12 Kuliner Banjarmasin Kalimantan Selatan dengan Cita Rasa yang Nendang Banget

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 15 Mei 2020 11:06
12 Kuliner Banjarmasin Kalimantan Selatan dengan Cita Rasa yang Nendang Banget
mau coba yang mana guys?

Tempat wisata kuliner di Banjarmasin bisa menjadi destinasi menarik saat mengunjungi kota seribu sungai ini. Banjarmasin adalah salah satu kota di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia ang wilayahnya merupakan delta atau kepulauan yang terdiri dari sekitar 25 delta yang dipisahkan oleh sungai-sungai.

Tempat wisata kuliner di Banjarmasin punya cita rasa khas yang tak ditemui di daerah lain. Tempat wisata kuliner di Banjarmasin kebanyakan menawarkan masakan Banjar seperti soto Banjar, Mie Bancir, dan olahan makanan laut. Tempat wisata kuliner di Banjarmasin tersebar di penjuru kota Banjarmasin dan dapat dengan mudah diakses dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Beberapa tempat wisata kuliner di Banjarmasin juga sudah terkenal dan melegenda seperti Lontong Orari dan Soto Bang Amat. Banyak pula tempat wisata kuliner di Banjarmasin yang mulai berkembang menjadi destinasi wisata. Berikut tempat wisata kuliner di Banjarmasin yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber, Senin(23/9/2019).

1 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Banjarmasin

Kalau bepergian ke ibukota Kalimantan Selatan, kamu pasti langsung tergiur menikmati seporsi soto Banjar yang lezat. Tetapi, Banjarmasin tidak hanya terkenal karena memiliki kuliner nasional satu ini lho! Masih ada banyak wisata kuliner Banjarmasin yang wajib kamu coba di kota cantik ini


Rumah Sambal Acan Raja Banjar

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Banjarmasin Banget (@banjarmasinbanget) on

 


Salah satu tempat kuliner Banjarmasin paling rekomended adalah Rumah Sambal Acan Raja Banjar yang ada di Jalan RE Martadinata. Kualitas citarasa masakan Banjar di sini memang sudah tidak diragukan lagi hingga tempat ini memiliki dua cabang lain. Menu kuliner kamulan yang dimiliki Rumah Makan ARB adalah ikan bakar haruan, papuyu serta patin. Selain itu, terdapat masakan khas Banjar lain seperti sayuran atau gangan, mkamui dan lain-lain.
Tak hanya bisa memuaskan hasrat kuliner, kamu juga bisa membeli sambal kemasan ARB yang cocok dijadikan oleh-oleh lho! Mau rasa Terong Asam, Binjai, Ramania, Limau, Tempuyak dan Rambai bisa disesuaikan dengan selera, ya!


Soto Bang Amat

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by BANJARMASIN FOODIES (@banjarmasinkulineran) on

 


Mencari soto Banjar yang paling nikmat, mewajibkan kamu datang langsung ke Soto Bang Amat yang beralamat di kawasan Banua Anyar. Kala kamu puas mengunjungi pasar terapung Lokbaintan, wajib sarapan di Soto Bang Amat ini. Pemkamungan Sungai Martapura menjadi pesona indah yang tidak akan terlupakan sembari menikmati seporsi soto dengan suwiran ayam nikmat. Pada hari tertentu, hiburan musik panting dengan lagu khas Banjar bakal memanjakan telinga kamu. Tempat kuliner Banjarmasin yang paling asyik ya Soto Bang Amat.

 

Mie Bancir Agus Sasirangan

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by #Mamak #FoodiesBanjarmasin (@makananbanjar) on

 

 

Bancir dalam bahasa Banjar bermakna waria atau bencong. Mie bencong? Hmmm, mie bancir ini ternyata merupakan mie tanggung atau bukan mie kuah juga bukan mie goreng. Agus Sasirangan yang pernah menjadi runner up Master Chef Indonesia memadukan mie bancir dengan berbagai topping nikmat seperti ayam panggang, telur bebek, pangsit serta ceker ayam.


Kalau belum pernah menikmati kuliner Banjarmasin ini, kamu wajib mampir ke Mie Bancir Agus Sasirangan yang ada di Jalan Brigjen Hasan Basri, Banjarmasin. Kuah rebusan kaldu ayam dipadukan resep khas Banjar bakal membuat kamu hilang ingatan.

