16 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Usia 2 Bulan, 5 Bulan, dan 7 Bulan

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 8 Januari 2020 16:30
16 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Usia 2 Bulan, 5 Bulan, dan 7 Bulan
Kesehatan janin dalam kandungan sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi sang ibu,

Hamil adalah momen yang sangat dinantikan sekaligus membahagiakan oleh seorang ibu. Barangkali hamil adalah momen yang paling dinanti oleh sebuah pasangan. Karena dengan hamil berarti pasangan suami istri akan segera mempunyai seorang anak.

1 dari 4 halaman

Menu Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil

Dalam proses kehamilan, seorang calon ibu harus bisa menjaga pola makan. Hal ini dimaksudkan agar kesehatan tubuh sang calon ibu dan bayi yang ada dalam kandungan bisa terjaga secara maksimal. Untuk itu, calon ibu harus bersedia mengkonsumsi menu makanan sehat agr pertumbuhan dan perkembangan janin bisa berjalan secara sehat. Nah, lalu apa saja menu makanan yang sehat untuk ibu hamil? berikut infonya untukmu.

1.Menu Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil Gandum

Ilustrasi gandumIlustrasi gandum © https://manfaat.co.id/

Menu makanan yang sehat untuk ibu hamil yang bisa kamu coba adalah Gandum. Gandum memiliki kandungan karbohidrat, serat, vitamin E, serta selenium yang sangat baik untuk membantu perkembangan janin dalam perut. Gandum bisa kamu konsumsi saat sarapan pada pagi hari.

2.Menu Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil Kacang Merah

Ilustrasi kacang merahIlustrasi kacang merah © hellosehat.com

Menu makanan yang sehat untuk ibu hamil selanjutnya adalah kacang merah. Mengkonsumsi satu setengah cangkir kacang merah sudah bisa memenuhi kebutuhan protein saat hamil. Protein berperan penting dalam tumbuh kembang janin. Selain itu, kacang merah juga dilengkapi asam amino yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh calon ibu dan bayi. Sehingga tubuh akan lebih kebal terhadap infeksi dan penyakit yang rentan menyerang.

3.Menu Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil Ubi

Ilustrasi ubiIlustrasi ubi © https://www.kompasiana.com/

Ubi merupakan salah satu menu makanan sehat untuk ibu hamil. Ubi merupakan makanan yang kaya akan serat. Selain itu ubi juga mempunyai kandungan vitamin B6, vitamin C, zat besi, serta beta-karoten. Berbagai kandungan yang teradapt ubni tersebut sanagt baik untuk perkembangan mata, tulang, dan kulit bayi. Mengonsumsi 3 butir ubi dalam sehari bagi ibu hamil, akan membantu untuk memenuhi zat besi dalam tubuh.

4.Menu Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil Oatmeal

Ilustrasi Oatmeal dan MaduIlustrasi Oatmeal dan Madu © 2020 https://www.diadona.id

Berbagai studi mengatakan bahwa oatmeal sangat baik untuk tubuh manusia, Oatmeal kaya akan serat, protein, dan vitamin B6. Mengonsumsi semangkuk oatmel saat sarapan pad pagi hari akan emmebantumu memberikan energi ekstra. Itulah mengapa oatmeal merupakan menu makanan uamg sehat untuk ibu hamil yang bisa kamu coba di rumah.

5. Menu Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil Telur

Ilustrasi telur rebusIlustrasi telur rebus © 2019 https://www.diadona.id/onceuponachef.com

Saat usia kehamilan masih cukup muda, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi menu makanan sehat berupa telur. Telur merupakan menu makanan yang sehat untuk ibu hamil dengan kandungan kolin. Zat kolin yang terdapat pada telur sangat berguna untuk mengurangi risiko kecacatan tabung saraf pada bayi.

2 dari 4 halaman

Makanan Sehat untuk ibu Hamil 7 bulan

Kebutuhan nutrisi di trimester 3 kehamilan harus benar-benar di perhatrikan demi mendukung perkembangan bayi dan memudahkan periode prenatal. Selain memenuhi kebuthhan gizi harian, ibu hamil harus mengindari beberaapa jenis makanan dan minuman yang memiliki risiko membahayakan bayi. Lalu apa saja makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan? simak infonya di bawah ini.

