Malam lailatul Qadar Kapan Terjadi? Ini Pengertian, Tanda-Tanda dan Keistimewaannya

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 11 April 2023 11:26
Malam lailatul Qadar Kapan Terjadi? Ini Pengertian, Tanda-Tanda dan Keistimewaannya
Ini tanda, dan keistimewaan Malam lailatul Qadar

Pada bulan Ramadhan, terdapat malam yang sangat diidam-idamkan oleh umat Islam, yakni malam Lailatul Qadar. Malam tersebut adalah saat ketika ayat pertama dalam Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW oleh Malaikat Jibril.

Selain itu, umat Islam juga menyebut Lailatul Qadar sebagai malam yang sangat mulia. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang menantikan kapan terjadinya malam Lailatul Qadar. Namun, apa itu malam Lailatul Qadar, kapan terjadinya, amalan yang dapat dilakukan, dan apa keistimewaannya?

1 dari 9 halaman

Pengertian Malam Lailatur Qadar

Malam Lailatul Qadar merupakan salah satu malam mulia yang dinantikan umat Islam pada bulan Ramadhan. Lantas, kapan malam Lailatul Qadar 2023? Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa dan mulia bagi Al-Quran. Hal itu disebabkan karena pada malam ini lah Al-Quran pertama kali diturunkan oleh Allah SWT dari Lauh Al-Mahfudz ke Baitul Izzah atau langit dunia.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Qs. Al Qadr ayat 1 sebagai berikut:

 

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْر

Innā anzalnāhu fī lailatil-qadr

Artinya: " Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam qadar."

2 dari 9 halaman

Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

Dikutip dari laman resmi Kementerian Agama RI, adapun tanda-tanda hadirnya malam Lailatul Qadar sebagai berikut:

1. Malam Lailatul Qadar adalah malam yang tenang, damai, dan tidak panas udaranya.

Rasulullah SAW bersabda:

إنها ليلة سمحة طلقة لا حارة ولا باردة تجري على الناس رحمة فيها

" Sesungguhnya malam itu adalah malam yang lembut, cerah, tidak panas dan tidak dingin. Pada malam itu turun rahmat kepada manusia."  (HR. Ahmad)

2. Malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh cahaya, baik di langit maupun di bumi.

Rasulullah SAW bersabda:

إنها ليلة طلقاء بيضاء كأنها صبح يومها لا تشبهها ليلة

Artinya : " Sesungguhnya malam itu adalah malam yang cerah putih seperti pagi harinya. Tidak ada malam yang menyerupainya." (HR. Ahmad)

 

3 dari 9 halaman

3. Malam Lailatul Qadar adalah malam di mana diturunkan malaikat dan Jibril AS ke bumi dengan izin Allah SWT dari segala urusan.

Hal ini menunjukkan bahwa malam tersebut adalah malam yang istimewa dan penuh berkah. Allah SWT berfirman:

تَنَزَّلُ الْمَلائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ

Artinya : " Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Rabb mereka untuk mengatur segala urusan."  (QS. Al-Qadr: 4)

4. Malam Lailatul Qadar adalah malam yang banyak terkabulnya doa.

Rasulullah SAW bersabda:

من قام ليلة القدر إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه ومن صام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

Artinya : " Barangsiapa yang shalat pada malam Lailatul Qadar dengan penuh iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Dan barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."  (HR. Bukhari dan Muslim)

 

 

4 dari 9 halaman

5. Malam Lailatul Qadar adalah malam yang ada tanda-tanda di pagi harinya, seperti matahari yang terbit tanpa sinar yang menyilaukan, atau langit yang cerah tanpa awan.

إن ليلة القدر ليلة سمحة طلقة لا حارة ولا باردة يطلع صبيحتها الشمس دائرة حمراء ليس لها شعاع

Artinya : " Sesungguhnya Lailatul Qadar adalah malam yang lembut, cerah, tidak panas dan tidak dingin. Pada pagi harinya matahari terbit bulat merah tanpa sinar."  (HR. Muslim)

5 dari 9 halaman

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Selain menjadi malam yang lebih baik dari 1000 bulan, ada beberapa keistimewaan lain yang seorang muslim perlu ketahui tentang malam Lailatul Qodar. Di antara beberapa alasan yang membuat malam ini begitu istimewa adalah sebagai berikut.

1.   Malam Turunnya Al Quran

Di dalam surat Al Baqarah ayat 185 disebutkan bahwa malam Lailatul Qodar merupakan malam di bulan ramadhan saat diturunkannya Al Quran sehingga menjadikannya istimewa. Hal ini karena Al Quran berisi petunjuk bagi seorang muslim dan berbagai penjelasan lain untuk membedakan yang benar dan salah. 

Di ayat tersebut juga disebutkan bahwa seorang muslim diperintahkan untuk berpuasa ketika bulan di mana terdapat malam Lailatul Qodar telah datang. 

2.   Malam Turunnya Malaikat

Selain menjadi malam diturunkannya Al Quran, keistimewaan lain dari malam Lailatul Qodar adalah turunnya para malaikat atas ijin Allah untuk mengatur segala urusan. 

Turunnya para malaikat ke langit dunia ini tentu menjadi saat yang tepat untuk mengerjakan berbagai amalan malam Lailatul Qodar agar mendapatkan doa dari mereka. 

 

 

6 dari 9 halaman

3.   Malam Penuh Keberkahan

Dengan begitu banyaknya malaikat yang turun saat malam Lailatul Qodar sudah pasti jika malam tersebut penuh dengan keberkahan. Hal ini bahkan disebutkan di dalam surat Al-Qadr yang memang secara spesifik membahas tentang malam mulia ini. 

Di dalam ayat kelima surat Al Qadr disebutkan bahwa malam Lailatul Qodar dipenuhi dengan keberkahan hingga fajar di pagi harinya terbit. 

4.   Malam Penuh Kebaikan

Selain itu, malam Lailatul Qodar merupakan malam yang dipenuhi dengan kebaikan. Maka, umat muslim sangat dianjurkan untuk mengisi waktu yang penuh kemuliaan ini dengan berbagai ibadah atau memperbanyak berdoa kepada Allah. 

Mengerjakan amalan ibadah dan berdoa secara bersungguh-sungguh dan ikhlas di malam ini merupakan cara untuk mendapatkan keutamaannya. 

7 dari 9 halaman

Perkiraan Tanggal Malam Lailatul Qadar 2023

Dari penjelasan di atas, maka dapat Diazens ketahui bahwa menurut pendapat ulama yang paling kuat, Lailatulqadar lebih mungkin terjadi pada salah satu malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadan.

Jika disesuaikan dengan kalender tahun ini, maka malam lailatul qadar 2023 diprediksikan jatuh pada salah satu tanggal-tanggal berikut:

  • Malam 21 Ramadan 1444 H: 11-12 April 2023
  • Malam 23 Ramadan 1444 H: 13-14 April 2023
  • Malam 25 Ramadan 1444 H: 15-16 April 2023
  • Malam 27 Ramadan 1444 H: 17-18 April 2023
  • Malam 29 Ramadan 1444 H: 19-20 April 2023

 

8 dari 9 halaman

Karena tanggal kapan terjadinya malam lailatul qadar 2023 tidak diketahui secara pasti, usahakan untuk memaksimalkan ibadah selama hari-hari terakhir Ramadan. Semoga kita menjadi salah satu yang mendapatkan keberkahan Lailatulqadar, ya. Aamiin yaa Rabbal 'aalamiin

Beri Komentar