10 Makanan Khas Banyumas Jawa Tengah yang Menggugah Selera

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 19 Mei 2020 00:04
10 Makanan Khas Banyumas Jawa Tengah yang Menggugah Selera
Yuk. cicipin makanan khas Banyumas berikut ini!

Indonesia memang negara yang kaya akan banyak hal. Mulai dari kekayaan alam, kekayaan budaya, hingga kekayaan kuliner daerah yang berbeda-beda antara satu dengan daerah lainnya dari Sabang hingga Merauke. Kuliner di Indonesia tidak hanya menu makanan utama saja, tapi ada juga banyak minuman dan makanan ringan alias jajanan tradisional dengan rasa nikmat yang menggugah selera.

Banyumas menjadi salah satu daerah yang mempunyai banyak sekali jajanan tradisional yang enak dan wajib dicoba. Banyumas merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Makanan-makanan khas dari Banyumas banyak disukai oleh para wisatawan domestik. Salah satu yang paling favorit adalah gethuk goreng Sokaraja. Untuk mengetahui lebih banyak tentang makanan dan jajanan khas daerah tersebut, simaklah ulasannya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Makanan khas Purwokerto Banyumas

Makanan khas Purwokerto Banyumas memiliki cita rasa menggugah selera. Purwokerto merupakan sebuah kota yang masih menjadi bagian dari Kabupaten Banyumas sebagai pusat pemerintahan.

Berikut rangkuman referensi makanan khas Banyumas yang patut dicoba apabila berkunjung ke kota ini.


Gethuk Goreng

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Susi Agung (@susie.agung) on

 


Gethuk Goreng merupakan makanan manis khas Sokaraja, Banyumas. Getuk yang paling banyak ditemukan di pinggir kota Purwokerto ini terbuat dari singkong dan gula kelapa. Gethuk Goreng Sokaraja sudah melegenda dan menjadi bagian tak terpisahkan dari Purwokerto dan Banyumas.

Bahkan makanan khas Banyumas satu ini diusulkan sebagai warisan budaya nasional bukan benda (intangible) oleh Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

 

Mendoan

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Resep Masakan Rumahan (@resepmasakanrumah__) on

 


Purwokerto dan Banyumas terkenal akan mendoannya. Mendoan ini wajib banget kamu cicipi sebagai makanan khas Banyumas Banyumas. Mendoan merupakan olahan tempe yang digoreng setengah matang bersama adonan tepung. Mendoan berasal dari bahasa Jawa "mendo" yang berarti setengah matang. Tempe digoreng setengah matang sehingga teksturnya masih terasa lembut.

Jenis tempenya pun khusus. Tempe yang digunakan tidak padat seperti tempe biasa. Tempe dibuat lembaran tipis dan lebar serta dibungkus dengan daun pisang. Adonan tepungnya pun bukan menggunakan tepung terigu, melainkan tepung beras.

2 dari 3 halaman

Makanan Khas Daerah Banyumas

Makanan khas daerah Banyumas wajib dicicipi saat berkunjung ke daerah ini. Purwokerto merupakan ibu kota dari Kabupaten Banyumas yang memiliki ragam budaya dan destinasi menarik.

Daerah yang terkenal dengan aksen ngapaknya ini punya kuliner khas yang patut dicoba. Yuk, intip makanan khas Banyumas apa saja yang nggak boleh kamu lewatkan.


Nopia

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Cemilan Mas Joy (@cemilan_oleholeh_kebumen) on

 


Nopia merupakan makanan khas Banyumas yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan gula merah. Adonan dibuat bulat, lalu ditempelkan ke gentong yang terbuat dari tanah liat yang dibakar di atas kayu. Nopia memiliki rasa manis khas gula merah. Sekilas nopia mirip dengan bakpia khas Jogja. Hanya saja kulit nopia lebih padat sedangkan bakpia lebih berlapis.

 

Jenang Jaket

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Rofik Dwi Hidayati (@risya_kitchen) on

 


Jenang jaket terbuat dari gula merah, santan kelapa dan juga beras ketan. Jaket merupakan singkatan dari jenang asli ketan. Jenang jaket biasa dibungkus menggunakan kertas kecil dengan porsi sekali makan. Tekstur jenang jaket mirip dengan dodol atau wajik, jenang ini kerap dibalut wijen dan tidak mudah lengket saat dimakan. makanan khas Banyumas satu ini juga cocok banget dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

 

Sroto Sokaraja

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Vita ~ Mrs. Simangunsong (@vitasong_) on

 

makanan khas Banyumas Banyumas yang sangat terkenal adalah soto atau sroto Sokaraja. Soto ini bisa dengan mudah ditemukan di Purwokerto, khususnya di daerah Sokaraja. Berbeda dengan soto di daerah lain yang menggunakan nasi, Sroto Sokaraja diisi dengan potongan ketupat.