1.Makanan Sehat untuk ibu Hamil 7 bulan Makanan Berkalori

Ilustrasi Kacang-kacanganIlustrasi Kacang-kacangan © dailymail.co.uk

Jenis makanan yang mengandung banyak kalori adalah salah satu makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan. Makanan yang mengandung banyak kalori bermanfaat untuk menjaga keseimbangan berat badan ibu. Makanan berkalori tinggi juga dapat mengurangi geja;a-gejala yang sering dirasakan ibu hamil seperti nyeri pinggang, atau mual. Makanan dengan kandungan kalori tinggi bisa kamu temukan pada makanan seperti nasi, gandum, dan kacang-kacangan

2.Makanan Sehat untuk ibu Hamil 7 bulan Makanan Berkalsium

Ilustrasi Oatmeal, Madu, dan YogurtIlustrasi Oatmeal, Madu, dan Yogurt © 2020 https://www.diadona.id

Makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan selanjutnya adalah makanan yang banyak mengandung kalsium. Menagapa? makanan berkasium tinggi akan membantu bayi dalam pertumbuhan dan penyempurnaan tulang-tulangnya. Oleh karena itu makanan berkalsium sangat direkomendasikan bagi ibu hamil dengan usia kehamilan 7 bulan. Jenis makanan berkalsium tinggi bisa kamu dapatkan di susu, atau berbagai jenis oalahan susu.

3.Makanan Sehat untuk ibu Hamil 7 bulan Makanan bervitamin

7 Manfaat Kulit Jeruk Yang Dapat Kamu Gunakan Khasiatnya7 Manfaat Kulit Jeruk Yang Dapat Kamu Gunakan Khasiatnya © © MEN

Sebenarnya vitamin memang selalu dibutuhkan tubuh seorang manusia. Namun vitamiin sangat dianjurkan ontuk ibu hamil 7 bulan. Jenis makanan yang mengandung banyak vitamin akan sangat membantu proses metabolisme tubuh ibu dan membuat pertumbuhan janin didalamnya menjadi lebih optimal. Jenis vitamin yang disarankan untuk ibu hamil 7 bulan adalah vitamin B kompleks dan vitamin C. Vitamin B kompleks bisa kamu dapatkan di berbagai makanan seperti kacang-kacangan, daging ikan, daging ayam. Vitamin C bisa kamu temukan pada jenis buah-buahan seperti jeruk, mangga, dan leci.

4.Makanan Sehat untuk ibu Hamil 7 bulan Makanan Beryodium

Makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan selanjutnya adalah makanan beryodium. Yodium bermanfaat untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Selain itu, makanan beryodium jga bermnafaat untuk mencegah resiko cacat bagi bayi. Tiroksin yang terkandung dalam yodium adalah senyawa penting yang akan membantu pertumbuhan sel – sel baru. Namun, tetap konsumsi dengan batas wajar ya.

5.Makanan Sehat untuk ibu Hamil 7 bulan Makanan Ber-Omega 3

Ilustrasi ikan salmonIlustrasi ikan salmon © https://paktanidigital.com/

Omega 3 adalah salah satu zat yang terkenal untuk kesehatan dan perkembangan otak. Omega 3 juga ternyata sangat dibutuhkan sebagai makanan sehat ibu hamil 7 bulan. Karena pada usia 7 bulan, otak janin akan semakin berkembang yang tentunya membutuhkan asam lemak omega 3. Maka dari ibu hamil 7 bulan sangat disarankan mengkonsumsi asam lemak omega 3 agar bayinya terhidar dari cacat dan membantu perkembangan otak bayi. Makanan yang mengandung asam lemak omega 3 bisa didapatkan pada telur ayam dan ikan laut seperti salmon.

3 dari 4 halaman

Makanan Sehat untuk ibu Hamil 5 bulan

Pada usia kehamilan yang memasuki usia kandungan 5 bulan, umunya perkembangan janin sudah emmasuki periode yang aman, karena perkembangan janinn sedang dalam masa pesat-pesatnya. Meskipun demikian di bulan ke 5 kehamilan ibu harus tetap memperhatikan gizi yang dibutuhkannya dan janin dalam kandungan. Nah, apa sajakah makanan sehat untuk ibu hamil 5 bulan?

