13 Kuliner Makassar Paling Recomended dan Menggiurkan untuk Dicoba

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 28 April 2020 13:25
13 Kuliner Makassar Paling Recomended dan Menggiurkan untuk Dicoba
“Anging Mamiri Ku pasang.. Pitujui tongtongana.. Tusarroa takkaluppa..”

Sepenggal lirik lagu Anging Mamiri di atas pasti langsung mengingatkan Anda pada Kota Makassar. Ibu Kota Sulawesi Selatan ini memang memiliki pesona tersendiri bagi wisawatan lokal maupun mancanegara.

Pantai Losari sudah populer sejak dulu menjadi salah satu magnet pariwisata kota ini. Tapi bukan itu saja, sajian Es Pisang Ijo juga tak kalah populer sebagai makanan khas Kota Anging Mamiri.


Yup, selain memiliki alam yang indah ternyata Makassar juga kaya akan keberagaman kuliner lho. Bahkan beberapa tempat kuliner legendaris di Makassar sudah berdiri lebih dari setengah abad.


Kuliner Makassar memang tak kalah menggoda, kini saatnya Anda merencanakan wisata kuliner ke Makassar. Dan kami sudah menyiapkan list tempat makan yang wajib Anda kunjungi di kota ini, dijamin tidak akan mengecewakan!

1 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Makassar

Kota yang sempat dikenal dengan nama Ujung Pkamung ini memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit para pelancong, khususnya dari luar Pulau Sulawesi. Menawarkan banyak hal untuk dieksplorasi, mulai dari wisata sejarah, budaya, sampai wisata kuliner Makassar yang terkenal dengan kelezatannya menjadi beberapa alasannya.

Agar pengalaman wisata kuliner di Makassar semakin menyenangkan, jangan lupa sempatkan waktu untuk menyambangi beberapa destinasi wisata kuliner Makassar paling recommended berikut ini, ya!

 

Coto Nusantara

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Medan Food Blog (@medanfoodblog) on

 


Belum ke Makassar kalau belum berwisata kuliner mencicipi panganan khas yang sudah terkenal seantero negeri ini. Coto merupakan makanan yang terdiri atas isi perut sapi yang sebelumnya telah direbus lama. Rebusan ini kemudian dicampur dengan daging sapi lalu diiris dan diberi bumbu kacang.

Coto belum lengkap apabila tidak disantap bersama ketupat. Salah satu warung makan di Makassar terfavorit untuk menyantap menu Coto Makassar adalah Coto Nusantara. Bahkan, tempat wisata kuliner Makassar satu ini sering disambangi para artis yang sedang bertkamung ke Makassar.

Lokasi: Jalan Merpati No. 2, Kunjung Mae, Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90125
Jam Operasional: 06:30 – 18:00 WITA
Kisaran Harga: Rp 15.000


Sop Konro dan Iga Bakar Karebosi

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Brad Lau (@ladyironchef) on

 

 

Para pecinta iga sapi wajib menyambangi destinasi wisata kuliner Makassar yang satu ini, konro. Tulang iga diolah dengan cara direbus atau dibakar dan dihidangkan dalam kuah kaldu sup. Di tangan keluarga H. Hanaping, iga diolah menjadi menu yang menggoda lidah dan variatif.

Tersedia menu iga bakar dengan siraman bumbu kacang, dan sup konro yang merupakan iga rebus yang disiram kuah dengan rempah-rempah pilihan. Demi menjaga cita rasa makanan, tulang iga dimasak terpisah dengan bahan-bahan lain seperti lengkuas, daun salam, bawang merah, bawang putih, kacang tanah.

Kelezatan sup konro di destinasi wisata kuliner Makassar satu ini memang nggak perlu diragukan lagi karena telah eksis sejak 1968. Cabangnya bahkan sudah ada di Jakarta, lho.

