12 Makanan yang Mengandung Kolesterol, Berbahaya Bagi Tubuh dan Harus Kamu Hindari

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 24 Februari 2020 11:26
12 Makanan yang Mengandung Kolesterol, Berbahaya Bagi Tubuh dan Harus Kamu Hindari
Hindari makanan yang mengandung kolesterol agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap aman.

Apakah kamu menderita penyakit kolesterol? Tahukah kamu jika ada jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi? Termasuk makanan-makanan yang kerap disajikan saat di rumah. Karenanya, penting untuk mengurangi konsumsi makanan ini.

kolesterol adalah komponen lemak yang berperan penting dalam menjaga sel dan jaringan tubuh tetap berfungsi. Akan tetapi, jumlahnya tidak boleh melebihi batas normal kolesterol dalam tubuh.

1 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi

Ilustrasi Daging SapiIlustrasi Daging Sapi © Liputan6.com

Orang yang memiliki kolesterol tinggi tentu harus menghindari konsumsi makanan yang mengandung kolesterol . Tidak hanya untuk kamu yang memiliki kolesterol tinggi, orang yang memiliki riwayat atau risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes pun disarankan untuk membatasi makanan yang mengandung kolesterol. Apa saja sih jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi yang harus dihindari? Simak ulasannya di bawah ini ya.

Jeroan

Jeroan hewan, misalnya ati (hati), jantung, ampela, otak, babat, limpa, usus, dan paru adalah makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Jeroan mengandung protein yang ketika dipecah oleh tubuh akan menghasilkan banyak tambahan purin di dalam aliran darah. Sebagai contoh, 100 gram ati ayam saja sudah mengandung 243 mcg purin.

Jadi, jelas mengapa jeroan termasuk sebagai makanan yang mengandung kolesterol yang harus ditinggalkan.

Seafood

Ilustrasi SeafoodIlustrasi Seafood © https://kumparan.com/

Seafood alias makanan laut, seperti ikan teri, sarden, tongkol, tuna, dan kerang mengandung purin yang tinggi. Sedangkan lobster bukanlah pilihan yang baik, terutama bagi penderita kolesterol tinggi, karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Dalam 85 gram lobster terkandung 125 mg kolesterol. Belum lagi jika lobster tersebut dimasak dengan cara digoreng, tentu tingkat kolesterolnya akan semakin tinggi. Yuk, batasi asupan makanan yang mengandung kolesterol dan kolesterol dari makanan laut.

Daging

Daging juga termasuk sebagai makanan yang mengandung kolesterol dn kolesterol tinggi sehingga harus dijauhi oleh penderita kolesterol dan kolesterol tinggi. Berbagai jenis daging, terutama daging merah, memiliki kandungan purin dan kolesterol yang tinggi. Jika ingin makan daging merah, dianjurkan untuk membuang lemak yang menempel pada daging. Atau bisa juga mengonsumsi daging putih, seperti daging ayam atau kalkun. Namun, perhatikan pula cara pengolahan daging putih tersebut. Disarankan untuk membuang kulitnya dan tidak mengolahnya dengan cara digoreng.

2 dari 4 halaman

Makanan yang Tidak Mengandung Kolesterol

Kolesterol merupakan penyakit yang bisa membahayakan tubuh manusia. Jika kamu sudah memiliki kolesterol tinggi, mengonsumsi makanan berkolesterol rendah dapat menjadi solusi terbaik dalam diet. Lalu apa saja makanan yang tidak mengandung kolesterol? Berikut ulasannya untukmu.

Kacang-kacangan

Ilustrasi Kacang-kacanganIlustrasi Kacang-kacangan © dailymail.co.uk

Kacang-kacangan bukan merupakan makanan yang mengandung kolesterol sehingga aman kamu konsumsi. Kacang-kacangan adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi dan mengandung lemak yang aman bagi tubuh.

Kacang-kacangan juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko penyakit jantung. Mengonsumsi 2 ons kacang dalam sehai bisa menurunkan kolesterol jahat atau sebesar 5%.

Ikan berlemak

Ikan juga bisa menjadi pilihan lain makanan sehat yang bukan termasuk makanan yang mengandung kolesterol tingii. Ikan mempunyai kandungan leamk Omega-3 yang sangat bagus untuk tubuh. Omega 3 dapat meningkatkan kolesterol naik dan menjaga kesehatan jantung.

Cara paling aman memasak ikan adalah dengan mengukus atau merebusnya. Memngonsumsi ikan sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu dapat menurunkan kolesterol jahat.

Olahan kedelai

ilustrasi susu kedelaiilustrasi susu kedelai © 2019 https://www.diadona.id/healthcautions.com

Bberapa studi penelitiasn mengatakan bahwa mengonsumsi makanan olahan kedelai seperti tahu, tempe, oncom dan lain sebagainya bisa membantu untuk menutunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu makanan olahan kedelai juga bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Memngonsumsi25 gram kedelai dalam sehari mampu untuk menurunkan kolesterol jahat sebanyak 5-6%. Makanan olahan kedelai sangat direkomendasikan untuk menjadi makanan penur kadar kolesterol tinggi.

