Haru, Ibu di Papua Ini Rela Tukarkan Seplastik Tomat dengan Mi Instant untuk Makan Anaknya

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 31 Oktober 2022 17:03
Haru, Ibu di Papua Ini Rela Tukarkan Seplastik Tomat dengan Mi Instant untuk Makan Anaknya
Disebut datang dari kampung sebelah, mama beserta keempat anaknya ini terlihat mengurai senyum lebar saat menerima mi instan.

Untuk penduduk di bagian Jawa mungkin sudah sejak lama meninggalkan transaksi jual beli dengan menggunakan sistem barter. Bahkan model pembayaran tunai juga perlahan mulai ditinggalkan karena masuk era digital lewat QRIS atau metode pembayaran lain.

Namun jika kamu berkunjung ke daerah pedalaman di Indonesia, sistem barter harus diakui masih dipakai. Biasanya warga akan membawa barang yang mereka miliki untuk ditukar dengan makanan atau bahan kebutuhan lain. Praktik ini juga masih berlaku di Papua yang kawasannya masih berada di pedalaman.

1 dari 5 halaman

Ibu di Papua Tukar Tomat dengan Mi Instant © Diadona

Video yang belum lama ini viral di media sosial menunjukan bagaimanasistem barter masih berlaku di provinsi paling timur Indonesia ini. Dalam rekaman itu terlihat seorang ibu yang membawa kantong plastik berisi buah tomat diduga dari hasil kebunnya.

Wanita itu datang bersama empat buah hatinya yang semuanya masih anak-anak. Yang cukup membuat prihatin adalah ibu tersebut membawa tomat untuk ditukar dengan bahan makanan yang harganya mungkin lebih murah.

2 dari 5 halaman

Ibu di Papua Tukar Tomat dengan Mi Instant © Diadona

“ Mama ini datang dari kampung sebelah bersama keempat anaknya untuk menukar tomat dengan mie instan”, tulis pengunggah video dalam akun TikTok @kubingga.mulia21_3.

Ibu yang dipanggil mama itu terlihat membawa satu plastik tomat. Tomatnya terlihat merah dan segar. Sembari menggendong satu anaknya yang paling kecil, mama memberikannya kepada pengunggah video.

3 dari 5 halaman

Ibu di Papua Tukar Tomat dengan Mi Instant © Diadona

Rutinitas tukar-menukar barang nampaknya sudah sering dilakukan oleh pemilik akun. ”Masih dengan rutinitas yang sama. Jangan lupa bersyukur,” tulisnya.

Disebut datang dari kampung sebelah, mama beserta keempat anaknya ini terlihat mengurai senyum lebar saat menerima mi instan. Raut wajah mereka sumringah. Mereka tampak berebut untuk mengambil beberapa bungkus mi instan yang lalu dimasukkan ke dalam tas yang mereka bawa.

4 dari 5 halaman

Video tersebut telah ditonton 13 juta penonton hingga viral. Banyak warganet yang merasa terpukul dan diingatkan akan kebersyukuran. Tak sedikit pula yang merasa iba akan realita yang dirasakan keluarga itu.

" ya allah maaf aq yg kurang bersyukur 🥺🥺🥺🥺🥺🙏."

" jangan nangis jangan nangis😭😭😭."

" kasihan bgt adek adeknya."

" mengandung bawang😭."

" Habis liat lgsg bertambah berlipat2 rasa syukurku 🥺 Sehat selalu mas bro, bahagia dunia akhirat."

" ya allah mo mkn indomie aja susah bgt kshan,terimakasih bang allah yg membalas kebaikanmu bang."

Beri Komentar