Udah Prepare Matang, Perempuan Ini Batal Nikah saat H-3 Karena Minta Mahar Sertifikat Rumah

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 1 Desember 2022 21:20
Udah Prepare Matang, Perempuan Ini Batal Nikah saat H-3 Karena Minta Mahar Sertifikat Rumah
Padahal udah Sampai bikin undangan dan foto pre-wedding

Baru-baru ini, unggahan seorang perempuan di media sosial, TikTok, viral dan menjadi sorotan warganet. Pasalnya, perempuan tersebut mengaku gagal menikah hanya tiga hari sebelum tanggal pernikahannya lantaran calon suaminya menikah dengan perempuan lain. Dia pun memilih untuk membakar semua persiapan pernikahan, seperti undangan dan foto pre-wedding.

Kisah sedih perempuan tersebut dibagikan oleh akun TikTok @kayeeesss_ dan sudah dilihat lebih dari 12 juta kali penayangan. Melalui unggahannya, perempuan yang diketahui bernama Yessy itu memperlihatkan momen ketika menyiapkan pernikahan bersama sang kekasih. Namun sayang, hari bahagia mereka harus batal karena satu dan lain hal.

Lantas, bagaimana kronologi perempuan yang batal menikah di H-3? Berikut rangkuman kisahnya. Yuk, simak!

1 dari 8 halaman

Sudah melakukan persiapan pernikahan

Kisah Pilu Gagal Nikah Karena Mahar Sertifikat RumahKisah Pilu Gagal Nikah Karena Mahar Sertifikat Rumah © Tiktok.com/@kayeeesss_

Perempuan bernama Yessy tersebut membuat sebuah video singkat berdurasi satu menit yang menceritakan tentang batalnya rencana pernikahan yang sudah di depan mata. Dalam videonya, dia memperlihatkan serangkaian persiapan yang sudah dilakukan, seperti fitting baju pengantin, hingga undangan yang siap disebar.

“ Foto buku nikah, fitting baju, pre-wedding, belanjaan buat hari H, siapin seragam bridesmaid, persiapan undangan teman-teman dekat. (Undangan) orang-orang kantor aku dan teman-teman kantor orangtua,” tulis Yessy dalam beberapa cuplikan gambar yang dibuat menjadi satu video.

2 dari 8 halaman

Batal menikah karena calon suami menikah dengan perempuan lain

Kisah Pilu Gagal Nikah Karena Mahar Sertifikat RumahKisah Pilu Gagal Nikah Karena Mahar Sertifikat Rumah © Tiktok.com/@kayeeesss_

Meski persiapan pernikahan sudah dilakukan, namun ternyata hari bahagia tersebut tidak bisa terlaksana. Menurut keterangan yang Yessy tuliskan dalam videonya, dia gagal menikah karena tiga hari sebelum tanggal pernikahannya, sang calon suami malah memilih untuk menikah dengan perempuan lain yang merupakan pilihan orangtuanya.

“ 14 hari sebelum menikah ke makam kakek berdua pamit dan izin. Seminggu sebelum pernikahan, teman-teman bikin bridal shower. Tiga hari sebelum pernikahan dapat kabar kalau dia nikah sama perempuan lain yang sudah disiapin orangtuanya. Langsung urus berkas pembatalan pernikahan,” tulis Yessy.

“ Undangan yang disebar nama aku, undangan yang disebar foto aku, tapi begitu hari H pengantinnya bukan aku. Sebaik-baiknya rencana manusia, Allah punya kehendak yang lebih baik,” tulis Yessy dalam keterangan unggahannya.

3 dari 8 halaman

Pembatalan pernikahan dilakukan pihak perempuan

Kisah Pilu Gagal Nikah Karena Mahar Sertifikat RumahKisah Pilu Gagal Nikah Karena Mahar Sertifikat Rumah © Ttiktok.com/@hokcay22

Viralnya video unggahan Yessy, membuat calon suaminya angkat bicara. Laki-laki bernama Ryan Dono tersebut mengungkapkan jika pembatalan pernikahan tersebut sebenarnya dilakukan oleh pihak perempuan.

Dia menjelaskan jika kekasihnya, Yessy, memilih mundur menjelang hari bahagianya itu. Pasalnya, pihak Yessy dan keluarga meminta mahar berupa sertifikat rumah dan jika tidak dituruti, maka pernikahan harus dibatalkan.