Oatmeal

Oatmel juga bisa menjadi opsi lain makanan penurun kadar kolesterol tingii. Oatmeal mempunyai kandungan beta-klugan yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kamu bisa mengonsumsi oatmeal sebagai menu sarapan di rumah. Dengan mengonsumsi oatmeal dapat emembantumu untuk menurunkan kolesterol jahat sebesar 5%.

Bawang Putih

Ilustrasi Bawang PutihIlustrasi Bawang Putih © 2019 https://www.diadona.id

Mengonsumi bawang putih juga bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan kandungan senyawa kuat seperti allicin, nggak heran bawang putih banyak menjadi pilihan makanan penurun kadar kolesterol tinggi.

3 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Kolesterol Jahat

Salah satu cara menjaga kadar kolesterol dalam darah agar tetap stabil adalah dengan menjalankan pola hidup sehat, termasuk menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur. Termasuk juga dengan menghindari makanan yang mengandung kolesterol. Lalu apa saja kah makanan yang mengandung kolesterol jahat yang harus kamu hindari? Simak ulasannya di bawah ini.

Makanan cepat saji

Ilustrasi BurgerIlustrasi Burger © 2019 https://www.diadona.id/medicalnewstoday

Makanan cepat saji, seperti hamburger dan pizza, termasuk ke dalam makanan yang mengandung kolesterol karena mengandung 85-180 mg kolesterol dalam satu porsinya. Belum lagi jika ditambah minuman soda dan kentang goreng yang biasa dikonsumsi bersamaan.

Kamu dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan cepat saji dan mengganti minuman bersoda dengan air putih guna mencegah kolesterol tinggi.

Es krim

Satu cup es krim mengandung lebih banyak kolesterol dibandingkan satu buah burger dan donat. Daripada mengonsumsi es krim sebagai hidangan penutup, lebih baik kamu menggantinya dengan semangkuk buah segar yang kaya serat dan nutrisi, serta rendah kalori. Buah juga merupakan makanan yang baik untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.Hati-hati dengan es krim ya, karena ternyata es krim juga termasuk dalam jenis makanan yang mengandung kolesterol yang harus kamu tinggalkan.

Steak

Ilustrasi Steak DagingIlustrasi Steak Daging © Thestayathomechef.com

Steak daging sapi adalah salah satu makanan yang mengandung kolesterol. Meski tinggi kolesterol dan lemak jenuh, bukan berarti kamu tidak dapat mengonsumsi steak daging sapi sama sekali.

Jika ingin makan steak, pilihlah daging tanpa lemak yang kadar kolesterolnya lebih rendah, seperti bagian perut sapi (beef flank). Dalam sepotong daging sapi tanpa lemak, terkandung sekitar 300 mg kolesterol. kamu juga bisa mengganti daging sapi dengan daging domba dengan kandungan kolesterol lebih rendah, yaitu sekitar 100 - 150 mg.

4 dari 4 halaman

Makanan yang Banyak Mengandung Kolesterol

Minuman beralkoholMinuman beralkohol © 11points.com

Bagi kamu yang sudah menderita penyakit kolesterol, kamu harus menghindari makanan yang mengandung kadar lemak jenuh tinggi. Makanan dengan jumlah lemak jenuh yang tinggi akan memicu peningktan jumlah kolesterol dalam tubuh. Lalu apa saja makanan yang banyak mengandung kolesterol tinggi? simak informasinya di bawah ini.

Jamur

Jenis makanan yang juga sering dikonsumsi sebegai bahan masakan adalah jamur. Jamur sering diolah menjadi makanan dengan berbagai macam rasa yang menggugah selera. Namun, jamur ternyata mempunyai jumlah purin dengan kisaran 12-17 gram purin per 100 gram jamur. Menurut AcuMedico, jamur termasuk juga ke dalam sayuran yang harus dihindari sebagaai makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Minuman Manis

minuman bobaminuman boba © http://happenings.changirecommends.com

Minuman manis tidak mengandung purin, tapi tinggi fruktosa (gula dari sirup jagung). Tubuh Anda memecah fruktosa dan menghasilkan purin.

Menurut sebuah penelitian dari BMJ Open, minuman bersoda yang dibuat dengan fruktosa berisiko tinggi memicu kolesterol tinggi. Penelitian tersebut menemukan risiko kolesterol tinggi naik sektar 85% pada pria yang minum lebih dari 2 porsi soda per hari, dibanding yang hanya minum satu gelas minuman manis dalam sebulan. Dari penjelasan tadi, sudah jelasya bahwa minuman manis juga termasuk dalam makanan yang mengandung kolesterol. oleh karenanya, harus dihindari.

Alkohol

Sama dengan minuman manis, miras dan alkohol seperti bir juga menjadi makanan yang mengandung kolesterol makin tinggi selain makanan di atas. Hal tersebut diamini oleh sebuah penelitian tahun 2014 dari Boston University School of Medicine. Semakin banyak alkohol yang diminum, semakin besar risikonya, kata para peneliti.

Yuk, tetap jaga kesehatan badan dengan senantiasa berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Dengan begitu tubuh kita akan terhindari dari penyakit yang berbahaya bagi tubuh.

Beri Komentar