12 Makanan Tinggi Protein dan Rendah Lemak, Cocok untuk Pembentukan Otot

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 28 Januari 2020 13:12
12 Makanan Tinggi Protein dan Rendah Lemak, Cocok untuk Pembentukan Otot
Protein sangat bermanfat sebagai sumber energi bagi tubuh untuk beraktifitas.

Bagi kamu yang giat berolahraga, asupan protein menjadi sangat penting bagi kamu. Pasalnya otot membutuhkan zat protein untuk bisa lebih kuat dan terbentuk. Seperti air, protein adalah zat yang paling melimpah dan terdapat di setiap sel dalam tubuh kita. Makanan yang mengandung protein bisa kita temui dalam berbagai makanan yang bisa kiita temui di sekiktra kita. Namun, orang hanya mengenal makanan tinggi protein dari susu saja, padahal banyak sekali makanan tinggni protein yang bisa kita temui di sekitar kita, contohnya dagig unggas, ikan, telur, dan makanan bberjenis kacang-kacangan.

1 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Ingin hidup sehat? Atau mau menurunkan berat badan tanpa ribet? Makanan tinggi protein punya banyak manfaat untuk bikin kita lebih sehat dengan berat badan ideal lho. Apa aja sih makanan ytang mengandung protein tinggi yang bisa kita konsumsi? Yuk simak ulasannya!

Telur

Ilustrasi TelurIlustrasi Telur © https://www.hidayatullah.com/

Tahukah kamu kalau telur ayam adalah makanan yang disebut-sebut sebagai makanan paling sehat di seluruh dunia? Selain menjadi makanan tinggi protein, telur juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh lho. Dilansir dari Healthline.com, telur ayam bahkan mengandung kolin yang menjaga kesehatan sistem saraf, hati, dan jantung kita lho dan lutein yang menjaga kesehatan mata.

Protein yang paling tinggi di telur ayam terdapat di bagian putih telur, tapi vitamin dan mineral lainnya justru paling banyak terdapat di kuningnya. Untuk kita yang mau menurunkan berat badan juga sebaiknya makan telur ayam bagi hari saat sarapan karena bisa bikin kita lebih kenyang seharian.

Kacang Almond

Selain menjadi makanan tinggi protein, kacang almond juga kaya akan antioksidan yang tinggi dan bisa bikin kita awet muda, serta vitamin E yang mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker lho.

Kacang almond bisa kita konsumsi dalam bentuk susu almond yang lagi hits atau kita tambahkan pada oatmeal dan smoothie bowl kita lho. Selain itu, kacang almond yang dipanggang tanpa garam terlalu banyak juga cocok banget untuk kita makan lho.

Dada Ayam

kalau kamu sedang m,enjalani program diet sehat dan ingin memgonsumsi makanna tinggi proteiun untuk menuurunkan berat badan, kamu bisa banget nih cobain dada ayam sebagai menu maknaan tinggi protein.Protein dalam 1 ons dada ayam rebus tanpa bumbu juga tinggi banget, yaitu 31 gram per ons lho. Selain itu, kadar garam yang rendah di dada ayam juga cocok untuk kita yang berisiko terkena hipertensi.

Dada ayam bisa kita makan bareng salad supaya kita juga mengkonsumsi serat yang tinggi juga. Dada ayam juga enak banget dimakan dan tetap sehat ketika ditumis bareng sayuran atau dipanggang menjadi steak tanpa bumbu berlebihan.

2 dari 4 halaman

Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak

Ilustrasi SeafoodIlustrasi Seafood © https://kumparan.com/

Untuk kamu yang belum mnegetahui, sering kali makanna tinggi protein adalah makanan yang megandung lemak tinggi juga. Untuk itu, perlu kehati-hatian dalam menentukan makanna tinggi protein yang akan kamu konsumsi. Ada baiknya kamu mengikuti panduan dari Kementrian Kesehatan dengan aturan kandungah 7 gram protein dan 2 gram lemak. Lalu apa saha makanan tinggi protein rendah lemak yang bisa kamu konsumsi? berikut infoinya untukmu.

Cumi-Cumi

Makanan tinggi protein rendah lemak yang pertama adalah cumi-cumi. Dalam satu porsi cumi-cumi yaitu 45 gram, hal itu setara dengan satu ekor cumi-cumi ukuran kecil, hanya terdapat 2 gram lemak.

Kerang

Kerang adalah makanan tinggi protein rendah lemak lainnya yang bisa kamu konsumsi. Dalam satu porsi kerang segar yang setara dengan 35 gram lemak, sehingga bisa dikatakan kerang rendah akan lemak.

