12 Makanan Khas Garut Jawa Barat degan Cita Rasa Paling Mantap

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 14 Mei 2020 12:07
12 Makanan Khas Garut Jawa Barat degan Cita Rasa Paling Mantap
Makanan khas Gaarut ternyata nggak cuman dodol guys!

Sudah bukan rahasia lagi jika setiap daerah memiliki makanan khas yang menjadi salah satu ciri khas sebuah daerah tersebut. Sama halnya dengan daerah Garut yang ada di Jawa Barat ini dimana kabupaten Garut memiliki makanan khas Garut yang nikmat dan lezat.

Makanan khas Garut merupakan kekayaan alam serta bisa juga digunakan sebagai buah tangan bagi setiap orang yang berkunjung ke Garut. Kita semua tentu akan membeli buah tangan ketika sedang berkunjung ke sebuah tempat, sama halnya ketika berkunjung ke Garut.

1 dari 4 halaman

Burayot Makanan Khas Garut

      View this post on Instagram      

A post shared by MINHO #jalanjajanminho (@jalanjajan_minho) on

 

 

Burayot adalah kue khas Garut yang diambil dari bahasa Sunda. Di Garut, burayot memiliki bentuk yang unik. Bahan burayot berasa dari campuran gula merah yang dipadu dengan tepung beras dan kacang tanah. Proses pembuatan itu dikombinasikan dengan minyak kelapa. Untuk menghasilkan satu kue atau burayot tidak memerlukan waktu yang lama.

Di Candi Cangkuang, burayot terkenal di setiap toko-toko produksi rumahan. Di Cangkuang Leles, produksi burayot sangat terkenal oleh masyarakat luar. Setiap pasar menjual burayot yang masih panas dan enak. kamu hanya menunggu beberapa menit, burayot siap disantap.

Bahan baku burayor sangat mempengaruhi rasa burayot. Jika penggunaan gula merah sedikit berbeda, maka rasanya pun juga berbeda. Itulah sebabnya pembuatan burayot sedikit sulit.

 

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Garut Selain Dodol

Makanan khas Garut Jawa Barat ini banyak sekali macamnya dan makanannya memiliki beberapa keunikan tersendiri. Banyak yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh atau buah tangan untuk orang tercinta di rumah. Penasaran dengan makanan khas Garut selain dodol garut? Yuk simak Daftar rekomendasi makanan khas Garut berikut ini.

 

Jeruk Garut

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by H'5 by Allie (@h5_garden) on

 


Makanan khas Garut yang sering menjadi oleh-oleh adalah Jeruk Garut. Masyarakat menyukai jeruk garut ini karena rasa manis dan ukurannya yang besar. Jeruk garut adalah jenis makanan yang menjadi kebanggaan masyarakat Garut. Jeruk Garut merupakan simbol identitas warga Garut.

Garut adalah sentra penghasil dan penjual buah-buahan, khususnya buah jeruk di Indonesia hingga mancanegara. Jeruk Garut merupakan satu dari jenis pangan pertanian yang diunggulkan secara nasional dan internasional karena jeruk garut memiliki kualitas jeruk yang bagus.

Jeruk Garut telah menjadi trademark di Kabupaten Garut. Sesuai Perda No. 9 Tahun 1981, Jeruk Garut telah menjadi komponen daerah Kabupaten Garut. Selain itu, Jeruk ini adalah salah satu sektor pertanian pangan yang memiliki prospek yang cerah. Hasilnya memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

 

Dodol Piknik

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by PICNIC Dodol Garut (@dodolpicnic) on

 

 

Dodol piknik adalah makanan khas Garut lainnya. Makanan ini juga dapat menjadi buah tangan. Di Garut, dodol memiliki banyak beragam rasa dan brand yang berbeda-beda. Tentu saja jika kamu berkunjung ke setiap toko yang ada, dodol selalu tersaji di dalamnya.

Dodol memiliki banyak aneka rasa. Banyak wisatawan menyukai rasa yang manis dan lezat. Rasa yang ditawarkan juga bervariasi. Ada dapat memilih sesuai selera kamu ketika kamu berkunjung ke Garut.

Banyak perusahaan telah mengembangkan dodol sebagai ciri makanan yang bernilai ekonomi tinggi. Dodol telah berkembang berpuluh-puluh tahun. Kualitas dan rasa dodol juga beraneka ragam. Dodol rasa susu misalnya, terproduksi secara bersih.

