11 Makanan Protein Tinggi yang Bikin Kita Sehat dan Cocok untuk Pembentukan Otot

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 13 Februari 2020 11:04
11 Makanan Protein Tinggi yang Bikin Kita Sehat dan Cocok untuk Pembentukan Otot
Makanan berprotein tinggi, sangat baik untuk membantu membentuk tulang dan otot lho.

Bagi kamu yang giat berolahraga, asupan protein menjadi sangat penting bagi kamu. Pasalnya otot membutuhkan zat protein untuk bisa lebih kuat dan terbentuk. Seperti air, protein adalah zat yang paling melimpah dan terdapat di setiap sel dalam tubuh kita. Makanan protein bisa kita temui dalam berbagai makanan yang bisa kiita temui di sekiktar kita. Sayangnya, orang hanya mengenal makanan protein dari susu saja, padahal banyak sekali makanan protein yang bisa kita temui di sekitar kita, contohnya dagig unggas, ikan, telur, dan makanan berjenis kacang-kacangan.

1 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Protein

Ingin hidup sehat? Atau mau menurunkan berat badan tanpa ribet? Makanan protein tinggi punya banyak manfaat untuk bikin kita lebih sehat dengan berat badan ideal lho. Apa aja sih makanan yang mengandung protein tinggi yang bisa kita konsumsi? Yuk simak ulasannya!

Telur

Tahukah kamu kalau telur ayam adalah makanan yang disebut-sebut sebagai makanan paling sehat di seluruh dunia? Selain menjadi makanan protein tinggi, telur juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh lho. Dilansir dari Healthline.com, telur ayam bahkan mengandung kolin yang menjaga kesehatan sistem saraf, hati, dan jantung kita lho dan lutein yang menjaga kesehatan mata.

Protein yang paling tinggi di telur ayam terdapat di bagian putih telur, tapi vitamin dan mineral lainnya justru paling banyak terdapat di kuningnya. Untuk kita yang mau menurunkan berat badan juga sebaiknya makan telur ayam bagi hari saat sarapan karena bisa bikin kita lebih kenyang seharian.

Kacang Almond

Ilustrasi kacang almond © Diadona

Selain menjadi makanan protein tinggi, kacang almond juga kaya akan antioksidan yang tinggi dan bisa bikin kita awet muda, serta vitamin E yang mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker lho.

Kacang almond bisa kita konsumsi dalam bentuk susu almond yang lagi hits atau kita tambahkan pada oatmeal dan smoothie bowl kita lho. Selain itu, kacang almond yang dipanggang tanpa garam terlalu banyak juga cocok banget untuk kita makan lho.

Dada Ayam

kalau kamu sedang menjalani program diet sehat dan ingin memgonsumsi makanan tinggi proteiun untuk menuurunkan berat badan, kamu bisa banget nih cobain dada ayam sebagai menu maknaan protein tinggi.Protein dalam 1 ons dada ayam rebus tanpa bumbu juga tinggi banget, yaitu 31 gram per ons lho. Selain itu, kadar garam yang rendah di dada ayam juga cocok untuk kita yang berisiko terkena hipertensi.

Dada ayam bisa kita makan bareng salad supaya kita juga mengkonsumsi serat yang tinggi juga. Dada ayam juga enak banget dimakan dan tetap sehat ketika ditumis bareng sayuran atau dipanggang menjadi steak tanpa bumbu berlebihan.

2 dari 4 halaman

Makanan protein tinggi

Untuk kamu yang belum mnegetahui, sering kali makanan protein tinggi adalah makanan yang megandung lemak tinggi juga. Untuk itu, perlu kehati-hatian dalam menentukan makanan protein tinggi yang akan kamu konsumsi. Ada baiknya kamu mengikuti panduan dari Kementrian Kesehatan dengan aturan kandungah 7 gram protein dan 2 gram lemak. Lalu apa saha makanan protein tinggi rendah lemak yang bisa kamu konsumsi? berikut infoinya untukmu.

Cumi-Cumi

Ilustrasi Masakan Cumi © Diadona

Makanan protein tinggi rendah lemak yang pertama adalah cumi-cumi. Dalam satu porsi cumi-cumi yaitu 45 gram, hal itu setara dengan satu ekor cumi-cumi ukuran kecil, hanya terdapat 2 gram lemak.