Lokasi: Jalan Gunung Lompobattang No. 41-43, Pisang Utara, Ujung Pkamung, Pisang Utara, Ujung Pkamung, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90115
Jam Operasional: 10:30 – 23:00 WITA
Kisaran Harga: Rp 38.000,- – Rp 40.000,-

Pallubasa Onta

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Anton Setiawan (@antonsetiawan.ig) on

 


Jangan salah sangka, ya, meskipun restoran di Makassar satu ini bernama Pallubasa Onta, namun menu kamulan disini bukanlah daging onta, kok. Pallubasa, sebuah kuliner Makassar yang berbahan dasar daging sapi dengan cita rasa kuat berkat kuah dan telur ayam kampung sebagai pelengkapnya.

Nama onta berasal dari nama jalan yang berasa di Makassar, yang merupakan tempat wisata kuliner Makassar ini berdiri. Cita rasa gurih Pallubasa berada di dagingnya yang sebelumnya telah diolah menggunakan rempah-rempah kemudian disiram kuah.

Lokasi: Jalan Onta Lama No. 103, Mkamula, Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90132
Jam Operasional: 09:00 – 23:00 WITA
Kisaran Harga: Rp 13.000,- – Rp 20.000,-

2 dari 4 halaman

Kuliner Makassar

Kuliner Makassar adalah penggugah selera. Rasa yang menggoyang lidah membuatnya tak pernah kehilangan penggemar setia. Ternyata daftar Kuliner Makassar ini ada banyak. Beberapa mungkin sudah pernah kamu coba karena ada di mana-mana. Ingin tahu apa saja? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Warung Pangkep Sop Saudara

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Riean Borahima (@borariean) on

 

Meskipun berasal dari Pangkep, yang letaknya 60 km dari pusat kota Makassar, Sop Saudara dapat dengan mudah ditemukan di pinggir-pinggir jalan kota Makassar. Sop Saudara biasa disajikan dengan ikan bolu yang dibakar, dan ini sudah merupakan kombinasi yang nggak dapat terpisahkan.

Salah satu tujuan wisata kuliner Makassar yang menyediakan menu sop saudara adalah Warung Pangkep Sop Saudara. Nama pangkep sengaja dipertahankan agar identitas asli makanan ini tetap terjaga. Warung makan yang berada di Jalan Dokter Wahidin Sudiro Husodo selalu ramai pengunjung.

Buktinya, sering terjadi antrean akibat tempat duduk yang telah penuh terisi. Selain sop saudara, Toppers juga dapat mencicipi wisata kuliner Makassar yang nggak kalah memanjakan lidah, antara lain konro, kikil, paru dan lidah. Kelaparan di tengah malam? Tenang saja, warung makan ini buka 24 jam, lho!

Lokasi: Jalan Dokter Wahidin Sudiro Husodo No. 40, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90171
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Kisaran Harga: Rp 25.000,-

Pallu Kaloa Warung H. Wasid

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Rasa Sayange (@rasasayange) on

 


Makassar seakan nggak pernah kehabisan tujuan wisata kuliner khas yang berkuah atau sup, termasuk sup ikan. Pallu Kaloa sendiri merupakan hidangan sup ikan yang diolah dengan rempah tertentu bernama kaloa.

Kaloa merupakan rempah berbentuk biji-bijian bertekstur keras namun berukuran kecil seperti bawang. Biji kaloa yang berwarna hitam merupakan bagian yang dipakai untuk meracik makanan ini. Biji nggak dihancurkan sama sekali demi memertahankan cita rasa asam yang khas. Karena bentuknya yang mirip rawon seperti yang ada di Jawa Timur, warga pendatang sering menyebut pallu kaloa sebagai rawon ikan.

Salah satu tujuan wisata kuliner Makassar yang menyediakan menu pallu kaloa adalah Warung H. Wasid yang sudah berdiri sejak sekitar tahun 1970-an. Jenis ikan yang dipakai sebagai bahan dasar panganan ini nggak boleh sembarangan, lho, harus ikan kerapu, lamuru, katamba, kanake, atau tuna yang hanya diambil bagian kepalanya.

Rempah-rempah yang melengkapi cita rasa makanan ini juga cukup beragam, antara lain bawang putih, bawang merah, kayu manis, pala, ketumbar, merica, dan nggak ketinggalan, kaloa itu sendiri. Apabila berkunjung ke destinasi wisata kuliner di Makassar ini jangan lupa menyantap pallu kaloa ditemani lawara jantung pisang, acar mangga, rumput laut, dan telur ikan, ya, agar rasanya semakin lengkap.