Ikan

Ikan teri memiliki kandungan lemak yang rendah. Dalam satu porsinya yaitu sekitar 20 gram atau setara dengan 1/3 gelas, hanya mengandung 2 gram lemak. Pada dasarnya, ikan adalah makanan tinggi protein rendah lemak yang baik untuk membantu penyakit kardiovaskular.

Beberapa jenis ikan yang baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung yakni tuna dan salmon. Salmon memiliki kandungan lemak yang sedikit lebih tinggi, namun salmon adalah sesuatu yang baik untuk kesehatan jantung karena kandungan asam lemak omega-3 nya.

Sementara tuna mengandung vitamin D, vitamin B12, selenium dan niacin yang baik untuk kesehatan kamu secara keselurahan.

3 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Protein Tinggi untuk Pembentukan Otot

Ilustrasi Kacang-kacanganIlustrasi Kacang-kacangan © dailymail.co.uk

Salah satu manfaat yang diberikan makanan tinggi protein adalah untuk membenruk otot yang lebih kuat. Biasanya makanan tinggi protein akrab banget buat kamu yang suka berolahraga. Manfaat lain yang bisa diberikan protein adalah protein mampu untuk meregenerasi otot yang rusak karena berolahrga. Kira-kira apa saja ya makanan yang mengandung protein tinggi untuk pembentukan otot? beriut infotmasinya untukmu.

Hati sapi

Selain ayam sapi juga bisa dijadikan sebagai makanna tinggi protein yang baik untuk tubuh. Hati sapi memiliki kandungan lemak yang rendah jika dikonsumsi sesuai porsinya yaitu 1 potong sedang atau 50 gram. Kandungah protein yang tinggi dalam hati sapi mampu menjaga kestabilan pembentukan otot sehingfa tubuh semakin kuat.

Produk olahan susu

Keju, yoghurt dan susu adalah sumber protein yang terbaik. Ketiga produk olahan susu tersebut mengandung kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Pilihlah susu yang rendah lemak atau susu skim untuk menjaga gigi dan tulang agar tetap kuat.

Kacang-kacangan

Kacang tanah atau kacang almond adalah salah satu makanan tinggi protein yang aman untuk dikonsumsi. Kacang almond diperkaya dengan vitamin E, mangan dan serat, sementara kacang tanah mengandung magnesium dan serat. Kandnga tersebutlah yang akan membantu tubuh untuk membentuk otot dengan baik.

4 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Kalori dan Protein Tinggi

Maknana tinggi rpotein biasanya juga terdapat kandungan kalori yang tinggi juga. Mengapa? karena kedua zat makanan tersebut bersinergi menjadi sumber tenaga bagi tubuh. Tanpa kedua jenis makanan tersebut, tubuh akan kekurangan tenaga dan menjadi lemas. Lalu apa saja makanan yang mengandung kalori dan protein tinggi? berikut ulasanya untukmu.

Spirulina

Ilustrasi SpirulinaIlustrasi Spirulina © 5esentia.com

Mungkin nama ini asing di telingamu. Makanan tinggi protein yang sering disebut sebagai ganggang hijau ini juga punya kandungan kalori yang tinggi. Bahkan spirulina yang telah dipotong kecil-kecil dan dikeringkan bisa menjadi makanan alternatif pengganti telur. Sebabnya, spirulina mengandung delapan gram protein untuk 40 kalorinya. Cara mengonsumsinya adalah dengan mencampurnya dengan salad.

Biji labu kering

Ilustrasi Biji LabuIlustrasi Biji Labu © khasiat.co.id

Saat memakan labu biasanya bijinya akan dibuang dan hanya memakan daging buahnya saja. Padahal itu keliru, biji labu ternyata juga punya banyak manfaatnya sebaagai makanan tinggi protein yang alami, apalagi jika sudah dikeringkan. Satu cup kecil biji labu kering mengandung 10 gram protein.

Udang

Hampir semua makanan laut merupakan sumber makanan tinggi protein yang sangat baik karena biasanya rendah lemak. Meskipun udang rendah kalori tetapi sarat dengan berbagai nutrisi seperti selenium, vitamin B12 dan lemak omega-3. Dalam 1 ons udang mentah mengandung 24 gram protein dan 99 kalori.

Yuk, tetap jaga kesehatan badan kita dengan mengonsumsi makanan sehat yang ada di sekitar kita.

Beri Komentar