Kisah Ibu Rita, Janda Tiga Anak yang Rela Jadi Kuli Batu Demi Bisa Belikan Susu Anaknya

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 7 September 2020 12:03
Kisah Ibu Rita, Janda Tiga Anak yang Rela Jadi Kuli Batu Demi Bisa Belikan Susu Anaknya
Begitu terus ia lakukan setiap hari tanpa lelah

 

Seorang ibu yang menjadi single parent di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mencari nafkah sebagai pemecah batu di sungai. Dia rela melakukan hal ini untuk menghidupi tiga orang anaknya.

Warga tersebut, Rita (40), warga Kampung Teleng Gadut, Kecamatan Pauh, Kota Padang, setiap pagi menyusuri jalan setapak dan mendorong gerobak pasir sambil membawa anak bungsunya, Reno (8), yang mengalami miningitis sejak berusia satu tahun.

1 dari 3 halaman

“ Bekerja seperti ini untuk biaya hidup sehari-hari dan beli susu anak yang sakit,” kata Rita di Kota Padang, Sumbar, Jumat (4/9/2020).

Anak bungsunya Reno dibawa ke tepi sungai tempatnya bekerja, karena tidak ada yang menemani bocah di dalam rumah. Sementara dua orang kakak Reno pergi belajar ke sekolah.

Profesi sebagai pemcah batu ini sudah digelutinya selama enam tahun terakhir. Dia sudah berpisah dengan sang suami sejak 2015 lalu, dan ketika itulah dia mulai mencari nafkah sendiri.

2 dari 3 halaman

Kisah Ibu Rita, Janda 3 Anak yang Rela Jadi Kuli BatuKisah Ibu Rita, Janda 3 Anak yang Rela Jadi Kuli Batu © Inews.id

Dalam satu hari, Rita mengaku, hanya mendapat uang sebesar Rp50.000. Dia bekerja mulai dari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Meski penghasilannya sedikit, namun banyak tetangga yang siap membantu kebutuhan janda tiga anak ini.

“ Saya kasihan dengan ibu (Rita) ini, karena itu kami tetangga sering membantu dia,” ujar seorang tetangga, Ema.

Dia mengaku salut dengan perjuangan Rita yang rela menjadi pemecah batu di sungai dan dijual ke material demi anak-anaknya. Pekerjaan ini pun dilakoni setiap hari tanpa libur.

Beri Komentar