12 Makanan Pelancar ASI yang Aman Dikonsumsi untuk Ibu

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 4 Februari 2020 12:10
12 Makanan Pelancar ASI yang Aman Dikonsumsi untuk Ibu
Makanan pelancar ASI bisa kita kamu temui pada berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang ada di sekitarmu.

Mampu memberikan ASI secara optimal untuk bayi, khususnya ASI eksklusif selama 6 bulan pertama, tentu menjadi dambaan setiap ibu menyusui. Atas dasar ini, mungkin tidak sedikit ibu menyusui yang menjadi bertanya-tanya mengenai adanya beragam jenis makanan pelancar ASI. Mungkin saja dengan menonsumsi makan pelancar ASI bisa membantu memperbanyak volume ASI yang dihasilkan. Penasaran apa saja makanan pelancar ASI yang bisa dimakan oleh ibu menyusui? Berikut ulasannya.

1 dari 4 halaman

Sumber Makanan Pelancar ASI

Selain masalah pada payudara saat menyusui, pasokan ASI yang kurang lancar juga kerap menjadi salah satu keluhan para ibu. Sebagai solusinya, ibu menyusui mungkin tidak segan untuk mengonsumsi aneka ragam jamu, maupun obat-obatan yang diyakini bisa memperbanyak persediaan ASI pada payudara. Padahalk kita bisa mengusahakannya dengan mengonsumsi sumber makanan pelancar ASI yang ada di sekitar kita. Llau apa saja sumber makanan pelancar ASI yang bisa dikonsumsi? berikut daftarnya untukmu.

Kacang Arab

      View this post on Instagram      

A post shared by Kacang Almond Murah (@grosirkacangalmond) on

Kacang arab dikenal sebagai makanan pelancar ASI karena kandungan proteinnya yang tinggi, mampu menyumbang cukup banyak estrogen disertai dengan adanya kandungan galactagogue. Tak perlu khawatir, cara mengolah makanan pelancar ASI yang satu ini tidaklah sulit.

Selain itu, kacang arab juga punya sederet kandungan baik lain yang dimiliki. Mulai dari 269 kalori, 45 gram (gr) karbohidrat, 15 gr protein, 13 gr serat, 4 gr lemak, dan tanpa kolesterol dalam 1 cangkir kacang arab.

kamu bisa menambahkannya sebagai campuran pasta dan salad sayur maupun buah. Menambahkan jenis kacang sebagai makanan pelancar ASI yang satu ini ke dalam makanan favorit kamu juga bisa menjadi ide menarik.

Oatmeal

makanan lainnya yang bisa menjadi makanan pelancar ASI yakni oatmeal. Oatmeal merupakan satu dari beragam jenis biji-bijian yang kaya zat gizi bagi ibu menyusui dan bayinya, karena dapat berperan sebagai makanan pelancar ASI.

Alasan mengapa oatmeal menjadi makanan pelancar ASI yaitu karena kaya akan kandungan zat besi. Pasalnya, kadar zat besi yang rendah ternyata berpengaruh terhadap produksi ASI.

Bukan sebagai makanan pelancar ASI saja, oatmeal juga dikenal sebagai makanan bisa membuat tubuh merasa lebih nyaman dan tenang, alias disebut comfort food.

Makan makanan pelancar ASI tersebut dinilai berpotensi membuat tubuh lebih rileks, sehingga bisa merangsang pelepasan hormon oksitosin. Hormon oksitosin adalah salah satu hormon yang mendukung produksi ASI.

Bayam

Banyak buah dan sayur-sayuran yang dipercaya mampu berperan sebagai pelancar sekaligus meningkatkan produksi ASI pada payudara. Satu di antaranya adalah sayur bayam, yang khas dengan warna hijaunya meski ada pula jenis sayur bayam merah.

