Contoh Ceramah Ramadhan Singkat Beserta Temanya, Cocok Dibawakan untuk Kultum

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 24 Maret 2023 10:02
Contoh Ceramah Ramadhan Singkat Beserta Temanya, Cocok Dibawakan untuk Kultum
Ini contoh dan tema ceramah Ramadhan yang inspiratif dan islami.

Bulan suci Ramadhan telah tiba, saatnya umat Islam berlomba-lomba dalam ibadah. Selain berpuasa, salat berjamaah juga menjadi salah satu amalan yang ditunaikan. Dalam salat berjamaah, biasanya terdapat ceramah Ramadhan dengan berbagai tema.

Namun pada dasarnya, ceramah Ramadhan tersebut berisi pesan positif dan ajakan untuk berbuat kebaikan di bulan suci. Hal ini dapat menambah wawasan di bidang agama dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jangan hanya mendengarkan, cobalah untuk memberikan ceramah Ramadhan singkat sebagai praktik. Ada banyak contoh ceramah Ramadhan singkat yang bisa dijadikan referensi.

1 dari 5 halaman

Contoh Ceramah Ramadhan Singkat tentang Bersedekah

Assalamualaikum wr.wb

Marilah kita bersama-sama memuji dan bersyukur kepada Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya, kita bisa berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Bapak dan ibu guru yang terhormat serta hadirin yang berbahagia,

Saya ingin menyampaikan materi tentang keutamaan sedekah pada bulan Ramadan. Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat mulia, bahkan bulan yang paling mulia di antara bulan-bulan lainnya. Terdapat banyak keutamaan dalam Ramadan, seperti turunnya malam Lailatul Qadar dan Nuzulul Quran. Allah melipatgandakan pahala amal manusia pada bulan Ramadan.

Salah satu amalan yang sangat berharga pada bulan suci Ramadhan adalah bersedekah. Pahala dari amalan sedekah akan dilipatgandakan Allah SWT hingga tak terhingga pada bulan Ramadan, sedangkan pada hari-hari biasa hanya dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat.

Tidak hanya memberikan pahala besar di sisi Allah SWT, bersedekah juga memiliki pengaruh yang positif bagi diri sendiri. Sedekah dapat membuat seseorang semakin sehat, kaya, dan bahagia. Hal ini sudah dijelaskan oleh Nabi dalam sabdanya yang mulia, " Tidaklah sedekah mengurangi harta dan tidaklah memberikan pahala yang berat pada seseorang selain sedekah, karena Allah SWT menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan."

Karena itu, mari manfaatkan kesempatan yang ada di bulan Ramadan ini untuk memperbanyak amalan sedekah dan meningkatkan kebaikan dalam diri kita. 

Nabi bersabda tentang keutamaan sedekah ini dalam sabdanya yang mulia, yang artinya:

“ Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

Bersedekah tidaklah mengurangi harta, sebaliknya justru melipatgandakannya. Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam merupakan contoh nyata dalam bersedekah pada hari-hari biasa, beliau sangat rajin bersedekah. Di bulan suci Ramadhan, beliau bersedekah dengan lebih banyak lagi dibandingkan hari-hari biasa.

Itulah pembahasan singkat pada kultum kali ini. Semoga apa yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

2 dari 5 halaman

Contoh Ceramah Ramadhan Singkat tentang Keikhlasan dalam Beramal Salih

Bismillahirrahmanirrahim, ssalamu’alaikum Wr. Wb.

Segala puji dan syukur hanya kepada Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan ceramah Ramadhan yang berbahagia ini, saya ingin membahas tentang pentingnya sikap ikhlas dalam kehidupan.

Ikhlas adalah sikap tulus dan ikhlas dalam melakukan segala sesuatu karena hanya ingin mendapatkan keridhaan Allah SWT, tanpa mengharapkan pujian atau imbalan dari manusia. Dalam Islam, sikap ikhlas sangat ditekankan dan dianggap sebagai kunci kesuksesan dalam kehidupan dunia maupun akhirat.

Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “ Dan mereka tidak diperintahkan melainkan supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (QS. Al Bayyinah: 5)

Dalam hadis Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda, “ Sesungguhnya amal-amal (kebaikan) itu tergantung dari niatnya dan setiap orang akan mendapatkan balasan sesuai dengan apa yang diniatkannya.” (HR. Bukhari)

Oleh karena itu, marilah kita selalu berusaha untuk bersikap ikhlas dalam segala hal yang kita lakukan, baik itu dalam pekerjaan, pendidikan, maupun dalam ibadah. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita kemampuan dan kekuatan untuk selalu berbuat baik dengan ikhlas dan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Aamiin.

Itulah ceramah singkat mengenai sikap ikhlas yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Terima kasih telah mendengarkan. Wassalamu’alaikum wr. wb.

3 dari 5 halaman

Contoh Ceramah Ramadhan Singkat tentang Lailatul Qadr

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa beribadah di bulan suci Ramadhan yang penuh keberkahan. Pada malam ini, saya ingin membahas mengenai salah satu malam yang sangat mulia, yaitu Lailatul Qadr.

