10 Makanan Khas Gresik Jawa Timur Selain Pudak dan Nasi Krawu yang Menggugah Selera  

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 13 Mei 2020 11:08
10 Makanan Khas Gresik Jawa Timur Selain Pudak dan Nasi Krawu yang Menggugah Selera   
Selain pudak dan nasi krawu, Gresik menyimpan begitu banyak makanan khas yang rasanya nggak kalah dari daerah lain

 

Makanan Khas Gresik tak kalah sedapnya dengan daerah lain. Kota yang terletak di salah satu kabupaten Jawa Timur ini memiliki berbagai kuliner yang harus dicoba.

Di sini banyak makanan yang unik-unik bahkan belum pernah didengar sebelumnya. Ada makanan ringan dan makanan berat. Semua sama sedapnya. Selain itu, hiburan yang asik di kota ini membuat berburu kuliner di sini jadi menyenangkan

Kota yang dijuliki kota wali itu tidak hanya menyediakan kuliner yang enak dan unik tapi juga ada yang bisa dibawa sebagai buah tangan. Untuk tahu apa saja ragam kuliner di Gresik, simak beberapa makanan khas Gresik di bawah ini

1 dari 4 halaman

Makanan Khas Kota Gresik

Gresik merupakan salah kabupaten yang berada di Jawa Timur, disana ada makanan khas Gresik yang lezat sekali. Bila kamu mengunjungi atau mampir dikota tersebut maka sempatkan untuk mencoba seluruh masakan kuliner yang berada disana. Makanan khas Gresik menawarkan cita rasa yang lezat, bahkan tidak hanya satu jenis masakan saja yang rasanya lezat. Melainkan semua masakan disana memiliki rasa yang enak dan memanjakan lidah. Penasaran? Langsung simak saja ulasan mengenai makanan khas kota Gresik di bawah ini.

 

Jubung

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Wulan (@wulan_abimanyu) on

 


Jubung adalah makanan khas Gresik yang terbuat dari bahan ketan hitam. Bagian atas jubung ditaburi dengan wijen. Perlu diketahui bahwa jubung merupakan makanan jajan yang sudah ada diberbagai kota namun, jubung khas Gresik lebih enak rasanya. kamu harus mencoba jubung ini. Jubung dibungkus dengan menggunakan kulit dari pohon pinang, sehingga penampilan jubung terlihat khas sekali.
Pada saat liburan ke Gresik kamu tidak perlu susah mencari makanan khas Gresik jubung, karena banyak sekali penjual jubung yang bisa ditemui disepanjang jalan kota Gresik. Cicipi makanan jubung dijamin kamu pasti ketagihan.

 

Bonggolan

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by GRESIK TOURISM (@gresiktourism) on

 

 

Makanan bonggolan merupakan makanan khas gresik yang sangat unik, karena dingkus dengan daun pisang. Bentuknya lebih bulat dan memanjang, sehingga menarik perhatian semua orang.
Bahan dasar pembuatan makanan bonggolan yaitu dari daging ikan. Bisa menggunakan ikan apa saja, kemudian dibalut menggunakan kanji. Sebelumnya tepung kanji diberi bumbu terlebih dahulu, bumbunya yaitu bawang putih, garam, merica dan penyedap rasa secukupnya. Aduk hingga agak menggumpal, kemudian balurkan ke irisan daging ikan. Rasa masakannya enak, sudah tidak diragukan lagi.

 


Sego karak

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by ???????????????????????? (@shanntyy) on

 


Apa itu makanan khas Gresik sego karak? kamu pasti asing dengan makanan ini, karena sego karak hanya ada didaerah tertentu seperti kota Gresik. Karak merupakan nasi yang masih bagus namun dikeringkan. Bila sudah kering, nasi akan diolah kembali dengan menggunakan campuran ketan hitam.
Nasi dan ketan hitam ditanak hingga matang lalu diberikan lauk yang lezat. Berbagai macam lauk disajikan dengan nasi karak, tidak lupa ditambahkan dengan rempeyek dan krupuk. Nikmat sekali ketika memakan sego karak ini. Rasanya bikin ketagihan dan ingin memakannya terus menerus.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Kabupaten Gresik

Merasakan masakan khas berbagai daerah itu menyenangkan, selain dapat mengisi perut yang lapar namun juga bisa merasakan keunikan rasa makanan yang berada pada setiap daerah. Salah satu makanan yang harus dicoba yaitu masakan dari kota Gresik.


Apakah makanan khas Gresik menarik untuk dicoba? Tentu saja sangat menarik, karena pilihan makannya begitu beragam dan memiliki cita rasa sangat enak. Berikut ini merupakan makanan khas kabupaten Gresik yang dapat kamu coba.


Otak-otak bandeng Gresik

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Nandangwuyung Food Photography (@puji_nandangwuyung) on

 


Otak-otak bandeng tidak hanya ada di kota Sidoarjo saja namun, juga ada pada kota Gresik. Para wisatawan sangat menyukai sekali otak-otak bandeng di Gresik pasalnya memiliki rasa yang begitu nikmat. Kebanyakan wisatawan juga membeli otak-otak bandeng untuk dibuat oleh-oleh. Makanan khas Gresik ini sangat lezat dan terjamin keamanannya, karena warga masyarakat Gresik memproduksi sendiri otak-otak bandeng tanpa bahan pengawet apapun.

