Di Penghujung Usianya, Nenek Sopiyah Habiskan Waktu di Jalan untuk Memulung dengan Hhasil 5 Ribu

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 29 April 2021 21:03
Di Penghujung Usianya, Nenek Sopiyah Habiskan Waktu di Jalan untuk Memulung dengan Hhasil 5 Ribu
Ia bahkan ditinggalkan oleh keduanya anak perempuannya.

Ketika sudah tiba waktunya di usia senja, biasanya orang-orang tua akan menikmati waktnya bersama keluarga terdekat dan bersantai-santai. Namun, kenyataannya masih ada pasangan lansia yang hidup dengan susah sehingga harus tetap mencari nafkah untuk bertahan hidup.

Seperti nenek Sopiyah yang berusia melansir dari Donasionline.id, ia adalah seorang pemulung yang penghasilannya berasal dari memungut barang rongsokan.

1 dari 3 halaman

Setiap harinya, nenek Sopiyah harus berjalan menyusuri jalanan untuk mencari rongsok. Tubuhnya sudah tak kuat, tatapannya letih dengan langkah yang pelan tertatih.

Nenek Sopiyah © Diadona

Bukan tanpa alasan, pekerjaannya ini ia lakukan demi bisa beli garam katanya. Terkadang, ia hanya bisa mengumpulkan uang 5 ribu rupiah saja dalam 3 hari. Tentu, bukan uang yang sebanding dengan usahanya mencari nafkah.

Ketika ditanya, nenek Sopiyah mengaku mempunyai 3 anak yang kesemuanya perempuan. Namun anak pertama dan ketiganya entah pergi kemana tak pernah lagi kembali kerumah.

2 dari 3 halaman

Nenek Sopiyah © Diadona

Kini, nenek Sopiyah hanya tinggal bersama anak keduanya yang bernama Siti Maryam. Sehari-harinya, ia hanya bisa membantu penghasilan keluarga dengan menjual kembali nasi aking yang ia beli seharga 2000 ribu rupiah. Nasi aking tersebut kemudian ia jual dengan harga 2500 rupiah saja.

Melihat kondisi anaknya yang juga kekurangna, membuat nenek Sopiyah tetap mau memulung demi mencari tambahan beli beras.

3 dari 3 halaman

Nenek Sopiyah © Diadona

Tekadnya hanya satu, ia hanya ingin tak merepotkan anaknya. Walaupun fisik beliau pun sudah sangan rentan dan cepae lelah. Nenek Sopiyah selalu ingin membantu dan memberi kepada anaknya yang sama susahnya.

Tekad dan usahanya untuk bisa mencarinafkah memang harus kita apresiasi. Nenek Sopiyah tak mau berpangku tangan dan masih mau bekerja walaupun penghasilannya tak seberapa.

Untuk itu, mari kita bantu beliau dengan menyisihkan sebagian rezeki kita untuk nenek Sopiyah. Jika berminat, bisa melalui link berikut ini ya!

Donasionline.id/bantuneksopiyah

M
udah-mudahan nenek Sopiyah dan anaknya senantiasa diberikan kesehatan agar bisa bekerja dengan baik. Juga semoga dilimpahkan rezeki yang banyak dan berkah agar bisa memenuhi kebutuhannya. Amin,

Beri Komentar