Pembuatan dodol juga diawasi secara teliti. Dalam perkembangan pembuatan dodol, perusahaan sudah mengaplikasikan produk dodol garut dengan aneka olahan lainnya seperti durian, coklat, dan rasa lainnya.

 

Dorokdot dan Kerupuk Kulit

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by DOROKDOT (@dorokdot) on

 

 

Jika kamu tidak suka makanan yang terlalu manis, dorokdot atau kerupuk kulit dapat menjadi pilihan. Dorokdot dan kerupuk kulit adalah makanan khas Garut. Dorokdot dan kerupuk kulit memiliki jenis yang sama tetapi menggunakan bahan dasar yang berbeda.

Dorokdot terbuat dari kulit sapi. Dorokdot diolah menggunakan rempah-rempah dan tanpa bahan pengawet. Sementara, kerupuk kulit terbuat dari kulit kerbau. Cara pembuatan kerupuk kulit sama dengan dorokdot. Kedua makanan ini dibuat melalui proses yang cukup lama. Masyarakat yang membuatnya memerlukan waktu lima sampai tujuh hari.

Proses yang paling lama adalah mengolah kulit mentahnya. Kulitnya harus melalui beberapa proses seperti direbus, dijemur, lalu digoreng. Banyak produsen mengembangkan dorokdot dan kerupuk kulit dengan berbagai rasa. Banyak wisatawan menyukai rasa original dan rasa pedas. Dua makanan khas Garut ini sangat cocok sebaga pelengkap makanan kamu.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Daerah Garut

Setiap daerah di Indonesia pasti mempunyai resep rahasia yang bisa membuat ketagihan jika soal kulinernya. Umumnya mereka juga mengolah hasil kekayaan alam untuk dijadikan inovasi dalam masakan. Begitu juga dengan kota Garut, meskipun kota ini terbilang kecil namun juga memiliki destinasi wisata yang mengagumkan. Jika kamu berkunjung ke Garut, makanan khas daerah Garut berikut wajib untuk kamu coba. Simak ulasannya.


Emplod

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Boboko Snack Official (@bobokosnackofficial) on

 


Makanan khas Garut berikutnya adalah emplod. Emplod memiliki nama lain yaitu endog lewo. Arti nama tersebut yaitu telur yang terbuat dari daerah kampung lewo. Bahan dasar makanan emplod adalah singkong yang telah digiling dan diperas.

Kemudian, proses tersebut didiamkan selama 24 jam. Jika proses tersebut sudah menempuh satu hari, selanjutnya singkong tadi dicampur dengan parutan kelapa serta bumbu-bumbu. Dalam pembuatan emplod, biasanya perlu dibentuk bulatan kecil.

Bulatan ini sebesar kelerang yang kemudian di goreng. Jika kamu mengunjungi Garut, emplod telah banyak tersedia di toko-toko oleh-oleh.

 

Opak

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Kezo (Ketan's Zone) (@kezo_keriting12) on

 

 

Makanan khas Garut yang tidak asing lagi adalah opak. Makanan sejenis kerupuk ini menjadi ciri khas suku Sunda. Opak terbuat dari bahan dasar tepung beras. Campuran bumbu-bumbu seperti gula, garam dan air menjadi kombinasi untuk membuat opak.

Kemudian, campuran tersebut dibuat lembaran tipis dan dijemur hingga mengering dan dibakar diatas arang. Makanan ini dapat menjadi teman makan siang kamu.

 

Ladu

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Kezo (Ketan's Zone) (@kezo_keriting12) on

 


Makanan khas Garut berikutnya adalah ladu. Makanan ini mempunyai tekstur yang sama dengan dodol. Namun, bentuknya lebih kasar dan keras. Ladu terbuat dari bahan dasar tepung ketan berwarna putih. Ladu terolah bersama campuran gula aren dan parutan kelapa.

Rasa manis yang tidak terlalu dominan memberikan perbedaan dengan dodol. Tekstur ladu yang renyah memberi rasa yang unik. Di Garut, Ladu memiliki nama lain malangbong. Produsen Ladu dapat kamu temui di toko oleh oleh yang tersebar di Garut.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Kota Garut

Beribukota di Tarogong Kidul, Kabupaten Garut merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang terkenal akan “dodol”-nya. Namun, berbicara mengenai kuliner khas Garut, dodol Garut bukanlah satu-satunya makanan khas yang bisa kamu temui di Garut, lho.

