12 Kuliner Sukabumi yang Terkenal dengan Kelezatan Cita Rasanya

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 30 April 2020 14:19
12 Kuliner Sukabumi yang Terkenal dengan Kelezatan Cita Rasanya
Manggga atuh dicobi....

Wisata Kuliner Sukabumi bisa menjadi destinasi menarik saat berada di kota ini. Ada banyak makanan menarik yang bisa ditemukan di wisata kuliner Sukabumi. Lokasinya yang berada tak jauh dari Jakarta membuat kota ini jadi alternatif untuk berlibur bersama teman dan keluarga.

Wisata kuliner Sukabumi menawarkan beragam makanan mulai dari tradisional hingga modern. Wisata kuliner Sukabumi ini bahkan sudah ada sejak puluhan tahun dan menjadi legenda kuliner di Sukabumi.

Mengeksplor wisata kuliner Sukabumi bisa menjadi aktivitas seru bersama keluarga atau teman. Di wisata kuliner Sukabumi ini kamu bisa menemukan kuliner mulai dari makanan berat, ringan, hingga oleh-oleh khas.

Makanan dalam wisata kuliner Sukabumi ini juga punya cita rasa khas yang tak dapat ditemukan di daerah lain. Yuk, cari tahu kuliner Sukabumi apa saja yang bisa kamu coba saat berkunjung kesana

1 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Sukabumi

Setiap kali mengunjungi suatu daerah, tentunya selain tempat wisata, kita akan mencari referesi kuliner yang khas dari daerah tersebut, dan termasuk juga buah tangan sebagai ciri khas yang dapat diberikan kepada sanak saudara yang ada di rumah.

Begitu juga ketika berkunjung ke satu kota di Jawa Barat ini, Sukabumi. Yuk disimak informasi mengenai wisata kuliner Sukabumi saat berkunjung ke kota ini.

 

Bubur Bunut

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Aditya Adisaputra (@ad1tz) on

 

Warisan kuliner Sukabumi yang satu ini harus kamu coba nikmatnya. Udara daerah Sukabumi yang cukup dingin membuat bubur BuNut ini menjadi salah satu menu yang cocok untuk dinikmati. kamu bisa mendapatkan makanan ini mulai dari jam 6 pagi, dan segera dapatkan kalau tidak mau kehabisan.

kamu dapat mencari menu ini di daetah Siliwangi. Rumah makan yang menyediakan menu bubur Bu Nut ini memiliki konsep yang unik karena memadukan unsur modern dan tradisional. Selain itu terdapat ruangan indoor ataupun outdoor yang bisa dijadikan pilihan yang asyik untuk menikmati bubur BuNut khas kota Sukabumi.

 

Mie khas Sukabumi

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Up Grade Taste (@upgradetaste) on

 


Menu selanjutnya adalah menu yang cocok untuk makan siang. Jika kamu penyuka jenis mie, maka kamu harus mencoba mie khas Sukabumi yang tiada duanya. Ada rasa khas yang akan kamu temukan ketika mencoba olahan mie di Sukabumi.

kamu dapat menemukan kuliner Sukabumi ini di daerah sekitar Jalan Ahmad Yani. Tersedia berbagai porsi yang bisa kamu jadikan pilihan, mulai dari porsi normal yang harganya sekitar lima belas ribuan, hingga porsi jumbo yang akan sangat mengenyangkan senilai 25 ribu.

 

Nasi Uduk  Ungu

 

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Up Grade Taste (@upgradetaste) on

 

Nasi uduk yang kamu temui di kota Sukabumi memiliki ciri khas yang berbeda, yakni warnanya ungu. Tapi tenagn saja, warna ungu yang menggoda ini tidak berasal dari bahan kimia, melainkan karena pewarna makanan alami, yakni buah bit dan juga ubi ungu.

Nah, kapan lagi kamu dapat mencoba nasi uduk yang berbeda dari biasanya? Ya di Sukabumi salah satu tempatnya. Untuk kelengkapan makanan ini, diberikan lauk seperti telur dadar, ayam, tempe, tahu, lalapan, dan hadir juga sambal untuk pelengkap.

Dengan komposisi ini, tentu rasanya gurih dan khas, dan tidak bisa kamu temui ketika mencoba nasi uduk di kota lain. Jadi, kalau ke kota Sukabumi, sempatkan mencicipi kuliner Sukabumi satu ini ya!

2 dari 4 halaman

Kuliner Malam Sukabumi

Sukabumi merupakan sebuah kota kecil di Provinsi Jawa Barat. Kata Sukabumi sebenarnya berasal dari gabungan dua kata Sunda yaitu Suka dan Bumen. Suka artinya adalah suka atau senang, sedangkan bumen artinya menetap. Sehingga apabila digabung, Sukabumi mempunyai arti suatu wilayah yang disukai orang untuk menetap karena beriklim sejuk.

