18 Cara Menghilangkan Kutu Kucing, Beras, Rambut dan Telur Kutu

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 11 Januari 2020 14:58
18 Cara Menghilangkan Kutu Kucing, Beras, Rambut dan Telur Kutu
Meskipun kutu bukan gejala medis yang darurat, namun keberadaannya bikin nggak nyaman.

Keberadaan kutu bikin kulit terasa gatal. Selain itu, penyebarannya yang cepat bikin objek lain mudah terserang kutu. Kutu juga identik dengan stigma kurangnya kebersihan. 

Kutu hidup sebagai parasit dengan menyerap darah dari inangnya. Pada beras, adanya hewan ini bikin beras jadi bolong-bolong lho. Kutu tersebut bisa diatasi dengan berbagai macam cara dari yang termudah hingga tersulit. Yuk, simak18 ulasannya!

1 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Ilustrasi Kucing © Diadona

Meskipun habitat alaminya ada pada rambut dan bulu-bulu, pada kucing, kutu ini sudah sangat jering ditemukan. Mengapa? Karena pemilik kucing sekarang sudah lebih aware terhadap perawatan hewan peliharaan. Biasanya kutu akan menginfeksi kucing-kucing yang tidak teratwat atau terlantar.

Walaupun sulit buat menghilangkan kutu pada manusia, cara menghilangkan kutu pada kucing termasuk sederhana kok. Beberapa hal yang bisa kamu coba diantaranya:

Mengisolasi Kucing

Kalau salah satu kucing kamu terinfeksi kutu, cara menghilangkannya yang pertama yakni dengan mengisolasi dengan kucing yang lain agar tidak tertular.

Pemberian Obat

Cara menghilangkan kutu bisa kamu lakukan dengan pemberikn obat luar pada kucing. Biasanya mengandung senyawa selamectin, fipronil dan imidacloprid yang semuanya efektif dalam melawan kutu. Oleskan obat tersebut di antara tulang belikat kucing, dnegan perlakuan tiap dua minggu selama empat hingga neam minggu.

Mencukur Bulu Kucing

Kalau bulu kucing kamu sudah sangat kusut, maka mencukur bulu kucing adalahsolusi yang efektif dalam cara menghilangkan kutu.

Shampoo Khusus

Selain untuk menjaga kebersihan, mandi pada kucing juga penting dalam cara mengehilangkan kutu pada kucing. Nah, biar caranya lebih efektif, ganti shampoo biasa kucing kamu dengan shampioo khusus kutu kucing.

Ramuan Sulfur dan Kapur

Menyemprotkan larutan sulfur dan kapur setiap dua minggu sekali bisa membunuh kutu dewasa dan kutu remaja.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kutu Beras

Ilustrasi beras putih © Diadona

Sama seperti namanya, kutu ini tingal di dalam beras dan memakan beras-beras tersebut. Kalau kamuperhatikan pada beras yang terserang kutu, akan terliaht beras tersebut punya lubang-lubang kecil di sisinya. Selain ityu saat mereka ada di laur habitat beras, mereak bakal makan tanaman dan daun. Kamu mungkin jarang melihat mereka saat di luar tempat penyumpanan beras sih.

Secara medis, kutu ini nggak berbahaya dengan tidak menggigit atau menyebabkan infeksi. Namun, mereka bisa menyebabkan kerusakan parah karena menghancurkan beras.

Jemur di Tempat yang Panas

Sama halnya dengan semua dan beberapa serangga yang lain, kutu tidak suka ada di bawah sinar matahari. Maka, cara menghilangkan kutu yang paling mudah yakni dnegan meletakkan beras di tampah besar, meratakannya lalu menjemurnys di bawah terik matahari. Nggak lama, kutu akan keluar dan meninggalkan huniannya.

Kulit Kayu Manis

Zat bernama eugenol sangat dibenci oleh kutu dan bisa membuat mereka seperti tercekik lalu, mati. Untuk cara menghilangkannya, kamu cukup memasukkan beberapa potong kuit kayu manis ke wadah penyimpanan beras.

Tutup Beras dengan Kain Atau Lap Basah

Kutu sangat suka daerah yang lembab dan dingin. Jadi, hamparkan beras di tampah lalu tutup dengan lap basah. Kutu akan menempel pada kain tersebut.

Pakai Daun Jeruk Purut

Aroma daun jeruk perut yang menyenat namun wangi bagi kita, juga berasa menyenagat bagi kutu. Cara menghilangkan kutu bisa kamu lakukan dengan menumbuk daun limau dan menaburknnya pada beras.

Daun Salam dan Daun Salam

Keduanya memang jadi bukmbu alami yang enak untuk membuat nasi liwet, tapi kalau bagi kutu dalam beras, aroma keduanya menyengat banget dan bikin mereka cepat-cepat ingin kabur.

Bawang Putih

Bagi kutu, bawang putih punya aroma yang nggak enak dan bikin mereka pergi. Meletakkan riissan bawang merah di tempat penyimpanan beras mungkin bisa jadi cara menghilangkan kutu yang efektif, tapi kamu harus hati-hati karena kemungkinan bis amengubah rasa pada beras yang akan kamu masak.

Lem Perangkap

Kutu beras biasanya cenderung nggak suka pada tempat yang gelap. Jadi saat kamu menempatkan beras di wadah yang tertutup, mereka baklan bergerak leuar. Segera, letakkan le mini di dekatnya. Cara menghilangkan kutu dnegan metode ini akanmemberikan hasil yang tinggi karena mereka nggak cukup kuat buat melepaskan diri dari jebakan lem.

