Akad Nikah Pakai Bahasa Arab, Ucapan Ijab Kabul Pengantin Pria Ini Malah Bikin Ngakak!

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 11 Januari 2021 15:03
Akad Nikah Pakai Bahasa Arab, Ucapan Ijab Kabul Pengantin Pria Ini Malah Bikin Ngakak!
Jawabannya langsung bikin heboh para hdirin!

Pernikahan merupakan momen sakral yang berarti bagi setiap individu. Sebelum dinyatakan sah sebagai pasangan suami istri, pengantin pria harus melakukan prosesi ijab kabul terlebih dahulu. Bagi sebagian orang, prosesi ini membuat siapa saja merasa gugup. Meski sudah dihafalkan sebelumnya, ada kalanya mempelai pria salah ucap ketika ijab Kabul.

Belum lama ini, video mempelai pria yang tengah menjalani ijab kabul menjadi viral di media sosial. Momen sakral pernikahan itu mendadak dipenuhi rasa canggung dan menuai tawa usai si mempelai pria melontarkan jawaban akad di hadapan penghulu.

Niat hati ingin membuat suasana pernikahan menjadi sakral dengan menggunakan Bahasa Arab, pengantin ini justru melontarkan jawaban yang tak terduga.

1 dari 4 halaman

Melangsungkan Ijab Kabul

Sebuah video yang viral di Tiktok memperlihatkan momen akad nikah sepasang pengantin. Dalam video yang diunggah oleh akun Tiktok @sjgirlz.1709 terlihat pengantin pria nampak mengenakan beskap dan peci putih duduk di depan seorang penghulu.

Viral Pengantin Pria Salah Ikrar Ijab Kabul Nikah © Diadona

Sementara di sekitarnya nampak keluarga yang juga duduk melingkari pengantin tersebut. Dalam prosesi akad nikah tersebut, terdengar penghulu menikahkan dengan bahasa Arab.

Sementara pengantin wanita nampak tegang mendengar jalannya prosesi akad nikah. Ia tidak berada di samping mempelai pria melainkan duduk di dalam ruangan sambil mendengarkan.

Setelah penghulu mengucapkan kalimat dalam bahasa Arab yang cukup panjang, ia lalu memberikan mikrofon ke arah mempelai pria untuk mengucap akad.

2 dari 4 halaman

Ikrar Si Pria Bikin Ngakak

Biasanya, penghulu akan mengucapkan ijab sesuai dengan permintaan si pengantian. Dalam video itu, si penghulu menuntun pengantin pria mengucapkan akad menggunakan bahasa Arab.

 

Namun, begitu si penghulu selesai membimbing mengucapkan ijab, jawaban dari si pengantin justru membuatnya heran hingga tak kuasa menahan tawa.

Akibat gugup melakukan akad dalam bahasa Arab, pria ini malah melontarkan jawaban, " Taqaballahu minna wa minkum" atau yang berarti " Semoga Allah menerima puasa dan amal kami, dan puasa dan amal kalian" .

Kalimat itu sendiri biasanya diucapkan oleh sesama Muslim ketika sedang Hari Raya Idul Fitri. Tak heran, jawaban mempelai pria itu membuat semua orang bingung.

3 dari 4 halaman

Akhirnya Berjalan Lancar

Mempelai pria sendiri langsung mengulurkan tangannya lagi dan meminta untuk mengulang ijab kabul. Sementara, penghulu di hadapannya terlihat menahan senyum.

Di sisi lain, pria ini lekas diberikan secarik kertas untuk dijadikan panduan agar akad berikutnya berjalan lancar. Untunglah, kesalahan yang sama tidak terulang. Pria ini akhirnya bisa mengucapkan kalimat ijab kabul dalam bahasa Arab dengan lancar.

4 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Video tersebut viral di Tiktok hingga ditonton 741.000 views dan 23.400 likes serta 1.075 komentar dari para netizen. Warganet yang menonton akad nikah pun mengaku tak bisa berhenti menahan tawa ketika mendengar jawaban dari si mempelai pria tersebut.

" Kenapa aku langsung ngakak yak," kata seorang netizen.

" Tolong ngakak banget," ujar netizen.

" Lagian ngapain pake bahasa Arab segala, kan ga semua bisa bahasa Arab. Kasian kan jadi malu," timpal yang lain.

" Kenapa aku langsung ngakak yaak," tulis yang lain. " Kasian mas nya, tp malunya sampek sinii weh," sambung akun lainnya. " Yang mudah ada kok cari yang susah hhhh," imbuh yang lain.

Wkwk tapi akhirnya sah juga nih. Degdegan apa gimana tadi ya? Yaudah deh yang penting udah sah nih sekarang. Gimana menurut kamu?

Beri Komentar