Gantikan Ayahnya yang Meninggal, Ini Momen Haru Anak SMP yang Jadi Wali Nikah Kakaknya

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 1 Agustus 2022 13:03
Gantikan Ayahnya yang Meninggal, Ini Momen Haru Anak SMP yang Jadi Wali Nikah Kakaknya
Tampak dari video yang beredar, adik wali nikah itu punya mental yang kuat menggantikan ayahnya untuk menikahkan sang kakak.

Pernikahan menjadi momen yang didambakan bagi setiap pasangan. Untuk menempuhnya ada deretan persyaratan yang harus dipenuhi sesuai adat dan hukum yang berlaku. Salah satunya bagi orang muslim, pengantin perempuan harus mempunyai wali nikah. Biasanya, sang ayahlah yang menjadi wali dari anak perempuannya.

Namun berbeda dengan pengantin perempuan yang sudah tidak memiliki ayah. Mereka biasanya mewakilkan dengan kerabat dekat, hingga wali hakim jika tak ada. Atau bahkan adik dari pengantin perempuan. Seperti yang tengah viral seorang adik yang terbilang masih belia menikahkan sang kakak perempuannya.

1 dari 5 halaman

Viral Anak SMP Jadi Wali Nikah Kakaknya © Diadona

Video pernikahan wanita dengan pengantin pria ini segera viral lantaran dinikahkan sang adik laki-laki. Dalam keterangannya sang adik laki-laki tersebut masih seumuran anak SMP. Tak heran dalam video yang diunggah akun Tik Tok @hakikikikoy, anak SMP itu terlihat fokus menjalani akad nikah sang kakak.

‘Baru kali ini liat anak SMP jadi wali nikah kakaknya,” tulis keterangan dalam video.

2 dari 5 halaman

Viral Anak SMP Jadi Wali Nikah Kakaknya © Diadona

Video akad nikah berdurasi 21 detik itu menunjukkan momen pernikahan sepasang mempelai. Tampak duduk di altar, penghulu hingga anak SMP yang ternyata merupakan wali nikah sang kakak. Adik SMP itu tampak menjabat tangan pengantin pria yang usianya jauh lebih tua darinya.

Tampak dari video yang beredar, adik wali nikah itu punya mental yang kuat menggantikan ayahnya untuk menikahkan sang kakak. Diketahui ayah mereka telah berpulang. Di sampingnya ada penghulu yang mencatat dan menjadi saksi resminya hubungan kedua mempelai.

“ Pasti mentalnya kuat banget karena ditinggal ayah dan dia harus berani menikahkan kakaknya,” lanjut keterangan video TikTok.

3 dari 5 halaman

Viral Anak SMP Jadi Wali Nikah Kakaknya © Diadona

Meski menjadikan adik sebagai wali nikah merupakan syarat yang sah, namun hal ini cukup jarang ditemui. Umumnya jika wali atau ayah kandung mempelai perempuan tidak ada, mereka bisa mewakilkannya kepada kerabat laki-laki dari sang ayah. Tak sedikit netizen yang melihat momen ini ikut berbahagia.

Video yang kini telah dilihat lebih dari 2.2 juta penonton itu terlihat prosesi akad nikah berjalan dengan lancar. Pasangan pengantin, penghulu hingga wali nikah tampak mengusap wajah pertanda suksesnya pernikahan. Meski berjalan lancar, tetesan air mata tak bisa tertahankan.

“ Tapi alhamdulillah semua berjalan lancar, kamu hebat banget de, ayah kamu pasti bangga,” pungkas keterangan dalam video.

4 dari 5 halaman

 

Melihat video momen pernikahan ini, tak sedikit netizen yang ikut terlarut dalam kesedihan. Selebihnya mereka memuji sosok adik SMP yang mau menikahkan kakak perempuannya.

“ Masyaallah, langsng netes????????????,” komentar akun @bunaaa_7.

“ Mata saya langsung berkaca laca,” komentar akun @xirahma7.

“ Tim yang nikah ..KK laki2 yang jadi wali nikah karena bapak wafat????????” komentar akun @revaazkarian.

“ Salut sama yg ky gini,krn byk diluar sana bapak msh hidup tp minta wali hakim yg mewakili ????,” komentar akun @d.cinnamon.

Beri Komentar