 

Meskipun ada juga yang mengatakan bahwa Sukabumi berasal dari bahasa Sanskreta Suka dan Bhumi yang mempunyai arti bumi yang disukai. Terlepas dari kontroversi asal kata Sukabumi tersebut, lebih baik kita bahas saja sajian kuliner khas Sukabumi yang harus kamu coba ketika mempunyai kesempatan berkunjung atau mampir ke Sukabumi. Langsung saja, berikut ulasan tentang kuliner malam Sukabumi yang berhasil kami himpun


Sate Aci

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Dian Rosdiana Lanesa (@dianfaizin17) on

 

 

Dari namanya kamu tentu sudah dapat menebak kalau kuliner Sukabumi yang satu ini terpuat dari aci atau tepung kanji. Tepung kanji sebelumnya diolah menggunakan kompor dengan aci kecil, kemudian dicampurkan dengan berbagai penyedap rasa.

Aduk perlahan, dan jangan sampai menggumpal. Setelah adonan mendidih, kamu dapat menuangkannya ke cetakan yang ditusuk dengan lidi. Tunggu hingga dingin, lalu angkat. kamu dapat menyajikan sate ini seperti sate ayam, yakni disiram dengan bumbu kacang.

Karena cara yang cukup mudah membuat sate aci ini, kamu pun dapat mencobanya di rumah dengan berbekal resep khas kuliner asli Sukabumi.

 

Pepes Ikan

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by ???? ???????? (@janicaturini) on

 

 

Kuliner Sukabumi khas Sunda identik dengan segala macam pepes, dan kota Sukabumi pun punya ciri khasnya, yakni pepes ikan. kamu apat mencicipi pepes ikan terenak di kota ini dengan mengunjungi salah satu restoran yang terletak di daerah Tegalpari.

Pepes ikan mas berduri lunak menjadi menu kamulan yang tidak boleh dilewatkan sebagai salah satu kuliner khas Sukabumi. Nah, karena durinya lunak, maka kamu tidak perlu kerepotan dalam menyantap menu ini.

 

Kue Jahe

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Roti Kue Bolu etc (@rotikuebolu) on

 


Kue jahe terbuat dari parutan jahe yang dicampurkan dengan sedikit gula. Rasanya yang manis dan efek kehangatan setelah menyantap makanan ini, membuat kue jahe begitu istimewa. Tak heran kemudian, banyak yang membawa makanan ini sebagai buah tangan khas dari kota Sukabumi.

3 dari 4 halaman

Kuliner Khas Sukabumi

Adalah Kota Sukabumi. Daerah yang berada di Selatan Jawa Barat ini selalu menjadi perhatian bagi para pecinta kuliner. Beraneka ragam kuliner nyaris tersedia di kota tersebut.

Namun dari sekian banyak makanan yang bisa ditemukan, terdapat lima jenis kuliner yang dijamin bakal bikin kamu kangen untuk kembali mengunjungi Kota Sukabumi. Berikut rekomendasi kuliner Khas Sukabumi yang menjadi legenda kota tersebut.

 

Surabi Sukabumi

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Yasin ( Nceng ) (@muhamadyasin2126) on

 

Surabi sendiri memang identik sebagai kue khas daerah Jawa Barat. Kita sering mendengar banyak surabi enak yang bisa ditemukan di Bandung. Nah, mungkin ini yang belum kamu tahu, bahwa Sukabumi juga punya lho, surabi khas-nya sendiri.

Surabi Sukabumi terbuat dari durian. Belum kamu temui bukan, kue surabi berbahan durian? Oleh karena itu, jika sedang mengunjungi Sukabumi, jangan sampai melewatkan kuliner khas ini. Rasa durian yang khas dari kota Sukabumi membuat daya tarik tersendiri bagi mereka yang mengunjungi Sukabumi untuk segera mencicipi.

kamu dapat menemukan kuliner Sukabumi ini di daerah Jalan Jenderal Soedirman, banyak pedagang yang menawarkan surabi berbeda yang harus kamu coba.

 

Kue Mochi

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by AYU (@ayuuuaw) on

 

 

Jika kamu sedang mencari kuliner Sukabumi yang cocok dijadikan oleh-oleh, maka kue mochi menjadi salah satu jawabannya. Tekstur kue yang kenyal dan rasanya yang gurih menjadi rasa yang sayang untuk dilewatkan jika kamu sedang mengunjungi Sukabumi. Dan tentu kamu pun ingin membagikan kebahagiaan dan kelezatan makanan ini kepada keluarga di rumah bukan?

Maka dari itu, pilih kue mochi sebagai oleh-oleh. Ada banyak warna dan rasa yang dapat dijadikan alternatif pilihan. Namun, satu yang wajib dicoba yakni mochi lampion. Pengolahan mochi ini sudah terjamin dan terbukti keenakan rasanya hingga beberapa waktu dan membuat mereka yang sudah pernah merasakan akan ketagihan.

