Kisah Auni, Ustazah yang Rela Jadi Kuli Bangunan Rumah Sendiri Hanya Bermodal Tutorial di Youtube

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 15 September 2022 13:03
Kisah Auni, Ustazah yang Rela Jadi Kuli Bangunan Rumah Sendiri Hanya Bermodal Tutorial di Youtube
Ia tak punya uang untuk membayar tukang bangunan, karenanya ia membangun rumahnya sendiri.

Ustazah merupakan seseorang yang biasanya mengajarkan pelajaran di sekolah kepada muridnya-muridnya. Namun, ada yang berbeda pada sosok wanita ini. Ustazah ini rela melakukan pekerjaan kasar sebagai tukang bangunan. Dia tak sedang mencari sensasi, pekerjaan yang biasanya digeluti kaum pria itu dijalani demi memiliki rumah sendiri.

1 dari 7 halaman

Ustazah Jadi Tukang BangunanUstazah Jadi Tukang Bangunan © mStar

Ustazah bernama Auni Hazwani Faizun itu memutuskan membangun sendiri rumah seluas 1.200 m2. Keputusan ini diambil karena mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar tukang bangunana.

“ Saya tidak pernah bertanya kepada tukang berapa total biaya untuk membangun rumah, tapi yang pasti biaya bahan bakunya mahal karena barangnya naik, kalau upahnya lebih dari itu (mahal),” katanya, dikutip dari mStar.

2 dari 7 halaman

Ustazah Jadi Tukang BangunanUstazah Jadi Tukang Bangunan © mStar

Wanita asal Malaysia itu mengaku sempat ingin mengurus peminjaman uang ke bank, namun gagal karena prosesnya cukup sulit.

“ Karena saya tidak bisa mendapatkan pinjaman bank, saya menggunakan semua uang gaji yang saya dapatkan dari mengajar alquran dan Fardu Ain di asrama," tuturnya.

 

 

3 dari 7 halaman

Ustazah Jadi Tukang BangunanUstazah Jadi Tukang Bangunan © mStar

Auni mengatakan, rumah yang ia bangun berada di tanah pemberian ibunya. Awalnya, ia dibantu oleh sang ayah dan saudaranya. Namun kini Auni sepenuhnya membangun sendiri rumah impian itu.

“ Saya mulai sejak September tahun lalu dengan menaikkan tiang rumah. Bagian ini saya dibantu ayah dan saudara saya karena tiangnya berat. Saat itu ada pengikatan batu bata tetapi berhenti sebentar karena saya dirawat di rumah sakit. Jadi, 27 Agustus saya baru mulai kembali ke dinding dapur yang terputus sebelumnya," ungkapnya.

 

4 dari 7 halaman

Ia mengaku tidak punya pengalaman membangun rumah. Dirinya hanya belajar dan mencari referensi lewat video Youtube.

“ Saya tidak punya pengalaman, tapi sebelumnya saya pernah merenovasi dapur rumah ibu saya dan memasang bata sendiri. Jadi dari situ saya belajar. Pada saat yang sama, saya selalu melihat tukang campur semen untuk meninggikan tembok,” ujarnya.

 

5 dari 7 halaman

Ustazah Jadi Tukang BangunanUstazah Jadi Tukang Bangunan © mStar

Auni sendiri mengaku telah menyukai aktivitas berat dan ekstrim sejak kecil, sehingga membangun rumah bukanlah tantangan besar baginya. Ia berharap, rumah impiannya itu dapat selesai pada akhir tahun.

“ Saya bilang tidak terlalu susah membangun rumah ini, karena saya sudah terbiasa dengan hal-hal yang sulit. Yang berat hanya mencampur semen, jadi saya hanya melakukannya dalam jumlah kecil. Alhamdulillah, dinding dapur berhasil diselesaikan dalam waktu tiga hari. Saya akan menyiapkan bagian lainnya sesuai dengan keuangan saat ini," tambahnya.

6 dari 7 halaman

Kisah Auni yang rela menjadi tukang bangunan demi membangun rumah sontak menarik perhatian warganet. Tak sedikit yang memuji usaha wanita Auni.

" Ibu saya berpesan, saya harus mencari yang seperti ini nanti."

" Sial! Dia lebih cantik dariku. Aku juga ingin membuat rumahku sendiri."

" Beruntungnya punya istri seperti ini, keluarkan modal untuk membeli barang... rumah sudah jadi"

Beri Komentar