Megahnya Masjid Tiban di Malang yang Dipercaya Dibangun oleh Ribuan Jin

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 14 April 2021 19:03
Megahnya Masjid Tiban di Malang yang Dipercaya Dibangun oleh Ribuan Jin
Masjid Tiban Malang dipercaya mucul tiba-tiba di tengah pemukiman yang padat penduduk. Alhasil, masjid megah berlantai 10 itu dipercaya dibangun oleh jin.

Masjid Tiban Malang seketika menjadi sorotan khalayak karena keunikan dan kepercayaan yang menyebutkan bahwa destinasi wisata religi yang terletak di Malang ini rupanya dibangun oleh jin.

Masjid itu dipercaya mucul tiba-tiba di tengah pemukiman yang padat penduduk. Alhasil, Masjid Tiban Malang yang juga Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri’asali Fadlaailir Rahmah tersebut dipercaya dibangun oleh ribuan pasukan jin.

Melalui awal mula kejadian tersebut, masyarakat kemudian menamai Masjid itu dengan nama Masjid Tiban, yang berarti masjid yang muncul secara ajaib, tiba-tiba dan bernuansa kegaiban. Bahkan diyakini dibangun dalam waktu satu malam.

1 dari 4 halaman

Kisah misterius yang melatarbelakangi pembuatan Masjid Tiban Malang yang berlantai 10 itu diyakini pula oleh pengunjung yang mulai berdatang ke tempat ibadah tersebut.

      View this post on Instagram      

A post shared by Info Seputar Malang & Sekitar (@aslimalangsam)

 

Pengunjung yang berdatangan dari penjuru daerah meyakini kalau proses pembangunannya hanya dikerjakan dalam waktu satu malam

“Isunya dari masyarakat memang begitu dibangun dalam waktu satu malam. Orang-orang yang tinggal di sekitar masjid tidak mengetahui adanya aktivitas alat berat. Bangunan besar berlantai 10, tentu menggunakan crane atau molen pengaduk semen. Tetapi tidak pernah terlihat sampai sekarang,” kata Arif Maulana, seorang pekerja asuransi yang berkunjung bersama teman sekantornya dari Kediri karena penasara, dikutip Merdeka.com.

2 dari 4 halaman

Memang, lazimnya sebuah masjid di kampung pasti proses pembangunannya akan melibatkan masyarakat sekitar. Biasanya mereka mengajak bergotong-royong untuk pengecoran atau pekerjaan lainnya. Tetapi Masjid Tiban sama sekali tidak melibatkan warga sekitar.

Meski masjid ini tidak dipromosikan sebagai tempat wisata, namun tempat ini bisa jadi cocok untuk jadi kawasan wisata yang menarik. Sebab, fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap. Mulai lahan parkir yang luas, toilet yang begitu banyak, kantin, hingga pusat perbelanjaan atau oleh-oleh yang terletak di dalam bangunan maupun di sekitar bangunan Masjid Tiban ini.

3 dari 4 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by YOIKI M A L A N G (@yoiki_malang)

 

Adapun rincian dari masing-msing lantai adalah lantai 1 yang merupakan tempat istirahat dan musala; lantai 2 berisi loket, ruang istirahat, ruang makan, dan dapur; lantai 3 berisi musala, akuarium, dan kebun binatang mini; lantai 4 merupakan lantai untuk keluarga pengasuh pondok; lantai 5 terdapat musala; lantai 6 merupakan ruangan istirahat untuk santri; lantai 7 dan 8 berisi toko dan kios-kios milik pondok yang dikelola oleh para santri; lantai 9 merupakan bangunan yang didesain sebagai lereng gunung; sedang lantai 10 adalah gua dan juga puncak gunung.

4 dari 4 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by YOIKI M A L A N G (@yoiki_malang)

 

“Dulunya saat pembangunan masjid memang tertutup, jadi saat dibuka sudah setengah jadi. Warga juga melihat mobil colt masuk membawa bahan bangunan, tetapi sepertinya tidak banyak. Kalau alat berat memang tidak pernah ada. Tapi tiba-tiba sudah jadi bangunan besar,” kata warga Turen, Sulistyo.

Bagi kamu yang hendak menyaksikan Masjid Tiban Malang yang megah dan juga penuh keunikan ini bisa menuju ke Jalan KH. Wahid Hasyim Gang Anggur Nomor 10, RT 07/RW 06 Desa Sananrejo, Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Beri Komentar