12 Makanan Khas Batam Paling Terkenal dan Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 30 April 2020 13:58
12 Makanan Khas Batam Paling Terkenal dan Cocok Dijadikan Oleh-Oleh
Kalau mau ke Singapore, nggak ada salahnya mampir dulu ke kota Batam

Batam merupakan salah satu kota di Provinsi Riau yang sudah sangat terkenal. Kota ini berkembang dengan cepat sehingga terkenal hingga di berbagai macam negara.

Tempat wisata dan makanan khas Batam menjadi daya tarik tersendiri di kota ini.

Maka dari itu, tak heran jika Batam sering didatangi oleh para wisatawan. Beberapa wisatawan yang datang ke tempat ini juga banyak yang ingin berbelanja elektronika.

Sebab, Batam memang populer dengan pasar elektronika dengan harga yang lebih murah.

Tak hanya membeli barang elektronik saja, para pengunjung yang kesini biasanya banyak berburu makanan khas Batam yang memang sangat menggoda selera.

Terdapat bergam makanan khas Batam yang terkenal akan kelezatannya.

Penasaran bukan? Berikut ini adalah daftar makanan khas Batam yang tidak boleh kamu lewatkan ketika kamu berkunjung ke Batam.

1 dari 4 halaman

Makanan Ringan Khas Batam

Batam juga menyajikan wisata kuliner yang tak kalah dengan wilayah lain di Indonesia. Perpaduan budaya Indonesia, Melayu, dan Tiongkok menjadikan suatu perpaduan kuliner yang disajikan ke dalam makanan khas Batam yang sangat unik dan menggugah selera.

Tidak ada salahnya jika sedang berada di sekitar Kepulauan Riau dan singgah ke Batam untuk menikmati kelezatan makanan ringan khas Batam berikut ini.

Sop Ikan Batam

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Batam Dine (Aji & Yunita) (@batamdine) on

 


Makanan khas Batam yang pertama adalah sop ikan Batam. Sop ikan ini saking enaknya banyak disediakan di cabang yang menyediakan makanan khas Batam, bahkan kabarnya penyebarannya sampai di Singapura.

Sup ikan ini berbeda dengan sup ikan daerah lain karena kuahnya yang terkenal lebih keruh. Perbedaan lainnya adalah penggunaan tomat hijau yang masih asam dan bukan tomat merah matang.
Sop ini biasanya berisi ikan tengiri yang enak dan gurih, cumi dan udang sebagai proteinnya. Untuk sayurannya ada tomat hijau, sayur asin dan daun selada. Semua ini disajikan pada kuah sop ikan yang gurih dan hangat, dijamin bikin ketagihan.

 

Mie Sagu

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Kuliner Batam Food (@daithien2_) on

 


Makanan khas Batam berikutnya adalah mie sagu. Mie ini adalah mie dengan bahan dasar dari tepung sagu. Biasanya mie sagu ini akan disajikan sebagai mie goreng yang dibumbui rasa kombinasi asin pedas.

Perbedaan mie sagu dengan mie yang lain adalah tekstur dan kekenyalan mie yang khas dan tidak akan ditemukan pada mie yang diolah menggunakan tepung biasa. Perbedaan lain adalah pada ukuran dan aroma. Mie sagu biasanya berukuran besar – besar jika dibandingkan dengan mie biasa. Aroma yang khas dari mie ini berasal dari aroma sagu yang pekat, saat dicampur dengan bumbu dan rempahnya akan menimbulkan aroma yang khas.

Mie sagu biasanya dijadikan menu pilihan para wisatawan untuk sarapan. Rasanya yang menggigit bangun rasa kantuk karena rempah dan rasa pedasnya, menjadikan mie sagu menjadi makanan sarapan yang mantab.

 

Mie Kacang Selat Panjang

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Frederick Tarigan (@erick_tigan) on

 

 

Mie kacang selat panjang adalah makanan khas Batam yang berikutnya. Sebetulnya makanan ini adalah makanan khas yang berasal dari Riau tapi diserap oleh daerah Batam. Nama asli dari makan ini adalah nama salah satu kabupaten di Riau, yaitu Selatpanjang.

Mie ini unik karena penyajiannya yang khas. Mie ini menggunakan kuah kaldu udang yang disiram dengan saus kacang. Kaldu udang yang digunakan disini diberi rempah dan profilnya dibuat manis. Kombinasi rasa inilah yang menghasilkan rasa gurih menggigit yang juga manis. Untuk saus kacangnya mirip dengan saus kacang pada gado – gado dan pecel tetapi dibuat lebih encer.

Kombinasi kuah dan saus inilah yang membuat para penggemarnya nagih.
Mie ini biasanya berisi tahu, taoge, telur dan mie kuning. Namun bagi kamu pencinta pedas, bisa meminta untuk ditambahkan potongan cabe rawit sesuai selera ke dalam mie.

