12 Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Kamu Hindari

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 4 Februari 2020 12:10
12 Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Kamu Hindari
Hati-hati dengan makanan yang kamu konsumsi karena bisa berpotensi menimbulkan jerawat

Jerawat sebenarnya adalah masalah kecantikan yang normal. Hampir semua orang pernah atau sedang mengalaminya. Namun, harus diakui munculnya jerawat pada bagian wajah juga bisa mengganggu penampilan hingga bisa menurunkan tingkat percaya diri seseorang. Penyebabnya bisa bermcam-macam, bisa karena kosmetik yang tak coock, tak membersihkan wajah secara teratur, atau justru karena mengonsumsi makanan penyebab jerawat.

1 dari 4 halaman

Makanan Penyebab Timbulnya Jerawat

Ilustrasi CokelatIlustrasi Cokelat © supermarketperimeter.com   

Bagi pemilik wajah berjerawat, terkadang mengonsumsi makanan tertentu menjadi dilema. Sulit untuk menolak kelezatan makanan tersebut, tapi tidak ingin juga muncul jerawat di wajah setelah mengonsumsinya. Karenan memang kandungan makanan tersebut menjadikannya sebagai makanan penyebab jerawat. Lalu apa sajakah makanan penyebab timblunya jerawat? Simak daftarya berikut ini, yuk!

Cokelat

Cokelat sebagai salah satu makanan penyebab jerawat memang sudah banyak dipercaya oleh masyarakat sejak dulu. Hal ini disebabkan oleh kebanyakan olahan cokelat banyak mengandung gula sehingga makanan ini dapat menyebabkan jerawat. Peningkatan gula darah dapat meningkatkan hormon penyebab jerawat.

Permen

Makanan penyebab jerawat yang kedua adalah permen. Sama halnya seperti cokelat, permen juga menjadi penyebab jerawat karena kandungan gula yang tinggi di dalamnya. Bahkan dapat dikatakan bahwa kandungan gula dalam permen lebih tinggi dari cokelat karena memang gula merupakan bahan utama dari permen.

Selain meningkatkan hormon penyebab jerawat, makanan dengan kandungan gula yang tinggi juga dapat merusak kerja kolagen dan elastin kulit sehingga kulit dapat turun elastisitas dan gejala penuaan bisa muncul lebih cepat.

Kacang

Bagi sebagian orang, kacang merupakan salah satu makanan penyebab jerawat yang wajib untuk dihindari. Kacang yang dimaksud adalah kacang tanah karena kacang tanah merupakan kacang yang paling umum ditemukan dalam makanan. Meskipun begitu, banyak juga orang yang sensitif terhadap jenis kacang lainnya.

2 dari 4 halaman

Makanan Penyebab Jerawat Batu

Ilustrasi KedelaiIlustrasi Kedelai © 2019 https://www.diadona.idJing@pixabay

Kemunculan jerawat sering menggangu percaya diri kita saat harus berhadapan dengan irang banyak. Apalagi jerawat batu yang terbilang susah hilang. kemunculan jerawat memang dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu faktornya adalah minuman dan makanan yang kita konsumsi. Jika ingin terhindar dari jerawat, berikut daftar makanan penyebab jerawat batu yang mungkin harus kamu hindari!

Kedelai

Selain kacang tanah, kacang kedelai juga bisa menjadi makanan penyebab jerawat. Kacang kedelai juga sangat umum ditemui karena dapat diolah menjadi berbagai makanan mulai dari tahu, tempe, hingga susu kedelai. Jika kamu sensitif terhadap kacang yang satu ini, lebih baik kurangi konsumsinya.

Pasta

Makanan penyebab jerawat selanjutnya adalah pasta. Makanan asal Italia ini memiliki sangat banyak jenis dan dapat diolah menjadi menu yang sangat beragam. Jenis makanan yang satu ini memiliki kandungan gluten tinggi sehingga dapat menjadi pemicu jerawat.

Roti

Roti adalah makanan yang umum dikonsumsi untuk mengganjal perut atau paling cocok dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Sayangnya, roti juga bisa menjadi makanan penyebab jerawat. Sama seperti pasta, roti juga memiliki kandungan gluten yang tinggi.

