18 Wisata Kuliner Medan yang Enaknya Nggak Ketulungan

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 27 Februari 2020 10:37
18 Wisata Kuliner Medan yang Enaknya Nggak Ketulungan
Medan mempunyai kuliner khas dengan paduan cita rasa melayu dan batak sebagai ciir khasnya.

Apa yang ada di pikiran kamu kalau dengar kata Medan ? Suku Batak yang terkenal galak dan suka teriak? Ini sih yang ada di pikiranku dulu. Tapi begitu sudah pernah menginjakkan kaki di Medan dan mengunjungi wisata wisata kuliner Medan , aku jadi selalu kangen berat sama kota satu ini. Ternyata nggak seperti yang kutakutkan dulu.

Salah satu kota tersibuk di Indonesia ini punya aneka kuliner lokal yang enak. Campuran budaya batak dan melayu yang kental di kota ini membuat cita rasa makanan di Medan cenderung kaya rempah yang menghasilkan rasa yang enak di lidah. Berikut beberapa wisata wisata kuliner Medan yang layak dicoba saat berkunjung ke sana.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata Medan dan Kuliner

Medan merupakan ibukota provinsi Sumatera Utara, sekaligus menjdai kota terbesar ketiga di Indonesia. Selain budaya orang btakanya yang terkenal, wisata wisata kuliner Medan juga banyak dikenal oleh banyak orang. Kalau kamu kesana, kamu akan menemukan masakan lezat legendaris yang bikin kamu ketagihan. Penasaran apa saja tempat wisata Medan dan kulinernya yang wajib kamu coba? berikut daftarnya untukmu.

Kedai Ucok Durian

      View this post on Instagram      

A post shared by Chacha Annissa (@chachaannissa) on

 

Barang kali wisata kuliner Medan satu ini adlah kuliner yang paling terkenal seantero jagat Medan . Menagapa? karena sudah banyak artis dan pejabat yang pernah mampir ke tempat wisata kuliner Medan satu in. Sampai Presiden Joko WIdodo pun pernah mencicipi lezatnya durian disini. Nah, kalau kamu ke Medan , tak lengkap rasanya kalau kamu tak mencoba durian di kedai Ucok. Selain durian kamu juga bisa mencicipi olahan durian lainnya seperti pancake durian, durian beku, ataupun es krim durian. Rasanya jangan ditanya, pastinya sangat nikmat dengan kualitas buah yang paling mantap.

Mie Sop Methodist

      View this post on Instagram      

A post shared by Kuliner Kota Medan (@lensakuliner) on

 

Mie Sop Methodist ini juga dikenal dengan Bakso Methodist. Dinamakan Mie Sop Methodist karena dulunya wisata kuliner Medan satu ini berada di samping Universitas Methodist Indonesia. Seporsi bakso wisata kuliner Medan ini berisi bola daging, mie kuning, biun, kwetiau, kecambah, jerona, serta irisan daging. Belum lagi kalau sudah ditambhakn kaludnya yang aduhai mantapnya. Biar nggak tambah penasaran, langsung saja datang ke alamatnya di Jalan T. Cik Ditiro.

Martabak Piring Murni

      View this post on Instagram      

A post shared by SELERAMAKAN Kuliner Medan (@seleramakan) on

 

Bosan dengan martabak yang itu-itu saja? cobain deh wisata kuliner Medan satu ini. Martabak Piring Murni ini sudah jadai wisata kuliner Medan yang legendarias di kalangan penikmat kuliner. Kamu bisa memesan martabak tipis atau tebal dengan topping keju, meses, serta cokelat. Bungkusnya pun unik dengan menggunakan daun pisang. Seperti namanya, rasanya murni nikmat dan sangat menggugah selera. Nah, alamat wisata kuliner Medan ini ada di Jalan Surabaya No. 39.

