12 Makanan Berkalori Tinggi Cocok untuk Menambah Berat Badan

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 6 Februari 2020 12:10
12 Makanan Berkalori Tinggi Cocok untuk Menambah Berat Badan
Kalori adalah zat yang dibutuhkan untuk mengisi energi yang digunakan untuk beraktifitas.

Kalori adalah satuan unit kandungan panas atau energi (kamus medis Medilexicon). Secara umum, kalori dapat diartikan sebagai energi yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat bekerja secara optimal. Makanan berkalori tinggi biasanya dicari oleh orang yang sedang dalam program penggemukan badan. Makanan berkalori tinggi bisa diperoleh dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari.

1 dari 4 halaman

Makanan Berkalori Tinggi untuk Gemuk

Ilustrasi Buah-buahan © Diadona

Hampir setiap makanan mengandung kalori, hanya kadarnya saja yang berbeda satu sama lain. Kalori bukan merupakan zat, melainkan elemen penghasil energi yang dihasilkan oleh sejumlah zat, di antaranya, lemak, protein, dan karbohidrat. Fungsi kalori adalah peghasil energi bagi tubuh. Oleh sebab itu, tubuh memerlukan asupan kalori setiap hari.

Berikut ini makanan berkalori tinggi untuk gemuk agar pertumbuhan berat badan bisa maksimal.

Pisang

Buah berbentuk lonjong dan berkulit kuning ini termasuk ke dalam golongan makanna berkalori tinggi.Alasannya adalah karena pisang mengandung jumlah kalori yang cukup tinggi, yakni 89 Kkal untuk setiap 100 gram-nya. Pisang adalah sumber energi yang baik bagi tubuh. Di samping itu, pisang juga diperkaya oleh sejumlah zat lainnya seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan potasium yang baik untuk kesehatan tubuh.

Mangga

Makanan berkalori tinggi selanjutnya adalah mangga. Buah yang sering dikonsumsi dengan cara dijadikan jus ini memiliki jumlah kalori 156 Kkal per 100 gram. Kendati begitu, konsumsilah mangga sewajarnya mengingat kandungan kalori tinggi di dalamnya, terlebih bagi kamu yang sedang diet menurunkan berat badan.

Kelapa

Ilustrasi Air Kelapa © Diadona

Kelapa adalah makanan berkalori tinggi, yakni 354 Kkal per 100 gram. Mengonsumsi kelapa yang menyegarkan ini tentu akan membuat tubuh kamu bertenaga. Tingginya kalori yang dikandung kelapa dikarenakan buah ini kaya akan lemak.

2 dari 4 halaman

Makanan Berkalori Tinggi untuk Menambah Berat Badan

Untuk kamu yang empunyai masalah dengan berat badan, kamu bisa mencoba mengonsumsi makanan berkalori tinggi sebagai usaha untuk mewujudkan berat badan yang diinginkan. Sebagai pengetahuan, kebutuhan kalori seseorang setiap harinya adalah sekitar 1.200-1.600. Jika kebuthan kalori tersebut bisa kamu penuhi dengan baik, bukan tak mungkin berat badanmu bisa naik secara maksimal. lalu apa saja makana berkalori tinggi untuk menambah berat badan? Simak ulasannya di bawah ini ya.

Alpukat

Siapa yang tidak kenal buah satu ini? Alpukat adalah buah yang mengandung kalori tinggi, yakni sekitar 332 Kkal per buahnya (201 gram). Kandungan lemak yang tinggi menjadi alasan mengapa buah satu ini merupakan salah satu sumber makanan berkalori tinggi terbaik yang bisa didapatkan.

Ingat, makan buah alpukat jangan terlalu berlebihan karena buah tersebut memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Bisa-bisa program diet kamu gagal total, bukan?

Kurma

Ilustrasi kurma © Diadona

Buah yang rutin kita konsumsi saat bulan puasa ini juga merupakan makanan berkalori tinggi. Pada setiap 100 gram kurma, terdapat 282 Kkal kalori. Mengonsusmi 3 biji kurma sudah mampu mencukupi kebutuhan kalori harian kamu.

Apel

Apel yang memiliki kulit berwarna merah dan hijau ini dikenal akan kandungan vitamin dan mineralnya yang banyak. Kandungan serat yang tinggi juga menjadikan apel efektif untuk melancarkan pencernaan. Apel juga merupakan makanan berkalori tinggi. Kandungan kalorinya sekitar 52 Kkal per 10 gram.

3 dari 4 halaman

Jenis Makanan Berkalori Tinggi

Ilustrasi Burger © Diadona

Ada berbagai jenis makanan berkalori tinggi yang bisa kau temui di sekitar. Bisa dari jenis buah-bauahan, sayuran, daging, atau yang lainnya. Apa sajakaah jenis makanan berkalori tinggi yang bisa kamu konsumsi? Berikut jawabannya untukmu.