3 dari 4 halaman

Makanan Penyebab Jerawat dan Komedo

Ilustrasi Kripik KentangIlustrasi Kripik Kentang © 2019 https://www.diadona.id/tasteofhome.com

Minyak berlebih yang dihasilkan tubuh bisa menjadi faktor penyebab jerawat dan komedo muncul. Untuk mencegah produksi meinyak berlebih, maka ada hal yang dapat kamu lakukan. Salah satunya adalah dengan meminimalisir konumsi makanan penyebab jerawat dan berpotenis meningkatkan jumlah minyak berlebih. Lalu apa saja makanan penyebab jerawat dan komedo yang harus akmu hindari? berikut informasinya untukmu.

Sereal

Selain roti, sereal juga merupakan makanan yang sangat ideal dijadikan sebagai menu sarapan. Namun sama halnya seperti roti dan pasta, sereal juga ternyata memiliki kandungan gluten yang tinggi sehingga berpotenis menjadi makanan penyebab jerawat yang harus diwaspadai oleh kamu yang mudah berjerawat.

Gorengan

Ilustrasi GorenganIlustrasi Gorengan © 2019 https://www.diadona.id/pexels.com

Gorengan dan jerawat seperti menjadi hal yang sulit untuk dipisahkan. Sudah banyak yang membuktikan bahwa konsumsi makanan yang banyak mengandung minyak juga berpotensi meningkatkan produksi minyak pada wajah. Sebum yang berlebihan memang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. Tak heran kalah gorengan menjadi salahh satu makanna penyebab jerawat.

Kripik kentang

Siapa sih yang tidak suka keripik kentang? Makanan yang satu ini menjadi camilan yang disukai hampir semua orang. Meskipun rasanya enak, kamu perlu hati-hati karena kripik kentang bukan merupakan camilan sehat dan merupakan salah satu makanan penyebab jerawat. Hal ini juga berlaku untuk kentang goreng atau french fries.

4 dari 4 halaman

Makanan Apa Saja yang Menjadi Penyebab Jerawat

Ketika kamu mengalami jerawat. kamu perlu hati-hati dan teliti dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Karena bisa jadi sebab utama kamu mengalami jerawat adalah dari sumber makanan penyebab jerawat yang kamu makan. Lalu makanan apa saja yang menjadi penyebab jerawat? Simak infonya beriut ini.

Pizza

Ilustrasi PizzaIlustrasi Pizza © 2019 https://www.diadona.id /liputan6.com

Makanan yang satu ini paling cocok dinikmati saat berkumpul bersama teman dan keluarga. Pizza memiliki bahan dasar seperti roti. Selain itu, pizza juga memiliki kandungan lemak yang tinggi berasal dari topping-nya. Tidak heran jika pizza masuk ke dalam daftar makanan penyebab jerawat.

Mi instan

Mi instan memiliki rasa yang lezat dan bisa membuat ketagihan. Walaupun kelezatannya sudah tidak diragukan, bahaya mie instan untuk kesehatan juga sudah banyak dibuktikan. Menyebabkan jerawat juga ternyata merupakan salah satu bahaya mie instan, karena mie instan juga memiliki kandungan gluten tinggi dan tentunya juga bahan pengawet tinggi. Kandungan gluten inilah yang menjadikan mie instan sebagai makanan penebaba jerawat.

Keju

Ilustrasi Keju CheddarIlustrasi Keju Cheddar © https://www.ganiprayoga.my.id/

Keju merupakan salah satu produk olahan susu yang paling digemari. Tahukah kamu bahwa ternyata produk olahan susu dapat memicu jerawat? Ya, produk olahan susu ternyata dapat memicu kelenjar minyak memproduksi minyak lebih banyak sehingga dapat menimbulkan jerawat. Oleg karenanya, bagi kmau yang sedang mengalami jerawat, kamu disarankan untuk menghindari keju sebagai makanan penyebab jerawat.

Mengenali wajah dan jenis kulit kamu sendiri sangat penting dilakukan agar bisa menghindari jerawar lebih dini. Satu lagi, tetap jaga kebersihan wajah secara rutin ya.

Beri Komentar