Ibu Ini Berhasil Didik Buah Hati Tanpa Gadget Selama 5 Tahun, Anaknya Jadi Suka Baca Buku dan Kreatif Banget!

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 24 November 2022 13:03
Ibu Ini Berhasil Didik Buah Hati Tanpa Gadget Selama 5 Tahun, Anaknya Jadi Suka Baca Buku  dan Kreatif Banget!
Meski punya tantangan tersendiri, nyatanya ibu ini bisa menjaga anak dari pengaruh buruk gadget pada anak.

Di era teknologi yang serba mobile dan mudah diakses seperti sekarang, semua orang bisa dengan mudah bermain gadget. Sayangnya, hal ini juga dilakukan oleh anak-anak. Padahal efek buruk penggunaan gadget pada anak sangatlah bisa terjadi. Untuk itu, para orangtua hendaknya bisa meminimalisir kontak smarphone, tablet, atau televisi pada anak. Seperti kisah ibu ini. Seorang ibu muda berbagai caranya mendidik anak dan mengurus rumah tangga. Ia mengaku selama lima tahun telah mendidik anaknya tanpa gadget ataupun televisi (TV).

1 dari 6 halaman

Ibu Didik Anak Tanpa GadgetIbu Didik Anak Tanpa Gadget © Tiktok.com/@dearuti

Dilihat dalam unggahan di akun TikTok-nya @dearuti, ibu tersebut mengaku sepakat dengan sang suami untuk mendidik anak mereka selama lima tahun tanpa paparan teknologi.

" Sayang kita no gadget di rumah ya. Anak-anak tanpa gadget dan tv," tulisnya di awal video

Sebagai gantinya pasangan itu kemudian menerapkan kurikulum rumah yang membuat anak mereka aktif belajar sambil bermain.

2 dari 6 halaman

Ibu Didik Anak Tanpa GadgetIbu Didik Anak Tanpa Gadget © Tiktok.com/@dearuti

Misalnya saja, ibu muda tersebut membuat bola-bola jelly kecil dalam sebuah wadah yang berguna melatih motorik anaknya. Terlihat si anak pun begitu tertarik hingga memasukkan tangannya ke dalam wadah tersebut.

Meski begitu, dalam video lanjutan ia mengaku kalau anaknya tak selalu menurut. Tetapi ia dan suami tetap konsisten menerapkan kurikulum rumah yang mereka sepakati.

" Hari ini duoku gak mau main yang ummi siapin. Gak papa sudah Allah catat jadi amal kebaikan Ummi hari ini, Insyaallah," sambungnya.

3 dari 6 halaman

Ibu Didik Anak Tanpa GadgetIbu Didik Anak Tanpa Gadget © Tiktok.com/@dearuti

Ia pun mengaku punya tips agar buah hatinya tidak jenuh dan mau mengikuti metode yang diterapkannya, yaitu dengan mengenalkan dunia luar.

" Keluar yuk nak, kita lihat pelajaran dari alam yang Allah ciptakan," uangkapnya.

Tampak dua anaknya lalu diajak untuk bisa mengenal jenis-jenis tumbuhan. Mereka juga difasilitasi setumpuk buku yang rajin dibacakan setiap hari.

" Setumpuk buku yang dibacakan setiap hari, semoga jadi bekal mencintai ilmu ya nak," tulisnya.

4 dari 6 halaman

Ibu Didik Anak Tanpa GadgetIbu Didik Anak Tanpa Gadget © Tiktok.com/@dearuti

Alhasil anak pasangan tersebut pun tumbuh dengan baik dan peka dengan lingkungannya. Bahkan kebiasaan baik seperti mencintai buku langsung menurun dari anak pertama ke adiknya.

5 dari 6 halaman

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh KRITIS, INFORMATIF, EDUKATIF (@undercover.id)

 

Sontak unggahan ibu muda tersebut pun mencuri perhatian netizen. Tak sedikit yang salut dengan caranya mendidik anak tetapi ada juga yang mengaku parenting tersebut bukanlah hal yang mudah.

“Keren sih ini semua mendukung anak ny jg mendukung & lingkungan jg ikut mendukung,” kata @nie_nays_haryani510.

“Gadget ga selamanya buruk kok bund.asal dikontrol.apalah dayaku. Buat makan aja anak msh gangguin.ya trpaksa ksh gadget biar anteng, tp yg ditonton solawat aja sih sma surat2 pendek anak. Gak yg coco coco itu loo,” sambung @vellyramadhanis.

“Apapun didikan orangtua ke anaknya itu yg terbaik untuk versi mereka krn hakikatnya tdk ada orangtua yg ingin anaknya dijalur jelek atau yg negativ, tetap berjalan di porsi masingmasing tanpa membedakan pihak lainnn,” timpal @setiajuwitawahyu_93.

Beri Komentar