Beda dari yang Lain, Kloset Jongkok Ini Ada Setang Motornya sampai Bisa Digas!

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 16 Juli 2021 20:03
Beda dari yang Lain, Kloset Jongkok Ini Ada Setang Motornya sampai Bisa Digas!
Jangan sembarangan pegang, bisa-bisa nnati kamu malah basah kuyup dibuatnya~

Selama ini pasti kita sudah berulang kali melihat desain-desain unik rumah maupun bagian-bagiannya. Terkadang, kita dibuat bingung dengan model yang tidak lazim.

Dalam benak pasti bertanya-tanya tujuan desain-desain maupun penempatan alat-alat yang tidak lazim tersebut. Sampai akhirnya, setelah tahu fungsinya barulah kita dibuat terkagum. Geleng-geleng kepala keheranan.

Salah satunya adalah desain toilet berikut ini. Ada yang tidak lazim. Biasanya, kita melihat shower maupun selang penyemprot di toilet. Paling enggak ember dan gayung. Namun dalam video TikTok ini ada pemandangan tidak lazim.

1 dari 5 halaman

Kamar Mandi Jongkok Ada Setangnya © Diadona

Dalam video yang diunggah akun @jilaessigczz96 itu terlihat sebuah toilet jongkok warna putih. Yang aneh, pada bagian depan terdapat setang motor.

Setang motor itu terpasang pada besi yang dicor ke lantai. Pada bagian kanan, terlihat seperti setang pada umumnya. Terlihat sebuah tuas rem.

2 dari 5 halaman

Kamar Mandi Jongkok Ada Setangnya © Diadona

Sementara, pada bagian kiri terlihat gulungan tisu yang masih tebal. Soal tisu itu, semua pasti mafhum dan tidak ada yang mempertanyakan, pastinya.

Namun, buat apa sebenarnya setang itu? Apakah untuk pegangan saat hendak bangkit dari toilet? Bagi yang belum pernah lihat, pasti penasaran.

3 dari 5 halaman

Ternyata, setang sebelah kanan itu fungsinya mirip dengan setang yang terpasang di motor. Semua tahu, setang di motor ada grip atau tali gas.

Pada motor, alat ini fungsinya kurang lebih mengatur atau mengendalikan katup sehingga bahan bakar mengalir ke ruang pembakaran. Bila grip ditarik, maka katup terbuka dan bahan bakar akan menyembur ke ruang pembakaran sehingga menghasilkan tenaga untuk menggerakkan motor.

4 dari 5 halaman

 

Nah, setang yang terpasang di depan toilet jongkok itu fungsinya tidak hanya untuk pegangan saja. Grip pada setang itu juga bisa diputar atau ditarik seperti pada sepeda motor.

Dan, ternyata setelah grip ditarik, air di kloset itu menyembut. Tentunya bukan ke ruang pembakaran seperti pada motor, melainkan ke pembuangan.

Bagi sebagian orang mungkin terasa aneh. Sebab terbiasa dengan gayung atau selang. Namun, ide kreatif ini boleh dicoba bila tertarik.

5 dari 5 halaman

Unggahan video ini ternyata menarik perhatian pengguna TikTok. Dalam sehari saja, video itu sudah ditonton hampir 8 juta kali. Selain itu, mendapat hampir 297 ribu tanda suka dan lebih dari 13 ribu komentar.

" Please ini siapa yang ngerancangnya," tanya akun @gatauu.

" Keanehan dunia ternyata memang banyak," kata akun @pai/nflik.

" Gw mikirnya ceboknya gimana," tulis akun @WILDHANIF.

" Please gini doang gw ketawa awokawok," tulis akun @4:05PM.

" Ga ada knalpotnya tu," tanya akun @Ig:shasa.

Duh ada-ada aja ini desain toiletnya. Siapa deh yang buat kayak gini? wkwk gimana menurut kamu guys?

Beri Komentar