Tambahkan pula nasi hangat dan sambal. Oh ya, sambal yang disediakan di warung makan ini dapat dipilih sesuai selera, lho, yaitu sambal tumis, sambal rica dan sambal biji. Bagaimana? Tergiur dengan kelezatannya?

Lokasi: Jalan Tentara Pelajar No. 104, Melayu, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90173
Jam Operasional: 08:30 – 23:00 WITA
Kisaran Harga: Rp 12.000,- – Rp 28.000,-

Rajanya Pallu Mara “Kepala Ikan”

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Rini Nurdin (@rini_n) on

 


Percaya nggak, kalau ada destinasi wisata kuliner Makassar yang dipercaya dapat meredakan demam? Yap, pallu mara namanya. Makanan yang berbahan baku ikan pallumara yang disajikan dengan campuran rempah asam jawa ini, dulunya kerap dijadikan obat bagi penderita demam. Dijamin, rasa kecut dan pedas dari kuliner pallu mara ini akan membuat siapapun yang mencicipinya berkeringat.

Cita rasa makanan ini juga bersahabat dengan lidah dan bersifat melegakan tenggorokan. Bahan pembuat panganan olahan ikan pallumara terbilang cukup sederhana, yakni bawang merah, bawang putih, tomat, serai, kunyit, kemiri, dan berbagai rempah-rempah lainnya.

Lokasi: Jalan Cendrawasih III No. 20, Panambungan, Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90125
Jam Operasional: 10:00 – 22:00 WITA
Kisaran Harga: Rp 29.500,-

3 dari 4 halaman

Kuliner Malam Makassar

Selamat datang di Makassar! Kota Daeng atau Kota Ujung Pkamung ini, dikenal dengan beragam tempat wisatanya yang komplit, lho.

Mau ke mana? Pantai, pegunungan, pulau atau bangunan bersejarah seperti Benteng Rotterdam? Semuanya ada! Tempat kekinian seperti wahana bermain Trans Studio Makassar juga ada.

Jika kamu merasa enggan memejamkan mata sebab terlalu eloknya kota ini, maka ini saat yang tepat untuk menikmati kuliner malam Makassar. Di sini, kelezatan bukan cuma soal rasa aja, tapi juga karena terdapat nilai sejarah yang kental.


Sop Ubi Datumuseng

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by mossqee +62 ???????? #RUSUHSTAGRAM (@dad_dish) on

 


Wisata Kuliner Makassar
Sumber gambar: Jakarta Post
Sop ubi merupakan salah satu panganan khas Makassar yang menjadikan ubi goreng yang dipotong kecil-kecil sebagai bahan dasarnya. Kemudian ubi dicampur dengan tauge, bihun, telur, daun bawang, bawang goreng, serta daging.

Paduan kaldu juga menjadikan cita rasa makanan ini semakin kaya. Nggak lupa juga ditambahkan kacang goreng, keripik, atau kerupuk udang agar semakin lengkap. Sop Ubi Datumuseng sendiri sudah terkenal seantero Makassar dan telah mendapat banyak penghargaan. Tauge yang disediakan di tempat makan di Makassar ini terkenal segar dan dalam jumlah yang banyak.

Lokasi: Jalan Datu Museng, Losari, Ujung Pkamung, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90111
Jam Operasional: 10:00 – 21:00 WITA
Kisaran Harga: Rp 25.000,-

 

Rumah Makan Aroma Palopo

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Ratu Makan (@travelandnom) on

 


Seperti namanya, Rumah Makan Aroma Palopo menyediakan wisata kuliner Makassar dari daerah Palopo, yang terletak sekitar 30 km dari kota Makassar. Kuliner khas yang paling terkenal di rumah makan ini adalah kapurung, yakni olahan sagu yang disiram kuah bersayur.