2 dari 4 halaman

Oleh-Oleh Makanan Khas Batam

Jika kamu berkunjung ke kota Batam, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Selain menikmati kemajuan kotanya, kamu juga bisa mencicip makanan khas Batam yang menggoda selera. Bukan hanya itu, Batam juga menawarkan beragam pilihan buah tangan untuk pengunjung. Berikut ini MakananOlehOleh.com tampilkan rekomendasi oleh-oleh makanan khas Batam apa saja yang paling diminati oleh wisatawan.

 

Kek Pisang Villa

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Batam Dine (Aji & Yunita) (@batamdine) on

 


Oleh-oleh makanan khas Batam yang wajib kamu beli pertama kali adalah kek pisang villa. Kue ini memiliki citarasa yang sangat enak. Perpaduan antara buah pisang dengan bahan-bahan pilihan lainnya membuat kek pisang ini wajib kamu beli. Kamu bisa pilih berbagai varian rasa yang disediakan. Ada rasa coklat, rasa blueberry, dan berbagai rasa lainnya.

Berbicara soal harga, harga kek pisang villa ini sama sekali tidak mahal. Satu buah kek pisang villa yang enak hanya dibanderol dengan harga sekitar 35 ribu rupiah saja. Ada juga yang dibanderol dengan harga sekitar 53 ribu rupiah. Perpaduan buah pisang pilihan dengan rasa coklat yang manis membuat kek ini menjadi pilihan yang tepat jika kamu mau membelikan oleh-oleh terkenal dari Batam untuk keluarga di rumah.

Luti Gendang

      View this post on Instagram      

A post shared by Mr Ollie (@mrollieid) on

 

Makanan khas Batam berikutnya yang wajib kamu cicipi dan kamu bawa ketika pulang dari Batam adalah luti gendang. Makanan ini merupakan roti yang diberi isi berupa ikan. Roti yang satu ini disajikan dengan cara digoreng. Seperti roti goreng pada umumnya, tekstur dari roti ini sangat renyah di bagian luarnya, namun sangat lembut dan lumer di bagian dalamnya.

Isian ikan dari luti gendang ini diberi bumbu berupa rempah-rempah yang memiliki citarasa yang sangat lezat. Rempah-rempah khas Indonesia ini menjadikan rasa luti gendang ini menjadi sangat lezat. Perpaduan rasa manis gurih disertai dengan rasa ikan yang lezat membuat luti gendang menjadi menu sarapan dan juga menu camilan mengenyangkan sekaligus penuh gizi.

Brownies Lava

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Nurul Farhana Mohd Ariff (@nurulfarhana_mohdariff) on

 


Brownies merupakan kue yang memiliki rasa yang enak. Kue yang didominasi oleh rasa coklat ini tentu saja menjadi salah satu kue yang sangat diminati banyak orang. Siapa yang tidak suka dengan coklat. Hampir semua orang suka dengan coklat. Roti yang terbuat dari bahan pilihan serta dengan coklat pilihan ini tentu saja sangat digemari banyak orang.

Brownies ketika di potong akan memunculkan lelehan coklat yang lezat ini sangat menjadi idola banyak orang. Ada beberapa varian rasa brownies yang dapat kamu pilih. Kamu bisa pilih rasa kacang, rasa blackforest dan ada juga rasa chesecake. Seluruh rasa dari brownies lava ini akan membuat kamu ketagihan. Jadi ketika kamu berkunjung ke Batam, jangan lupa untuk membeli brownies lava ini sebagai Oleh-oleh makanan khas Batam.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Kota Batam

Salah satu kota di Provinsi Riau yang terkenal adalah Batam. Perkembangan kota yang cepat dan kemajuannya yang pesat membuat Batam terkenal sampai ke luar negeri. Batam secara letak geografis terletak berdekatan dengan negara Singapura, sehingga jika kamu sedang berkunjung ke Batam dan berniat jalan-jalan ke Singapura tinggal menyebrang saja dengan transportasi kapal ferry. Kota Batam juga menjadi surga belanja bagi para wisatawan. Mulai dari barang original sampai dengan barang KW banyak dijual di kota Batam dengan harga yang sangat miring.

Selain sebagai surga belanja, tentunya Batam juga mempunyai segudang sajian makanan khas kota Batam yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ulasannya

 

Mie Lendir

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Lie Eko Wijaya (@choclies) on

 

 

Jangan tertipu dengan namanya. Walau memiliki julukan yang aneh, mie lendir adalah salah satu makanan khas Batam yang tidak boleh kamu lewatkan.
Mie lendir berisi mie kuning yang direbus bersama dengan tauge lalu disajikan setelah dengan kuah kacang yang kental. Kuah kacang inilah yang memberi kesan mie berlendir, namun jangan salah kuah ini merupakan kunci rasa gurih dan manis pada hidangan ini.