Soto Kesawan

      View this post on Instagram      

A post shared by Vera Anggraini (@verakebaya) on

 

Kalau sudah puas main-main ke tempat wisata Tjong A Fie di Medan , luangakn waktumu unutk menciicpi lezatnya wisata kuliner Medan yang tak jauuh dari sini. Soto Keswan adalah Soto dengan kuaah yang akan bikin kamu ketagihan. Cita rasanya? Isian topping berupa udang, paru kering, daging sapi serta ayam kampung akan sukses bikin kamu keringetan saking enaknya. Kebayang dong gimana lezatnya wisata kuliner Medan satu ini?

Lontong Kak Lin

      View this post on Instagram      

A post shared by Traveloka Eats (@travelokaeats) on

 

Nah, kalau kamu sudah mengunjungi Bakso Methodist yang ada di Jalan T.Cik Ditiro, sempatkan waktu buat mengunjungi wisata kuliner Medan Lontong Kak Lin yang berada di jalan yang sama. Asal kamu tahu ya, wisata kuliner Medan ini sudah ada sejak tahun 1994 silam. Disini kamu bisa menciicipi berbagai varian lontong, ada lontong sayur, lontong pecal, lontong mie, hingga lontong tahu goreng. Soal kelezatannya tak diragukan lagi. Buktinya, pelanggan yang datang tak pernah berkurang.

2 dari 4 halaman

Wisata kuliner Medan Halal

Medan memamng kota yang unk dari banyak segi yang bisa kamu nimati. Medan dipenuhi dengan penduduk yang berasal dari bergam etnis dan menjadikan Medan kaya akan sejarah dan budaya. Hal ini juga berpengaruh pada cita rasa kulinernya yang khas. Tapi jangan khawatir, kalau kamu tak bisa sembarangan makan karena kamu muslim, kamu tetap busa menikmat cita rasa kelezatan tempat wisata kuuliner Medan yang menggugah selera. Makanya, sayang banget kalau kamu nggak nyicipin wisata kuliner Medan yang enak banget. Nih, kami rekomendasikan beberpa wisata kuliner Medan halal yang wajib kmau coba.

Mie Aceh Titi Bobrok

      View this post on Instagram      

A post shared by rezaramadan (@rezaramadan14) on

 

Mie Aceh nggak hanya terkenal di Kota Aceh saja, di Medan , kamu juga bisa menikmati lezatnya makanan olahan mie ini. Salah satunya adalah Mie Aceh Titi Bobrok yang berada id Jalan Setia Budi No.17. Kamu dijamin bakalan puas dengan olahan Mie Aceh di tempat wisata kuliner Medan satu ini. Dengan kuah dan rasa mie yang menyatu dengan bumbu dan tambahan kepitingnya yang berukuran jumbo. Dijamin bakalan puas banget makan disini.

Sate Memeng

      View this post on Instagram      

A post shared by retno sophie (@retno.sophie) on

 

Nah, kalau ini wisata kuliner Medan yang cocok buat kamu pecinta makanan sate. Namanya, Sate Memeng. Kuiner Medan satu ini sudah ad sejak tahun 1945 lho. Warung makan ini terletak di Jalan Irian Barat NO.2, Gang Buntu, Medan . Jangan kaget dengan ukuran daging satenya yang terbilang besar ya, walopun besar kematangan dagingnya tetap merata sampai bagian terdalam. Apalagi kalau sudah ditmbahkan saosnya yang menggunakan paduan kuah sate padang dan bumbu kacang. Worth it banget buat dicoba!

Mie Balap Mail

      View this post on Instagram      

A post shared by Celcilia Zhou (@zhoueats) on

 

Jika di Surabay terkanal denagn lontong balapnya, maka di Medan punya Mie Balap Mail yang cocok banget disantap saat sarapan pada pagi hari. Sajina wisata kuliner Medan ini berisi bahan-bahn seperti bihun atau kwetiau, telur, dan seafood. Uniknya, sajian ini hanya disajikan di atas daun pisang. Pas banget sebagi menu untuk mengisi perutmu sebelum berkatifitas. Penasaran? langsung saja datang ke alamat di Jalan Krakatau.