Pir

Banyak dari kamu yang gemar mengonsumsi buah yang satu ini. Nah, jangan salah. Buah pir juga termasuk makanan berkalori tinggi. Setiap 100 gram pir diklaim mengandung sekitar 58 kalori besar (Kkal).

Banyaknya kalori yang dihasilkan oleh buah pir didasari fakta bahwa buah berkulit hijau ini diperkaya dengan lemak, bahkan 83 persen dari total kandungan buah pir adalah lemak. Buah pir cocok untuk menambah energi, tapi rasanya kurang sesuai jika dikonsumsi oleh kamu yang tengah diet menurunkan berat badan.

Fast Food

Tak bisa dipungkiri lagi, makanan cepat saji (fast food) adalah sumber makanan berkalori tinggi yang mudah kamu temukan. Makanan-makanan seperti hamburger, hot dog, kebab, dan kentang goreng bisa mengandung 800-1000 kalori, lho. Itu sebabnya, makanan seperti ini sangat dihindari oleh mereka para pejuang diet.

Bagi kamu yang memerlukan banyak energi, tak ada salahnya mengonsumsi makanan-makanan tersebut, asal harus tetap sewajarnya saja, ya. Sering mengonsumsi fast food juga tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Cokelat

Cokelat mengandung tak kurang dari 580 kal kalori per 100 gram-nya. Jika kandungan biji cokelat dalam produk cokelat yang kamu makan mencapai 85 persen atau lebih. Kandungan kalori dalam cokelat terbilang tinggi, namun makanan yang mengandung kalori ini banyak manfaatnya bagi tubuh, seperti:
melancarakan sirkulasi darah, dan memperbaiki mood
menambah gairah seksual. Dengan semua kandungan dan manfaat yang dimiliki, tak heram coklat dijadikan sebagai makanan berkalori tinggi.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan Berkalori Tinggi

Ilustrasi Minuman Soda © Diadona

Setiap orang membutuhkan jumlah kalori yang berbeda-beda, tergantung pada usia, jenis kelamin, tinggi badan, dan aktivitas fisik sehari-hari. Nah, agar kebutuhan kalori tercukupi ada baiknya kamu menyimak daftar makanan berkalori tinggi berikut ini.

Ikan

Makanan laut satu ini juga termasuk dalam makanan berkalori tinggi. Ikan setidaknya mengandung 350 kal untuk setiap 100 gram. Selain penghasil energi bagi tubuh, manfaat ikan bagi kesehatan antara lain sebagai anti-inflamasi, dan merawat fungsi saraf dan otak. Ini karena ikan juga diperkaya oleh kandungan asam lemak omega-3, protein, kalsium, vitamin D, dan DHA.

Roti

Kamu suka mengonsumsi roti saat sarapan? Makanan satu ini juga merupakan jenis makanan berkalori tinggi yakni mencapai 100 kal untuk setiap lembarnya. Mengombinasikan roti dengan selai seperti selai kacang tentu akan semakin menambah jumlah kalori di dalamnya.

Es Krim

Ilustrasi Es Krim © Diadona

Selain lezat dan menyegarkan, es krim ternyata juga masuak dalam jenis makanan berkalori tinggi. Kandungan kalori pada es krim juga tergolong tinggi, yakni mencapai 350 kalori. Ini karena es krim terbuat dari sejumlah bahan yang memang berpotensi menghasilkan banyak kalori, seperti susu dan gula.

Ada alternatif jenis es krim lainnya yang lebih rendah kalori dan menyehatkan yang bisa kamu konsumsi, misalnya es krim berbahan dasar santan. Jangan khawatir karena rasanya tak kalah lezat dibandingkan dengan es krim berbahan dasar susu sapi.

Minuman Bersoda

Bagi kamu yang gemar mengonsumsi minuman bersoda, di balik kesegaran yang ditawarkannya, minuman ini menghasilkan jumlah kalori 130 untuk setiap botol atau kaleng. Minuman bersoda memang menyegarkan, namun selebihnya tidak ada manfaat berarti yang bisa didapatkan dengan mengonsumsinya.

Justru, mengonsumsi minuman bersoda berpotensi menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan di masa mendatang, seperti diabetes, sindrom metabolik, bahkan penyakit jantung. Kurangi minum minuman bersoda. kamu bisa menggantinya dengan minuman yang tak kalah menyegarkan seperti sparkling water.

Adakah makanan berkalor itnggi di atas yang biasa kamu konsumsi? Semoga artikel di atas bisa bermanfaat ya!

Beri Komentar