1.Makanan Sehat untuk ibu Hamil 5 bulan Makanan Berkalsium dan vitamin D

Ilustrasi Kuning TelurIlustrasi Kuning Telur © 2020 https://www.diadona.id / eggnutritioncenter.org

Kandungan kalsium yang terdapat di beberapa menu makananan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kalsium akan dibutuhkan oleh ibu hamil di awal pemebentukan tulang dan gigi. Dengan kalsium yang cukup maka ibu hamil akan terhindar dari osteoporosis, sehingga mengurangi risiko terjadinya kalsium yang diambil dari tulang. Kamu dapat mengonsumsi susu di bulan ke 5 kehamilan tanpa merasakan morning sickness karena pada bulan ke 5 kehamilan ibu hamil sudah tak mengeluhkan mual dan muntah. Selain kalsium, lengkapi dengan vitamin D yang akan membantu dalam penyerapan kalsium secara maksimal. Vitamin D bisa didapatkan dari susu, hati ikan atau kuning telur.

2.Makanan Sehat untuk ibu Hamil 5 bulan Makanan Ber-Omega 3

Ilustrasi SardenIlustrasi Sarden © https://brilicious.brilio.net/

Omega sangat baik sebagai makanan sehat untuk ibu hamil 5 bulan. Mengonsumsi omega 3 saat usia kehamilan 5 bulan akan mendukung perkembamngan otak bayi dalam kandungan. Omega 3 bisa kamu dapatkan di berbagai jenis makanan seperti ikan salmon, makarel, sarden, telur dan makanan lainnya.

3.Makanan Sehat untuk ibu Hamil 5 bulan Zat Besi dan Vitamiin C

Ilustrasi Jeruk NipisIlustrasi Jeruk Nipis © 2019 https://www.diadona.id/S. Hermann & F. Richter@pixabay

Makanan sehat untuk ibu hamil 5 bulan yang terakhir adalah zat besi dan vitamin C. Zat besi mempunyai peranan penting sebagai zat yang membentuk sel darah merah sehingga mengurangi risiko terkena anemia. Lengkapi pula dengan vitamin C yang akan membantumu dalam memberi antioksidan bagi tubuh.

4 dari 4 halaman

Makanan Sehat untuk ibu Hamil 2 bulan

Di pertengahan bulan kedua kehamilan, pembentukan paru-paru, pankreas, kelenjar tiroid dan jantung sudah mulai terjadi. Bahkan pada masa ini rongga mulut sudah mulai terbentuk. Oleh karena itu sangat penting bagi ibu hamil untuk selalu memenuhi asupan gizi bagi tubuhnya maupun unutk kesehatan janin dalam kandungan. Namun, apa sajakah makanan sehat untuk ibu hamil 2 bulan?

1.Makanan Sehat untuk ibu Hamil 2 bulan Asam Folat

jus alpukatjus alpukat © 2019 https://www.diadona.id/unsplash.com

Asam folat sangat penting sebagaisalah satu makanan sehat untuk ibu hamil 2 bulan. Mengapa? karena asam folat dapat embantu dalam menjaga sistem pusat saraf dan juga darah janin, Kamu bisa menemukan makanan dengan kandungan asam folat yang banyak pada makanan seperti hati sapi, alpukat, dan jeruk.

2.Makanan Sehat untuk ibu Hamil 2 bulan Zat Seng

Ilustrasi dagingIlustrasi daging © 2020 https://www.diadona.id/diabetes.co.uk

Makanan sehat untuk ibu hail seperti zat seng sangat bermanfaat karena dapoat membantu dalam produksi materi generatik ketika terjadi pembuahan. Adapun makanan yang mengandung zat besi diantaranya adalah kacang-kacangan, biji-bijian, telur, dan daging.

3.Makanan Sehat untuk ibu Hamil 2 bulan Vitamin A,B,dan E

Salad BuahSalad Buah © https://theviewfromgreatisland.com/

Makanan sehat untuk ibu hamil 2 ulan yang tak kalah penting adalah vitamiin A,B, dan E yang dapat membantu dalam menumbuhkan sel darah baru, pembentukan gigi, tulang, dan metabolisme. Oleh karena itu ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi berbagai buah dan sayuran.

Beri Komentar