Mie Pecel Pak Yus

Ilustrasi Mie Pecel © Diadona

Kalau di Jawa Timur terkenal dengan Nasi Pecel, maka orang-orang di Medan mengubahnya menjdai Mie Pecel. Nah, salah satu Mie Pecel tereneak y6ang ada di Medan adalah Mie Pecel Pak Yus. Rasnya tak jauh beda dengan nasi pecel yang ada di Jaw Timur kok. Sebanrnya Mie Pecel adalah sajian wisata kuliner Medan yang dibuat dari bahan mie kuning yang kemudian ditambahkan bakwan goreng lalu disiram dengan bumbu pecel.

Soto Sinar Pagi

      View this post on Instagram      

A post shared by Edosasmita (@sasmitaedo) on

 

Jika biasanya soto di Medan berkuah being, namun di warung makan ini kamu akan menemui sajian soto wisata kuliner Medan yang punya kuah santan kental dengan warna kuning kehijauan. Paduan cita rasa gurih dan lezat yang nendang banget akan kamu rasakan begitu kuah dan isiannya mendarat di Mulut.

3 dari 4 halaman

Wisata Kuliner di Kota Medan

Setelah lelah jalan-jalan menjelajahi keindahan wisata di Medan dan sekitarnya ada baiknya meregangkan otot dengan mencoba wisata kuliner meda. Tanpa mencoba wisata kuliner Medan , jalan-jalan kamu di Medan belum bisa disebut Paripurna. Nah ini dia berbagai wisata kuliner di kota Medan yang rasanya nggak kalah enak dengan kuliner di kota lain.

Nasi Kentut

      View this post on Instagram      

A post shared by icipiniki.id || #icipiniki (@icipiniki) on

 

Jangan salah sama nama tempat wisata kuliner Medan satu ini, walaupun namanya aneh tapi rasanya nggak seaneh itu kok. Disebut nasi kentut karena dibungkus menggunakan daun kentut. Aromanya wangi dengan perpaduan rempah yang khas. Seporsi nasi ini disajikan bersama dengan ikan pepes, ayam goreng, tahu, serta tempe. Rasanya pun semakin nikmat dengan paduan sambal terasi, sambal hijau, atau sambal goreng.

Es Pokat

Ilkustrasi Es Pokat © Diadona

Sebanrnya Es Pokat adalah wisata kuliner Medan yang dibuat dengan bahan buah alpukat. Buah alpukat tadi kemudian dihancrukan lalu ditambahkan dengan susu serta gula merah. Nah di Medan ada satu kedai es pokat yang begitu terkenal, namanya Es Pokat Bu Lia. Saking legitnya es pokat disini, para paengunjung rela antre berjam-jam untuk bisa menikmati segalas es pokat ini. Mau ikut antre juga demi es pokat ini?

Ci Cong Fan

      View this post on Instagram      

A post shared by mossqee +62 ???????? #RUSUHSTAGRAM (@dad_dish) on

 

Makanan tradisional ini juga wajib masuk list wisata kuliner Medan yang harus kamu coba. Dilihat sekilas, makanan ini hampir mirip dengan kwetiau. Namuun sebanrnya makaan ini dibuat dari tepung beras dan tang mien yang disajikan dengan siraman kecap serat taburan bawang goreng. Kamu bisa juga memilih lauk tambahan seperti daging sapi, babi, serta sayuran.

Bika Ambon Yenyen

      View this post on Instagram      

A post shared by Yen Yen (@bikaambonyenyen) on

 

Kalau tenmpat wisata kuliner Medan satu ini biasanya dijadikan makanan oleh-oleh khyas Medan . Penjual bika ambon di Medan ini terbilang cukup banyak, namun Bika Ambon Yenyen dinilai sebagi bika ambon terbaik. Letaknya di Jalan Mojopahit No.26, Petisah Tengah, Medan Petisah. Teksturnya kembut dan rasanaya yang legit akan sukses bikin kamu ketaighan.