Berkunjung ke Kabupaten yang bertetangga dengan Sumedang, Majalengka, dan Tasikmalaya ini, banyak kuliner tradisional dan khas yang bisa kamu cicipi. Yuk, intip ragam makanan khas kota Garut populer yang bisa cita rasanya bisa kamu jelajahi saat melancong ke Garut berikut:

 

Rengginang

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by ????yunie yunie???? (@hartatiyunie) on

 

Rengginang, makanan khas Garut, merupakan terbuat dari beras ketan yang telah dikukus. Proses kukusan ini dibumbui dan dibentuk bulat. Lalu, proses berikunya yaitu dijemur selama beberapa hari. Setelah rengginang dijemur dan benar-benar kering, barulah rengginang digoreng.

Teksturnya yang kremes dan garing ini menjadi pelengkap makan siang atau sarapan. Banyak toko menyediakan rengginang. Bahkan saat ini, pembuat rengginang berinovasi dengan membuat aneka rasa rengginang.

 

Nasi Liwet Instan

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by HAY (@hanhanny) on

 

 

Sebuah makanan khas Garut yang sudah berkembang dan menjadi ciri khas Garut yaitu Nasi liwet instan. Di zaman instan ini, nasi liwet sudah ada yang instan. Di Garut, makanan nasi liwet ini menjadi buah tangan yang cocok untuk kamu yang telah berkunjung ke Garut.

Uniknya, nasi liwet instan ini memiliki aneka rasa. kamu dapat membelinya di toko oleh-oleh yang telah menyediakan nasi liwet instan.

 

Moring Garutan

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by HAY (@hanhanny) on

 

 

Moring Garutan adalah makanan khas Garut yang terkenal. Cemilan yang berupa keripik ini terbuat dari cimol. Kata moring berasal dua kata lain yaitu cimol kering. Cimol terbuat dari bahan tepung kanji yang telah dibumbui.

Kemudian, cimol tersebut diiris tipis dan digoreng sampai kering. Perkembangan penjualan moring garutan ini sudah meluas. Bahkan rasa moring garutan juga sudah beraneka ragam rasa seperti pedas, keju dan BBQ.

 

Sambal Cibiuk Garut

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Food Photography & Videography (@anitajoyo) on

 


Makanan khas Garut ini bisa dibuat oleh masyarakat yang tinggal di daerah Cibiuk. Cerita yang beredar, resep sambal cibuik ini berasal dari Arab. Apakah ceritanya benar atau tidak tidak perlu dipermasalahkan. Yang perlu diketahui sambal cibuik ini berbeda dengan jenis sambal lainnya. Bahan yang digunakan untuk membuat sambal cibuik ini diantaranya tomat hijau, serawung, cabai hijau serta beberapa bumbu lainnya. Sensasi rasanya sangat pedas, namun meskipun pedas tidak menimbulkan rasa panas di perut.

 

Soto Ayam Garut

 

      View this post on Instagram      

A post shared by JajanJajanSantai_JJS (@jajan.jajan.santai) on

 



Soto ayam Garut ini merupakan jenis makanan khas Garut yang cukup terkenal di kalangan wisatawan dikarenakan memiliki penampilan yang mampu menggugah selera. Kuah yang ada pada soto Garut ini memiliki rasa asin serta gurih dikarenakan memiliki campuran santan kuning pekat dengan rempah-rempah pilihan. Kuah soto yang diberi taburan kacang kedelai goreng ini akan menambah cita rasa khas pada kuliner ini.

Soto Ayam Garut cukup terkenal dengan rasa dan penampilannya yang mengunggah selera. Kuah sotonya asin gurih menggunakan santan kuning yang cukup pekat karena banyak mengandung bumbu dan rempah-rempah. Selain daging, kuah sotonya ditaburi kacang kedelai goreng daun bawang dan sebagainya. Hidangan yang satu ini cocok kamu santap pada saat hujan. Karena selalu dihidangkan hangat-hangat.

 

Ternyata ragam kuliner asal Garut cukup beragam bukan? Tentunya perjalananmu ke Garut takkan lengkap tanpa cicipi beragam makanan khas Garut tersebut. Jadi, makanan khas Garut mana yang jadi pilihan favoritmu?

Beri Komentar