2 dari 4 halaman

Kuliner Khas Banjarmasin

Banjarmasin terkenal dengan pemandangan sungainya yang asti, bahkan kota ini dijuluki dengan Kota Seribu Sungai karena jumlah sungainya yang sangat banyak. Kira-kira ada sekitar 25 buah pulau kecil yang dipisahkan oleh sungai-sungai di Banjarmasin, di antaranya adalah Pulau Tatas, Kelayan, Rantauan Keliling, dan masih bayak lagi yang lainnya.

Agar perjalanan di Banjarmasin makin sempurna, sambil santai menikmati destinasi di Banjarmasin jangan lupa untuk menikmati pula kuliner khasBanjarmasin berikut ini.

 

Sari Patin

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Gregorius Tan Danny Gunawan (@gregoryzs20) on

 


Di Jalan Hasan Basri, Banjarmasin, kamu wajib mampir ke Rumah Makan Sari Patin yang menyajikan kuliner ikan bakar khas. Ikan patin bakar, goreng dan sop sangat cocok menemani liburan kamu bersama keluarga. Toh, tempat kuliner Banjarmasin ini memiliki konsep modern yang mengutamakan kenyamanan. Tempat makan ini tak hanya menyajikan kuliner enak namun dilengkapi fasilitas lengkap seperti open space atau ruangan AC.

 

Waroeng Pondok Bahari

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Gregorius Tan Danny Gunawan (@gregoryzs20) on

 

 

Lapar saat tengah malam? Datang saja ke tempat kuliner Banjarmasin yang buka selama 24 jam penuh yaitu Waroeng Pondok Bahari. Aneka menu masakan khas Banjar seperti soto Banjar, ikan patin dan lain-lain tersaji di tempat satu ini. Tak hanya menawarkan citarasa khas Banjar, lokasi Waroeng Pondok Bahari yang ada di Jalan Piere Tendean ini sangat strategis.
Cocok sekali untuk kamu yang mencari suasana asyik di kawasan wisata Menara Pkamung dan Siring Sungai Martapura. Rumah makan bergaya tradisional dengan ornamen cantik khas Banjar yang wajib masuk dalam daftar pilihan wisata kuliner kamu.

 

Ketupat Kkamungan Warung Kaum

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Gregorius Tan Danny Gunawan (@gregoryzs20) on

 


Ketupat dengan kuah santan serta lauk ikan haruan asap akan membuat kamu teringat dengan Kkamungan, ibukota kabupaten Hulu Sungai Selatan. Tetapi, tak perlu bepergian hingga 4 jam menuju Kkamungan kalau kamu ingin menikmati ketupat khas ini. Banjarmasin memiliki tempat makan keluarga yang cocok untuk menikmati seporsi ketupat Kkamungan.


Ketupat Kkamungan Warung Kaum menjadi tempat kuliner Banjarmasin yang sangat direkomendasikan. Datang saja langsung ke Jalan Bumi Mas atau kurang lebih 200 meter dari Jalan Ahmad Yani untuk menikmati seporsi ketupat yang diremas dan dimakan memakai tangan. Seru ya?

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Kuliner di Banjarmasin

Memiliki julukan sebagai kota seribu sungai, Banjarmasin memiliki perjalanan sejarah yang tak lepas dari Kerajaan Banjar. Namun, bukan hanya nilai sejarah dan juga topografi wilayah yang bersungai-sungai saja yang membuat ibukota di Kalimantan Selatan ini menjadi kota yang menarik. Kekayaan kuliner khas Banjarmasin juga sudah tersohor akan kelezatannya hingga ke berbagai daerah di Nusantara, lho.

Ingin tahu cita rasa khas dari ragam kuliner Banjarmasin? Intip pilihan tempat wisata kuliner di Banjarmasin paling populer berikut ini.

 

Nasi Itik Gambut Tenda Biru

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by KULINER DAN CERITA (@ceritatentangmakan) on

 


Tempat kuliner Banjarmasin yang menyajikan kuliner unik adalah warung Tenda Biru beralamat di Jalan Ahmad Yani km.14 Gambut. Menu nasi putih yang disajikan dengan lauk itik berbaur bumbu habang khas Banjar sangat nikmat disantap bersama keluarga tercinta. Seporsi nasi itik gambut yang disajikan dengan daun pisang mampu memberikan citarasa khas yang susah dilupakan setelah kamu meninggalkan kota Banjarmasin.