Ubi Tumbuk

      View this post on Instagram      

A post shared by animilan (@anisridwanmilan) on

 

Ubi tumbuk menjadi wisata kuliner Medan berikutnya yang wajib kamu coba saat liburan ke ibukota Sumatera Utara. Sayuran ini terbuat dari daun singkong yang ditumbuk sederhana menggunakan lesung. Kemudian, tumbukan tersebut dioseng bersama rempah-rempah sehingga aromanya semerbak. Tidak susah mendapatkannya karena banyak rumah makan yang menyediakan.

4 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Malam di Medan

Lapar saat malam hari di Medan ? nggak usah bingung dan beekecil hati. Kamu bisa mengunjungi berbagai wisata kuliner Medan di setiap penjuru kotanya. Berikut kami rangkum beberapa kuliner malam Medan untuk mengisi perutmu yang keroncongan di malam hari.


Kuliner Paguruyung

      View this post on Instagram      

A post shared by SELERAMAKAN Kuliner Medan (@seleramakan) on

 

Jika di malam hari Kamu merasa lapar dan ingin menikmati lezatnya wisata kuliner Medan pada malam hari, Kamu bisa mengunjungi tempat makan yang dikenal dengan sebutan Kuliner Pagaruyung yang berlokasi di Jalan KH. Zainul Arifin, Petisah Tengah, Medan Petisah yang akan buka mulai pukul 18.00 hingga 02.00. dengan jam operasi yang cukup malam ini, sering kali dijadikan sebagai referensi untuk makan malam bagi mereka yang ingin makan di luar rumah.

Tidak hanya itu saja, dengan harga makanan yang sangat terjangkau, mulai dari Rp 5,000 – Rp 35,000, semua bisa Kamu dapatkan di lokasi wisata kuliner Medan malam hari ini. dengan banyak menu yang tersedia di tempat ini, Kamu bisa menikmati ragam makanan mulai dari ayam penyet hingga kuliner lain yang tersedia di tempat makan tersebut.

Wajir Seafood

      View this post on Instagram      

A post shared by Yeyen Kesuma (@meufood) on

 

Sedangkan untuk Kamu yang penggila seafood, jangan lupa untuk mencoba wisata kuliner Medan malam hari satu ini yang dikenal dengan sebutan Wajir Seafood. Olahan seafood yang dibuat dengan mengusung resep tradisional Indonesia ini telah banyak menarik minat pecinta kuliner untuk datang sekaligus mencicipi nikmatnya makanan tersebut. Oleh sebab itu, banyak para penggila seafood yang sengaja mampir dan mencicipi kuliner tersebut.


Untuk Kamu yang ingin singgah di tempat wisata kuliner Medan malam hari ini, Kamu bisa berkunjung pada pukul 16.00 – 23.00. pada jam tersebut, Kamu bisa memesan makanan seafood yang sangat beragam, mulai dari harga Rp 20,000 – Rp 50,000. Semua bisa Kamu nikmati dengan meluncur ke Jalan Kol. Sugiono No. 31, AUR, Medan Maimun, Medan .

Tabona Restaurant

      View this post on Instagram      

A post shared by Astrella (@astrella_griz) on

 


Tabona Restaurant adalah tempat wisata kuliner Medan malam hari ang pastinya juga sangat terkenal dan banyak diminati oleh masyarakat luas. Dalam hal ini, ragam makanan yang disajikan di sana sangatlah beragam dan tentunya juga dibandrol dengan harga yang terjangkau. Oleh sebab itu, Kamu tidak perlu khawatir jika makan di restaurant ini, sebab tidak akan menghabiskan semua uang di kantongmu.

Jika Kamu memang ingin mencoba kuliner di Tabona restaurant, Kamu bisa segera meluncur ke Jalan Mangkubumi No. 17, AUR, Medan Maimun, Kota Medan . Dengan jam operasional mulai pukul 06.30 hingga 16.30, Kamu bisa mencicipi segala makanan yang dibandrol mulai harga Rp 10,000 – Rp 40,000.

Bagaimana? Siap menikmati seluruh sajian wisata kuliner Medan untuk memanjakan perutmu!

Beri Komentar