Cara Sholat Jenazah Beserta Bacaannya untuk Laki-Laki dan Perempuan

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 21 Januari 2020 08:44
Cara Sholat Jenazah Beserta Bacaannya untuk Laki-Laki dan Perempuan
Begini cara sholat jenazah untuk laki-laki dan perempuan pun dengan bacaannya.

Terdapat beberapa hal yang nggak bisa dihindari di dalam hidup ini, dan salah satunya adalah kematian. Sebagai umat muslim yang mencintai sesamanya, sudah seharusnya kita mendoakan sesama saudara muslim yang meninggalkan dunia agar diampuni dan mendapatkan rahmat-Nya. Salah satunya adalah dengan melaksanakan tata cara sholat jenazah.

Untuk itu, penting untuk kita sebagai umat muslim mengetahui bagaimana cara sholat jenazah itu. Baik cara sholat jenazah untuk laki-laki maupun perempuan. Dengan melaksanakan cara sholat jenazah yang benar, diharapkan saudara muslim kita yang meninggal diampuni segala dosa-dosanya dan segala amal baiknya diterima di sisi Allah SWT. sehingga masuk surga-Nya.

Nah, kami telah merangkum dari berbagai sumber bagaimana melaksanakan tata cara sholat jenazah. Yuk, simak tulisan di bawah ini!

1 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Jenazah

Pelaksanaan tata cara sholat jenazah ternyata cukup berbeda dengan sholat sunnah lainnya. Jika sholat pada umumnya meliputi takbiratul ihram, ruku, sujud hingga tahiyyat akhir, maka cara sholat jenazah hanya meliputi takbiraul ihram bahkan salamnya masih dalam keadaan berdiri.

Sebelum mengetahui tata cara sholat jenazah dengan benar, ada baiknya kita sebagai umat muslim mengetahui syarat yang perlu dipenuhi untuk melaksanakan cara sholat jenazah. Di antaranya adalah:

1. Jenazah yang ingin disholatkan sudah dimandikan dan dikafankan
2. Jenazah diletakkan di depan imam sholat jenazah.
3. Seperti sholat pada umumnya, sebelum melaksanakan cara sholat jenazah diharuskan untuk membersihkan dan menyucikan diri terlebih dahulu, serta menutup aurat.

2 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Jenazah dan Bacaanya

Cara sholat jenazah memang berbeda dengan sholat yang lain, begitu juga dengan bacaanya yang mesti diucapkan. Nah, bagaimana tata cara sholat jenazah dan juga bacaanya? Gulir ke bawah, yuk!

1. Niat

" Usholli 'alaa haadzihil mayyitati arba'a takbiratatin fardhol kifayaatai ma'muuman lillahi ta'aala."

Artinya:
" Saya niat sholat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Ta’ala."

2. Takbir sebanyak 4 kali

Di setiap takbir, terdapat bacaan yang mesti dibaca. Pada takbir pertama membaca surat al-Fatihah. Di takbir kedua membaca shalwat nabi SAW. yaitu:

" Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammad wa ‘alaa aali sayyidinaa Muhammad, kamaa shallaita ‘alaa sayyidinaa Ibraahiim wa ‘alaa aali sayyidinaa Ibraahim, wa baarik ‘alaa sayyidinaa Muhammad, wa ‘alaa aali sayyidinaa Muhammad, kamaa baarakta ‘alaa sayyidina Ibraahîm wa ‘alaa aali sayyidinaa Ibraahîm fil ‘aalamiina innaka hamiidun majiid."

Artinya:
“ Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

Di takbir ketiga, membaca doa jenazah:
" Allaahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa‘fu anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkhalahu waghsilhu bilmaa’i wats tsalji wal baradi, wa naqqihi minal khathaayaa kamaa naqaita ats-tsauba al-abyadh minad danasi, wa abdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wa zaujan khairan min zaujihi wa adkhilhu al-jannata wa a’idzhu min ‘adzaabil qabri wa min adzaabinnaar."

Artinya:
“ Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, bebaskanlah dan maafkanlah dia. Muliakanlah tempatnya, luaskanlah kuburnya, dan mandikanlah ia dengan air, salju, dan es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran. Berikan ia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Kemudian masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari siksa kubur dan siksa neraka."

Di takbir keempat, membaca doa jenazah lainnya:
" Allaahumma laa tahrimnaa ajrahu wa la taftinna ba’dahu waghfir lanaa wa lahu."

Artinya:
“ Ya Allah, jangan haramkan kami dari pahalanya dan jangan beri fitnah (cobaan) bagi kami sepeninggalnya. Ampunilah kami dan ampunilah dia.”

3. Salam

Salam dalam pelaksanaan cara sholat jenazah berbeda dengan sholat lainnya. Salam cara sholat jenazah dilakukan dalam keadaan berdiri, setelah takbir 4 kali dan membaca bacaan di setiap takbirnya.

3 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Jenazah Laki-Laki

Pelaksanaan cara sholat jenazah untuk laki-laki dan perempuan itu berbeda. Perbedaan tersebut terletak di cara sholat jenazah serta bacaannya.

Cara sholat jenazah untuk laki-laki dilakukan dengan posisi imam sejajar dengan kepala si jenazah.

Sedangkan untuk bacaan doa cara sholat jenazah laki-laki memakai kata ganti (hu) seperti:
" Allohummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu ‘anhu."

" Allohumma laa tahrimnaa ajrohu wa laa taftinnaa ba’dahu waghfirlanaa walahu."

 

 

4 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Jenazah Perempuan

Seperti halnya cara sholat jenazah untuk laki-laki, cara sholat jenazah perempuan pun ada tata caranya dan bacaannya sendiri.

Cara sholat jenazah untuk perempuan dilakukan dengan posisi imam sejajar dengan pusar perut si jenazah.

Sedangkan untuk bacaan doa cara sholat jenazah perempuan memakai kata ganti (haa) seperti:
" Allahummagh firlahaa waa warhamhaa wa'aafihaa wa'fuanhaa."

" Allahumma la tahrim naa ajrahaa walaa taftinnaa ba'dahaa waghfirlanaa walahaa."


Jadi, begitulah cara sholat jenazah baik untuk laki-laki maupun perempuan. Semoga bermanfaat, ya!

Beri Komentar