 

Ikan Bakar H Fauzan

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Info Kuliner Banjarmasin (@banjarmasinculinary) on

 


Mencari tempat kuliner Banjarmasin yang menyajikan konsep terbuka dan masih memakai konsep tradisional mungkin agak sulit. Tetapi, kamu bisa menikmati kuliner ikan patin bakar yang nikmat di Warung H. Fauzan. Tempat makan berkonsep tradisional ini menawarkan kuliner khas seperti ikan patin bakar, papuyu, haruan, nila, udang dan masih banyak lagi lainnya.


Tempat wisata kuliner Banjarmasin yang buka mulai pagi hari sampai malam ini selalu ramai dikunjungi. Pelayanan yang ramah dan cepat membuat tempat ini sangat direkomendasikan untuk kamu. Datang saja ke Jalan Ahmad Yani Km 11 Banjar atau cabang di Jalan Sultan Adam depan komplek Mandiri IV.

 

Soto Banjar H Anang Bapukah

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Sigit Wisnu Dermawan (@sigitwd) on

 

 


Suwiran ayam soto Banjar tak lagi dipotong melainkan dipatahkan atau bapukah menjadi ciri khas kuliner kamulan di warung Soto Banjar H Anang Bapukah. kamu wajib menikmati seporsi soto Banjar berbeda ini di Jalan Pekapuran A Banjarmasin yang buka setiap pagi hingga sore. Menikmati seporsi soto Banjar yang disajikan dengan irisan lontong atau bentuk nasi sop bersama keluarga sungguh fantastis.

4 dari 4 halaman

Tempat Kuliner Banjarmasin

Tempat kulliner Banjarmasin memang menyuguhkan sebuah pesona yang berbeda dengan kota lainnya. Mempunyai tempat-tempat menarik dengan sajian makanan yang tidak bisa dilupakan sedikit pun.

Menikmati waktu libur di kota ini memang tidak salah dan merupakan pilihan yang sangat tepat. Selain objek wisatanya, kuliner memang menjadi sajian pelengkap yang memang wajib untuk di pikirkan. Oleh karenanya, bagi kamu yang penasaran dengan tempat kuliner Banjarmasin untuk mengisi perut, simak ulasannya di bawah ini ya!

 

Patin Hj. Husniah

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Info Kuliner Banjarmasin (@banjarmasinculinary) on

 


Tempat kuliner Banjarmasin yang masih menawarkan citarasa ikan patin adalah Patin Hj. Husniah. Tempat ini sudah begitu populer dikalangan pecinta ikan patin goreng atau sop ikan patin. Dua menu yang katanya memang kamulan di tempat makan satu ini. Berlokasi di pinggir sungai area belakang Pasar Lima Banjarmasin, rumah makan ini selalu ramai dikunjungi pelanggan.
Harga yang dibandrol di rumah makan legendaris ini memang lebih mahal tetapi kualitas rasa patin goreng dengan gangan asam kepala patin tidak tertandingi. Yuk, kunjungi tempat kuliner Banjarmasin yang sudah melegenda satu ini saat kamu berkunjung ke Kalimantan Selatan, ya!

 

Nasi Kuning Rahmat

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Banjarmasin Food | mimin&mimoy (@banjarmasinfood) on

 

 


Suka mendengar kelezatan citarasa nasi lemak Malaysia? kamu mungkin wajib mencicipi nasi kuning Banjar di tempat kuliner Banjarmasin satu ini. Pasalnya, nasi kuning Banjar di sini sangat enak dan cocok menjadi menu sarapan kamu. Lauk pauk haruan, ayam, telor dan dendeng akan membuat lidah terus berdecak kagum. Kunjungi Nasi Kuning Rahmat yang ada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Banjarmasin sekarang juga!

 

Lontong Orari

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Banjarmasin Food | mimin&mimoy (@banjarmasinfood) on

 

 

Lontong Orari merupakan slaah satu kuliner Banjarmasin yang sudah terkenal dikalangan wisatawan. Terletak di Jalan Seberang Mesjid, Kampung Melayu membuat tempat makan ini mudah ditemukan. kamu wajib menikmati seporsi lontong dilengkapi kuah sayur nangka, kuah haruan, ayam dan telor yang enak banget. Selain menu lontong khas, Rumah Makan Lontong Orari juga memiliki menu kamulan nasi kuning yang tak kalah nikmat.

 

12 rekomendasi tempat kuliner Banjarmasin tersebut wajib masuk dalam daftar kunjungan kamu. Ajak keluarga tercinta menikmati masakan khas Banjar yang istimewa sekarang juga, ya!

Beri Komentar