Bukan tanpa alasan, karena sayuran berdaun hijau gelap termasuk bayam, kaya akan kandungan fitoestrogen yang baik sebagai makanan pelancar ASI. Kandungan fitoestrogen dalam makanan pelancar ASI ini serupa seperti yang ada di dalam kacang arab.

Di sisi lain, sayur bayam juga bermanfaat dimakan oleh kamu yang sedang dalam masa pemulihan karena perdarahan setelah melahirkan. Alasanya karena sayur bayam tinggi kandungan zat besi di dalamnya, sehingga bisa membantu melancarkan pembentukan sel darah merah.

Menariknya lagi, antioksidan yang ada di dalam sayur bayam dapat menjaga kesehatan fungsi jantung berkat kandungan kalorinya yang rendah.

2 dari 4 halaman

Makanan Pelancar ASI Selain Katuk

Popularitas daun katuk sebagai salah satu makanan pelancar ASI memang sudah tidak diragukan lagi. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Indonesian Journal for Health Sciences, membuktikan mengenai peran daun katuk sebagai makanan pelancar ASI.

Pernyataan di dalam penelitian ini menyebutkan bahwa kandungan galactagogue di dalam sayuran daun katuk yang bisa diolah menjadi makanan berperan penting sebagai pelancar dan peningkat produksi ASI.Namaun, sebenarnya banyak lho, makanan lain yang bisa dijadikan sumber makanan pelancar ASI. Apa sajakah makanan pelancar ASI selain katuk? berikut informasinya untukmu.

Chia Seed

Ilustrasi Chia SeedIlustrasi Chia Seed © tokopedia.com

Chia Seed adalah salah satu makanan sehat yang tengah naik daun karena kandungan nutrisinya yang menyehatkan.

Makanan pelancar ASI ini mengandung protein, serat, dan lemak omega-3 yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan, metabolisme, dan meningkatkan produksi ASI.

Asparagus

Satu lagi makanan dari sayuran yang bisa dijadikan sebagai makanan pelancar ASI adalah asparagus. Asparagus tak hanya mampu menstimulasi hormon-hormon yang mampu melancarkan ASI, kandungan vitamin A dan K serta serat juga akan membantu meningkatkan kualitas dari ASI kamu.

Paling mudah, Toppers bisa memasaknya menjadi sup dan dikonsumsi selagi hangat.

Ikan Salmon

Ilustrasi ikan salmonIlustrasi ikan salmon © https://paktanidigital.com/

Kaya akan asam lemak esensial seperti Omega-3, Omega-6, dan Omega-9, salmon adalah makanan pelancar ASI karena kemampuannya yang mampu meningkatkan hormon oksitoksin dan prolaktin.

Tak hanya mampu meningkatkan produksi ASI, salmon juga sangat baik dalam menutrisi anak agar tumbuh kembangnya semakin maksimal.

Namun, pastikan salmon yang kamu konsumsi dalam keadaan segar serta bebas dari kontaminasi merkuri yang justru bisa membahayakan si kecil. Dan, konsumsi juga makanan pelancar ASI ini dalam keadaan matang, ya.

3 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman Pelancar ASI

ASI dinilai menjadi asupan makanan alami bagi bayi baru lahir yang sangat penting. Karena manfaatnya dalam memenuhi nutrisi kecil serta membangun dan mengen=mabangkan daya tahan tubuh anak. Untuk itu, seorang ibu tentu ingin memastikan nutrisi dan produlsi dari ASI terus lancar agar kebutuhan si kecil terus terpenuhi.

Tak perlu khawatir soal melancarkan produksi ASI karena ada banyak makanan pelancar ASI yang bisa kamu konsumsi di masa menyusui untuk membantu perlancar ASI.

Simak ulasan makanan pelancar ASI secara alami berikut ini.

Pepaya muda

Pepaya muda atau kerap disebut juga dengan nama pepaya hijau adalah buah-buahan yang dikenal mampu melancarkan ASI. Hal ini dikarenakan kandungan galactogogue yang terdapat pada buah pepaya muda.

