Bikin Haru, Pelajar Ini Rela Jadi Buruh Batu Bata Agar Bisa Dapat Uang untuk Ikut Study Tour

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 25 Januari 2023 17:03
Bikin Haru, Pelajar Ini Rela Jadi Buruh Batu Bata Agar Bisa Dapat Uang untuk Ikut Study Tour
Ia tak mau membebani orangtuanya, dan memlih mencari uang sendiri.

Sekolah tidak hanya melulu tentang belajar mengajar di dalam kelas. Misalnya, pada saat duduk di bangku SMP, para murid akan merasakan liburan bersama alias study tour, paling tidak sekali dalam 3 tahun masa sekolah.

Bagi sebagian besar siswa, study tour menjadi momen paling menyenangkan semasa sekolah. Namun, study tour tidak serta merta karena wajib diikuti. Pasalnya, siswa juga harus membayar biaya kunjungan tersebut. Bagi siswa yang orangtuanya mampu, pasti akan mudah untuk mengikutinya. Namun, tidak semua seperti itu.

1 dari 5 halaman

Kisah Bocah Jadi Buruh Batu Bata Demi Bisa Study Tour © Diadona

Seperti yang dirasakan oleh seorang siswa kelas 9 dari sebuah SMP di Lampung. Kisahnya yang bikin guru sampai terenyuh itu kemudian viral. Video tersebut diunggah di laman TikTok @perilalaaa. Dalam video yang berdurasi 20 detik tersebut menampilkan seorang siswa laki-laki yang mengeluarkan uangnya untuk biaya study tour.

Dalam video, sang guru memceritakan perjuangan salah satu muridnya yang rela bekerja untuk mendapatkan uang guna membayar study tour. Ia menjelaskan kalau suasana di dalam ruang guru tersebut tiba-tiba berubah haru setelah siswa SMP yang tidak diberi tahu namanya itu mengeluarkan uang hasil kerja kerasnya.

2 dari 5 halaman

Kisah Bocah Jadi Buruh Batu Bata Demi Bisa Study Tour © Diadona

Saking inginnya ikut study tour, siswa laki-laki itu sampai harus nyicil dengan uang receh puluhan ribu. Tidak ada biaya tidak membuatnya menyerah. Ia rela bekerja menjadi buruh batu bata agar bisa mengumpulkan uang untuk biaya. Dalam keterangan video, sang guru juga menyemangati anak muridnya itu.

" Ya Allah di ruang guru tadi nangis dan terharu dengar siswa ini cerita saking penginnya ikut study tour, dengan biaya yang nggak ada, dia nyicil dan uangnya receh-recehan puluhan ribu," tulis pemilik akun dalam video unggahan.

3 dari 5 halaman

Kisah Bocah Jadi Buruh Batu Bata Demi Bisa Study Tour © Diadona

Setelah ditanya oleh guru, ternyata anak laki-laki tersebut kerja buruh bikin batu bata. Uang hasil bekerja, ia kumpulkan sedikit demi sedikit untuk bayar study tour. Sikapnya tersebut juga membuat sang guru berpikir bahwa kelak saat dia dewasa, ia akan menjadi seorang kepala rumah tangga yang bertanggung jawab.

" Besok kalo udah jadi suami jadi bapak pasti tanggung jawab nih huhu, semangat ya nak," lanjutnya.

4 dari 5 halaman

@perilalaaa

Semangat anak muritku 🥺🥹🫶🏻

♬ Sang Dewi - Lyodra & Andi Rianto

Video yang sudah ditonton oleh 3,1 juta pengguna TikTok itu pun menuai beragam komentar dari warganet. Banyak yang merasa iba dengan siswa SMP tersebut. Tak sedikit pula yang ternyata punya nasib yang sama, tidak bisa ikut study tour. Viralnya video tersebut juga membuka hati para dermawan untuk ikut membantu.

" Dulu di kelas aku ada yang ngga bisa ikut study tour karena biaya. tapi temen sekelas plus walikelas iuran buat bayarin dia bayar study tour akhirnya ikut," tulis akun @jodohmu791.

" Aku dulu ngga ikut study tour, sekarang jadi guru nemenin tour juga," tulis akun @bulir_padi.

" Study tournya kapan kak? Aku mau tambahin uang jajannya sedikit," tulis akun @xxxhhc15.

" Proses hidupnya ini pembelajaran berharga utk kesuksesannya kelak," tulis akun @rinabelcya.

Beri Komentar