Siram Air Panas

Seperti halnya dengan manusia, kutu juga punya kondisi yang bikin dia bakalan terkapar, misalnya kondisi apnas. Nah, untuk menghiloanghkan kutu pada beras yang akandimasak, kamu bisa menyiramnyanya dulu dengan air panas. Setelah disiram air panas, kutu akan mulai mati dan mengambang di permukaan air.

Bekukan Beras

Sama halnya dnegan memanaskan beras, meletakkannya di freezer adalah cara menghilangkan kutu karena membuat mereka ada di dalam konsisi lingkungan yang ekstrim. Cukup letakkan beras di freezer selama seminggu.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Ilustrasi Rambut Rusak © Diadona

Saat salahs atu keluargamu terinfeksi oleh kutu, maka kamu harus segera mengatasinya dengan segera. Untuk mencegah penyebaran kutu, hindari penggunaan barang-barang bersama seperti bantal, handuk, aksesoris rambut, dan barang lain yang menyentuh kepala.

Sisir Khusus Kutu Rambut

Cara menghilangkan kutu dengan cara ini mungkin bisa dibilang cara yang paling mudah dan aman. Kamu bisa melakukannya kapan saja tanpa harus menyiapkan bahan-bahan perawatan khusus. Untuk cara menghilangkan kutu rambut dengan sisir serit, ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan.

  • pilih sisir serit dengan kerapatan antar gigi kurang dari 0.2 mm. Semakin rapat jaraknya, maka semakin efektif dalam menghilangkan kutu rambut sekaligus telurnya.
  • basahi rambut sebelum menggunakan serit. Rambut yang basah akan membuat gerakan kutu semakin lambat, sehingga mudah terperangkap di sisir serit yang rapat. Rambut dan kulit kepala yang basah bisa membuat kutu lebih mudah terlihat.

Dihilangkan dengan Tangan

Cara menghilangkan kutu dengan tangan sudah umum dilakukan jika obat nggak bisa sepenuhnya menghilangkan kutu di rambut kamu. Meskipun sedikit repot, cara ini bisa dilakukan oleh mereka yang nggak pengen pakai obat kutu, atau tidak cocok dengan perawatan tertentu. Menghilangkan kutu dengan tangan juga jadi satu-satunya pilihan untuk anak kecil.

Gunakan Produk yang Mengandung Piretrin atau Piretrumberasal

Piretrin atau Piretrumberasal dari bunga krisan yang mengandung insektisida alami yang disebut dengan piretrin. Zat ini akan menyerang sistem syaraf kutu hidup. Untuk pemakaiannya, oleskan produk ke rambut yang kering lalu diamkan selama sepuluh menit. Tambahkan air untuk membetuk busa, kemudian bilas hingga bersih. Jangan lupa perhatikan reaksi alergi yang kemungkinan muncul.

 

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut

Ilustrasi Kutu Rambut © Diadona

Siklus hidup kutu terdiri dari tiga fase, yakni telur kutu, nimfa yang berupa kutu remaja, dan kutu dewasa. Untuk sepenuhnya menghilangkan kutu, kamu harus mencari cara menghilangkan kutu rambut di ketiga bentuk hidupnya. Menghilangkan kutu rambut dengan mengganggu sistem pernafasan mereka sepertinya nggak akan berlaku untuk fase telur.

Telur kutu berbentuk seperti titik-titik kuning dan menempel di poros rambut di dekat kulit kepala. Telur akan menetas 1 - 2 minggu setelah dikeluarkan. Setelah menetas, cangkang yang tersisa terlihat bening dan tetap melekat di rambut.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu coba:

Obat Kutu

Telur kutu biasanya sangat sulit dihilangkan karena menempel di rambut. Untuk menghilangkannya, kamu harus manual dengan tangan. Padahal kutu bertelur dengan cepat dan menetas dalam waktu cepat pula.

Namun ternyata nggak semua obat kutu bisa untuk menghilangkan telur kutu rambut. Kamu perlu memeriksa kandungannya. Yang paling efektif adalah jenis produk yang mengandung dimethicone,

Cara menghilangkan kutu rambut langsung dengan obat bisa sangat ampuh karenn shampoo kutu biasanya nggak mempan dalam melakukan tugasnya. Dalam keadaan tertentu, kutu bisa saja resisten terhadap kandungan dalam shampoo. Nah, dimethicone bukanlan insektisida, jaid bekerja dengan cara lain. Dimethicone dapat membunuh kutu dengan mati lepas dan menghambat kemampuan mereka untuk mengambil air.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kutu dengan Bawang Merah

ilustrasi bawang merah © Diadona

Bawang merah diperkaya dengan belerang yang dikenal sebagai pembunuh ampuh bagi kutu. Cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang merah termasuk mudah, ekonomis, dan nggak perlu repot, karena bahan ini pasti tersedia di setiap dapur rumah. Meskipun baunya menyengat, tapi siapa tahu kamu cocok untuk kutu di kepala kamu.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang merah dilakukan dengan:
- parut 5 siung bawang merah
- oleskan parutan secara merata ke rambut hingga kulit kepala
- tutup kepala dengan shower cap atau handuk
- biarkan selama 1 - 2 jam- keramasilah sampai bersih

Beri Komentar