Kuah kacang dibuat dari kacang yang dihaluskan dan dicampur dengan rempah. Setelah harlus rata dan tercampur, ditambahkan pula tepung kanji dan dilarutkan untuk menghasilkan larutan kuah kacang yang kental. Jika dicari persamaannya, kuah kacang ini mirip dengan saus kacang somay tapi lebih encer dan rasanya jelas berbeda.

Selain mie dan tauge, mie lendir biasanya disajikan dengan tambahan telur, potongan seledri dan juga bawang goring. Bagi yang suka pedas biasanya disediakan acar cabe yang bisa ditambahkan sesuai selera.

 

Mie Tarempa

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by CHRISTIAN | ????JKT???????? (@eatwithkoko) on

 


Makanan khas Batam beikutnya adalah mie tarempa. Tidak disangka banyak makanan khas yang berupa mie di Batam. Mie tarempa berasal dari daerah Tarempa di Riau dan biasanya koki yang memasaknya juga orang yang berasal dari Tarempa.

Mie pada sajian ini berbentuk mie gepeng walau tidak selebar kwetiau, mie ini berbentuk lebih pipih dan lebar. Biasanya mie disajikan dalam bentuk kuah maupun goreng sesuai pesanan.
Hal yang membuat mie tarempa unik adalah topingnya. Toping yang pasti ada adalah taoge dan bawang goreng, namun toping proteinnya biasanya bisa bermacam – macam. Toping bisa mulai dari telur, suwiran ikan, sapi, kerang, udang dan bahkan siput.

 

Bilis Molen

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by JASTIP VIT DHC / JEPANG KOREA (@titipbeliinidong) on

 

 

Bilis molen adalah produk makanan khas Batam yang bisa dibilang sangat terkenal dan cocok buat oleh – oleh. Alasan mengapa bilis molen bisa dijadikan oleh – oleh yang khas adalah karena bentuknya yang kering membuat makanan ini bisa bertahan sampai sebulan.

Bilis molen berbentuk mirip molen biasa, namun tidak diisi oleh isian pisang. Bilis molen diisi dengan ikan teri yang dibumbui dan dibalut dengan kulit molen yang kriuk dan gurih.
Selain bisa jadi camilan dengan didampingi kopi ataupun teh, bilis molen juga bisa disantap dengan nasi sebagai ganti peyek ataupun krupuk.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Pulau Batam

Jika kamu berniat untuk menjelajahi Kota Batam, mungkin kamu perlu mengetahui beberapa makanan khas Batam berikut ini. Kuliner khas Pulau Batam ini tidak kalah lezat dengan berbagai kuliner lainnya yang ada di Indonesia. Apa sajakah itu?

 

Binka Bakar

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by @diandiary (@dian_sulistiyorini) on

 

 

Makanan khas Batam yang bisa dijadikan oleh – oleh berikutnya adalah binka bakar. Binka bakar sebetulnya berasal dari Kerajaan Melayu namun diserap oleh daerah Batam dan banyak populer dikalangan local dan wisatawan.

Binka bakar sebenarnya mirip dengan binka ambon, namun dengan proses dipanggang. Perbedaan inilah yang membuat binka bakar memiliki aroma tersendiri dan memiliki rasa yang berbeda dengan binka ambon.

Binka bakar bisanya memiliki banyak varian rasa yang bisa dipilih seperti: coklat, stawberry, pkamun, keju dan wijen. Bagi kamu yang tertarik biasanya binka bakar dapat dibeli dan ditemukan dengan mudah di banyak toko oleh – oleh di Batam.

 

Luti Gendang

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Eka Christina (@supersillychef) on

 

 

Luti gendang adalah makanan khas Batam yang bisa dijadikan pilihan oleh – oleh berikutnya. Luti gendang bentuk awalnya mirip donat, roti isi daging ataupun panada, namun perbedaanya berada pada isiannya yang berupa abon ikan khas Batam

Sensasi luti gendang yang memiliki lapisan roti yang renyah di luar lembut di dalam memberikan rasa berbeda jika ditambah dengan abon ikannya. Abon ikan yang ada pada luti gendang terkesan guring, manis dan pedas. Kombinasi rasa yang nendang inilah yang membuat luti gendang banyak diminati.
kamu bisa membeli roti gendang ini di para penjual gorengan di Batam. Luti gendang sangat cocok dinikmati hangat didampingi kopi ataupun teh.

Otak – Otak Batam

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by lilisucipto (@lilisucipto) on

 

 

Otak – otak khas Batam ini terbuat dari ikan makarel yang campur dengan adonan telur, tepung sagu, santan lalu dicampur dengan bumbu dan rempah. Otak – otak khas batam ini biasanya datang dengan rasa unik. Ada rasa pedas dan rasa original.


Berikut tadi adalah daftar makanan khas Batam yang bisa kamu jadikan destinasi wisata kuliner saat berada di kota tersebut. kamu juga bisa membawa beberapa kuliner khas Batam di atas untuk oleh-oleh, lho. Manakah makanan khas Kota Batam yang ingin kamu coba?

Beri Komentar