Potongan ketupat dicampur dengan irisan daging ayam atau sapi, sohun, tauge, daun bawang, dan aneka kerupuk. Campuran ini kemudian disiram kuah kaldu sapi atau ayam yang gurih. Sroto Sokaraja begitu istimewa dengan tambahan bumbu kacang pada kuahnya yang memberi tekstur kental dan segar.



Sate Bebek Tambak

 

      View this post on Instagram      

A post shared by KULINER PURWOKERTO (@kulinerpurwokerto_) on

 


Banyumas juga punya olahan sate yang khas. makanan khas Banyumas ini terbuat dari daging bebek yang lembut. Bebek yang digunakan adalah bebek yang masih muda sehingga memiliki daging yang empuk. Sate bebek Tambak biasanya menyediakan dua macam bumbu. Bumbu ini diantaranya adalah bumbu kecap dengan potongan cabai rawit pedas dan bumbu kacang yang kental.

Ada puluhan pedagang mulai dari model warung kecil, tenda, hingga restoran yang menjajakan sate bebek di sepanjang pinggir jalan utama Ibukota Kecamatan Tambak, atau jalur utama Purwokerto-Yogyakarta.


Kraca

 

      View this post on Instagram      

A post shared by MILIDI & MAKARONI (@firdha.shopp) on

 

Kraca merupakan makanan khas Banyumas dengan olahan keong sawah yang dimasak dengan bumbu kuah pedas sepeti cabai, garam, pala, perica, bawang, lada, dan rempah lainnya. Bumbu rempah yang kuat ini memberi sensasi pedas dan panas hingga tenggorokan. Kudapan ini banyak ditemui di sepanjang jalan Purwokerto dan Banyumas. Waktu yang paling tepat menyantap kuliner ini adalah pada malam hari karena bisa menghangatkan tubuh.


Buntil

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Kartika Putri (@chejustche) on

 


Buntil merupakan makanan khas Banyumas yang terbuat dari parutan kelapa, ikan teri, dan bumbu yang kemudian dibungkus dan diikat dengan daun pepaya, singkong, atau talas. Gulungan ini kemudian direbus dalam kuah santan. Buntil dapat dimakan bersama kuah santan yang gurih.

Sekilas buntil mirip hidangan bothok, yang membedakan adalah daun pembungkusnya yang bisa turut dimakan. Buntil dapat dengam mudah ditemukan di warung kaki lima atau restoran di sepanjang jalan Purwokerto dan Banyumas.

3 dari 3 halaman

Makanan Khas Banyumas Jawa Tengah

Karena kelezatannya , sejumlah makanan khas Banyumas Jawa Tengah sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. makanan khas Banyumas Banyumas ini punya ragam jenis, mulai dari makanan berat, makanan manis, hingga camilan ringan.

Kamu bisa mencicipi makanan khas Banyumas ini langsung atau membawanya sebagai oleh-oleh. Mau tahu apa saja makanan khas tersebut? Simak informasinya di bawah ini ya!

 

Klanting Purwokerto

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Leti-Lindya-Andriana-ss (@letilindyaandriana) on

 


Klanting tergolong sebagai makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar ketela pohon. Berbentuk layaknya angka delapan, dengan tekstur yang renyah dan gurih membuat cemilan ini cukup digemari oleh kebanyakan orang. Makanan ini juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Banyumas.

 

Kluban

      View this post on Instagram      

A post shared by Hilma Nur Aini (@hilma_menilhappykitchen) on

 

Kluban merupakan makanan yang mirip dengan salad. makanan khas Banyumas ini berfungsi sebagai pendamping nasi dan terbuat dari aneka macam sayuran seperti kangkung, bayam, kacang panjang, tauge, dan daun singkong. Berbeda dengan salad, makanan ini disajikan dengan cara direbus dan kemudian dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu sambal.

 


enak enak banget ya sepertinyaa. Jadi akan mencicipi makanan khas Purwokerto yang mana dulu nih? Selamat menikmati ya!

Beri Komentar