Meski Tuna Wicara, Pak Dullah Tetap Berjuang Cari Nafkah Keliling Jualan Keset

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 7 Desember 2022 20:03
Meski Tuna Wicara, Pak Dullah Tetap Berjuang Cari Nafkah Keliling Jualan Keset
Perjuangannya untuk mencari nafkah bikin haru

Manusia seringkali lupa dan merasa kurang akan nikmat yang diberi Tuhan selama ini. Mengeluh dan kurang rasa syukur menjadi penyakit yang menggerogoti hati. Padahal jika menengok ke bawah, ada banyak orang yang masih kurang beruntung, namun tetap semangat menjalani hidup. Begitulah yang ingin disampaikan video berikut ini.

1 dari 7 halaman

Kisah Pak Dullah © Diadona

Melansir dari akun TikTok @najib.spbu, Jumat (2/12), sebuah video yang memperlihatkan semangat pedagang keset menggugah simpati publik. Di tengah kondisi fisiknya yang terbatas, dia tetap semangat menjajakan dagangannya di pinggir jalan.

" Allah mempertemukan saya dg bapak ini bukan tanpa tujuan, melainkan mengingatkan saya untuk lebih bersyukur lagi," tulis akun @najib.spbu.

2 dari 7 halaman

Kisah Pak Dullah © Diadona

Pemilik akun TikTok @najib.spbu melihat dari kejauhan ada seorang bapak yang terduduk di pinggir jalan sambil terdiam. Di depannya terdapa keset yang disusun rapi. Dia kemudian menghampiri bapak tersebut untuk membeli dagangannya.

" awalnya saya kira bapak ini hanya duduk biasa, setelah saya perhatikan ternyata beliau jualan keset. Karena penasaran, saya samperin bapak tersebut," tuturnya.

3 dari 7 halaman

Kisah Pak Dullah © Diadona

Ketika sampai di hadapannya, pemilik akun menanyakan berapa harga untuk satu keset. Namun, sang bapak tidak menjawab dan malah mengeluarkan tulisan yang berada di dalam plastik. Rupanya bapak penjual keset tersebut tuna wicara atau tidak dapat berbicara.

" dari tadi bapak itu tidak menjawab sama sekali, kemudian mengambil selembar kertas yg berisikan tulisan. Dari sini saya baru paham kalau beliau tuna wicara," katanya.

4 dari 7 halaman

Untuk satu keset dijual seharga Rp 20.000. Pemilik akun pun membeli dua keset untuk melarisi dagangan sang bapak. Ketika sedang melayani, di sini terlihat bapak tersebut sudah tidak bisa berjalan normal lagi. Kendati demikian, dia melayani pembelinya dengan sangat baik dan sabar.

" MasyaAllah meskipun (maaf) berjalan agak susah beliau tetap semagnat saat ada yg beli dagangannya," ungkapnya.

5 dari 7 halaman

Kisah Pak Dullah © Diadona

Senyum terkembang di wajah sang bapak saat dagangannya dibeli. Dia bahkan hendak memberi satu keset secara cuma-cuma untuk si pemilik akun. Dengan sangat sopan, pembeli menolaknya dengan melambaikan tangan tanda tidak perlu. Si pembeli pun menjabat tangan bapak penjual keset dan menciumnya. Bapak penjual keset ini berjualan di Masjid Cheng Ho Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur.

" beliau ngasih isyarat seakan bilang 'sebentar jangan pulang dulu', maksa saya suruh ambil lagi," katanya.

6 dari 7 halaman

@najib.spbu Tidak ada satupun mahluk didunia ini melainkan semua telah dijamin Allah rezekinya #CaringIsCure #Belijualannya #orangbaik #berbagi #Mulaidarikita #fyp ♬ Sang Dewi - Lyodra & Andi Rianto

Video yang diunggah pada Kamis (1/12) itu berhasil mendapat perhatian warganet. Hingga berita ini dimuat, video tersebut sudah ditonton lebih dari 730 ribu kali. Beragam tanggapan juga ditinggalkan warganet di kolom komentar.

" itu namanya cak dulloh,saudara tetangga saya. dia gak bisa ngomong tp pekerja keras,beliau pantang pulang sebelum habis. meski berhari2 gak pulang," kata sigabutparah2.

" akhirnya ada yg bantu bapaknya saya klu ktmu gk bs bantu banyak smogaa berkah slalu mas," ungkap anggita28.

" kok gue nangis, ternyata aku kurang bersyukur terimakasih org baik sehat selalu, buat bapaknya sehat jg, lancar rejekinya, laris dagangannya," timpal elypurwati13.

" salah satu alasan pengen sukses:) skrg cuman bisa bantu doa biar bapaknya sehat dan lancar trs rejekinya:)," ujar asfiii.

7 dari 7 halaman

Beri Komentar