Lailatul Qadr adalah malam yang sangat istimewa di dalam Islam. Malam ini memiliki keutamaan yang sangat besar di antara seluruh malam dalam setahun. Allah SWT telah memuliakan malam ini dengan menurunkan Al-Qur'anul Karim. Firman Allah SWT dalam Surah Al-Qadr ayat 1-5:

" Inna anzalnahu fi lailatil qadr. Wa ma adraaka ma lailatul qadr. Lailatul qadr khairun min alfi syahr. Tanazza l-malaikatu wa ruhu fiha bi izni rabbihim min kulli amr. Salamun hiya hatta matla'il fajr."

Artinya, " Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam Lailatul Qadr. Dan tahukah kamu apa itu malam Lailatul Qadr? Malam Lailatul Qadr itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Selamat (damai) malam itu hingga terbit fajar."

Dalam ayat ini, Allah SWT menjelaskan betapa mulianya malam Lailatul Qadr dan keutamaannya di antara malam-malam lainnya. Selama malam ini, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan Allah SWT memberikan ampunan serta rahmat-Nya kepada orang-orang yang beribadah dan memohon kepada-Nya.

Sebagai umat Islam, kita harus memanfaatkan malam Lailatul Qadr dengan sebaik-baiknya. Kita harus beribadah dengan khusyuk dan ikhlas, memohon ampunan dan rahmat Allah SWT, serta bersedekah kepada sesama. Rasulullah SAW bersabda, " Barangsiapa yang beribadah pada malam Lailatul Qadr dengan iman dan harapan pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim).

Oleh karena itu, marilah kita memperbanyak ibadah dan amalan kebaikan pada malam Lailatul Qadr, agar kita bisa meraih pahala yang berlipat-lipat ganda. Jangan lupa juga untuk berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kemampuan untuk memanfaatkan malam yang mulia ini dengan sebaik-baiknya.

Demikianlah ceramah Ramadhan singkat yang bisa saya sampaikan, Semoga kita semua bisa meraih keberkahan dan ampunan dari Allah SWT pada malam yang mulia ini. Amin.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

4 dari 5 halaman

Tema ceramah Ramadhan 2023


Berikut ini daftar tema ceramah Ramadhan 2023 yang islami dan inspiratif, rekomendasi untuk judul kultum selama puasa.

- Tema ceramah Ramadhan 1: Ciri-ciri Orang yang Merugi Selama Bulan Suci Ramadhan

- Tema ceramah Ramadhan 4: Kiat Khatam Al Quran Selama Bulan Ramadhan

- Tema ceramah Ramadhan 5: Amalan-amalan Sunnah Pendulang Pahala Besar Selama Ramadhan

- Tema ceramah Ramadhan 6: Tips Sambut Ramadhan bagi Generasi Milenial

- Tema ceramah Ramadhan 7: Doa-doa yang Dianjurkan untuk Diamalkan Ketika Malam Lailatul Qadar

- Tema ceramah Ramadhan 8: Spirit Menjaga Hati Demi Kesucian Hasti dan Kesehatan Diri

- Tema ceramah Ramadhan 9: Menjadikan Bulan Ramadhan Sebagai Sarana Peningkatan Ibadah, Integritas dan Profesionalitas

- Tema ceramah Ramadhan 10: Pentingnya Sedekah di Bulan Ramadhan

- Tema ceramah Ramadhan 11: Ciri-Ciri Para Ahli Surga Mulai Orang Beriman Hingga Orang Taat

- Tema ceramah Ramadhan 12: Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan

- Tema ceramah Ramadhan 13: Menghargai Perbedaan Rakaat Tarawih

- Tema ceramah Ramadhan 14: Keistimewaan Bagi Para Penimba Ilmu di Bulan Ramadhan

- Tema ceramah Ramadhan 15: Bahaya Sifat Dengki yang Dapat Menjadi Pelajaran Terbaik di Bulan Ramadhan

- Tema ceramah Ramadhan 16: Meraih Rahmat Ampunan dan Surga di Bulan Mulia

- Tema ceramah Ramadhan 17: Puasa Sebagai Benteng dari Neraka

- Tema ceramah Ramadhan 18: Memperkuat Solidaritas Sosial Melalui Puasa

- Tema ceramah Ramadhan 19: Pahala Menjaga Konsistensi Sholat Tarawih

- Tema ceramah Ramadhan 20: Memahami Hadits Tidur Orang yang Puasa Bernilai Ibadah

- Tema ceramah Ramadhan 21: Bulan Pelebur Dosa dan Makna Imanan wa Ihtisaban

- Tema ceramah Ramadhan 22: Kriteria Puasa Berkualitas Menurut Al Ghazali

- Tema ceramah Ramadhan 23: Waktu dan Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar

- Tema ceramah Ramadhan 24: Cara Asyil Sambut Idul Fitri dan Mudik Bersama ala Milenial

- Tema ceramah Ramadhan 25: Momentum Menumbuhkan Sifat Kedermawanan

Itulah daftar tema ceramah Ramadhan 2023 yang islami dan inspiratif, rekomendasi untuk judul kultum selama bulan puasa.

Beri Komentar