 

Bakso giman GKB

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by @nonimasak on

 

 

Bakso khas Gresik ini menjadi salah satu kuliner favorite para wisatawan saat berada di kota Gresik. Bakso giman GKB merupakan bakso paling enak yang berada di kota Gresik. Kelesatan bakso dagingnya yang sangat terasa menggoyang lidah. Bumbu kaldu yang terbuat dari daging sangat enak, sehingga membuat orang menjadi ketagihan. Para pecinta bakso ini rela mengantri demi mendapatkan semangkuk bakso favoritenya.

 

Untuk kamu yang ingin langsung menikmati makanan khas Gresik satu ini, langsung saja menuju alamatnya di Jl. Jawa, Yosowilangun, Manyar, Kabupaten Gresik. Datang diwaktu yang tepat, karena bakso ini buka pada pukul 09.00 hingga 21.00.

 

Seafood kerang hijau

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Camel's Kitchen (@camelliia28) on

 

 

Makanan khas Gresik selanjutnya yaitu ada seafood kerang hijau. kamu pasti jarang sekali merasakan makanan kerang hijau. Bila kamu berada di kota Gresik maka, kamu pasti akan menemukan berbagai masakan kerang hijau. Sayangnya masakan kerang hijau ini hanya dijual pada restaurant seafood, kamu harus mengunjungi restaurant seafood bila menginginkan makanan tersebut.

 

Sego roomo

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Mampir Gresik Official (@mampirgresik) on

 

 

Dilihat dari penampilan sego roomo maka, kamu pasti berpendapat sego tersebut mirip sekali dengan bubur sumsum yang berwarna orange. Ternyata warna orange yang berada diatas sego roomo adalah bahan cabe beserta sangria udang yang ditumbuk hingga halus. Penyajian sego roomo begitu unik, disajikan dengan pincuk yang terbuat dari daun pisang. Rasa makanan khas Gresik satu inisangat enak sekali, kamu wajib mencobanya.


Kamu tidak perlu bingung mencari sego roomo ketika di Gresik karena banyak penjual yang berada dipinggir jalan. kamu juga dapat menemui penjual sego roomo seluruh pasar tradisional yang berada di kota Gresik.

 

Martabak usus

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Mama Alfie (@nuralfie) on

 

 

Mungkin baru kali ini kamu mendengar tentang martabak usus. Namun, ternyata salah satu makanan khas Gresik adalah martabak usus ini. Bila kamu penasaran dengan martabak usus maka, segera mencobanya ketika kamu berada di kota Gresik. Rasa lezat dicampur gurih dan nikmatnya membuat siapa saja pasti ketagihan dengan makanan ini.


Isi yang berada dibagian dalam martabak usus ada telur, bihun, serta usus ayam bumbu pedas. Cara memakan martabak usus sangat mudah, karena tinggal dicocol ke petis dan langsung dimakan.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Gresik Nasi Krawu

      View this post on Instagram      

A post shared by Kuliner Surabaya (@surabaya_eatery) on

 

 

Apa sih bedanya nasi krawu biasa dengan nasi krawu Gresik? Tentu saja berbeda karena nasi krawu Gresik dibuat dari resep khusus. Isi dari nasi krawu ada nasi, sambal petis, ayam suwir, serundeng, belacan. kamu juga dapat menambah lauk seperti tahu, belut, babat, usus, paru goreng, dan semur usus sapi. Nasi krawu Gresik lebih istimewa karena pilihan menu lauknya lebih banyak.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Gresik Pudak

 

      View this post on Instagram    

PUDAK Jajanan khas kota Gresik yang kaya kalori dan mengenyangkan. #kuliner #pudakgresik #surabayapunyainfo

A post shared by Rony Limaran (@ronylimaran) on

 

 

Pudak atau ope merupakan kue khas Gresik. Rasa makanan sudah terjamin enaknya dan membuat ketagihan. Makanan ini terbuat dari santan kelapa, gula jawa dan tepung beras. Bahan-bahan kemudian dicampur hingga merata, selanjutnya dibungkus daun pisang lalu dikukus hingga matang. Makanan pudak disajikan pada waktu hangat, kamu bisa memakannya dan menikmati rasanya yang begitu lezat.


Makanan khas Gresik di atas sangat menggugah selera makan kamu. Dari penjelasan setiap makanannya saja, kamu sudah mengetahui bahwa makanan tersebut begitu nikmat tiada duanya. Melakukan kuliner di kota Gresik bisa dilakukan sekarang, karena kamu sudah bisa melihat list masakanan khas Gresik yang direkomendasikan untuk seluruh wisatawan.

 

 

 


Seluruh makanan yang berada di kota Gresik dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Mungkin ada beberapa makanan yang harganya lebih mahal, seperti makanan seafood kerrang hijau. Tidak masalah untuk makanan lainnya harganya masih sangat bersahabat dengan kantung kamu. Segera nikmati berbagai macam makanan yang enak dan lezat tersebut ketika liburan di kota Gresik.

Beri Komentar