10 Kuliner Klaten Jawa Tengah yang Kaya Bumbu dan Rempah

Reporter : Anif Fathul Amin
Sabtu, 9 Mei 2020 13:34
10 Kuliner Klaten Jawa Tengah yang Kaya Bumbu dan Rempah
Kuliner Klaten ternyata nggak cuman Soto Pak Min aja lho!

Kalau kamu sedang pulang kampung atau mengunjungi sanak saudara di Kota Bersinar, nggak ada salahnya kok buat melepas rindu dengan menikmati berbagai kuliner khasnya. Klaten sebagai sebuah kabupaten kecil yang diapit Solo dan Yogyakarta ini, ternyata memiliki warisan kuliner yang begitu lezat. Mulai dari kudapannya, menu utama, hingga oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang balik ke kota perantauan untuk dibagikan ke teman-teman.

Maka, siapkan dirimu untuk mengenal lebih dalam setiap sudut Kota Klaten lewat kekayaan cita rasa kulinernya. Berikut ada sepuluh kuliner Klaten yang layak buat kamu makan saat pulang kampung atau berkunjung di Klaten, terutama bagi kalian yang ngakunya Anak Klabers (Klaten Bersinar).

1 dari 4 halaman

Kuliner di Klaten

Wisata kuliner Klaten Jawa Tengah bisa jadi pilihan saat mampir ke wilayah ini. Klaten merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang dulunya masuk dalam wilayah Keresidenan Surakarta. Wilayahnya yang terletak antara Jogja dan Solo menjadikan Klaten sebagai tempat persinggahan bagi orang yang melakukan perjalanan dari wilayah barat ke timur atau sebaliknya.


Ayam Panggang Klaten Ny Anggraini

 

      View this post on Instagram      

A post shared by indah (@iafrillia) on

 


Kuliner Klaten yang satu ini merupakan kuliner atau makanan khas Klaten yang kaya akan bumbu bumbu dengan cita rasa gurih manis yaitu ayam panggang. Salah satu ayam panggang yang terkenal dan selalu ramai pengunjung yaitu ayam panggang Klaten Ny. Anggraini.

Bumbu bumbu yang terbuat dari berbagai rempah jawa dan santan yang dimasak dengan cara diungkep yang membuat sita rasa ayam panggang Klaten yang gurih manis. Terlebih ayam panggang disantap dengan nasi putih hangat dan sambal pedas, membuat nikmat di lidah.

Tempat Kuliner Ayam Panggang Ny Anggraini Klaten ini bisa menjadi pilihan anda ketika mencari kuliner di Kota Klaten

Alamat Ayam Panggang Ny Anggraini Klaten: Jalan Rajawali Gang Beruang No. 5 Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
Jam buka : 07:00 – 15:00

 

Sop Ayam Pak Min Klaten

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by NandA woroningrum (@nanda11290) on

 

 


Salah satu kuliner Klaten yang cukup terkenal yaitu Sop ayam pak Min. Siapa sih yang tidak kenal Sop Ayam Pak Min Klaten? Dengan rasanya yang gurih nikmat yang membuat Sop Ayam Pak Min menjadi tempat kuliner terkenal setiap sudut Kota Klaten, bahkan sekarang Sop Ayam Pak Min sudah mempunyai cabang di beberapa kota besar di Indonesia.

2 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Klaten

Klaten memiliki destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Destinasi ini seperti Candi Prambanan dan Sewu, Candi Plaosan, Wisata Air Cokro, dan Menara Air Klaten. Tak cuma wisata sejarah dan alam, wisata kuliner Klaten Jawa Tengah juga tak boleh terlewat. Yu, simak rekomendasinya berikut ini.

 
Sop Ayam Pecok Asli Klaten

 