“ Jadi kesimpulannya yang membatalkan nikah itu bukan pihak dari laki-laki, yang membatalkan pernikahan itu dari pihak perempuan. Kalau mau nikah sama aku harus ada sertifikat rumah. Kalau tidak ada sertifikat rumah, lebih baik kita batal nikah,” ucap Ryan dalam unggahan di akun TikTok pribadinya.

 

4 dari 8 halaman

Tetap menggelar acara pernikahan meski tak menikah

Kisah Pilu Gagal Nikah Karena Mahar Sertifikat RumahKisah Pilu Gagal Nikah Karena Mahar Sertifikat Rumah © Tiktok.com/@hokcay22

Masih dalam unggahannya, Ryan juga menjelaskan jika dia dan keluarganya tetap menggelar acara pernikahan, meski dirinya tak jadi menikah. Sebab, persiapan sudah selesai dan undangan sudah terlanjur disebarkan. Pada unggahan yang lain, Ryan memperlihatkan tenda dengan dekorasi yang sudah terpasang di lokasi yang harusnya menjadi tempat pernikahannya itu. Dia juga merekam ibunya saat sedang berdiskusi dengan pihak Kantor Urusan Agama (KUA).

“ Siapa bilang nikah sama orang lain, ini saya orangtua Ryan. Justru saya dipermalukan segala macam, sudah saya siapkan (pernikahannya),” ucap ibu Ryan dengan emosi.

“ Pihak perempuan yang membatalkan nikah yang minta mahar rumah,” kata salah seorang saudara Ryan.

5 dari 8 halaman

Sebelumnya sudah sepakat mahar berupa uang tunai

Kisah Pilu Gagal Nikah Karena Mahar Sertifikat RumahKisah Pilu Gagal Nikah Karena Mahar Sertifikat Rumah © Tiktok.com/@hokcay22

Berbicara tentang mahar pernikahan yang diperdebatkan, Ryan mengaku jika sebelumnya dia dan Yessy sudah sepakat untuk menggunakan uang tunai berupa tanggal pernikahan mereka sebagai maharnya. Namun, menjelang hari H, Yessy justru meminta mahar tersebut digantikan dengan sertifikat rumah.

Meski awalnya sang ibu rela memberikan rumahnya untuk menjadi mahar, tetapi Ryan menolak. Menurutnya, tidak etis jika sang ibunda yang memberikan mahar untuk pernikahannya, terlebih itu hasil kerja kerasnya sendiri.

“ Jauh-jauh dari dua bulan ke belakang, nggak apa-apa uang Rp226.222 untuk mahar. Kenapa pas mau hari H malah mau mahar itu (sertifikat rumah). Ya udah mama Ryan juga mau kasih rumah pribadi untuk mahar. Tapi aku nggak mau, karena dari awal biaya pernikahan semua dari Mama. Mama malah mau kasih sertifikat rumah. Lebih baik batal nikah daripada Mama ngebatin, karena rumah itu hasil jerih payah Mama sendiri,” kata Ryan.

6 dari 8 halaman

Biaya pernikahan ditanggung pihak calon suami

Kisah Pilu Gagal Nikah Karena Mahar Sertifikat RumahKisah Pilu Gagal Nikah Karena Mahar Sertifikat Rumah © Tiktok.com/@hokcay22

Karena pernikahannya yang batal, salah satu warganet memberi saran agar Ryan meminta uang ganti rugi persiapan pernikahannya tersebut. Kemudian Ryan membalas jika semua biaya persiapan pernikahan sudah dia tanggung sendiri, tidak ada campur tangan dari pihak perempuan.

“ Semua dari pihak laki-laki, mulai dari undangan hingga resepsi semua dari pihak laki-laki. Saya tidak minta dari pihak perempuan dari bikin undangan, foto, sampai nikah pun pihak perempuan saya tidak saya minta, nggak sama sekali saya minta uang,” ucap Ryan menjelaskan.

7 dari 8 halaman

Klrafiikasi dan cerita versi mempelai wanita bisa di tonton di sini ya. Tiktok.com/@kayeeesss_

Nah, cerita versi mempelai pria bisa teman-teman Tiktok.com/@hokcay22

Beri Komentar