.

Dengan kata lain, enzim papain secara tidak langsung bisa meredakan gejala asam lambung, karena mengurangi beban kerja sistem pencernaan. Atas dasar itulah, pepaya dinilai bisa menjadi makanan yang baik untuk penderita sakit maag.

3 dari 4 halaman

Makanan untuk Penyakit Maag

Ketika sedang kambuh, penderita maag biasanya merasakan sakit yang luar biasa, baik di bagian lambung maupun organ tubuh lainnya. Agar hal tersebut tidak terjadi, orang yang memiliki penyakit maag harus menjaga pola makan jadi lebih teratur dan menjalani pola hidup sehat.

Selain itu, penderita maag juga harus benar-benar memperhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi dan apakah berbahaya untuk lambung atau tidak. Makanan untuk maag adalah makanan yang dapat dicerna secara mudah oleh sistem pencernaan dan juga memiliki tingkat keasaman rendah.

Simak lebih lanjut untuk mengetahui makanan untuk penyakit maag yang cocok dikonsumsi oleh penderitanya!

Putih telur

 

Ilustrasi Putih Telur © Diadona



Makanan untuk maag lainnya yang bisa Anda coba yakni putih telur. Sebaiknya hanya olah dan makan bagian putihnya saja tanpa menyertakan kuning telur.

Seperti yang sempat dijelaskan sebelumnya, makanan berlemak merupakan salah satu jenis makanan tidak boleh diberikan untuk para penderita maag. Sedangkan kandungan lemak yang ada di dalam kuning telur terbilang cukup tinggi.

Dengan hanya memakan putihnya saja, setidaknya bisa membantu Anda mendapatkan sumber protein tanpa harus memperparah gejala maag.

Seafood dan daging tanpa lemak

 

Daging memang bisa memicu gejala maag, bila mengandung banyak minyak (baik cara pengolahannya maupun bagian lemak daging). Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena makanan ini tetap bisa dikonsumsi untuk orang yang sakit maag.

Semua daging merah, daging ayam, maupun makanan laut tanpa lemak bisa dijadikan salah satu pilihan makanan untuk penderita maag. Sebab, kandungan lemak yang rendah di dalam makanan tersebut bisa membantu memulihkan berbagai keluhan yang muncul karena naiknya asam lambung. Jadi jangan takut lagi ya mengonsumsi makanan untuk maag satu ini.

Lidah buaya

 

Ilustrasi Lidah Buaya © Diadona

Makanan lain yang bisa menjadi makanan untuk maag adalah lidah buaya. Lidah buaya dikenal sebagai penyembuh alami, serta dipercaya dapat mengobati penyakit asam lambung. Selain dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pengental untuk mengolah masakan.

4 dari 4 halaman

Makanan untuk Orang Maag

Ilustrasi Bubur Ayam © Diadona

Pemilihan makanan untuk pengidap sakit maag bertujuan untuk meringankan beban kerja saluran pencernaan. Selain itu, tindakan tersebut membantu menetralisir kelebihan asam lambung. Apa saja jenis makanan untuk orang maag yang dianjurkan untuk dikonsumsi? Berikut di antaranya:

Bubur

 

Jika berpatokan pada prinsip, bubur merupakan salah satu kandidat terkuat dalam daftar makanan untuk maag yang dianjurkan, lantaran teksturnya yang lembut dan mudah dicerna. Ketika maag kambuh, kamu sebaiknya mengonsumsi bubur ayam untuk sementara waktu.

Tekstur bubur yang cenderung lembut dan mudah dicerna membuat sistem pencernaan dapat berfungsi dengan lebih baik. Hanya saja, pastikan untuk tidak menambahkan jeroan pada bubur ayam yang sulit untuk dicerna.

Kentang Rebus

 

Ilustrasi Kentang Rebus © Diadona

Kuliner Indonesia begitu kaya. Dalam hal makanan pokok saja ada banyak sekali pilihan. Selain nasi, kentang rebus merupakan salah satu makanan pokok yang dapat mengenyangkan dan baik untuk pengidap maag. Hal ini karena kentang memiliki sifat alkali, yang bisa menetralisir asam lambung dengan cepat.

Kol

 

Salah satu sayuran yang mudah kita jumpai ini ternyata bisa memnjadi salah satu pilihan makanan untuk maag. Alasannya adalah karena dapat memberikan perlindungan tambahan bagi lapisan mukosa lambung. Hal ini akan membuat dinding lambung tidak mudah terluka dan mengatasi masalah maag dengan cepat.

Brokoli

 

Brokoli © Diadona

Meski banyak yang tidak suka rasanya, brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat direkomendasikan sebagai makanan untuk maag, terutama maag kronis. Hal ini karena kol mengandung kalium, vitamin C, dan sulfur yang bisa membantu meredakan gejala maag.


Itulah sedikit penjelasan tentang makanan untuk maag yang aman dikonsumsi. Jika gejala maag tak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter di rumah sakit pilihan kamu.

Beri Komentar