Udang

Udang adalah makanan protein tinggi rendah lemak lainnya yang bisa kamu konsumsi. Dalam satu porsi udang segar yang setara dengan 5 ekor sedang atau 35 gram, kandungannya lemaknya tergolong rendah.

 Ikan

Ilustrasi ikan nila asam pedas © Diadona

Ikan teri memiliki kandungan lemak yang rendah. Dalam satu porsinya yaitu sekitar 20 gram atau setara dengan 1/3 gelas, hanya mengandung 2 gram lemak. Pada dasarnya, ikan adalah makanan protein tinggi rendah lemak yang baik untuk membantu penyakit kardiovaskular.

Beberapa jenis ikan yang baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung yakni tuna dan salmon. Salmon memiliki kandungan lemak yang sedikit lebih tinggi, namun salmon adalah sesuatu yang baik untuk kesehatan jantung karena kandungan asam lemak omega-3 nya.

Sementara tuna mengandung vitamin D, vitamin B12, selenium dan niacin yang baik untuk kesehatan kamu secara keselurahan.

3 dari 4 halaman

Makanan Kaya Protein

Salah satu manfaat yang diberikan makanan protein tinggi adalah untuk membenruk otot yang lebih kuat. Biasanya makanan protein tinggi akrab banget buat kamu yang suka berolahraga. Manfaat lain yang bisa diberikan protein adalah protein mampu untuk meregenerasi otot yang rusak karena berolahrga. Kira-kira apa saja ya makanan kaya protein? beriut infotmasinya untukmu.

Hati sapi

Selain ayam sapi juga bisa dijadikan sebagai makanan protein tinggi yang baik untuk tubuh. Hati sapi memiliki kandungan lemak yang rendah jika dikonsumsi sesuai porsinya yaitu 1 potong sedang atau 50 gram. Kandungah protein yang tinggi dalam hati sapi mampu menjaga kestabilan pembentukan otot sehingfa tubuh semakin kuat.

Produk olahan susu

Ilustrasi Keju Cheddar © Diadona

Keju, yoghurt dan susu adalah sumber protein yang terbaik. Ketiga produk olahan susu tersebut mengandung kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Pilihlah susu yang rendah lemak atau susu skim untuk menjaga gigi dan tulang agar tetap kuat.

Kacang-kacangan

Kacang tanah atau kacang almond adalah salah satu makanan protein tinggi yang aman untuk dikonsumsi. Kacang almond diperkaya dengan vitamin E, mangan dan serat, sementara kacang tanah mengandung magnesium dan serat. Kandnga tersebutlah yang akan membantu tubuh untuk membentuk otot dengan baik

4 dari 4 halaman

Makanan Sumber Protein

Ilustrasi Spirulina © Diadona

Makanan protein tinggi biasanya juga terdapat kandungan kalori yang tinggi juga. Mengapa? karena kedua zat makanan tersebut bersinergi menjadi sumber tenaga bagi tubuh. Tanpa kedua jenis makanan tersebut, tubuh akan kekurangan tenaga dan menjadi lemas. Lalu apa saja makanan sumber protein tinggi? berikut ulasanya untukmu.

Spirulina

Mungkin nama ini asing di telingamu. Makanan protein tinggi yang sering disebut sebagai ganggang hijau ini juga punya kandungan kalori yang tinggi. Bahkan spirulina yang telah dipotong kecil-kecil dan dikeringkan bisa menjadi makanan alternatif pengganti telur. Sebabnya, spirulina mengandung delapan gram protein untuk 40 kalorinya. Cara mengonsumsinya adalah dengan mencampurnya dengan salad.

Biji labu kering

Saat memakan labu biasanya bijinya akan dibuang dan hanya memakan daging buahnya saja. Padahal itu keliru, biji labu ternyata juga punya banyak manfaatnya sebaagai makanan protein tinggi yang alami, apalagi jika sudah dikeringkan. Satu cup kecil biji labu kering mengandung 10 gram protein.

Yuk, tetap jaga kesehatan badan kita dengan mengonsumsi makanan sehat yang ada di sekitar kita.

Beri Komentar