 

Roti Priangan

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Sukabumi Kuliner (@sukabumikuliner) on

 


Kuliner Sukabumi yang wajib dinikmati selanjutnya adalah roti Priangan. Roti yang memiliki adonan khusus ini sangat diburu para wisatawan dan mereka yang berkunjung ke Sukabumi. Rasa yang enak dan lezat menjadi salah satu pesona yang sulit ditolak untuk memanjakan lidah kamu.

Roti Priangan dengan nama Oey Tjiang Lie yang mulai berdiri sejak 1943 hingga kini adalah bukti betapa banyaknya orang yang tersihir kelezatan roti priangan. Dan kamu pun harus menjadi salah satunya, serta memberikan kenikmatan ini tak lupa untuk keluarga di rumah yang menantikan oleh-oleh khas dari Sukabumi.

4 dari 4 halaman

Kuliner Sukabumi yang Terkenal

Berkunjung ke sebuah kota yang baru, hal pertama yang ingin untuk kamu lakukan adalah dengan mencoba berbagai makanan maupun minuman yang menjadi khas kota tersebut. Begitu pula ketika kamu sedang mengunjungi daerah di Sukabumi, Jawa Barat.


Untuk itu, kali ini akan diulas beberapa kuliner Sukabumi yang terkenal dan wajib untuk kamu coba ketika berwisata ke kota satu ini. Berikut simak ulasannya.

 

Sekoteng Singapore

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Lily| Resep Masak| Influencer (@lilykitc88) on

 

Nah, kalau tadi disajikan beberapa menu makanan dan rekomendasi buah tangan untuk sanak Saudara yang jadi khas kota Sukabumi, maka kali ini ada menu minuman yang juga sayang untuk dilewatkan.

Biasanya bisa ditemukan pada malam hari, kuliner khas Sukabumi yang konon berasal dari negara tetangga Singapura ini tentu akan memberikan cita rasa berbeda yang bisa kamu nikmati.

kamu dapat menemukan kuliner Sukabumi ini di kawasan Jenderal Ahmad Yani. Jika dibandingkan dengan sekoteng pada umumnya, yang membedakan menu ini adalah terdapat roti jahe yang merupakan ciri khas Sukabumi yang ikut masuk ke dalam sekoteng.

Menambah kehangatan akan minuman ini tentunya. Jadi, sangat cocok dinikmati di kota Sukabumi yang hawanya cukup menusuk tulang. Bagaimana? Sudah terbayang kehangatannya? Jadi, tunggu apalagi! Kalau kamu sedang di Sukabumi, segera saja cicipi. Soal harga, bersahabat kok!

 

Bandros Atta

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Lily| Resep Masak| Influencer (@lilykitc88) on

 

Bandros merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut, daun suji dan santan. Kue ini dicetak menggunakan cetakan pukis yang dimasak dengan tungku arang. Di Sukabumi, ada penjual Bandros yang sangat populer yaitu Bandros Atta.


Kuliner Sukabumi satu ini berada di emperan toko Jalan Gudang No. 4 Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi. Bandros Atta buka mulai pukul 8 malam hingga 5 pagi.

 

Bakso Super H. Achmad Sudja’i

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by kuliner_hakka (@jajan_hakka) on

 

 

Wisata kuliner Sukabumi satu ini berada di Jl. Ir. H. Jukamu No.3, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi. Lokasinya yang berada di jantung kota Sukabumi membuat kuliner ini jadi tujuan banyak pelancong. Warung bakso ini sudah ada sejak 1967. Ada beragam menu yang ditawarkan mulai dari bakso super berukuran besar, mie bakso kecil, dan yamie.

Mie Goreng Mang Udin

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Foodventure With Kokoya (@foodventurewithkokoya) on

 


Mie Goreng Mang Udin sudah ada sejak 1978 dan menjadi salah satu kuliner Sukabumi yang populer. Mie Goreng Mang Udin terkenal dengan porsi jumbonya yang bisa disantap 3-4 orang.

Mie ini juga punya cita rasa unik sehingga kerap dijuluki mie goreng khas Sukabumi. Yang membedakan mie ini dengan mie lainnya adalah adanya potongan daging ayam cukup besar yang ditumis di penggorengan sampai mengeluarkan api. Aroma sangit dari daging ayam memberi ciri khas sendiri bagi kuliner satu ini.


Dengan mencoba berbagai makanan khas yang berasal dari Sukabumi ini tentu saja akan menjadi pengalaman tersendiri. Mencicipi makanan khas dari suatu kota yang kamu kunjungi tentu saja akan dapat membuat kamu untuk lebih mengenal kota tersebut. Selain itu, mencoba berbagai makanan yang unik dan tidak terdapat di rumah kamu tentunya akan menjadi momen yang tidak terlupakan.

Beri Komentar