      View this post on Instagram    

Assalamu'alaikum... Pasti semua udah ga asing ya sama sop ayam pak Min Klaten, cabangnya pun udah dimana mana. Pernah makan di salah satu cabang, kalo menurut mas garwo rasanya biasa aja...banyak micinnya gitu. Di Klaten memang terkenal banget sama sop ayamnya, dan yg juga terkenal adalah sop ayam pecok. Sop ayam pecok khasnya adalah dipecok (dipotong2 menjadi beberapa bagian) lalu diguyur dengan kuah panas, bagian ayamnya juga beragam, bisa mix, dada, tepong, uritan, ceker, dll. Nah kali ini saya bikin yg super ekonomis tp hasil maksimalis. Pakai ayam negri, yg paling gampang didapat. Oia, yg terpenting dalam membuat sop adalah step saat membuat kaldu harus benar. Jadi dijamin deh pasti nikmat, bening dan ga keruh. SOP AYAM PECOK Bahan: 500gr daging ayam (saya pakai bagian tepong dan sayap, pecok/ potong2 kecil - tapi jangan kekecilan ya) 2lt air Bumbu: 5-7 siung bawang putih, geprek agak halus 1 sdt merica butiran, ulek 5 cm kayu manis Sejempol jahe, geprek Seiris tipis pala, geprek 1 bawang bombay, belah 2 2 batang daun sledri, ikat Minyak untuk menumis Garam secukupnya 1 sdt gula pasir 1/2 sdt kaldu jamur Pelengkap: Irisan daun sledri Bawang goreng Wortel, buncis, kentang rebus Sambal rawit rebus Irisan jeruk nipis Cara membuat: Cuci bersih ayam yg sudah dipotong2, lalu rebus dengan api besar hingga muncul busa Matikan api, buang air rebusan dan cuci kembali daging ayam hingga bersih Rebus kembali daging ayam dengan air bersih, menggunakan api kecil hingga mendidih Sambil menunggu mendidih, tumis semua bumbu kecuali daun sledri hingga wangi dan layu ,bawang putih jangan sampai gosong ya Masukan bumbu yg sudah ditumis kedalam rebusan ayam, tambahkan gula garam dan kaldu Aduk rata dan koreksi rasa, lanjutkan masak hingga matang Sop ayam pecok siap dinikmati dengan taburan sledri dan bawang goreng Fisrt entry #seseruanbarengoxonexanitajoyo @anitajoyo X @oxoneonline

A post shared by d Endah p (@endahomemade) on

 

 

Siapa yang tak mengenal sop ayam pecok Klaten dengan cita rasanya begitu gurih? Sop Ayam Pak Min menjadi kuliner Klaten primadonabagi masyarakat sekitar maupun para wisatawan. Jadi nggak heran kalau Pak Min sudah memiliki cabang di berbagai kota besar di Indonesia. Ada berbagai macam jenis sop ayam yang ditawarkan seperti sop ayam campur dan pisah mulai bagian kulit, daging, hingga kepala ayam.

Berbeda dengan soto pada umumnya, sop ayam pecok ini tidak menggunakan bumbu jahe dan santan. Sop ayam pecok asli Klaten menggunakan ayam kampung sebagai kaldunya, dengan kuahnya yang begitu bening. Sop ayam ini juga sangat enak dinikmati dengan ditemani lauk pauk yang tersedia seperti tempe, tahu, dan perkedel.

3 dari 4 halaman

Kuliner Klaten Malam Hari

Wisata kuliner Klaten Jawa Tengah didominasi dengan masakan Jawa yang memiliki cita rasa rempah dan manis. Wisata kuliner Klaten Jawa Tengah kerpa menjadi pilihan banyak orang yang singgah ke Klaten baik untuk liburan, atau sekadar melakukan perjalanan ke kota lain.

Namun, jangan khawatir kalau kamu terasa lapar saat malam hari, ada beberapa rekomendasi kuliner Klaten malam hari yang bisa mengisi perutmu. Yuk, simak informasinya di bawah ini.


Nasi Tumpang Lethok

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by . a. w. i. = Asli Wenak Iki (@asliwenakiki) on

 


Sajian kuliner Klaten yang memadukan berbagai bumbu tradisional.


Jika kamu bosen dengan sop ayam pecok Klaten, maka kamu perlu mencoba nasi tumpang lethok. kuliner Klaten ini bisa kita jumpai di sepanjang Jl. Mayor Kusmanto hingga daerah perlimaan Bramen di pagi hari. Salah satunya yang menyediakan nasi tumpang lethok adalah warungnya Mbak Riyanti.

Cobalah kamu memesan nasi tumpang lethok istimewa komplit untuk mengobati rasa penasaranmu soal cita rasanya. Menu kuliner ini disajikan dengan kurapan gudangan daun pepaya, bayem, nangka muda, daun jeruk, telur rebus, krecek, serta koyor. Dijamin deh begitu mantap di lidah karena menggunakan berbagai bumbu yang khas!


Soto Bebek dan bebek bacem

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Solo Media Bisnis (@solomediabisnis) on

 

Menu ini merupakan kuliner Klaten yang wajib kamu coba ketika berada di daerah Karanglo, Gondang, Klaten.


Ketika kamu sedang berada di daerah Karanglo, Gondang, maka kamu perlu mencicipi soto bebeknya. Di sepanjang jalan raya Yogyakarta-Solo ini, bakalan kamu jumpai deretan warung soto bebek. Salah satu warung soto bebek yang paling legendaris adalah milik Bu Siswo yang sudah berdiri sejak 1953.