Sayuran yang ditambahkan terdiri atas kacang panjang, daun bayam, irisan jagung, serta patikala yang menambah cita rasa asam kuah. Sebagai pelengkap, penikmat kapurung dapat memilih lauk sesuai selera, baik ikan, udang, ayam ataupun campuran dari ketiganya. Apapun pilihan lauknya, kuah kapurung harus terasa pedas. Kapuriung akan terasa lebih lezat lagi dengan tambahan sayuran lawak, jantung pisang, atau perkedel jagung.

Belum cukup kenyang menyantap kapurung? Masih ada menu lainnya yang nggak kalah lezat, kok. Seperti barobbo, sup jagung dengan kuah sangat kental, atau nasi goreng serta ongol ongol, olahan sagu yang disiram gula aren. Tersedia pula berbagai pilihan kue tradisional khas Makassar seperti bagea, jintang, gambu dan jipang.

Lokasi: Jalan Mappanyukki No. 66C, Mario, Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90125
Jam Operasional: 08:00 – 22:00 WITA
Kisaran Harga: Rp 20.000,- – Rp 25.000,-

Songkolo Bagadang

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Food photographer (@the.fooddoctor) on

 


Kamu termasuk pecinta kuliner dan pemburu jajanan di malam hari? Nah, panganan yang satu ini sangat pas untuk kamu, Songkolo Bagadang namanya. Songkolo merupakan olahan nasi ketan hitam yang dilengkapi dengan taburan serundeng atau parutan kelapa sangrai.

Songkolo biasa dinikmati dengan lauk lainnya seperti ikan teri asin, telur dan sambal kuning. Kata bagadang sendiri nggak lain berasal dari kata begadang yang berarti tetap terjaga hingga tengah malam. kuliner Makassar yang satu ini biasanya disajikan di berbagai acara adat dan acara Maulid Nabi Muhammad SAW bagi pemeluk agama Islam.

Salah satu destinasi wisata kuliner di Makassar yang menyediakan menu songkolo adalah Songkolo Bagadang Alhamdulillah yang dikelola Hj. Hania. Salah satu keunikan warung makan ini adalah songkolo akan ditimbang terlebih dahulu sebelum disajikan untuk menjaga kuantitas makanan agar tetap sama.

Meski hanya berbentuk ruang sederhana dan terletak di sebuah gang, warung makan di Makassar ini selalu ramai pengunjung, lho, terlebih di akhir pekan.

Lokasi: Jalan Pannara No.19, Antang, Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90234
Jam Operasional: 19:00 – 03:00 WITA
Kisaran Harga: Rp 5.000,-

 

4 dari 4 halaman

Tempat Kuliner Makassar

Kota Makassar ini adalah ibukota Provinsi Sulawesi Selatan. Di Kota Makassar ini juga banyak sekali wisata kuliner yang bisa kamu kunjungi. kamu bisa menikmati beraneka ragam makanan yang lezat di sini. Langsung saja simak beberapa rekomendasi tempat kuliner Makassar yang menggugah selera berikut ini.


Mi Hengki

      View this post on Instagram      

A post shared by Isriyani Isry (@isry607) on

 


Mi Hengki merupakan salah satu outlet yang menyediakan menu mi kering khas Makassar. Makanan ini telah melegenda sejak 1980, lho, dengan cita rasa yang nggak pernah berubah dan tempat berjualan yang tetap sama sejak awal dibuka.

Mi kering pertama kali dicetuskan oleh Angko Cao, warga keturunan Tionghoa yang tinggal di Makassar, kemudian resep mi kering diturunkan kepada tiga anaknya, Titi, Hengki dan Awa. Mi Titi dan Mi Hengki telah membuka cabang di tempat lain, sedangkan Mie Awa tetap bersikeras untuk nggak membuka cabang lain dan tetap memertahankan bangunan lama yang berada di Jalan Nusantara.

Kuliner Makassar satu ini disajikan dengan sayur sawi dan dilengkapi irisan ayam, hati, daging dan olahannya. Selain itu, ada varian mi lain yang ditawarkan seperti mi kuah, mi panggang, mi hokiang dan mi goreng.