Selain itu, makanan pelancar ASI ini juga kaya akan enzim, mineral, serta vitamin yang dibutuhkan untuk menutrisi kamu dan si kecil.

Untuk mengonsumsi buah pepaya muda, Toppers bisa menumisnya dengan bawang dan sedikit bumbu hingga matang dan lezat untuk disantap.

Edamame

Kelebihan EdamameKelebihan Edamame © liputan6.com

Makanan pelancar ASI selanjutnya adalah Edamame yang sangat mudah kamu temui di restoran-restoran Jepang. Kandungan protein nabati yang tinggi pada Edamame membuatnya menjadi makanan yang baik dikonsumsi sebagai sumber protein bagi kamu yang tengah menyusui.

Pare

Meskipun pahit dan kerap tak disukai, pare merupakan sayuran yang mengandung banyak vitamin C serta anti oksidan yang mampu melindungi sel-sel yang ada dalam tubuh.

Tak hanya itu, kandungan likopen dan fitokimia pada pare yang bisa merangsang produksi insulin dan tentunya membantu meningkatkan produksi ASI pada masa menyusui. Jadi jangan salah sangak ya, pahit-pahi begini punya manfaat juga lho sebagai makanan pelancar ASI.

4 dari 4 halaman

Tips Cerdas Memilih Makanan Pelancar ASI

Ilustrasi Sayur WortelIlustrasi Sayur Wortel © pixabay.com

Sebagai seorang ibu yang ingin buah hatinya tumbuh dan berkemabang secara baik, pastilah segala cara dilakukan untuk memnuhi kebutuhan gzii sang buah hati. Termasuk dengan mengonsumsi makanan pelancar ASI. Namun, tak semua makanan bisa menjadi makanan pelancar ASI yang aman dikonsumi dan baik untuk kesehtan. Alih-alih bisa memperlamcar ASI makanan tersebut justru berbahaya jika tak teliti dalam mengonsumsinya. Oleh karenanya, Ibu perlu tips cerdas memilih makanan pelancar ASI. Simak infonya berkut ini.

Wortel

Wortel adalah bahan makanan yang terkenal akan kandungan vitamin A yang tinggi. Namun, tak cuma vitamin A, wortel juga mengandung enzim phytoestrogens yang bermanfaat untuk melancarkan produksi ASI.

Untuk mengonsumsinya sebagai makanan pelancar ASI, kamu bisa membuat jus wortel menggunakan juicer atau mengolahnya menjadi sup.

Daun Kemangi

Tak hanya pada wortel, enzim phytoestrogens yang sangat baik untuk melancarkan produksi ASI juga bisa ditemukan pada daun kemangi. makanan pelnacra ASI yang memiliki aroma khas ini sangat terkenal sebagai lalapan pelengkap bersama timun dan juga kubis.

Untuk membantu melancarkan ASI, Toppers bisa mengonsumsi beberapa lembar daun kemangi segar sebagai lalapan bersama makanan sehat lainnya.

Tak cuma melancarkan ASI, kemangi ternyata juga mampu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan juga meningkatkan nafsu makan kamu, lho!

Daun Katuk

Ilustrasi Daun KatukIlustrasi Daun Katuk © https://hot.liputan6.com/

Makanan pelancar ASI satu ini memang sudah sangat populer sebagai salah satu makanan yang wajib dikonsumsi ibu menyusui.

Kandungan laktagogum pada daun katuk merupakan alasan mengapa sayuran ini sangat bermanfaat untuk memperlancar dan meningkatkan produksi ASI.

Tak hanya itu, kandungan vitamin serta protein nabati pada daun katuk juga sangat baik untuk kesehatan kamu. Umumnya, daun katuk diolah menjadi kuah bening bersama jagung manis.

Itulah tadi makanan pelancar ASI yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan produksi ASI. NAmun, jangan lupa untuk memenuhi asupan air putih karena konsumis cairan di tubuh juga memegang aspek penting dalam produksi ASI.

Beri Komentar