Warungnya yang tak jauh dari pabrik gula Gondang Winangun ini, juga menyediakan bebek bacem pertama di Klaten. Tak hanya disajikan dengan bacem goreng, melainkan juga dibakar, membuat sensasi cita rasa sendiri. Buat kalian pecinta kuliner bebek, wajib mendatangi warung soto bebek dan bebek bacem Bu Siswo yang berada di Karanglo, Gondang, sebelah timur pabrik gula tersebut.


Warung Swike Bu Reso

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Sally Tjoea (@sally_tjoea) on

 


Buat kalian yang menyukai kuliner berbahan daging kodok montok, maka perlu mampir ke warung swike Bu Reso. Kuliner Klaten yang letaknya di belakang Plasa Matahari atau belakang BRI Pasar Klaten, tepatnya di Karangduwet, Mojayan ini menyediakan berbagai olahan kodok dengan berbagai rempah-rempah dan bumbu yang begitu nikmat. Menunya antara lain swike goreng tepung, swike nyemek, swike kuah, dan telur swike goreng.

Datanglah lebih pagi ke warung swike Bu Reso biar kamu tetap kebagian nikmatnya olahan masakan kodok ini.

4 dari 4 halaman

Kuliner Klaten Enak

Wisata kuliner Klaten Jawa Tengah menawarkan menu khas yang tidak ditemui di daerah lain. Beberapa wisata kuliner Klaten Jawa Tengah ini bahkan telah melegenda sejak puluhan tahun lalu. Berikut wisata kuliner Klaten enak yang siap bikin kamu ketagihan saat mencobanya

 

Bakmi Miroso

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Bakmi Jawa Miroso (@miroso.bakmijawa) on

 

Tidak lengkap rasanya jika kamu belum mencicipi Bakmi Miroso Klaten yang legendaris itu. Bakmi Miroso ini merupakan rumah makan chinese food yang terkenal akan cita rasanya begitu lezat. Letaknya tak jauh dari alun-alun Klaten, namun posisinya berada di dalam kampung sehingga agak susah dicari orang yang pertama kali datang. Semua masakan chinese food tersedia di tempat kuliner Klaten satu ini, mulai dari nasi goreng, ayam koloke, hingga mie ayam pangsit.

Dijamin semua masakan yang ada di daftar menu begitu nikmat dengan gaya khas kuliner chinese food-nya!

 

Angkringan/HIK

 

      View this post on Instagram      

A post shared by ???? Aneka Resep Masakan Lezat (@guniezzt) on

 

 

Di Klaten, warung tenda sederhana yang menyediakan nasi kucing dengan segala lauk pauknya sering disebut angkringan maupun hik. Memang angkringan dipelopori oleh orang Cawas, Klaten yakni Mbah Pairo hingga akhirnya terkenal di Yogyakarta sampai sekarang dengan sebutan angkringan Lik Man yang merupakan putranya sendiri.

Berbagai pilihan angkringan maupun hik juga bisa kamu sambangi di kota bersinar ini. Salah satu angkringan populer di Klaten adalah angkringan Jumali di daerah Sekarsuli Jl. Mayor Kusmanto. Nasi kucingnya yang berisikan bandeng dan sambel disajikan di atas piring, dengan berbagai lauk pauk yang nikmat. Terlebih lagi nasinya masih hangat dengan sambalnya yang pedas membuat kita lahap menyantapnya.

 
Keripik Cakar, Belut, dan Paru

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Eka Ardika (@keripikbelut.eka_ardika) on

 


Jika perut kita sudah terpenuhi dengan berbagai kuliner Klaten yang begitu lezat, saatnya membeli oleh-oleh bagi teman-teman di kota perantauan. Ada beberapa produk kuliner Klaten yang bisa kamu jadikan oleh-oleh seperti keripik cakar, belut, dan paru. Lezatnya keripik cakar, belut, dan paru Bu Mangun yang terletak di jalan Rajawali, Gg Latarputih 15, Bareng, Klaten bisa menjadi pilihanmu.

Keripik cakar, belut, dan paru ini bisa menjadi bukti jika kamu sudah pulang kampung maupun berkunjung di Klaten.


Dari sekian banyak kuliner Klaten yang sudah disebutkan di atas, manakah yang akan kamu cicipi terlebih daulu? Pastinya semua cita rasa kuliner Klaten nikmat tiada tara. Selamat berwisata kuliner Klaten ya!

Beri Komentar