Lokasi: Jalan Nusantara No.358, Butung, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90171
Jam Operasional: 18:00 – 01:00 WITA
Kisaran Harga: Rp 30.000,-

Otak-Otak Ibu Elly

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Isriyani Isry (@isry607) on

 


Siapa yang nggak tahu otak-otak? Makanan yang terbuat dari bahan baku ikan tenggiri dan dicampur dengan tepung gandum ini sudah sangat populer khususnya di kalangan pecinta kuliner. Makassar juga punya, lho, kuliner otak-otak terkenal racikan Ibu Elly. Otak-otak Ibu Elly diklaim dapat bertahan hingga satu bulan asalkan langsung disimpan di freezer lemari es sesampainya di rumah.

Sebaiknya otak-otak dipanggang atau dipanaskan terlebih dahulu di atas wajan tanpa minyak sebelum disantap. Agar terasa lebih nikmat, otak-otak dapat disajikan dengan balutan saus kacang yang khas. Destinasi wisata kuliner Makassar ini sudah nggak perlu diragukan lagi kelezatannya. Pasalnya, panganan ini telah mendapatkan penghargaan Makassar Most Favourite Awards selama 3 tahun berturut-turut mulai tahun 2010 hingga 2012, lho!

Lokasi: Jalan Kijang No. 7C – 7D, Maricaya Baru, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90142
Jam Operasional: 07:00 – 22:00 WITA
Kisaran Harga: Rp 4.000,- – Rp 150.000,-

Djuku Resto Wisma Kalla

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Ade R. Ramadhany (@kikinyooo) on

 

 

Wisata kuliner Makassar nggak hanya bisa didapatkan dari berbagai warung atau rumah makan yang ada di pinggir jalan. Apabila ingin tetap mencicipi masakan tradisional khas Makassar namun dengan balutan yang lebih modern, kamu bisa datang ke Djuku Resto. Dalam bahasa Makassar, djuku berarti ikan. Berbagai kuliner Makassar tersedia disini, salah satunya ikan pallumara, dimana pengunjung dapat memilih sendiri ikan jenis favoritnya.

Selain itu, jenis nasinya juga dapat dipilih. Ingin nasi putih, nasi merah, atau bahkan mashed potato? Semua tersedia. Menu lainnya yang telah akrab di lidah juga nggak lupa tersedia di pilihan menu, seperti ayam goreng, ayam bakar dan ayam rica-rica. Setelah makan, ada baiknya menyantap dessert seperti sanggara balkamu, jack sparrow, oreo bom, doughballs, churros, dan masih banyak lagi.

Fyi, sanggara balkamu merupakan makanan pencuci mulut asli dari Bugis, lho. Aslinya, sanggara balkamu merupakan pisang yang ditaburi kacang tanah, namun di Djuku Resto, tampilannya menjadi semakin cantik berkat kehadiran es krim, karamel dan madu.

Lokasi: Gedung Wisma Kalla, JL. Doktor Sam Ratulangi, Mangkura, Ujungpkamung, Kunjung Mae, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90114
Jam Operasional: 09:00 – 21:00 WITA
Kisaran Harga: Rp 25.000,- – Rp 60.000,-

Rumah Makan Palekko Racing

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Ade R. Ramadhany (@kikinyooo) on

 

 

Apabila sebelumnya kuliner Makassar berbentuk sup sudah banyak dibahas, kali ini ada kuliner khas yang dinamakan Nasu Palekko, yaitu olahan bebek dengan cita rasa pedas yang menggugah selera.

Salah satu tujuan wisata kuliner di Makassar yang menyediakan menu panganan ini adalah RM Palekko Racing yang masih mempertahankan resep asli suku Bugis untuk membuat racikan bumbu nasu palekko.

Lokasi: Jalan Prof. Abdurrahman Badalamah (eks. Racing Centre) No.19E, Karampuang, Panakkukang, Karampuang, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Kisaran Harga: Rp 22.000,-

 

Itu dia beberapa rekomendasi destinasi wisata kuliner Makassar yang wajib Toppers sambangi ketika berlibur ke kota Ujung Pkamung ini. Tujuan wisata kuliner Makassar manakah yang telah sukses menggugah selera makanmu?

Beri Komentar